jump to navigation

Membandingkan Spedometer MioGT dengan GPS February 20, 2013

Posted by Taufik TMCBlog in : yamaha , trackback

MioGT5

Bro Sekalian, Sebelum kita Bicara Lebih Lanjut tentang Aspek riding, handling, Fuel Consumption, dan Performance, terlebih dahulu Via artikel ringan ini tmcblog mau membicarakan perbandingan Hasil pengukuran  Speedometer Yamaha Mio GT dengan GPS. GPS yang tmcblog gunakan adalah Handheld Garmin 60CSx. Dua Point yang tmcblog akan hadirkan disini adalah bagaimana Penyimpangan pengukuran kecepatan (speedometer) dan jerak tempuh (odometer) . . . cekidot

MIoGT2

Pada pengukuran speedometer tmcblog tidak memperoleh data bukti jepretan nyata, karena gps dipegang oleh boncenger yang ditugaskan oleh tmcblog untuk membaca hasil pengukuran speed oleh GPS saat Jarum speedometer menunjukan angka tertentu. Dan hasilnya adalah pada angka penunjukan 20km/jam pada speedometer, GPS Garmin menunjukan angka 18km/jam dan juga seterusnya saat speedometer menunjukan angka 40 km/jam GPS Garmin menunjukan angka 36 km/jam  . .. linear banget penyimpangannya

Dengan data diatas diambil kesimpulan dibanding dengan hasil pengukuran GPS terjadi penyimpangan sekitar 10% jadi jika di ekstrapolasi secara sederhana pada saat speedometer menunjukan angka 100km/jam, penunjukan GPS akan berada di angka 90km/jam. Hal ini memang biasa dan banyak banget dilakukan di kendaraan apapun merknya. Ada alasan keselamatan yang terkandung didalamnya, silahkan tanya para ahli ahli keselamatan berkendara :D

Kalibrasi_meter_MioGT

Bagaimana dengan Odometer . . .nah kalo ini tmcblog ada fakta jepretan kameranya . . . saat awal pengukuran GPS di reset dan dijepret bersamaan dengan odometer . . . saat Odometer GPS menunjukan angka nol odometer menunjukan angka 96,65 ( digit angka terahir adalah perkiraan)

Kalibrasi_meter_MioGT2

lalu dibawa jalan beberapa saat . . . jepret lagi diperoleh angka 2,07 km di GPS garmin . ..  lalu gimana di odometer ? seperti yang bisa bro lihat diatas angka yang ditunjukan adalah 98,71-98,72 (gak tau deh yang mana yang pasti bukan 98,75 soale nggak pas ditengah) . . . artinya apa perbedaan perubahan penunjukan odometer adalah diangka 2,06-2,07 km . . . . hampir mirip atau boleh dikatakan odometer MioGT mirip dengan hasil yang di tunjukan odometer GPS Garmin . . . So, dengan akurasi segini bolehlah kiranya odometer MioGT dijadikan acuan . . . Kita akan gunakan data ini sebagai acuan pengukuran FC nya nanti . . . oke silahkan dikunyah kembali, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

BannerTVS2013#1

Comments»

1. budizaky - February 20, 2013

بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
absen dl baru baca
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

2. mat solar - February 20, 2013

podiumkah

3. mapika - February 20, 2013

Pagiii…

4. mapika - February 20, 2013

Absen

5. mat solar - February 20, 2013

2

6. zahed_27 - February 20, 2013

ngeeng

7. Moonsight Abee - February 20, 2013

Menyumak

8. andy - February 20, 2013

joz,,,,

9. mapika - February 20, 2013

Siap2…

10. Bihun - February 20, 2013

7

11. mile - February 20, 2013

podium

12. new supra - 1 - February 20, 2013

GeTuk

13. HeyDude - February 20, 2013

ms

14. Leopold S - February 20, 2013

Utk ukuran speedo analog lumayan akurat….
Thanks sharingnya mas

http://7leopold7.wordpress.com/2013/02/16/kelemahan-ke-3-ninja-250-fi/

15. mat solar - February 20, 2013

spido korupsi 10%…:-)

16. baco - February 20, 2013

masih wajar

sent from my motorchina
via telepati smart bodo nete’dirok.

17. mc Doohan jr - February 20, 2013

Matik wagu . gak tertarik.

18. retsaadi - February 20, 2013

Baca di commuter line

19. Yoshi - February 20, 2013

mantaq nih mio gt

20. Sponge Bob - February 20, 2013

Galau Tau….

21. eko354 - February 20, 2013

Sebaiknya memang kalau mau membandingkan Speedometer / odometer motor, menggunakan “GPS beneran” seperti punya Wak Haji ini. Sebab akurasinya cukup baik, dan memang dirancang untuk mengukur kecepatan dan jarak.
Saya sendiri sering menggunakan GPS hand held “Magellan” untuk mengukur kecepatan kapal, yang bila dibandingkan dengan GPS bawaan kapal seperti “Furuno”, hasilnya sangat mendekati.
Analisa Wak Haji bhw speedometer motor memang dibuat ‘over’ saya rasa ada benarnya dilihat dari sisi keselamatan.
Kalo mobil lebih mendekati, contoh di Toyota Innova, pada speedo 60 GPS menunjuk 58, pada hyundai Accent, speedo 100 GPS 98.

22. z1rider - February 20, 2013

Sip lah, cuma 10% :cool:

23. BC-Mania - February 20, 2013

Wowww ane petromax

Sent from my HP-CINA™ dudul jadul
Via operator terlelet se-nusantara

24. Bias_72 - February 20, 2013

Nunggu komparasi dengan metik tetangga dengan metode dan alat yang sama jg …. Lanjuuuuut…

25. 46@sukses.com - February 20, 2013

Wis tak woco..

26. marimaninfo - February 20, 2013
27. Zuhry - February 20, 2013

ini baru beneran GPS n di jepret langsung disamping speedometer jadi keliatan perbandingannya . . . . ., ini cara yang recommended :D

28. bebek goreng - February 20, 2013

Kang, itu yang 90km/ jam memang sudah tercapai atau kira-kira “akan” tercapai ya?

29. Novian Agung - February 20, 2013

Lumayan akuran, daripada metik bongsor sebelah….

30. Mas Jokokarta - February 20, 2013

silahkan pada di beli mio gtnya….ayo…ayo…ayo…….saya sudah beli vario 125 CBS!

31. masdiisya - February 20, 2013

Mau share aja
Hari ini ada iklan di salah satu koran nasional soal HET (harga eceran tertinggi) suku cadang yamaha
isinya
“jika tidak sesuai HET maka seluruh uang dikembalikan dan barang tetap milik konsumen”
“Di seluruh dealer resmi yamaha”
“cek melalui website yamaha-motor.co.id/spare-part/ygp/part-catalogue atau tanyakan buku daftar harga suku cadang resmi yamaha kepada part counter dealer”
call center: 021-2457-5555; 021-461-8000 (sayang kode jakarta)
semoga berguna

32. andhi_125 - February 20, 2013

hem….gak terlalu “lebay” ya mas haji…
bai de way, gak pake dudukan buwat gps di setang/spion aja?
sedikit kurang safety sih…karena bikin mata kurang konsen kedepan, lirik2 terus :mrgreen:

33. carauntuk.com - February 20, 2013

mantap tidak ada simpangan

34. Taufik - February 20, 2013

@32. andhi_125
yang ngelirik gps kan boncenger bro saya cuma komunikasi aja :)
braketnya? ada doong, buatan sendiri lagi :

http://tmcblog.com/2008/12/30/nyobain-gps-garmin-60csx-di-v-ixion/

@31. masdiisya
makasih infonya

@28. bebek goreng
ekstrapolasi mas bro . . . sebuah perkiraan beddasarkan data data statistik sederhana

35. poepoet - February 20, 2013

klo spido vario 125 gimana pak?

36. andhi_125 - February 20, 2013

@ mashaji : maksut saia, kalo dipasang jejer, trus boncenger yang motret gitu mas, jadi lebih afdol perbandingan antara spido-gps…
;-)

37. orong-orong - February 20, 2013

absen pak haji

38. super red - February 20, 2013

Masih manual tapi penyimpangan relatip kecil.

39. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - February 20, 2013

mio GT lebay… mending spido nya sebelahnya super akurat…

;)

40. ●○ qwerty ○● - February 20, 2013

wew ada yang baru beli hp bb cdma murmer..

Sent from my hp esiangocehcocotbacot via Stupidfren DONGO Network

41. Teguh Judianto Kingdom - February 20, 2013

layar nya gpsmap 60c sama garmin nuvi 1460 kok beningan 60c ya om untuk outdoor…itu ada backlightnya kan? atau pake polarizer di kameranya :D

42. ●○ qwerty ○● - February 20, 2013

test fc nya jgn kek lomba kibul sebelah kang..

Sent from my hp esiangocehcocotbacot via Stupidfren DONGO Network

43. ●○ qwerty ○● - February 20, 2013

wew, ai punya comment nyangkut di pos satpam..

:-D

Sent from my hp esiangocehcocotbacot via Stupidfren DONGO Network

44. Tanki Bensin - February 20, 2013
45. Abidin - February 20, 2013
46. bukan_penggila_merk - February 20, 2013

yg pernah sy tes beberapa sepeda motor untuk jarak yg di tempuh memang mendekati kenyataan beda sama kecepatan yg sy tes selalu diatas gps demi keselamatan pengendara

47. miaw :3 - February 20, 2013

2 hari lagi nyampe di rmh ane ni motor :D

48. Nobita - February 20, 2013

@ kang haji

mau tanya nih, saya punya handheld Trimble Juno SD, kira2 software apa yang cocok buat aplikasi GPSnya..??
bagi yang familiar dengan software GPS boleh menyumbangkan saran.

49. cuap2x - February 20, 2013

mio marmut… :D

50. ari - February 20, 2013
51. richardjei - February 20, 2013

Nyaris Akurat.

52. ron - February 20, 2013

apek nggak ngibul banget masih kategori normal dan bisa ditolerir

53. dave - February 20, 2013

mantep,, mirip2..

54. temonsoejadi - February 20, 2013

sipzz..

ijin nitip mas,[share] bukalah mata hatimu akan polemik kesehatan bagi si miskin
http://temonsoejadi.com/2013/02/20/orang-miskin-dilarang-sakit/

suwun

55. bikerz - February 20, 2013

Mio GT sudah pasti akan berebut Market dengan Mio J RC , Mio Soul GT RC & Mio Zeon 125 RC GT ….

56. Khabib Jetfire - Tonnie - February 20, 2013

saya test akurasi Hsx, kalo speedo emang lebai, tapi kalo odometer cuma beda 0,1 km doang..

57. ceplok - February 20, 2013

setelah baca terus dikunyah kunyah.(om taufik).emmmmm nyam nyam,kriyuk kriyuk.essssshhhh .

58. Mas Jokokarta - February 20, 2013

Vario 1250saya aja cuma maksimal 20km/jam!! lewat gang!wkwkwkwkwk

59. nbsusanto - February 20, 2013

lumayan..

60. ipanase - February 20, 2013
61. jonas - February 20, 2013

ok banget, thanx info nya mas bro

62. Ms Dhukha - February 20, 2013
63. giant - February 20, 2013

GPS saya jg tipe ini, pemgalaman saya kalo cuaca cerah pembacaan GPS ini mmg cenderung akurat, ttp kalo pas cuaca mendung jgn coba2 pakai acuan GPS krn akurasinya rendah sekali, penyimpangannya sangat besar, krn GPS operasi kerjanya tergantung satelit pendukung. Saya sdh biasa gunakan utk survai.

64. giant - February 20, 2013

Hati-hati apabila cuaca mendung/hujan akurasi gps tipe ini sangat rendah. Spt diketahui operasi semua jenis gps ketergantungan dengan satelit pendukung, apbila hujan/mendung penyimpangan jarak 10-13m. Saya jg punya utk jenis ini

65. Trisna Ariwibawa - February 20, 2013
66. wfy - February 20, 2013

Andai chek speedo pake stopwatch+jarak yg tepat jangan jauh2 100m dilalui dgn kec konstan di speedo mis.20 atau 30km/jam similiarkah dgn waktu yg diperlukan pasti lebih akurat..kl gps he..coba deh sekali lagi atau pake 2 gps dgn type sama..hasilnya…pasti beda..:) 60csx,530hcx aka.rhino,62s,colorado,apapun merek grmin,gps navigasi yg saya tau sih bukan alat ukur..but just for navigasi..imho..

67. wfy - February 20, 2013

Gps navigasi ya buat navigasi bukan alat ukur..kl bandingkan ya..salah satunya hrs ada yg bener..br deviasinya terukur.. :)

68. Herry Vj - February 20, 2013

kalo matic mah kenceng juga larinya…

http://graha-fibreglass.com/

69. Kuning kunyit - February 20, 2013

nyimak ahh….

70. h4ry - February 21, 2013

66. wfy – Februari 20, 2013

setuju gan, memang GPS benarnya ada bermacam2 tingkat akurasi dan presisinya. jadi pengukuran dari GPS juga hasilnya relatif tergantung dari sensitifitas GPS. mungkin bisa lebih jelasnya bisa dibaca di articel ini, maaf bang haji mau ngasih link mudah2an gak kena moderasi. http://www.radio-electronics.com/info/satellite/gps/accuracy-errors-precision.php

71. wfy - February 22, 2013

Gps handheld memang instant menerima utk mnampilkan informasi posisi dsb.sehubungan fungsi dan user minded utk dijual bebas dan murah,di bidang yg mharuskan akurasi, gps navigasi hanya digunakan utk orientasi,yg sy tau jangankan handheld type geodetik pun kl menentukan posisi dgn akurasi tinggi susah bgt prosedurnya,waktu pngamatan yg tepat,lokasi yg minim multipath,lama pengamatan,geometrik satelit,cuaca,n msh sgudang prosedur lain..sharing aja wak haji..track khusus yg diberi jarak dgn meteran baja&stopwatch lebih akurat kaynya utk banding2 konsol speedo otomotif..imho..

72. onimusa - March 1, 2013

gak menarik ini motor…GPS sebelah lebih mantab



%d bloggers like this: