anggurBro sekalian, Saya mencoba me-repost tulisan Ustadz Syahruddin El Fikri di Rubrik Hikmah Republika. Dikisahkan suatu hari seorang pemuda yang sedang berjalan menyusurii sungai menemukan Buah segar yang hanyut mengikuti aliran sungai. Buah segar itupun diambilnya dan dimakannya, akan tetapi belum sempat buah tersebut habis dimakan teringatlah sang pemuda bahwa sang pemilik buah belum menghalalkan buah itu untukk dimakannya . . . so galau lah sang pemuda shalih tersebut

Ditenga kegalauan akan dosa yang diperbuatnya, disusurinyalah sungai dan mencari kebun anggur tempat asal muasal Buah tersebut hanyut. skip skip skip akhirnya sang pemuda bertemu dengan pemilik kebun anggur dan meminta keiklasan pemilik kebun agar menghalalkan buah yang telah masuk ke perutnya. Pemuda itu sangat takut bahwa buah tersebut dapat menghalanginya masuk Surganya Allah . . . Skip skip lagi . . . akhirnya sang pemuda pun bekerja dikebun itupun sang pemilik kebun belum mau mengiklaskannya kecuali dengan satu syaratΒ  . . . pemuda tersebuh mau menikahi putrinya yang Bisu, Tuli, Buta dan Lumpuh. . . . haduuuh galau part 2 dah

Ditengah kegalauan yang sangat, akhirnya Sang pemuda menerima syarat sang pemilik kebun demi sesuatu yang lebih haqiqi . .. syurganya Allah. sip skip skip untuk yang ketiga kalinya . ..Β  sang pemuda akhirnya dinikahkan dengan putri pemilik kebun . . . sesudah akad nikah Akhirnya sang pemuda dapat melihat wujud Istrinya dan woooww (nggak pake salto) alangkah terkesimanya sang pemuda ternyata Putri pemilik kebun tersebut Bisa melihat, mendengar, berbicara dan berjalan . . . bingung bingung dah . . . mau galau atau seneng nih?

Untuk mencairan kegalauan sang suami . . . akhirnya sang Istri menjelaskan maksud dari kata Bisu, Tuli, Buta dan Lumpuh yang dialamatkan Ayahnya kepadanya adalah dirinya Bisu karena tidak pernah membicarakan hal hal yang buruk, tuli karena tidak pernah mendengarkan yang tidak baik, Buta karena tak pernah melihat kemaksiatan dan lumpuh karena tak pernah melangkah ke tempat maksiat . . . mantabbb, Sang pemudah nggak jadi galau

Tahukah bro sekalian, dari pernikahan dengan putri pemilik kebun yang shalihah lahirnya ulama besar . .Β  Subhanallah . . . Bisa jadi sejak awal sang pemilik kebun awalnya Tidak rela sama pemuda ini . . . tidak rela dia menjadi menantu orang lain he he . . . semoga Bisa diambil Hikmahnya . . . salam dari rumah gadang kelok 1 MANINJAU Ranah Minang

Taufik of BuitenZorg

Sumber

142 COMMENTS

  1. Wadoh pak taufik.. Imam hanafi hidup lwbih awal dari imam syafi’i.. Klo gk salh hr lahir imam syafi’i sekalian dwgn wafat imam hanafi..

    Guest
  2. Waduh pak haji..
    Imam hnafi lbh dulu hidupnya drpd imam syafii..
    Klo gk salah hr lhr imam syafii bersamaan dgn wafatnya imam hanafi..

    Guest
  3. Lho ceritanya kok beda dgn pemahaman sya wak haji,.sepengetahuan sya pemuda yg makn buah itu adlh ayah nya imam syafi’i,kalo gak salah brnama idris,idris ini menikah dgn putrinya yg punya kebun tersebut dan lahirlah imam syafi’i..

    Guest
  4. Amboi…
    Lah jam bara iko msh jua buek artikel…
    Indak panek da,, pai jauah ka nagari minang…
    Salam yo da,, buek si malin… πŸ˜†

    Guest
  5. Mgkin yg benar ceritanya bgini wak haji=yg makan buah tersebut adlah idris dan idris di kawinkan dgn putrinya yg punya kbun tsb,dan lahirlah imam syafi’i

    Guest
  6. Mungkin yg benar,Yg mkan buah brnama idris,dan dri perkawinan idris dgn putrinya yg punya kbun lahirlah imam syafi’i

    Guest
  7. Mgkin ceritanya yg benar,pmuda yg makan buah tsb bernama idris,dan dri idris inilah lahir seorg ulama besar yaitu imam syafi’i

    Guest
  8. Jadi kalo kita renungkan,betapa hati2nya si idris ini,menjaga dari hal2 yg subhat,apa lagi haram.,sehingga memiliki keturunan seorg anak yg alim dan terkenal, beda dg dgn kita,yg sering menyakiti temen,kawan,saudara,dgn ..kata2 maupun perbuatan yg tdk di ridloiNYA

    Guest
  9. Alkisahnya emang bener bgitu wak haji,tpi kok kayakya ada kesalahan dkit ya, justru pemuda itu adlah ayahnya imam syafi’i yg bernama idris,dan dri prnikahan idris dgn wanita saleha tsbut lahirlah seorang ulama’besar yaitu imam syafi’i..mgkin dri bro2 ada yg lbih tau? Yups ngaji monggo di luruskan…hehehehe..

    Guest
  10. Saya kira Blog Wak Haji hanya membahas seputar otomotif. Tapi ternyata artikel islami juga.
    Mantap Wak Haji..lanjutkan πŸ™‚

    Guest
  11. di desa masih gan masih bgt ane balik kt4 nenek aj udah bnyak yg ngantri msalahnya tetanga liad ane ngurus kambing n sapi nenek,dalam pkran mereka jarang ank kota mau ngurus ternak

    Guest
  12. Permisi agan” ane ingin mendeklarasikan nick baru ane nih yg sebelumnya memakai nick : Imam Punya Yanie a.k.a Yanie Punya Imam a.k.a Imam Cayankk Yanie (Co cwettt) a.k.a Klingon Jr v2.0 = New Shincan.
    Terhitung mulai hari ini telah resmi menjadi Pahlawan Kesiangan, mengapa ane memakai nick ini krn nick ini terinspirasi dr seseorang yg niatnya ingin menjadi Pahlawan namun apa daya dia telat bngun krn alarmnya mati, sekian dan terima kasih.. :mrgreen: :mrgreen:

    Guest
  13. Terimakasih sdh berbagi kang.
    Lagi tugas atau pulkam?

    Harga Ninja 250 FI made in Cibitung
    http://7leopold7.wordpress.com/2013/01/03/harga-ninja-250-fi-made-in-cibitung/

    Guest
  14. hanya manusia pilihan Allah yang berakhlak mulia seperti itu..
    subhanallah, semoga ana termasuk golongan manusia yang Allah pilih..amin

    salam satu hati, yahomo semakin tak tahu malu..

    Guest
  15. ane pernah baca kisahnya… namanya bener kt “17. 46@sukses.com” -idris- dan dari pernikahan tersebut lahir imam hanafi..(bukan imam syafi’i).. tuh orang republika musti lebih hati2 lagi kl bawain kisah… btw, ibunya imam hanafi itu jg cantik…

    Guest
  16. 30.@yahomo tak tahu malu
    hanya manusia pilihan Allah yang berakhlak mulia seperti itu..
    subhanallah, semoga ana termasuk golongan manusia yang Allah pilih..amin
    salam satu hati, yahomo semakin tak tahu malu..
    _ _ _ _ _ _
    *gimana anda termasuk yg di pilih Alloh bro,kalo masih ada rasa Ujub di hati..,hehehe ni kalo bicara agma lho.. ,

    Guest
  17. Jum’at minggu kemaren ane sholat khotbahnya bertema kisah ini..tp keknya pemuda yg menyusuri sungai itu bernama Idris, dan buah yang dimakan adalah apel..cmiiw..

    Guest
  18. Afwan, yg betul nama pemuda itu tsabit…ia bapaknya Imam Abu Hanifah An Nu’man bin Tsabit (imam hanafi).. tp blm dapet sumber aslinya..

    Guest
  19. yup, setau ane itu kisah bapaknya imam safi’i..
    yang nemu buah apel di tepi sungai, dimakan tapi kemudian galau (takut) lalu dicari sampe ketemu rumah yg punya buah itu

    Guest
  20. ceritanya mantab banget
    buat pembelajaran πŸ˜€
    https://pangben.wordpress.com/2013/01/03/perbadaan-yamaha-new-vixion-lightning-and-honda-cb150r-streetfire/

    Guest
  21. Mantab, perlu di lanjut next artikelnya sputar keagamaan wak hji,mungkin di khususkan hri jum’at,.sbg penyejuk hti.

    Guest
  22. Dosa2 sepele yang kadang menghambat doa

    kek nyicipin buah2 di pasar kalo mau beli, tanpa sepengetahuan penjual

    Guest
  23. Meski kisah ini sudag lama kita dengar. Saya coba ambil refleksinya. Ternyata jika kita bisa bertanggung jawab, jujur, lapang dada, maka akan mendapatkan sebuah hasil yang baik ke depannya. Jadi di zaman sekarang susah sekali menemukannya. Contoh mengambil bbm non subsidi yang dilakukan perusahaan nakal πŸ™ πŸ™ πŸ™ πŸ™ πŸ™ maka apakah bisa baik hasilnya kalau awalnya dzolim, egois? sedangkan saya juga melihatnya juga pada diri sendiri. Mengambil bbm non subsidi yang padahal itu hak rakyat ga mampu, sedangkan saya mampu πŸ™ hayooo intropeksi diri

    Guest
  24. nyang penting ceritanya… jgn cm liat bagus buruknya dari omongan orang lain.. tp buktikan sendiri kualitasnya.. kalo disambungin ke motor sih πŸ˜€
    http://yanusakti.wordpress.com/2013/01/04/xeon-rc-bakal-lebih-murah-dari-old-xeon/

    Guest
  25. ngaji dipagi hari, ademnya. perlu dihidupkan nih supaya ngademin bakar2an di artikel2 yg lain, :). wah kang haji lg di minang, kpn ya aku punya waktu pulang kampung ke minang jg nih, bukit tinggi wait me.

    Guest
  26. bikin adem nih kang, lumayan buat sedikit nyiramin yg seneng bakar2an. wah lg diminang nih, kpn ya aku bisa pulang kesana. bukit tinggi tunggu aku wkwkwk

    Guest
  27. bikin adem nih kang, lumayan buat sedikit nyiramin yg seneng bakar2an. wah lg diminang nih, kpn ya aku bisa pulang kesana. bukit tinggi tunggu aku hehe..

    Guest
  28. wah kalo gitu mau cari sungai yg masih bersih ah, sapa tau di hulu masih ada kebun anggur dan perawan bisu tuli buta lumpuh πŸ˜€

    Guest
  29. siapa nama ulama besar hasil dari pernikahan tersebut wak haji..?? btw sudah lama saya mendengar cerita tersebut tapi tidak sampai pada ‘kelahiran’ setelah pernikahan tersebut

    Guest
  30. Ketika Bulan bercerminkan Matahari, Maka Bumi menjadi semakin gelap.
    Namun ketika Bumi bercermin Matahari, maka Sang Bulan Menjadi bercahaya dan Bumi pun turut menikmati pancaran keindahannya Dan menjadi terang dalam Kegelapan malam.

    Guest
  31. Fanatisme, apa salahnya panggilan ibu, ayah ? Kenapa harus umi, abi?
    Kenapa tdk mau mengucapkan selamat kepada sesama saudaranya cuma karena berbeda keyakinan?
    Kenapa minta angpao tapi tdk merayakan bahkan mengucapkan?
    Kenapa jabat tangan tapi tdk bersentuhan?
    Kenapa tdk menghormati keyakinan lain?
    Kenapa membela sesama keyakinan akan tetapi saudara sendiri dihiraukan?
    Kenapa?

    Guest
  32. @Tomoka

    Agamaku agamamu mas bro

    Gak ada yg salah dengan panggilan umi/abi atw pipih/mimih yg penting kan artinya sama yaitu nama panggilan kepada kedua orang tua

    Persaudaran bukan hanya mengucapkan selamat, ini adalah masalah keyakinan, apakah Nabi Isa lahir tanggal 25 Des ?
    umat islam tidak mempercayainya dan oleh karenanya tidak boleh mengucapkannya

    Guest
  33. 76. Tomoka, yg Anda lihat dan rasakan tsb adalah tipikal potret umat Islam di Indonesia saat ini, dan belum bisa mencerminkan ajaran agama Islam yg komprehensif sebagaimana Nabi Muhammad SAW contohkan dijamannya atau pada era ulama salafusshalih sesudahnya. Banyak sebab dan bisa dijelaskan secara logis ilmiah kenapa hal2 tsb terjadi, dan rasanya bukan disini tempat yg tepat πŸ™‚

    Guest
  34. @76 tomoka
    ga usah nyolot deh, elu ngapain ngurusin panggilan anak kepada orangtuanya masing-masing

    mending lu bikin anak sendiri terus suruh dah anak lu manggil sesuai keinginan. beres kan? KEPO banget sih

    Guest
  35. @Tomoka kenapa lu yg repot ?! mang ada masalah kalo manggil umi/abi, jabat tngan ga brsntuhan ?! justru di situ islam ingin memuliakan wanita, shingga bagai pakaian yg dibungkus rapi.. ga kaya keyakinan lu, wanita bebas cium,pelukan sama siapa aja ! dah kaya barang obralan

    Guest
  36. pengen tahu wajah sebenarnya anak perempuan yang punya kebun buah tersebut??? dialah orang yang sangat cantik dan tidak cacat sekalipun dan siapakah buah hasil dari pernikahan tersebut??? dialah wali besar yang sampai sekarang masih kita sering mendengar ceritanya setiap tanggal 11 jawa.. siapa lagi kalo bukan syeikh abdul qodir jaelani R.A

    Guest
  37. @76.Tomoka – Januari 4, 2013
    iri ya om ya, umat islam masih pd taat sm tuhannya.. ga kyk agama situ yang ga d taatin..

    Guest
  38. ( ralat ) maaf kang haji cerita dia atas adalah cerita ayahanda dari seorang ulama besar imam syafi’i.. seorang imam mazhab yang di anut sebagian besar di dunia termasuk indonesia.

    Guest
  39. Ceritanya bagus wa kaji, boleh lah sering2 bkin selingan artikel ky gni.. Ngaji on line.. Kalo kt wong cerbon mah.. “Ngaji kuping”, wa kaji..

    Guest
  40. kalau enggak salah buah segar itu buah APEL???
    koq gambarnya jadi ANGGUR SEGEEEEEEER?????
    heheheee
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/kelemahan-p200ns-yang-mesti-dibayar-kmi.html?m=1

    Guest
  41. @tomoka
    Fanatisme, apa salahnya panggilan
    ibu, ayah ? Kenapa harus umi, abi?
    ———————————————-
    gak ada yg salah tuh, gw aja manggil ortu gw mama papa… insya Allah dan alhamdulillah kami muslim taat…

    Kenapa tdk mau mengucapkan
    selamat kepada sesama saudaranya
    cuma karena berbeda keyakinan?
    ———————————————–
    ucapan selamat yg mana dulu nih??? kalo yg lo maksud hari raya non muslim, emang dalam ajaran kami tidak diajarkan dan tidak diperbolehkan, krn haram hukumnya…

    Kenapa minta angpao tapi tdk
    merayakan bahkan mengucapkan?
    ————————————————–
    sori bro, gak semua muslim kaya’ gitu, dan gw gak pernah tuh minta2 angpao kalo imlek-an…

    Kenapa jabat tangan tapi tdk
    bersentuhan?
    ———————————————-
    udah dijawab tuh sama ryngga…

    Kenapa tdk menghormati keyakinan
    lain?
    ———————————————-
    gw gak pernah tuh gak menghormati keyakinan org non muslim. dalam ajaran muslim diajarkan kok bertenggang rasa, saling hormat menghormati. tidak memaksakan masuk islam.

    sekarang gini aja, agama lo ya buat lo, agama gw ya buat gw…

    kalo lo mau penjelasan yg lebih detil nih gw kasi link nya… lo pahami, lo resapi krn lo sepertinya butuh pencerahan seperti apa islam itu…
    http://muhsinhar.staff.umy.ac.id/kesetiakawanan-sosial-dalam-pandangan-al-quran-dan-as-sunnah/

    Guest
  42. buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya, like father like son…dari bapak dan ibu yg sholih-sholihah akhirnya terlahir anak yang hebat (imam syafii: red)…Alhamdulillah…

    Guest
  43. Hmmm bkalan bnyak penunggang nvl dan cbsf..yg selalu mbetot gas sambil berzikir=subhaanalloh..berkalikali..mmmangtabb..hilanglah rasa persaingan dn gengsi di jalan..yg ada=kedamaian,persahabatan..lanjutkan wak haji artikel islaminya..

    Guest
  44. mantabbs nih, selingan artikelnya diantara artikel2 otomotif. mempunyai makna yang dalam, semoga artikel ini menjadi pencerahan bg kita. salam..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here