jump to navigation

Pengen Tau Seperti Apa Perangkat ABS bekerja? April 18, 2013

Posted by Taufik TMCBlog in : Teknologi Otomotif , trackback

Ninja250_FI_Bigtire_ABS#5

Bro Sekalian, tmcblog percaya banyak teknologi yang semula dianggap mahal, mumet, susah dan laiin lain seiring berjalannya waktu akan berkebalikan dan bukan tdak mungkin akan menjadi standar. Seperti Misalnya sistem Injeksi bahan bakar. Nah salah satu teknologi yang punya kesempatan untuk bisa menjadi peranti standar kedepan adalah Sistem pengereman anti ngelock . . . Anti Lock Brake System (ABS) . . .

Yamaha#1_tmc

Antilock-braking-system-ABS

Nah Ide utama Sistem ABS adalah mencegah ban menjadi ngelock/mengunci  . .. Ban yang berada dalam kondisi mengunci akan membuat kendaraan sulit untuk dikendalikan karena grip ban ke jalan sudah tidak ada lagi . . . dan Kita sangat butuh Grip Ban untuk bisa mengatur posisi ban dan kendaraan . . . gejala ban mengunci akan terlihat seperti gejala Oversteer Understeer.

Pada sistem pengereman ABS, ECU / Komputer  dari sistem ABS akan mengatur tekanan fluida (minyak rem) pada kaliper sehingga piston kaliper tidak selalu terus terusan mengunci cakram . . . ECU akan melepas tekanan fluida/Minyak rem ketika posisi ban sesaat akan ngelock . . . tentunya ini pun butuh yang namanya speed sensor sebagai sumber pengamat kecepatan . . . nahhh pengen tahu kan bagaimana secara fisik sistem ABS bekerja . . . pada kendaraan yang bergerak cepat lalu di filmkan tentu butuh perlambatan yang signifiikan untuk mengamati fenomena ABS ini . . .

kucing_abs

nah tmcblog kebetulan sempet lihat TopGear Episode 14 dimana sebuah Kendaraan renault dikendarai di es lalu di pakai ngerem . . . dan disana bro akan lihat gejala tutup buka tutup buka dari sistem ABS . . . cekidot deh, untuk di motor ya, nggak jauh beda sih (kalo pengen lebih jelas bro bisa cek di artikel cara kerja ABS Motor ) . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. dermawancarter - April 18, 2013

Oke

2. MARIOTO TEGUH - April 18, 2013

SUPER

3. Pertamax_Hunter - April 18, 2013

.

4. chuphez - April 18, 2013

pagiiii

5. Leopold S - April 18, 2013

ngeliat kondisi jalan di kita yg sering ga jelas, ABS lumayan membantu kok

Review Prospeed – Ninja 250FI
https://7leopold7.wordpress.com/2013/04/14/review-knalpot-prospeed-black-carbon-ninja-250fi/

6. emir99 - April 18, 2013

Udh tahu koq…tp info yg berguna u/ lainnya :)

7. daivan - April 18, 2013

ternyata anjing bisa pake abs :b

8. rider88 - April 18, 2013

Absen pagi

9. Dede - April 18, 2013

Mantabs

10. sego goreng - April 18, 2013

jossssssssssssssssssssssss

11. k - April 18, 2013

honda memang josssssssssss

12. Rudy SouL - April 18, 2013
13. Alfido™ - April 18, 2013

ajib

14. sego goreng - April 18, 2013

ilang lagi

15. Irwanda Syahputra - April 18, 2013

yayaya.. tidur dulu ah.. :D

16. duokribonerakajahanam - April 18, 2013

baca artikel tentang abs di bmw dulu kala..

17. Jikun - April 18, 2013

ABS mantaap klo jd fitur standar d mtr indo

Saur dulu ah biar bsk kuat,..

18. Vega joss - April 18, 2013

mantab

19. sukanyaMOTOR - April 18, 2013
20. yudha depp - April 18, 2013

makin mantap kalau nanti semua motor dari segala brand
menerapkan rem ABS semua
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/04/p200ns-bisa-jadi-tiket-emas-bagi.html?m=1

21. tubles - April 18, 2013

Petromax

22. Nursinali - April 18, 2013

ABS, akan jadi fitur standar untuk motor 250 cc keatas.

23. kadalaspal - April 18, 2013

sama gak ama ngerem kocok

24. mc Doohan jr - April 18, 2013

HONDA sudah menerapkan di Motor, yahama sdh kepikiran belum ya?
slalu tertinggal dlm teknologi.
teknologi apa adanya tp koar2 tenologi moto gp .
moto gp dr HONGKONG ?

25. dave - April 18, 2013

cara kerja abs yg buat ban ga sliding nya tau,,
tp cara kerja sensor2nya,, terus itungan matematika nya dsb,,
itu yg ga tau,, hehe..
btw ini komp hang banget,, liad video tersendat2 ky sistem ABS,,
ga keliatan ban nya berenti muter nya,, akh lemot abis neh komp.. -.-

26. mc Doohan jr - April 18, 2013

Orang yg melek teknologi pasti milih HONDA..
slalu ada teknologi baru dan berguna pada motor dan mobil HONDA.
Klo tetangga br bs buat bentuk motor. br kenal injeksi sdh ngaku2 paling canggih .wkwkwk sakit perut gw ngakaknya. pembodohan masyarakat

27. mc Doohan jr - April 18, 2013

HONDA maju karena R

28. agusti - April 18, 2013

Nambah ilmu..meski msh mumet..

29. menoes - April 18, 2013

Sip,,

30. dick ryant - April 18, 2013

oh ngono to

31. boss sticker - April 18, 2013

ABS asal babe senang…hihihi

32. absoluterevo - April 18, 2013

Mantap

33. wewBU - April 18, 2013

nanti yamaha mengimplementasikan ABS dengan slogan

“KAMI YANG PERTAMA MEMAKAI ABS” seperti kasus mio dulu

34. Lupuz - April 18, 2013

Makin mantap beli ninja abs….

35. SpeedeVil - April 18, 2013

17. mc Doohan jr – April 18, 2013
HONDA sudah menerapkan di Motor, yahama sdh kepikiran belum ya?
slalu tertinggal dlm teknologi.
teknologi apa adanya tp koar2 tenologi moto gp .
moto gp dr HONGKONG ?
————————————————————————————–

Pengetahuan ente yg kismin, emang yamaha cuma jualan produk di Indonesia tok, tu di negeri asal Jepang banyak motor yamaha uda pake ABS.
AHM apa uda produksi motor ber ABS?? CBR 250?? itu mah buatan Honda Thailand.

JIMMY - March 4, 2014

yang penting jual di indonesia

36. rusmanjay - April 18, 2013

safety

37. harisxyz - April 18, 2013

Agak Blong Sedikit

38. ruri - April 18, 2013

mantap bro

39. ruri - April 18, 2013

sip dah

40. ATSL - April 18, 2013

KABAR new tiger gmna mas?

41. Fedro - April 18, 2013

like this

42. Muhammad Aulia - April 18, 2013

berarti kalo pedal rem diinjek itu gak ngerem terus ya kang haji?

http://brigade15.wordpress.com/2013/04/17/need-help-new-vixion-vs-byson/

43. Taufik - April 18, 2013

@42. Muhammad Aulia
ya tetep ngerem . . . namun sesaat
kita tekan pedal rem/tuas rem
lalu setelah itu biarkan ecu abs yang berfikir untuk embuka-tutup-buka tutup tekanan minyak rem pada piston rem untuk menjepit cakram

@23. kadalaspal
he he he itu manual banget, dan kita kadang nggak pas menentukan saat dimana ban akan ngelock karena nggak ada sensor speed/putaran ban

44. Rudy SouL - April 18, 2013
45. tyonugra - April 18, 2013

asal bukan ABS abal-abal ky motornya VIAR,
Bukannya safety malah bisa bikin celaka :evil:

46. dewa - April 18, 2013

ABS bermamfaat cuma Pabrikan juga menghitung nilai jual,”SEMUA PABRIK MOTOR BISA BIKIN”kalau ndak bisa akan diVendorkan,ada yg mau beli Viar Bebek dipasang Rem ABS Nissin punya CBR harga Rp20jt?Artikel ini bagi2 ilmu.

47. gjoe - April 18, 2013

meleng dari artikel…..
td pagi sepanjang pertigaan pupar sampe markas besar garpu tala…banyak spanduk matic yamaha…krmaren sore gak ada kayanya…wah…makin genjar om….

48. daichitv.blogspot.com - April 18, 2013

absen..wah telat :D :D :D :D :D :D :D
tv online 70 channel
daichitv.blogspot.com

49. Maung padjajaran - April 18, 2013

Sepeda saya az pake ABS hahahaha…….

50. akang - April 18, 2013

Honda emang canggih… Lihat tutup tangkinya…

51. akang - April 18, 2013

Honda emang canggih,Lihat tutup tangkinya… Semoga segera menjadi standar di semua motor sport..

52. 46@sukses.com - April 18, 2013

Joss

53. Riska Prastyawan - April 18, 2013
54. Sarung_Jok_CoolTech - April 18, 2013

ilustrasinya keren kang…

55. ipanase - April 18, 2013
56. ridwan - April 18, 2013

Pabrikan indonesia yang udah menjual ABS

Pertama, yaitu Honda dengan CBR250
Kedua, menyusul Ninja 250 FI

Yamaho, ngakunya teknologi selangit, dunia akhirat, Boro-boro ABS, ISS aja kaga bakalan bisa, padahal ISS jauh lebih murah.

Dari tahun ke tahun jargonnya cuma fogging piston sama diapet silinder doang. Sesembahannya Trimomok dan cecunguk2nya.

57. Eko Kurniawans - April 18, 2013

so cooolll…

58. MangkuRondo - April 18, 2013

35. SpeedeVil – April 18, 2013

17. mc Doohan jr – April 18, 2013
HONDA sudah menerapkan di Motor, yahama sdh kepikiran belum ya?
slalu tertinggal dlm teknologi.
teknologi apa adanya tp koar2 tenologi moto gp .
moto gp dr HONGKONG ?
————————————————————————————–

Pengetahuan ente yg kismin, emang yamaha cuma jualan produk di Indonesia tok, tu di negeri asal Jepang banyak motor yamaha uda pake ABS.
AHM apa uda produksi motor ber ABS?? CBR 250?? itu mah buatan Honda Thailand.
======================================================

Vario Techno dr Jaman kapan uda Pake CBS, Skrg Vario 125, malah selain CBS, Pake Fitur IDS

Terlihat jelas siapa yg selama ini koar teknologi canggih padahal ngibul suribulll

Lama2 gue kepret neh FBY

59. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - April 18, 2013

Motor merek itu yang duluan wak aji… yang laen cuma ngikutin…

:lol:

60. Godjie - April 18, 2013

ABS salah satu fitur tambahan di motor yang kalo menurut ane jika kita punya duit lebih untuk beli fitur itu meningan beli sih, apalgi untuk motor 200cc ke atas kalo motor tersebut punya varian ABS ada baiknya pilih tu varian, soalnya makin gede kapasitas mesin motor, makin berat motornya makin bahaya pula ketika rem motor tersebut terkunci, yah jangankan motor di atas 200cc lah, motor bebek 100-125 cc aja kalo rem ngunci bahaya banget.

tapi kalo bagi yang merasa udah pro dalam bawa motor dan bisa ngerem dg teknik abs sehingga merasa ga butuh rem abs ya itu sih terserah aja, tapi dari pengalaman yang udah2 biker yang dah pro sekalipun ketika dihadapkan pada situasi yang mendadak kadang lupa semua sama teknik yang dimiliknya.

61. Mbah Kasan - April 18, 2013

Nambahi Mas… Ini pelajaran yang saya dapat di kelas 3 SMA…
Bawasanya pada saat tranlasi (sliding) laju kendaraan akan menjadi lebih cepat dari pada saat rotasi…

CMIIW, soalnya pas dengerin pas ngantuk… :mrgreen:

62. sven - April 18, 2013

sebenernya jarak pengereman abs sama yang biasa itu bedanya jauh atau engga sih? lebih deket jarak oengereman yang mana?

63. orong-orong - April 18, 2013

berhenti sendiri sewaktu mau nabrak. ABS= Anak Bini Selamat

64. kasamago - April 18, 2013

klo ngeremnya di jln bebatuan, berpasir, berlumpur gmn y.. abs bkl bekerja maksimal?

65. Wajib - April 18, 2013
66. steven - April 18, 2013

Faktor apa aja yg bikin sistem abs ini gak bkerja maksimal? Krn ktanya klo ganti ban dgn beda ukuran,akan mmpngruhi kinerja abs ini,bnr gak ya bang haji?

67. RezaYellow46 - April 18, 2013

Intinya ABS sama kaya kontrol traksi, cuma cocok buat orang2 yg ga jago naek motor

68. eL - April 18, 2013

asikan ngesot wak haji feelnya lebih dapet

69. steven - April 18, 2013

Walaaaaaah,abs bwt yg gak jago naek motor? Gak salah tuh bro? Trus para joki motogp pada baru belajar naek motor ya bro? Klo masih bisa diusahakan lbih safety,knapa tidak?

70. Dreadlock - April 18, 2013

Kalo pake abs gak usah ragu langsung teken handle rem dalem dalem, motor gak bakal ngesot dan masih bisa dibelokin. (Pengalaman di cbr 250 abs) very safe.

71. biker biasa - April 18, 2013

ABS di otomotif bagus, tapi ABS di parlemen/institusi gak bagus…

72. nurilez - April 18, 2013

Apa motor pake ABS harus pake sistem injeksi dulu pak haji??

73. Jam Tangan - April 18, 2013

motor matic mesti pakai abs jg nih

74. tawonklanceng - April 18, 2013

Itu penting, kendraan hrs di desain sedemikian rupa agar semakin nyaman buat pengendara. termasuk sistem pengeriman yang canggih akan membantu pengguna lbh nyaman dan percaya dri.

75. Ariel - April 18, 2013

” . . gejala ban mengunci akan terlihat seperti gejala Oversteer.”
Apa maksudnya “ndlosor” ya mas???
Bukannnya ndlosor itu = UNDERSTEER??
Kalo oversteer malah kebalikannya, CMIIW

76. Trisna Ariwibawa - April 18, 2013
77. motoralay - April 18, 2013

Yahomo pasti pakai embel2 Smart ABS, untuk menutupi Fanboynya yang O*n..

Kwek kwek kwek…

78. dave - April 18, 2013

yg pasti kalo mo ngerem pake abs,,
kalo pas kita tekan tuas rem,,
nanti ada gejala agak bergetar gmn gt,,
nah itu harus tetep di teken,, jangan dilepas,,
karena emang begitu feel nya,,
*kata orang2 c gt,, hehe..

79. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - April 18, 2013

@steven

sensor harus di kalibrasi ulang kalau mw ganti ukuran velg dan ban. misalnya sensor membaca velg ukuran 18, kemudian di ganti menjadi 20 maka sensor harus di buat membaca velg ukuran 20,…

;)

80. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - April 18, 2013

64. motoralay – April 18, 2013
Yahomo pasti pakai embel2 Smart ABS, untuk menutupi Fanboynya yang O*n..

Kwek kwek kwek…
———————————————————————————–
yoi bro… kasian FBYahomo yang pada bloon… wkwkwkkwkwkw…
udah gitu mesin FBYahomo gak bisa klotok2 kek mesin motor FBHomogay… pake OMR segala, dah kek helikopter mw nyerbu barisan Tank ya brot…

klotok2 gitu…

wkwkwkwkwkwk

81. Ghooz - April 18, 2013

Wah keren tuh kl bt ngtest drag,.star gigi1 naik k gigi 2 lngsung ngacir anteng tnpa ngesot dl..tp kl pke ban cacing ttp ngesot g ya?
Tp tetep pakem rem injek_tion jepit..pit onta.mode on..

82. Taufik - April 18, 2013

@75. Ariel
oh ya betul under steer

83. motoralay - April 18, 2013

@Roy..
Iya nekad tuh klotok2 bikin omr…banyak biaya yg keluar, terutama utk asuransi pembalap…
Kalau OMR Pigson dijamin pembalap aman,bisa sambil ngerokok dan makan cemilan,bahkan lepas satu tangan,kaki bisa uncang2…

Hidup Dyno……

kwek kwek kwek…

84. Knalpot Nembak - April 18, 2013

Yg lain udah bikin abs biar safety, tetangga sebelah masih sibuk dgn rem TROMOL nya !!! yg penting speed, kencang, kencang dan kencang!!!
mau ngelock atau ndlosor gak urus!
ISS?? masih di luar jangkauan.
sekarang mereka lagi belajar bikin velg yg tahan peyang.

85. Kang Ari - April 18, 2013
86. ternakan sapi - April 18, 2013

itu apaan sih ada iklan segede gaban ‘ honda injeksi no.1*’ pake tanda bintang segala ??? gak PD ya kalo inferior… :lol:

#teringat tanda bintang 1 : 73 km/l *syarat ketentuan berlaku

87. mbah T163R - April 18, 2013

semoga implement bang

88. Bimo - April 18, 2013

opo iki ? balapan kucing :D

89. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - April 18, 2013

83. motoralay – April 18, 2013
@Roy..
Iya nekad tuh klotok2 bikin omr…banyak biaya yg keluar, terutama utk asuransi pembalap…
Kalau OMR Pigson dijamin pembalap aman,bisa sambil ngerokok dan makan cemilan,bahkan lepas satu tangan,kaki bisa uncang2…

Hidup Dyno……

kwek kwek kwek…
————————————————————————————-
wkwkwkwkwkwkw…

iye banget brot… masa balapan di dyno ama mesn klotok2.. malu ah ama pabrikan nehi2… std nya aja lebih kencang dari pada DOHC yang di koar2kan eh be homogay kencang… ternyata keok… wkwkwkwkwkwkwk

nehi nehi… ente super kencang ebayyyy

90. motoralay - April 18, 2013

@roy..
kok malah lari ke indiahe…?
ini masalah klotok2 dengan teknologi motojipi…jangan lari ke mana-mana…
gw percaya klotok2 lemot karena nggak pake teknologi motojipi…lebih percaya lagi kalau ada link nya..

okeh,ini masalah klotok2 dengan teknologi motojipi ye….jangan lari ke indiahe,apelagi motor 2 tak….

ente super duper kenceeeng …bacotnyeeee….

91. Top Gear - April 18, 2013

Top Gear fanatic,. Jeremy Clarkson, James May, Richard Hammond, and The Stig,. Tontonan wajib dan ajib,.

92. namharira - April 18, 2013

Duh, ada yg koment parah. masak CBS sama ama ABS?
fungsinya aja beda… yg satu untuk kombinasi rem depan belakang yg satu lagi biar gak ngelok….jauh bedanya

93. jipan23 - April 18, 2013

ABS = PASTI CBS …!!
CBS = Belum tentu ABS …!!

Setuju ???

94. Erit07 - April 18, 2013

Seiring perkembangan zaman,nanti standar juga…

95. mudagrafika - April 18, 2013

pengin tau lebih dalam tentang “ABS”? cekidot.. http://ninja250r.files.wordpress.com/2013/04/kucing_abs.jpg

96. ciaaaaa - April 18, 2013

pantesan larang..

97. Bonsai Biker - April 18, 2013
98. click! - April 18, 2013

@61. Mbah Kasan – April 18, 2013
Lebih cepat dalam artian tidak mengalami perlambatan yah gan?
Kali bisa dibaca-baca disini gan
http://www.bicyclesource.com/tips_for_braking_on_roads

99. peyek - April 18, 2013

honda memang hebat dalam teknologi

100. jipan23 - April 18, 2013

sak karepmu

101. jipan23 - April 18, 2013

mboooooooooooooh

102. kompor - April 18, 2013

IMHO ketika ban ngelock traksi / gripnya seh tetap ada cuma lebih kecil dari ketika ban berputar sehingga lebih susah kontrolnya, klo nga ada grip namanya ban uda nga bergesekan dengan aspal alias mobil terbang ;)

58. MangkuRondo – April 18, 2013

Vario Techno dr Jaman kapan uda Pake CBS, Skrg Vario 125, malah selain CBS, Pake Fitur IDS

Terlihat jelas siapa yg selama ini koar teknologi canggih padahal ngibul suribulll

Lama2 gue kepret neh FBY
======================================================

CBS ISS = ABS ?
:lol:
sono kepret dengkulnya dulu baru koar

JIMMY - March 4, 2014

ngga ada tuh ditulis cbs = abs
kan ini masalah teknologi yomoho yng semakin si belakang

103. Novi - April 18, 2013

ga bisa pake buat drif dong.
trus klo selang remnya bocor gimana ya?
secara klo terpisah kan motor masih aman dengan satu rem

104. Mas Wiro - April 18, 2013
105. nawirotom - April 18, 2013

yang mau modif mika lampu yang rusak jadi ok, bisa maen2 ke sini
http://motogokil.wordpress.com/2013/04/18/diy-reparasi-mika-lampu-headlamp-sein-stoplamp/

106. ari - April 18, 2013

kalo EBD kayak mana tuh sistemnya kang??

107. HirRo - April 18, 2013

ini artikel waktu buming2nya cbr 250r kan??
soal abs’a itu loh ..

108. valkriegs - April 18, 2013

udah belajar ngerem pake metode ABS aja..
yg penting klo ada sesuatu yg mendadak jgn panik ngebetot REM.. tekennya pake perasaan.. :D

109. dewa - April 18, 2013

Produk Keselamatan yg dijual Optional,bahkan diMobil aja Airbag ada yg Optional/bukan Standart.kalau Kencang sudah Standart,kalau aman WaniPiro,ndak wani bayar lebih ndak aman.CBS yg dibawah 1jt aja ndak Stdr,kecuali Regulasi Pemerintah baru ABS+Airbag bisa Stdr.

110. tukang komen - April 18, 2013

iya kang, bannya muter patah2

111. guwehdodol - April 18, 2013

ABS ga seru,ga bisa ngepot
ga bisa nggeluarin suara CKIIIIITT

ga ekren,walaupun aman

112. mc Doohan jr - April 18, 2013

HONDA EMANG TOP

113. p200ns - April 18, 2013

perlu gak perlu…..
cuman kalau sdh abs nyaman pastinya :-)

http://p200ns.wordpress.com/2013/04/16/touring-ke-malang-bagian-2-enjoy-saja/

114. st3v4nt - April 18, 2013

Yang bikin ABS mahal kan mesti nambah sensor di ECU/ECM sama lisensi paten-nya. Untuk dibawah 150cc sebenarnya asal sudah dual disc pake delay spring cbs sudah cukup diatas itu dual disc ABS baru praktikal.

115. penggemar ninja - April 18, 2013

bisa ngak yg pakai abs stoppy kek freestyle gt kang haji?

116. pritikiew - April 18, 2013

Knalpot Nembak pada April 18, 2013 pada 10:36 am
Yg lain udah bikin abs biar safety, tetangga sebelah
masih sibuk dgn rem TROMOL nya !!! yg penting
speed, kencang, kencang dan kencang!!!
mau ngelock atau ndlosor gak urus!
ISS?? masih di luar jangkauan.
sekarang mereka lagi belajar bikin velg yg tahan peyang.
========================================
tapi pake cakram itu justru lebih berbahaya kalo tapak bannya kecil bro. Lebih gampang ngelock. Makanya Yamaha setiap ngeluarin varian ber rdb pasti tapak bannya lebar. kenapa? Biar aman ga gampang ngelock. Lah Honda malah pede pake rdb tapi ban cungkring. Ya ngalamat ndosor deh. O iya ding ga bakal ndlosor,kan ridernya pada ga berani kenceng. Habis motornya serasa melayang sih,jadi lari 80kmh aja serasa udah ngeri. Hehe
o iya lupa juga,tromol belakang Yamah sangat mumpuni menurut ane. buat apa rdb kalo tromol aja udah cukup. ntar mubadzir,beli mahal mahal bukan karna kualitas tapi cuma karna nama(gengsi).
*pengalaman

117. ariblogmotor - April 18, 2013
118. jipan23 - April 19, 2013

yahomo memang canggih….. liat aja batok lampunya :mrgreen:

119. jipan23 - April 19, 2013

116. pritikiew – April 18, 2013

Knalpot Nembak pada April 18, 2013 pada 10:36 am
Yg lain udah bikin abs biar safety, tetangga sebelah
masih sibuk dgn rem TROMOL nya !!! yg penting
speed, kencang, kencang dan kencang!!!
mau ngelock atau ndlosor gak urus!
ISS?? masih di luar jangkauan.
sekarang mereka lagi belajar bikin velg yg tahan peyang.
========================================
tapi pake cakram itu justru lebih berbahaya kalo tapak bannya kecil bro. Lebih gampang ngelock. Makanya Yamaha setiap ngeluarin varian ber rdb pasti tapak bannya lebar. kenapa? Biar aman ga gampang ngelock. Lah Honda malah pede pake rdb tapi ban cungkring. Ya ngalamat ndosor deh. O iya ding ga bakal ndlosor,kan ridernya pada ga berani kenceng. Habis motornya serasa melayang sih,jadi lari 80kmh aja serasa udah ngeri. Hehe
o iya lupa juga,tromol belakang Yamah sangat mumpuni menurut ane. buat apa rdb kalo tromol aja udah cukup. ntar mubadzir,beli mahal mahal bukan karna kualitas tapi cuma karna nama(gengsi).
*pengalaman
======================================================

alasan yang sanagt dipaksakan. wkwkwkwk

JIMMY - March 4, 2014

tapi kan diameter disc sama pakem nya kan dibatasi juga

120. jipan23 - April 19, 2013

fby memang jago NGARANG kayak anak TK. wkwkwkw

121. wtf - April 19, 2013

absnya tvs kualitasnya gmn?

122. appz - April 19, 2013
123. KobayZ250 - April 19, 2013

23. kadalaspal – April 18, 2013

sama gak ama ngerem kocok
==========

Prinsip kerjanya sama…cuma kalau ala manual kocokannya kudu tau ritmenya, itu yang ribet…
Kalau saya di mobil lebih suka teknik threshold, injek rem pol sampe ke titik ban mau nge-Lock, angkat dan injek lagi…buat saya threshold lebih mudah drpada kocok.

di motor sebenernya mirip2, ya tekan aja kedua rem smp pol hingga berasa mulai ngelock bannya, lepas rem, tekan lagi. Tapi sepengalaman ay yg minim, lebih enak teknik kocok di motor, karena pake jari2 (tangan) kali ya….

124. KobayZ250 - April 19, 2013

106. ari – April 18, 2013

kalo EBD kayak mana tuh sistemnya kang??
===============

dia membagi distribusi tekanan rem merata ke seluruh roda dan atau ke bagian yang lebih membutuhkan pengereman lebih.

125. ardiantoyugo - April 19, 2013

Om, tanya… Bedanya under steer sama over steer apa ya…??

126. KobayZ250 - April 19, 2013

tanpa bermaksud menggurui, hanya ingin sharing yang ay tau aja:

understeer: moncong depan ogah belok, alias bablas lurus terus
oversteer: bokong yang ngepot om….alias ngeDrift …

Semoga membantu…

127. miko - April 19, 2013

walah FBH FBH kok tetep gitu aja dr dulu, masak ABS dibilang sama dgn CBS wkwkwkwkwk…

dengkul ama otak udah kebalik neh FBH…wkwkwkwkwk… :mrgreen:

128. komunitashondamegaprokebumen - April 19, 2013

Yang jadi maslah kang, apa semua bengkel resmi sudah bisa memperbaiki kerusakan ABS? soale motor2 terbaru seperti Ninja, CBR, KTM sudah memakai ABS.

129. 76 - April 19, 2013

116. pritikiew – April 18, 2013

Knalpot Nembak pada April 18, 2013 pada 10:36 am
Yg lain udah bikin abs biar safety, tetangga sebelah
masih sibuk dgn rem TROMOL nya !!! yg penting
speed, kencang, kencang dan kencang!!!
mau ngelock atau ndlosor gak urus!
ISS?? masih di luar jangkauan.
sekarang mereka lagi belajar bikin velg yg tahan peyang.
========================================
tapi pake cakram itu justru lebih berbahaya kalo tapak bannya kecil bro. Lebih gampang ngelock. Makanya Yamaha setiap ngeluarin varian ber rdb pasti tapak bannya lebar. kenapa? Biar aman ga gampang ngelock. Lah Honda malah pede pake rdb tapi ban cungkring. Ya ngalamat ndosor deh. O iya ding ga bakal ndlosor,kan ridernya pada ga berani kenceng. Habis motornya serasa melayang sih,jadi lari 80kmh aja serasa udah ngeri. Hehe
o iya lupa juga,tromol belakang Yamah sangat mumpuni menurut ane. buat apa rdb kalo tromol aja udah cukup. ntar mubadzir,beli mahal mahal bukan karna kualitas tapi cuma karna nama(gengsi).
*pengalaman
________________________
muosoookkkkkkkk !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

130. firmansyah.arief - April 19, 2013

ABS kan dulu awalnya untuk mobil, sekarang dah diaplikasian buat motor jg. weleh…mantab juga sih.

tapi teknologi ini cuman untuk motor premium doank neh kayaknya.

http://basingna.wordpress.com/2013/04/19/melirik-circuit-of-the-americas-di-motogp-2013/

131. ●○ qwerty ○● - April 19, 2013

banyak yang salah kaprah CBS dibilang ABS, Combine Brake Sistem pada motor gak mesti Antilock Brake Sistem..

132. ●○ qwerty ○● - April 19, 2013

@MangkuRondo

elu jangan sotoy c0ng !
Vario Techno itu CBS (Combine Brake Sistem), bukan dan belum ABS (Antilock Brake Sistem).

ngerti gak c0ng !

CBS (Combine Brake Sistem) kombinasi rem depan dan belakang bersamaan, biar lebih pakem, walaupun kenyataannya CBS Vartech gak pakem2 amat !

Paham c0ng !

CBS di Vartech itu bukan dan belum ABS !

133. ●○ qwerty ○● - April 19, 2013

kalo belum ngerti juga, jedotin kepala elu ke tembok biar pinter dikit !

*sambil nabokin mbak mangkurondo.

134. Piksen Jadoel Tetep Guanteng - April 19, 2013

@qwerty
ya maklumlah, pan taunya make doang. ntar klo kluar yg baru yg lama dijual n beli baru. ga tau beda cbs sama abs.

135. pak tarno - April 19, 2013

@58. MangkuRondo – April 18, 2013

trus apa hubungannya CBS ama ABS? beda jauh tong,
masih inget CBS vario pertama (click thailand) yg dites salah satu majalah ketika hardbraking ternyata motor seperti ketarik ke samping alias gak stabil. so cbs memang hebat tapi tidak dengan cbsnya pario,

136. ●○ qwerty ○● - April 19, 2013

kalo di r4 atau mobil adanya ABS (AntilockBrakeSistem) dan gak ada istilah CBS (CombineBrakeSistem) karena ke 4 rodanya nge-rem bersamaan saat pedal rem di injak pengemudi.

137. araidomore - April 19, 2013

Hahaha, komentnya unyu-unyu, ampe lupa nava artikelnya…..

138. Bosch - April 19, 2013

dengar2 siklus buka tutup abs bisa sampai 10 kali tiap detik.
Ayo dong pabrikan lengkapi motor dengan ABS ampe kelas terendah. mahal gpp yg penting aman.

139. manusia biasa - April 20, 2013

baru tau info begini

140. kobay z250 - April 20, 2013

130. firmansyah.arief – April 19, 2013

ABS kan dulu awalnya untuk mobil, sekarang dah diaplikasian buat motor jg. weleh…mantab juga sih.

tapi teknologi ini cuman untuk motor premium doank neh kayaknya.

http://basingna.wordpress.com/2013/04/19/melirik-circuit-of-the-americas-di-motogp-2013/
================

Awalnya justru di pesawat terbang, di roda 4 pertama kali dikenalkan oleh Merc….

Disebut hanya utk motor premium bisa ya bisa gak, Ninja250 atau CBR250 yang ABS, keknya belum bisa masuk ke kategori premium, tapi sudah ABS.

Sepengamatan saya, motor kelas 600 dan 650cc seperti versys, Ninja 650, ER6, ZX-6R blm pake ABS, tidak terlihat sensor di discbrake nya baik depan ataupun belakang, padahal buat saya kelas 600 ke atas itu sudah masuk kategori premium…overpriced kah? ehehe

141. m4dc4t - April 22, 2013

@prikitiew Setuju om, saya udah buktikan sendiri pake motor baru release yg bannya rada cungkring itu ampir bikin ndlosor gara2 ngerem mendadak ban belakang ngelok and ngesot padahal cuman lari 80km/jam. Kapok saya pake tuh motor ga ada safetynya.
Btw, ngakak juga baca ada yg banggain CBS dikira sama ama ABS kakakakaka keliatan banget oon-nya.

142. Olfi - September 30, 2013

Makasih pencerahannya

143. Ace maxs - May 22, 2014

OH JADI GITU, BARU TAHU ANE MAH

144. ryan - August 23, 2014

gan itu ABS nya nyalakan, nah gini gan itu aram kita sama trs ukuran ban gw 180 kok ABS nya mati yah gk bisa nyala sebabnya apa yah kira2



%d bloggers like this: