cycle_of_fun

Bro sekalian, Clive bell mengatakan bahwa “The starting point for all systems of aesthetics must be the personal experience of peculiar emotion.” Disini dikatakan bahwa estetika harus berangkat dari pengalaman pribadi yang berupa perasaan yang unik dan khusus . . . nah berangkat dari sinilah seorang pengunjung blog bernama Bro Ilham Afif menuangkan segala kemampuan melukis dengan gaya gabungan antara Ekspresionisme dengan Otomatisme dengan basis Motor eksotik, Ducati dalam bidang kanvas dengan Penggunaan cat dengan dasar air(akrilik)

Dijelaskan pula oleh bro Ilham bahwa Menurut Soedarso, “Ekspresionisme adalah suatu gaya seni yang berusaha untuk menggambarkan perasaan subjektif seorang seniman, individualistis ” dan Teknik Otomatisme termasuk dalam aliran Surealisme. Gerakan ini banyak menggali gagasan tentang mimpi, ilusi, dan fantasi yang didorong Otomatisme dan asosiasi bebas . . . dengan teknik penggabungan  antara Ekspresionisme dengan Otomatisme Bro Ilham berupaya menciptakan karya yang dapat merepresentasikan hasrat dan ketertarikan terhadap ducati . . . sesuatu ” kesatuan perasaan serta bawah sadar yang berhasrat, kagum dan menyukai segala tentang Ducati ” begitu menurut beliau . .

Ada kutipan menarik yang tmcblog copas dari penjelasan bro Ilham :

Dalam menvisualkan kekaguman serta ekspresi penulis terhadap Ducati, tekstur dan warna menjadi aspek utama dalam karya lukis ini. Penggunaan pisau palet menghasilkan goresan cat ekspresif yang liar dan emosional.

emotional_part_series

Sejalan dengan keagresifan Ducati, Penggunaan warna-warna merah, biru, hitam, dan emas yang mendominasi lukisan, digunakan untuk menghasilkan kontras yang menarik sekaligus memberikan nuansa kedalaman. Otomatisme menghasilkan efek gerak tidak beraturan dalam kanvas dan bidang-bidang warna yang memenuhi latar belakang.

anatomy_of_speed

Warna merah dalam karya lukis ini terdapat pada bagian objek maupun latar, menggambarkan kesan agresif, liar dan hangat. Sedangkan warna biru, menimbulkan karakteristik aristokrat, harapan dan harmoni. Warna hitam melambangkan misteri, tegas, kokoh. Dan warna emas menghasilkan efek mewah dan sophisticated dalam lukisan. Campuran dari warna-warna tersebut menghasilkan harmoni serta kontras warna yang menarik. Objek dan latar seolah digabungkan menjadi satu kesatuan, sehingga latar menjadi sama pentingnya dengan objek

hmmm, menarik juga ya . . . oke silahkan cekidot karya karya Bro Ilham ini  . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

44 COMMENTS

  1. Akhir2 ini fby memenuhi blog kenamaan seperti iwb tmc. Banyak bc dmn2 terutama buat cbsf…
    Peringatan keras ini buat pemilik blog untuk menyaring komentar2 miring seperti yang dilakukan oleh bbrp bloger senior, jika tidak bisa jadi suatu fitnah dan bisa d tuntut oleh pabrikan karena melanggar UU ITE. tks

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here