Bro sekalian, Secara gamblang Honda menasbihkan bahwa Motor yang digadang gadangkan sebagai penghadang Yamaha Vixion, yakni Honda CB150R streetFire sudah lulus Regulasi uji emisi Euro 2 . . . Ngomong ngomong Standasarisasi Euro 2 itu apaan sih? Standar emisi gas buang Euro-2 dikeluarkan Eropa tahun 1996 dan mengatur bahwa emisi CO dari kendaraan selama beroperasi di jalan maksimum 2,2 gram per kilometer. Standar emisi Euro 2 ini lebih rendah (lebih ketat) dibandingkan dengan Euro-1 yang 2,72 g per km.

Yang jadi masalah adalah . . . Pemerintah merencanakan pemberlakuan Standarisasi Emisi gas buang Euro 3  dimana standar kebersihan emisi kendaraan lebih diperketat lagi. kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder kurang dari 50 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0.8 gram/kilometer Hidrokarbon (HC); 0,15 gram/kilometer Nitrogen Oksida (NOx); dan dua gram/kilometer Karbonmonoksida (CO). Sementara kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder lebih dari 50 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0,3 gram/kilometer HC; 0,15 gram/kilometer NOx, dan dua gram/kilometerCO. Dan denger denger standarisasi ini (euro3 ) akan diberlakukan mulai 1 agustus 2013 mendatang  . . . nahhh gimana nasib CB150R StreetFire?

CB150Rknalpot_1.jp2

TMCBlog sendiri belum dapet data kayak apa emisi gas buang standar CB150R, apa hanya lulus E2 atau malah sudah E3? . . . Namun, Yang pastinya Pabrikan harus mengikuti Regulasi ini, kalo nggak yaaaa . . . siap siap nggak lulus Uji TPT daaa . . . apa aja yang bisa di rubah di CB150R . . . close Loop? Boleeh tapi kan udah ada SAS ? apa harus ganti langsung dengan O2 sensor?  . ..  Honda tetap mbisa mempertahankan sisten OpenLoop dari CB150R untuk mempemudah konsumen mengoprek, dikarenakan karakter performance dari  CB150R ini. Solusinya? Bisa dicoba penggunaan Katalitik Converter di Muffler CB150R. Seperti Kita ketahui, CB150R tidak memiliki katalitik Converter di Mufflernya. Tapi yaaa itu dia, ada harga yang harus dibayar, power disinyalir akan sedikit tertahan di muffler, cmiiw.

Masalah kedepan adalah, Jika uji emisi Euro 3 merupakan hal yang wajib untuk perpanjangan pajak kendaraan bisa jadi repot bagi para konsumen. Untuk ini gimana ya solusinya? apakah Pabrikan harus menyediakan paket muffler ber Katalitik-Konverter ? atau ada solusi lain? monggo di share mas bro pendapatnya . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

142 COMMENTS

  1. pasang CC tambah turun lagi dah powernya….AHM memang setengah hati injectionnya…dibanding rivalnya yamaha memang bner2 ready soal injection gini…

  2. Masalahnya bukan di motor CB150sf aja… Tapi gmn ceritanya nanti buat motor lawas ?? Apakah setiap perpanjangan pajak dichek dulu emisi gas buangnya ?? Bisa di share Sumber nya Kang Haji …. Tx

  3. wah, susah.. konsumen juga belum tentu mau beli katalik konverternya.. mind set pengguna sepeda motor d indonesia, kalo motornya masih bisa jalan tanpa pasang katalik konverter, ngapain harus pasang..

  4. apalagi klu udah diganti pake knalpot aftermarket tambah plong, ada akal2an katanya klu lagi uji emisi motor/mobil dikembalikan ke kondisi standar pabrik yang penting bisa lulus tes aja, setelah itu dimodifikasi kembali, ngak ada artinya dong aturan emisi euro 2 atau 3, kenapa ngak ada aturan tentang sampai dimana modifikasi yang bisa dilakukan tapi masih bisa lulus uji emisi….

  5. baru tau
    CB150R gak ada katalitik Converter nya
    tapi powernya kok memble ya

    kalo ada katalik Converter power motor sedikit dikebiri itu wajar seperti Byson dan MX

  6. 20. emir99 – Januari 29, 2013

    Masalahnya bukan di motor CB150sf aja… Tapi gmn ceritanya nanti buat motor lawas ?? Apakah setiap perpanjangan pajak dichek dulu emisi gas buangnya ?? Bisa di share Sumber nya Kang Haji …. Tx
    —————————
    tenang cuy, udah cemas aja ente hehehe…
    ini cuma kekhawatiran kang taufik aja… moga aja gak diberlakukan euro 3 utk perpanjang pajak motor lawas.
    btw, ini utk motor aja atau utk mobil juga ya?
    sekalian aja pake regulasi euro 4 supaya makin green bumi kita. global warming dah parah, dan ini bukan bullshit, ini nyata. Air laut tambah tinggi sekian meter. Kita wajib mengurangi gas CO2.

  7. darsonosu pada Januari 29, 2013
    pada 12:04 am
    tambah secondary air wae, luwih
    murah timbang catalytic converter
    ==========
    si cbsf dah pake secondary air suction buat gantiin sensor o2 ,,,

  8. Sensor 02 gak ada jadi supaya tetap lolos regulasi Euro 2 ganti dengan Secondary Air Suplai System (SASS)

    SASS biasanya dipakai pada motor berteknologi karburator

  9. Catalyc converter bisa beeakibat power down 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 suara senyap 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 🙁 harus close loop 🙂 titik

    btw @6000 rpm bisa stabil pembakarannya. sama kayak vixion. kalau dibawa macet aja udara gak maksimal, mesin jadi boros 🙁

  10. ngapain ngikut2 eropa pke standarnya eropa?
    mnding pake standar SNI.ngapain jgaindonesia mau nginjek euro 3 kalo mau ngikutin eropa ya skalian aja euro 6 toh skrg d eropa udh euro 6.
    mohon diperhatikan bwt pmerintah indonesia.

  11. Oh, ternyata sudah sama dengan ninja 2 tak, sudah lulus euro2, bagus lah ( sementara yang lain dah lulus euro3 😀 )
    Tapi jangan dikasih CC dong, nanti larinya nahan seperti si kebo lemot, mending dibikin close loop aja. “̮ ƗƗɐ Ơ̴̴̴̴͡ټơ̴̴̴̴͡ ƗƗɐ “̮

  12. wah,pemerintah ki macem2….klo brang bru gapapa,wak…nah,klo uda smpe d tangan konsumen,trus uda dpke 1-2 taun,cek emisi wkt perpanjangan stnk…ya jelas bs sj ga lolos…nih,pemerintah ga ada krjaan nih…

  13. yang lebih bikin bingung adalah kalo memang uji emisi menjadi salah satu item dalam perpanjangan pajak kendaraan…jika nantinya banyak yang gak lolos uji emisi trus gimana tindak lanjutnya? mau bayar pajak aja kog ribet amat…hahahaha….kasihan masyarakat yang motornya jadul2 kayak di desa2 itu yang sehari hari buat ke sawah…hmmmm…
    mantau dulu aja deh…

  14. kala cuma kendaraan baru saja yg euro 3 kayanya mubazir jg.. Soalny setelah pembelian konsumen bsa saja menggunakan premium, mengoprek mesin, knalpot, dll shga tdk euro 3 lg..

    Kalau mau pemerintah menetapkan peraturan secara kontinyu dan berkala. Jadi ada pengecekan setiap mau perpanjang stnk atau ada razia uji emisi, minimal Euro 2 untuk motor lawas dan Euro 3 untuk motor baru..

  15. Pihak honda prnah brkata d motor plus, mtor” honda yg sudah d ijeksikn dan masih brstandar euro 2 tu sangat mudah agar llos standar euro 3, phak honda mengantakn mreka tinggal menyempurnakan sistem injeksi, gk usah pke muffler katalik. .

    Cri aja brita’a d mtor plus, sya prnah bca. .

  16. naik euro2 beli motor naik euro 3 beli motor lagi,euro 4 beli lagi………
    klo emng bener2 cinta alam kenapa ga matian ngembangin motor listrik?ane lebih milih beli 2 tak untuk urusan performa,mau ga lolos euro sak karepmu….timbang di bodo2in pabrikan

  17. Waduh uore_3..
    Disini masih banyak motor 2 tak.. Macam fiz R sigma crypton Rx king Bla bla..
    Nasibnya Gimana??
    SolUsinya.. Kalo memang Pemerintah bersikekeh kyak Gitu..
    Harus ada Pembumi hangusan…

  18. Reg. euro 3 balik lagi ke pemerintah,, mau serius menjalankannya atau setengah2..
    kalau cuma motor baru dr pabrik yg E3 sih kecil pengaruhnya, toh setelah pemakaian jg pada pk premium, ganti ban, mesin, dll..
    harusnya ada uji berkala minimal setiap perpanjang stnk.
    motor baru minimal E2. dan motor lama minimal E1..

  19. Stau ane mas bor smua, Aturan Euro3 nantinya akan berlaku untuk model baru (1 Agustus 2013), dan aturan ini tidak berlaku surut mengingat teknologi kendaraan lawas belum mencapai Euro3 bahkan ada belum mencapai Euro1 (mis. BSA, AJS, Norton :)).
    So jangan khawatir dulu..lagian klo buat ngetest emisi dengan limit Euro3 buat perpanjangan STNK ane rasa kagak mungkin..waktu ngetest-nya aja lama,trus kudu di laboratorium khusus..tapi klo ngetest emisi dengan Idle..lhaaa itu mungkin bisa jadi syarat perpanjangan STNK tapi bukan Euro yah limitnya..

  20. “Jika uji emisi Euro 3 merupakan hal yang wajib untuk perpanjangan pajak kendaraan bisa jadi repot bagi para konsumen. Untuk ini gimana ya solusinya?”
    ————————————————————————————–
    lha terus bagi motor tahun 2011 kebawah yg masih pada pake karbu gmn kang?.. masak harus dimodif agar lulur E3?, kan teknologinya belum sampai kesana… harusnya hanya motor baru saja yg wajib E3 (klo emang perpanjangan pajak wajib lolos E3)..
    coz slama ini perpanjangan pajak cm bawa STNK ama KTP aja…

  21. waduh, repot juga kalo berlaku surut… semoga enggak deh kang. btw buat Chibi, mending close loop aja lah + harga ga naek, njendul ilang 😛

  22. ITU MASALAH KECIL BUAT HONDA.
    MAU EURO 2, EURO 3 ,EURO 4 , EURO 5
    SAMPAI EURO 1000 HONDA PASTI SIAP.
    KALO YAMAHA KYKNYA GAK BISA

  23. Tenang semua masbro.
    di PERMEN LH No 23 Tahun 2012 tentang perubahan atas PERMENLH no 10 tahun 2012 tentang ” Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori L3″ (Sepeda Motor).
    sudah jelas masa berlakunya dimana
    1. Untuk motor baru harus memenuhi std EURO3 1 Agustus 2013
    2. Untuk motor yang sedang diproduksi harus memenuhi std EURO3 1 Agustus 2015
    dan yang paling penting, kendaraan bermotor yang sudah ada sebelum batas waktu yang penerapan EURO 3, tidak masuk dalam lingkup peraturan ini. jadi tenang aja masbro, motor apapun klo lu beli sebelum 1 Agustus 2013 (new model) atau 1 Agustus 2015 (current model), gak akan perlu uji emisi apapun untuk perpanjangan STNK.

    bukan begitu kang Topik??

    STD emisi Roda 4 dan Roda 2 berbeda jauh masbro

    satu lagi klo untuk motor STD emisi baru sampe EURO 3 masbro, EURO 4 di skip langsung loncat ke EURO 5 (posisi lagi pembahasan di geneva, so InsyaALLAH di 2016 Lounching)

    Klo R4 sudah EURO 4 sekarg.

  24. Kalo ukurannya “……./kilometer”, susah kang, lha wong jalanannya muacet pol, untuk mencapai jarak 1 km aja bisa ditempuh dengan waktu yang lama. Terus piye?

  25. maaf yg diupgrade hanya yg belum diproduksi… yg udah ada di dealer dan konsumen gak bakal suruh upgrade.. emange sxmsxt pengen disiram bensin apa kalau suruh upgrade uji emisi saat perpanjang pajak? mosok motor tornado suruh upgrade jg?

  26. masak motor lama juga harus di tes emisi wak….yang belum lunas cicilane pie? kalo gak lolos gimana? bandemke samsat…..

  27. Jd kalo mu beli cb150r jgn sekarang karena blum euro2, tunggu regulasi euro3 aja yg katanya per Agustus 2013, sapa tau nanti di cb150r ada penambahan sensor o2 + CC tp harganya nambah ga ya..??

  28. sebenarnya artikel ini bagus mengenai emisi gasbuang motor nah mengenai CB 150 itu menurut ane udah di rancang oleh insiyur honda bisa lolos E3

  29. Masalah kedepan adalah, Jika uji emisi Euro 3 merupakan hal yang wajib untuk perpanjangan pajak kendaraan bisa jadi repot bagi para konsumen. Untuk ini gimana ya solusinya? apakah Pabrikan harus menyediakan paket muffler ber Katalitik-Konverter ? atau ada solusi lain? monggo di share mas bro pendapatnya . . . semoga berguna

    Taufik of BuitenZorg

    =========
    Alhamdulillah, berarti jakarta bakal bebas angkot, kopaja, dan buskota yah gan. 🙂

  30. kalo uji emisi E3 diberlakukan dgn syarat perpanjangan pajak, siap2 semua mobil tua digudangkan, bis dan angkot di kiloin… beraaaaaat. mobil2 dinas dan TNI polri yg asapnya ngebul gimana?

  31. menurut ane selama ini motor di indonesia itu tidak pernah di adakan uji emisi setiap kendaraan pribadi NAH ADANYA STANDART UJI EMISI ITU HANYA DI PERLAKUKAN OLEH PRODUSEN MOTOR ITU SENDIRI UTK DI LEPAS KE PASARAN YANG SAYA TAHU………karena setelah di beli….konsumen…..kan ganti knalpot racing dan lain-lainnya.( artinya STANDART UJI EMISI HANYA UTK PEMBUAT MOTOR BUKAN KONSUMEN )

  32. 65. Juhri – Januari 29, 2013
    Pihak honda prnah brkata d motor plus, mtor” honda yg sudah d ijeksikn dan masih brstandar euro 2 tu sangat mudah agar llos standar euro 3, phak honda mengantakn mreka tinggal menyempurnakan sistem injeksi, gk usah pke muffler katalik. .

    Cri aja brita’a d mtor plus, sya prnah bca. .
    ————————————————————————————–
    Saya jg pernah baca hal ini…
    terus klo CBSF (sekarang) itu standar E2.. dan nanti per agustus 2013 sdh wajib E3 berarti akan ada penyempurnaan lagi setelah 9 bulan dr launching??
    artinya bakal ada yg berubah dr CBSF gen pertama?.. knapa g’ sekalian launch dengan spek yg sudah E3… bhsa jawane “mindo gaweni”
    IMHO CBSF sekarang belum sempurna sistem injeksinya.. bakal ada penyempurnaan nanti, dgn konsekuensi tenaga yg sedikit berkurang. yg ingin performa cpt buruan beli gen pertama CBSF 😀
    Sales Mode ON….. 😀

  33. STANDART UJI EMISI HANYA BERLAKU UNTUK PRODUSEN TIDAK KE KONSUMEN…..artinya setiap mtr yang keluar udah lulus uji emisi lalu di jual ke konsumen

  34. om nanya emang nvl dah lulus euro 3 ya? aneh aja masa dohc,euro 2,tanpa cc,power kalah sama sohc,,gmn nich???4 tak kok sama dgn ninja 2 tak standar emisinya??ntar pasti ada yang ngomong yang penting MSnya…capedeh….

  35. blom pernah denger perpanjang stnk uji emisi dulu, apa itu aturan baru nantinya yang blom sosialisasikan. Wah tambah ribet dah tapi boleh lah kalo buat lingkungan sehat sih

  36. daripada buat aturan kayak gitu ngapain ga sekalian batasi produksi kendaraan bermotor.
    itu lebih masuk akal daripada cuma standar emisi, tapi jumlah tak terkendali.

  37. ahh HONDA Setengah” payahhhhhh secara promosi ke media kalah, desain memble, mesin setengah” masih konservaif atau konvensional bangat produk dan cara penjualan honda……….

  38. Makin kesini makin jelas yah klo CB150SF ini teknologinya dibawah NVL jauh… awal2 kayaknya keren, makin kesini kok ketara benget kualitasnya jelek dibawah rata2 buat motor harga segitu…

    *two thumbs down buat AHM

  39. Kayaknya peraturan emisi EURO dinegara ini gak ketat deh, masih banyak kok motor dijalanan yang asap knalpotnya kayak kompor mbleduk, belum lagi angkutan umum yang asap knalpotnya hitam pekat ngebul kemana-mana. 🙂

  40. Mungkin cuma di indonesia aja kali yah motor system injeksi gak lulus EURO 3 ? Di india system karbu aja lolos EURO 3 koq….

  41. nah kalo nasib motor karbu gimana?

    huuiih kalo menurut saya yg prioritaz itu benahi uji kelayakan penyebab polusi macam metromini dan lain2 yg kbul kebul

  42. yg jadi pertanyaan,, gmn cbr 150 ya?
    apa bisa lulus euro 3? atau perlu pake catalytic converter?
    perlu di update neh mas berita nya,, need to know,, hehe..

  43. pabrikan Honda kalok brojolin motor baru yg pasti udh di uji emisinya layak gak buat konsumen.gak asal brojolin aja udh ada aturannya.

  44. UJI EMISI MOBIL DI JAKARTA SAJA TIDAK BERJALAN DENGAN BAIK BUNG…

    banyak yang protes bagaimana dengan mobil keluaran lawas/antik..
    akhirnya bengkel uji emisi ya tidak diminati lagi,dulu kan ada kewajiban pasang stiker di kaca mobill berlaku 1 tahun,sekarang sudah tidak ada lagi kayak gitu.


    >>mungkin kebijaksanaannya, seluruh kendaraan bermotor yang BARU dan DIJUAL PABRIKAN wajib EURO 3, tapi kalo kudu ada syarat lolos uji emisi EURO2/EURO3 untuk perpanjangan STNK sih pengen tau linknya di mana..????

  45. jgnkan honda,mau ninja 250fi aja injeksi nya msh euro 2.krn biar menekan cost dr shipmentnya.baguslah kl begitu biar ga bikin macet.toh ga smua org bsa bawa mtr kan?yg bawa cm emosinya sj

  46. semenjak diberlakukan euro2 untuk memperpanjang pajak motor sptnya gak ada perubahan alias lancar jaya, buktinya motor2 jadul dan 2 dan 4 tak masih banyak berseliweran..jadi intinya santai aja.

  47. Pabrikan jika udh mngeluarkan produknya pasti udh melewati test / uji emisi & sdh pasti pabrikan punya solusinya dunk …

  48. Menangislah yang sudah punya Honda CB150R,ternyata tidak lulus Euro 3.
    Beruntunglah yang sudah punya Yamaha New V-ixion Lightning,Anda telah lulus Euro 3 dan bisa memperpanjang pajak kendaraan.

  49. Menurut ane bagi yg sudah diproduksi ga bakal dicekal.. klo untuk kedepan produksi ia.. Metro mini,kopaja,bus kota,ninja 2tak,bebek karbu,matic karbu.. brp jumlahnya tuh ???

  50. Bener, paling produk baru yg harus lulus euro 3. Kalo produk yg lama juga harus euro 3 bisa jadi ladang duit saat perpanjangan STNK. mau lulus apa Gak? kan simpel.

  51. @85.
    itu tuh yg paling bisa diterima 🙂

    dan Alhamdulillah sudah kebeli Ninja 2 tak.
    kapan lg bisa mencicipi mesin 2 tak !
    makanya buruan beli mumpung masih ada motor 2 tak a.k.a Ninja 150 😀
    khususnya buat speedlovers, buruan gan. gak nyesel !

    euro 3 euro 5 dll ? Insyaallah bisa beli lagi yg udah lulus emisi 😀

  52. kalo ane pernah dgr sih euro 3 kan nnt pertengahan taun 2013 trus motor yang udah kluar sebelum mah gak apa2 biar blm euro 3..jadi CB150 msih bisa lah kan udah euro 2..

  53. ehm… numpang lewat om..om semua yang pada pinter.
    aku bukan fby atau fbh. tapi.. diblog nih kok isinya kebanyakan mbahas si CBSF ya. mana si NVL, apakah dah sgat sempurna buangeeeeeet tuh si NVL. ya mbok netral to..( atut…………..)

  54. nex bayar pajak aja dipersulit . . .y mendng gx sah bayar aja. . .
    qt sich cm ikut mw pemerinth aja. . .
    kptsn it memang bnar. . .
    tp nex bwt mtr lawas jg ky gt. . .it kurang bijaksana. . .
    bkannya brdampk baik mlh buruk. . .bkal bnyk org yg malez byr pajak. . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here