About these ads
jump to navigation

Test Konsumsi BBM Yamaha Xeon RC . . . 46,77 km/liter Premium Maret 25, 2013

Posted by Taufik in Test Ride, yamaha.
Tags: , , , , ,
trackback

BBMXeonRC_2

Bro Sekalian, Sabtu Kemarin tmcblog dan iwb janjian memenuhi udangan dari yamaha Indonesia untuk acara gathering media di Resort Lido, Bogor, Jawa Barat. Nah kesempatan ini kami berdua gunakan untuk secara simultamn mengetest Konsumsi BBM Dari Yamaha Xeon RC yang sudah sepekan dipinjamkan ke Kami berdua. Koridor pengetesannya adalah : Motor adalah Properti yamaha dengan setingan yang tidak diubah dari  default dari yamaha, metoda pengisian bbm full to full agar apple to apple sama metoda pengujian motor yang sudah tmcblog lakukan sebelumnya. Personal yang melakukan test adalah tmcblog 160 cm/58 kg. Jalur yang digunakan adalah Pergi Jalan Pajajaran Bogor, Batu tulis, cipaku-cigombong-Lido dan Pulang Lido-Cigombong-Cipaku-Batutulis-Empang-Istana Bogor-KebonPedes-Sholih Iskandar Bogor  dengan tipe bbm yang digunakan adalah premium oktan 88 nya Pertamina.

BBMXeonRC_isibbm_awal

Motor kami berdua di isi sampai Bensin penuh sekitar Jam 5 pagi di SPBU Pertamina warung jambu samping Informa, Jepret Odometer awal  . . . lalu menembus subuh Menuju Lido . ..  Di kota bogor bis sedikit speeding atara 70-100 km/jam karena sepi , Jalanan Via Cipaku sebenarnya sepi . ..  namuan karena sempit, Gelap ( dibeberapa hutan dan kebun  titik tanpa penerangan) dan tmcblog udah lama nggak lewat jadi nggak begitu pede ngelibas jalan dnegan speed tinggi . . . akan tetapi kontur jalan turun naik khas perbukitan.

BBMXeonRC_isibbm_akhir

Sampai Lido mengikuti acara gathering Media berupa latihan menggunakan Motor motor adventure ( persiapan melibas merapi pekan depan ?? ) . . . selesai Latian Batch Pertama Kami berdia Pamit pulang duluan . . . dan melibas jalan menuju Bogor Via jalur Cigombong-cipaku-batu tulis kembali . ..  walau kondisi jalan terang, akan tetapi penuh kendaraan roda empat karena biasa weekend jadi jalan alternatif karena lewat ciawi macetnya bukan main. Masuk Kota Bogor Via Persimpangan empang-Pasar Bogor-Istana Bogor-Menuju jalan soleh iskandar . . .  kalo kosong gebeeerrr, kalo pelan yaaa stop and go . . . gak pake gaya eco riding

BBMXeonRC_konsumsibbm

Sampai SOleh Iskandar isi Premium lagi di SPBU 34-16116 bersama iwb . . . isi sampai level bbm sama seperti pengisian awal didapat 1,24 liter  . . . jepret Odometer diperoleh 1016 km . . . artinya telah 58 km menempuh perjalanan . ..

So Secara Rerata penggunaan bbm Xeon RC dengan segala koridor penggunaan seperti disebut diatas adalah 46,77 km/liter Premium . . . Penggunaan dan motoda pengujian konsumsi bbm antara tmcblog dan iwb disamakan, riding style pun sama .. . yang beda cuma Fisik orangnya saja :)  . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. orong-orong - Maret 25, 2013

jos

2. orong-orong - Maret 25, 2013

pertamax gan

3. emir99 - Maret 25, 2013

Wah, udh keluar nih… Lumayan nih non eco-riding
Powered by Telkomsel BlackBerry®

4. prekelz - Maret 25, 2013

iriiit

5. kutu_kupret - Maret 25, 2013

jos mangstaf….

6. duokribonerakajahanam - Maret 25, 2013

ciyus kan :D

7. Si konde emang katrox - Maret 25, 2013

Irit,ga pake tipu2..

8. rusmanjay - Maret 25, 2013

irit

9. adjieebeb - Maret 25, 2013

pertamax

10. kutu_kupret - Maret 25, 2013

iritan sepeda onthel ane :D

11. ipanase - Maret 25, 2013

jamannya matic irit

12. Dian - Maret 25, 2013

wah makin irit aja para skutik :D

13. Si konde emang katrox - Maret 25, 2013

Jiah,cuma dapet posisi 7…padahal udah gaspoll…lumanyun lah

14. agungnovian - Maret 25, 2013
15. ipy - Maret 25, 2013

non econo segitu lumayan lah….

16. Rudy SouL - Maret 25, 2013

like

17. ipanase - Maret 25, 2013
18. VH - Maret 25, 2013

mantap xeon

19. oyo - Maret 25, 2013

matik sj byk lost powernya bs irit bbm skg,,

20. kram97 - Maret 25, 2013

…gimana getaran mesinnya…

21. 46@sukses.com - Maret 25, 2013

Weihdapet 46.77.lho angka apik iku..

22. hemmmm - Maret 25, 2013

biasa aja ah

23. peyek - Maret 25, 2013

wah… boros bangat.. kalo di bandingin ama perja150sese…

24. yanusakti - Maret 25, 2013

janjian euy… pas mantab emang dua sejoli ini :D :D
46.77 kpl… untuk ukuran xeon sdh bagus itu.

25. peyek - Maret 25, 2013

wah… b0r0s bangat.. kalo di bandingin ama perja150sese…

26. baridienbp - Maret 25, 2013

Klo kontur jln naik turun ya lumayan lah sgt sih

27. sukanyaMOTOR - Maret 25, 2013

jauh banget sama metik ku. hiks….. :(

28. sukanyaMOTOR - Maret 25, 2013

jauh banget sama metikku. hiksss….

29. sukanyaMOTOR - Maret 25, 2013

metikku kalah jauhhh…. hiks

30. ♥♡ L@ler IjO ♡♥ - Maret 25, 2013

JOSS… GAK PAKAI NGIBUL. :D

EHMM…

31. SUZUMU - Maret 25, 2013

sbg perbandingan aja bro..Spacy ane isi fulltank di 302 km. habis di 550 km. kapasitas tangki 4,5 liter. jarak 248 km : 4,5 = 54,44 km/liter. mode pengendaraan santai dan “hooligan”. jadi kalo Xeon RC 125 ini bisa segitu termasuk irit ya..? suka desainnya, lebih simpel tapi tetap hitech. dan gak pake gaya “kolong jembatan”. tapi warna velg lbh suka item aja, bukan merah putih gitu, agak norak sih. bannya sebaiknya pake ukuran 100/90 belakang, dan 80/90 R14 depan.

32. Callmewhy - Maret 25, 2013

Iritnya…. Hmm.. Kalah motor2 bebek jaman sekarang… (jd mikir 2x kalo mau beli motor baru utk dlm kota, beli bebek atau matic ya… Abis matic2 yg dulu penuh ngibulnya, 73kpl*, eh podo borose karo matic alayer,mio karbu) dulu sakit hati baca banner iklannya….

33. ♥♡ L@ler IjO ♡♥ - Maret 25, 2013

KALAH JAUH AMA NENG VERZA….

# gibulnya…

ehmm.. :D

34. mbahjo - Maret 25, 2013

IWB 80 kg : 42 km/l
TMC 58 kg : 46 km/l

biar adil harusnya om Taufik bawa Barbel 22 kg :-)

35. kiluazolndix - Maret 25, 2013

sip kang..like it, artikele barengan sama kang iwb. paleng dah janjian iki, Xixixixii..
ane khusnudhon lho kang

36. osonAE - Maret 25, 2013

oh lumayan trnyata,irit…

37. Cah_Angon - Maret 25, 2013

wah entuk minyak residu, ra entuk pertamax…

38. ron - Maret 25, 2013

joss

39. dunds - Maret 25, 2013

wahhh bisa2 bebek makin ga laku nih jaman sekarang

40. bocah94 - Maret 25, 2013

Sayang Belum Helm in, padahal minat…. :D

kang taufik, bilang ama yahama suruh bikin produk skutik yang helm in

41. mbahjo - Maret 25, 2013

wah komenku ilang

42. Andra - Maret 25, 2013

125cc dgn non eco riding dapet sgitu ya irit cak… manteb tenan…

43. sinbe - Maret 25, 2013

Motor matic idamanku irit juga euy!

44. nbsusanto - Maret 25, 2013

Mantep..iritan NVL yak..eh taoi beda metode ding.. :roll:

45. Bro Bimo - Maret 25, 2013
46. penikmat otomotif - Maret 25, 2013

yaa standar motor maticlah.. tergantung pakainya juga..

47. sodiqcho - Maret 25, 2013

release artikelnya juga janjian ya…

48. Jonas - Maret 25, 2013

xeon karbu ane rata-rata 38 kpl, kondisi jalan hari kerja pagi dan sore, ban pake 100/80. berarti ada peningkatan 23%.
kenapa gak sedratis mio ya yg meningkat dari 40 kpl ke 60 kpl?
apa karena setting fi xeon buat tenaga besar? cc-nya kan cuma beda tipis 113 ke 125 hanya selisih 12 cc. atau katup akselerasi xeon sudah bekerja diputaran rendah?

49. Apipblog.com - Maret 25, 2013
50. yudha depp - Maret 25, 2013
51. dave - Maret 25, 2013

wah,, mksd nya gmn tuh?
1,24 km,, 1016 km,, terus menempuh 58 km,, ga ngerti..
btw,, nilai octan 88 pasti cm punya pertamina,,
spbu laen ga ada yg punya octan 88,, hehe,, cmiiw..

52. ari - Maret 25, 2013
53. ●○ qwerty ○● - Maret 25, 2013

Konsumsi BBM Skutik Xe0n RC 125cc dengan PREMIUM Oktan 88, NON ECO RIDING seperti pemakaian sehari2 cuma dapet 46,77 kil0m0ncr0t….

-B0R0SS-

*tapi ini anti k1bul n t1pu-t1pu….

54. ●○ qwerty ○● - Maret 25, 2013

TEST KONSUMSI BBM nya di jalan pegunungan naik turun bukit n ngga takut m0g0k diketinggian.

55. joko - Maret 25, 2013
56. NVL RED - Maret 25, 2013

borosssss itu mas……
NVL q aj bs 55km/ltr.. metode full to full jg
ful prtma odo 220 ful ke dua 491
jadi 491-220 = 271km

bensin oktan 88 habis Rp.21.900
jadi Rp.21.900 : Rp.4.500 = 4,87ltr

kesimpulan 271km : 4,87ltr = 55,6ltr

manteb to mas broooooo…non eco eco an lho itu…ap lg malang jg mcet tiap sabtu minggu smp 2km macetnya…

57. frontdiskbrake - Maret 25, 2013

bang taufik dapat 46,77km/l
mas iwb dapat 42,02km/l

ibarate :
kalo dikendarai sendiri dapat 46,77km/l
kalo sambil bonceng anak ato bini mungil dapat 42,02km/l
wkwkwk

58. frontdiskbrake - Maret 25, 2013

kumenku ilang *mewex

59. Trisna Ariwibawa - Maret 25, 2013

Pake speedfire kang biar makin irit..
http://trexton.wordpress.com/

60. hann - Maret 25, 2013

Mantaplah.. !

61. hadi - Maret 25, 2013

@31. SUZUMU
koreksi dikit bro….kapasitas tangki spacy 5.5 liter sama dengan vario 125.

62. bikerz - Maret 25, 2013

Benerkan … Performa Masih sekelas Honda Beat FI …
Bahkan masih jauh lebih irit Honda Beat FI …

63. yonk - Maret 25, 2013

Tetep gak minat???
Ingat waktu dulu awal2 lounching xeon karbu??? Tester dari blogger dan awak media dan hasilnya semua pada muji mulai axeerasi dan top speed!!! TAPI kenyataan hasil dilapangan begitu sudah ditangan konsumen, banyak yg kecewa, lemot, boros dll.
Semoga produk yg dites dan dijual sama!!!

64. Halim fitsupra - Maret 25, 2013

Wah.. Wak haji lewat rumah saya tuh..

#trek cipaku-cihideung-cigombong nanjak turun abiss…

65. komunitashondamegaprokebumen - Maret 25, 2013
66. Laskarjawa - Maret 25, 2013

Matic sekarang emang irit semua, beda2 dikit itu wajar tergantung cara pemakaian, kl boros ya siap2 aja gak laku..

67. Laskarjawa - Maret 25, 2013

Emang masih aman pake premium? Kayaknya kompresi hampir 11.

68. sof - Maret 25, 2013

Berarti Vespa konsumsi BBM nya mantab juga

69. klingon z1 - Maret 25, 2013

pasti tes yg d dapat iwb lebih boros :D

70. pucuq - Maret 25, 2013

xeon rc ku paling dapet 40km/l
bobot rider + boncenger = 115kg
speed maks 95 kmh on speedo
kalo jalan dibawah 40 kmh kurang nyaman.

71. Vega joss - Maret 25, 2013

masih irit beat FI 1 liter = 90,3 km kata brosur ma iklan didealer

72. kukang - Maret 25, 2013

triatmono.wordpress.com/2011/12/18/test-ride-anak-jalanan-yamaha-xeon-konsumsi-bbm-40-5-kml-not-bad-laaagh/

segitu doang? beda dikit?
hahaha

73. dewa - Maret 25, 2013

Mobil yg rata2 beratnya 10X dan mesin 10X lebih besar,konsumsinya cuma 3X nya,1liter Motor=3 liter Mobil kalau Diesel irit lagi

74. Erit07 - Maret 25, 2013

Irit tuh…

75. Antrix - Maret 25, 2013

Umum’a tangki Motor berada diatas mesin, maka semakin besar volume BBM dalam sebuah tangki, semakin besar pula tekanan BBM yang dikeluarkan. kapasitas tangki Vario 125 lebih besar dari Xeon dan bisa lebih irit dr Xeon.bukankah itu sesuatu yg wow.

76. yurry - Maret 25, 2013

josssss kang haji…
lanjuuuttt… :D

77. kang.oprek - Maret 25, 2013

iritan vario 125 bro

78. dadang&dudung - Maret 25, 2013

matik yamaha semuanya boros bro
ga ada yg irit..
yg irit itu matik Honda

79. oesman_77 - Maret 25, 2013

klo segitu seh irit nya biasa aja tuh

80. Sego Goreng - Maret 25, 2013

oalah ternyata xe0n rc ntu masih analog smua tho spido/ordo.
wah harganya kemahalan berarti. Udah gtu arm belakang di sunat/downgrade. Hadeeeh… :-(

81. Sego Goreng - Maret 25, 2013

1. masih manual speedo/ordo
2. Arm belakang downgrade dr versi karbu
3. Ban cungkring
4. Velg HARLEM SHAKE/GEAL GEOL
5. Adu speed kalah sama vario125
6. Adu tampang kalah sm vario 125
7. Fitur kalah juuauh sm vario 125

tp harga OPERPRET banget.

82. Ki Salim - Maret 25, 2013

merapi?? gunung merapi bang?? deket rumah ane tuu..

83. jaelan.. - Maret 25, 2013

tah ieu mah kahartos..test konsumsi bbm teh…sesuai dgn realita/mayoritas pemakaian everyday kang…. klo tes konsumsi bbm…minimal hrs dipake jalan 100KM….baru hasilnya dipertanggungjanabkan… mantap pisan lah kang haji…

84. jaelan.. - Maret 25, 2013

Bro Sekalian, Sabtu Kemarin tmcblog dan iwb janjian memenuhi udangan dari yamaha Indonesia untuk acara gathering media di Resort Lido, Bogor, Jawa Barat.

==========

bogor(tmc) apa sukabumi(iwb)…Resort LIDO?….

85. cah pekalongan - Maret 25, 2013

lumayan irit

86. anti motor lemot - Maret 25, 2013

WTF berapa, WTF. Yang katanya lebih powerfull dibanding xeon RC.

87. kobay z250 - Maret 25, 2013

Kang, kalau belum menyentuh minimal 100Km mah hasilnya bisa bias….
SOP media otomotif (dalam hal ini saya menunjuk AutoBild), mereka selalu mencapai jarak 100km lebih sebelum mengisi BBM lagi.
SOP tersebut internasional yang saya tau.

88. t163r3v0 - Maret 25, 2013

wow..termasuk irit gak tuh.. :D

89. wutanfebri - Maret 26, 2013

wak haji n iwb ngetesnya djalan nanjak otomatis gas pol pas nanjak2,otomatis jg lbh banyak konsumsi bbm,beda dgn tes di jln perkotaan kayak jkt,malang,sby yg datar2 aj..sudh termasuk irit dgn hasil sprti itu(IMHO)..semangat terus wak haji n iwb

90. suprafits - Maret 26, 2013

81. Sego Goreng – Maret 25, 2013

1. masih manual speedo/ordo
2. Arm belakang downgrade dr versi karbu
3. Ban cungkring
4. Velg HARLEM SHAKE/GEAL GEOL
5. Adu speed kalah sama vario125
6. Adu tampang kalah sm vario 125
7. Fitur kalah juuauh sm vario 125

tp harga OPERPRET banget.
—————–
weeeh ini sales jualannya dipromosiin, wakakak ini ane kasih perbandingan.
1. memang sih
2. tapi kuat, ducati juga pake 1 arm, wkwkwk…
3. iya sih, tapi bebek helm in yg gendut juga pake yg lebarnya sama
4. ah itu kan mio jadul
5. topnya selisih 5 kpj, tarikan lebih nampol xeon
6. relatif, selera
7. cuma kalah di ACG, tapi menang di kualitas plastik, cat dan silinder mesin yg kuat, jok empuk (vario keras bgt), awet busi, anti brebet, anti seting altitude, anti ngorok, anti brebet/ngempos, anti bodi getar

91. Tricker - Maret 26, 2013

Mantap ini dia yang ane tunggu2.

92. Tricker - Maret 26, 2013

@ 90. suprafits

81. Sego Goreng

1. masih manual speedo/ordo
2. Arm belakang downgrade dr versi karbu
3. Ban cungkring
4. Velg HARLEM SHAKE/GEAL GEOL
5. Adu speed kalah sama vario125
6. Adu tampang kalah sm vario 125
7. Fitur kalah juuauh sm vario 125

tp harga OPERPRET banget.
—————–
weeeh ini sales jualannya dipromosiin, wakakak ini ane kasih perbandingan.
1. memang sih
2. tapi kuat, ducati juga pake 1 arm, wkwkwk…
3. iya sih, tapi bebek helm in yg gendut juga pake yg lebarnya sama
4. ah itu kan mio jadul
5. topnya selisih 5 kpj, tarikan lebih nampol xeon
6. relatif, selera
7. cuma kalah di ACG, tapi menang di kualitas plastik, cat dan silinder mesin yg kuat, jok empuk (vario keras bgt), awet busi, anti brebet, anti seting altitude, anti ngorok, anti brebet/ngempos, anti bodi getar
—————–
Hahahahaha…. lanjut gan……

93. my sun - Maret 26, 2013

yang ramping, yang gesit, speed cukup memuaskan , irit.. kita yang suka jalan-jalan dan punya gaya anak muda mah untuk berpergian, tour dan berpetualangan di jalan itu

pilihan motor nya Beat dah

94. Riky - Maret 26, 2013

Skutik mana bro yang lebih irit??

95. Jam Tangan - Maret 26, 2013

hmm, lumayan irit, di tunggu review performanya

96. lingkaran - Maret 26, 2013

ditempatnya iwb ada yang membandingkan hasil konsumsi bbm antara vario 125, hayate dan xeon RC. tapi sayang, dia ga tau bahwa bbmnya beda, rutenya beda, gaya puntir gasnya beda, bobot jokinya beda.

semoga segera sadar,amin.

97. eko354 - Maret 28, 2013

@87. kobay z250.

Setuju Bro.

Kalo mau akurat memang harusnya testnya jalan jauh dgn berbagai kondisi cuaca dan jalan, dan beberapa kali pengisian BBM. Seperti SOP Auto Bild itulah kira2.

Saya pernah test konsumsi BBM MegaPro saya selama ber-bulan2 sejauh 1.700-an km, hasilnya sekitar 1:37.

Tetapi berdasarkan pengalaman, biasnya nggak ekstrim koq. Khusus MegaPro saya, hasilnya juga nggak jauh dari 1:37 juga (belum pernah mencapai seirit 1:40, tapi juga belum pernah seboros 1:35).

98. diosetta - Maret 28, 2013

woogh, buat ukuran 125 cc termasuk irit c.. yang penting gak ngempos , ngorok , gonta ganti busi kaya vario

99. guppy - Maret 29, 2013

woi bang haji, kalau di spbu jangan ambil foto dong, itu kn udah ad peringatan, jgn pke kamera, hp dan semacamnya, bs memicu percikan api yang menimbulkan kebakaran, safety riding :)

100. rifanfernando - April 28, 2013

salut buat matic2 sekarang. lama2 bisa mbunuh mopad nih :D , secara naek matic lebih simple.

untuk getaran piye mas bro? klo di banding k***o ? :D

————————————————–
http://pemmz.wordpress.com/2013/02/25/review-notebook-gaming-14-non-optimus/

101. Yogisu - April 29, 2013

xeon rc gw cuma tembus 1 liter pertamax 45 km kecepatan rata 50 km/jam bolak balik di DKI Jakarta yg macet ceeeetttt. Tapi gw puas suara halus, minim getaran dan uenak dibawanya.

102. rujak - Mei 5, 2013

xeon rc lebih nyaman lebih empuk ketimbang varione kakakku, lebih irit ketimbang satria FU ku (always pake pertamax – non subsidi), tarikan responsif sama kayak soul’e cewekku… trus warnae juga oke… siiiippp…

103. blackjack01 - Mei 7, 2013

Motor masih belasan juta aja udah pada saling menjelekkan, padahal yg perfect cuma buatan Allah.., ini udah miskin pada sombong pula…padahal yg disombongkan masing2 gak ada artinya…kami di komunitas motor besar gak seperti kalian..malah saling sharing dan berbagi informasi, saling menyadari bahwa masing-msing produk ada positif dan negatifnya…syukuri aja apa yg kalian punya…tidak usah saling menjelekkan dan menjatuhkan satu sama lain..brotherhood is good bro…salam

104. Muzaky - Mei 7, 2013

Xeon RC emang irit, dari Jakarta (Penjaringan) sampai ke Cileungsi (Mekarsari) cuma 1 liter lebih

105. iwak banaran - Mei 25, 2013

sial , aku beli juga nih motor matic yg utk pecinta lipstik,,,
maklum ternyata dibutuhkan juga….ini matic utk urusan perkotaan..

masalah ngejilat ludah sendiri macam yim dan ahm itu sih biarin saja..
lha wong aku juga akhirnya beli motor cupu ini..

T_T
cupu dibandingin cbr

106. saskia - September 29, 2013

Mau tanya ni mas broooo
Irit mana antara vario 125 dengan xeon rc
Terima kasi, sukses selalu

107. Hendra - Desember 1, 2013

Sip,, tesnya akang2 ini memang bnr2 real,aNE jg pengguna XRC tiap hr PP krj dgn jrk 30km/hari,pk premium fulltank abisnya 6hr alias 30kmx6hr=180km jd 180km/4L=45km/1L itu teh bnyk stopan&macet,bnr2 real harian n g cm omdo

108. janto paryanto - Februari 8, 2014

wehh hampir sama punya xeon ku yang baru dua minggu …
mantaff bro…seminggu cuma ngabisin duit 15ribu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.489 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: