CBR400R

Bro Sekalian, Via Detik, akhirya AHM yang diwakili oleh General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra bahwa Kemungkinan Kecil AHM mau mendatangkan Honda 400 series dalam waktu dekat dikarenakan pasarnya yang kecil sehingga membutuhkan strategy dan kesiapan yang matang . . waduh . . .pupus deh harapan . . . hmmm tapi . . . mari kita bahas kira kira kayak apa pemikiran Honda ini  . .

Yamaha#1_tmc

550583

Di Thailand dan Jepang sendiri hadirnya HOnda 500 dan Honda 400 series sedikit banyak dilakukan untuk membendung sepak terjang kawasaki yang cukup mencorong dengan produk 650 dan 400 seriesnya ( Di jepang ada ER650N dan ER400N ) . Strategy Yang dilakukan Honda di segmen ini memang disengaja tidak head to head langsung dengan Kawasaki seperti yang mereka lakukan di Segmen 250 cc . .

Honda400CC#2

Honda sepertinya tidak mau head to head main 650 cc . . . masuk di 500 cc dan 400 cc berharap cost cutting yang signifikan sehingga Bandrol Harga Retail ke end User Bisa dijangkau, akan tetapi tetap  dianggap  Moge kalo di Indonesia ( walau ada beberapa orang iseng menganggap mode nanggung :mrgreen: ) . Hampir semua fitur Er6 di benturkan Honda 500 series, mulai dari varian bentuk, spedometer, you name it . . . sampai varian rem ABS . . . hadirnya satu cakram di depan sering menjadi sorotan, namun sepertinya Honda berusaha tetap cuek menganngapi hal ini seraya konsern pada Efesiensi produksi  . . .  ‘wongg NC 700 aja pake satu cakram depan koq ‘ . . . githu kira kira 🙂

Hsilnya lihat saja Lihat saja Di thailand CBR 500R yang dibandrol 204 ribu Baht (63,4 Juta rupiah) dan CB500F yang dibandrol 199 ribu Baht (62,1 Juta rupiah) sedangkan Kawasaki ER6N yang sejatinya adalah lawan CB500F sebanyak 260 ribu baht (78 Juta rupiah) . ..  Lumayan Jauh sekitar 15,9 Juta rupiah perbedaannya, itu baru 500 series . ..lha kalo 400 series?  . . . tapi Kenapa Honda masih mikir mikir?

CB400F

JIka kita lihat Pasar yang dimasuki adlaah pasar yang sudah diluar pasar psikologis . . . artinya pasar dimana Saat konsumen bisa membeli kendaraan roda dua dengan harga segitu mereka punya rasa dan alasan bahwa mereka membeli nya dengan sedikit sedikit banget pertimbangan teknis dan fungsional sepeti irit pa kagak, dan segala pertimbangan tetek bengek yang lain . . .

buyer_categories

Pertimbangan emosional dan prestis juga mengemuka mas bro . . . so mangkanya kalo cuma 15-20 Juta doang perbedaannya bisa jadi Konsumen di pasar ini tetep beli yang lebih mahal, karena bisa jadi petimbangan emosional mengatakan ‘yang mahal lebih baik atau bahkan lebih prestis’  . .. . doooor . . . susah memang kalo dah masuk ke sisi emosional . . .

this is just my oppinion . ..  😀 nah gimana pendapat mas bro sekalian . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

109 COMMENTS

  1. kalo mau dikeluarin, nanggung.. buat lawan kelas 600an cc nya kawasaki kurang, sementara biaya pajak dll dll nya udah masuk kasta moge.. kecuali rilis di 60an-70an juta baru deh pasar moge entry level goncang

  2. Kl saya lihat strategi honda akhir2 ini, sepertinya hanya menjawab tantangan dari kompetitor. Tidak ada satu pemikiran baru yang muncul. Contohnya melawan mio dengan beat, membuat blade dengan konsep desain yang mirip jupiter, ninja250 dengan cbr250, vixi dgn cbsf, pulsar dgn verza dan yang saat ini dibahas wak haji. Memang pada akhirnya mereka bs mengusai ms dibbrp segmen. Namun sebagai pabrikan no.1 dunia harusnya honda bs menjadi trendsetter yang diikuti oleh pabrikan lain bukan sebaliknya.

  3. Setuju kang, dengan segmen motor prestige yg meruncing, bakalan sedikit yg beli, mungkin ini sisi strategy yg kurang berminat di bidik oleh AHM, atau mungkin masih mau membenahi segmen 250nya, ada satu tambahan lagi kalau dari sisi prestige yg belum sempat di singgung di tulisan Akang, yaitu dari sisi ‘Merek’, walaupun ada yg lebih mahal 15jt belum tentu konsumen menilai yg lebih mahal lebih kena ke ‘Hati’ kalau bukan merek ‘tertentu’, mungkin istilah yg sering digunakan adalah ‘Fans’ tapi jangan dikonotasikan dengan ‘Fans boy’ yach ( ‘coz most of them has become grown up Man), karena ini dari sisi ’emotional’, bisa jadi banyak cerita2/kisah2 dibalik merek tertentu yg membuat seseorang tetap memilih merek tertentu. Misalnya : dari kecil di bonceng oleh ayahnya sekolah pake merek ‘itu’, first love-nya pacaran berduaan dengan merek ‘itu’. …, Best Regards.

  4. seperti biasa, jawaban dari AHM adalah ini bukan motor yang cocok untuk Indonesia……simpel dan beres kan jawabannya…..

  5. pajak masuk mahal. ..Honda terkenal motor mahal…la mau di jual berapa nih motor….diatas ninja 250 ada er6….dibawah er 6 jelas honda bilang kemurahan…..cc nanggung sih….

  6. soalnya lampunya mirip vario, makanya ogah masukin dimari, nanti malah dikira modifan tiger berfairing old vario…

  7. kalau masuk sini jadi overprice…AHM maunya untung gedhe. Padahal udah nunggu-nunggu nih. Versys gak kebeli…waaaaa

  8. kata kuncinya… margin keuntungan…
    untungnya dikit, kalo dijual mahal malah tambah gak laku…
    mending jualan beat sama vario yg margin keuntungannya lebih gede…

  9. Sayang gx bs masuk indonesia,pdhl ane Naksir sm Honda 400X, kesannya mirip kaya BMW R1200 GS kalo udh di tempelin part variasi,enak kalo di pake touring…

  10. Ga usah ribet2 masukin yg 400cc? Tinggal bkin mesin 400cc 2cyl yg di perkecil jd 250cc 2cyl jd deh di indo laris manis 😛

  11. dsni mah gmana yamangap aja kali wak haji,ada mio ada beat,ada jupi z ada blade,ada vixion ada cb150r,toh ninja laris cbr memble ahm ga ambil pusing (lain cerita nya kl ninja produk yamangap 😆 ),fu laris AHM ga reborn sonic,balik lgi dsni mah,ahm cuma mau ngadepin produk yimmi 😀 imho 😛

  12. kalau menurut saya sih, pabrikan kelas dunia seperti honda Indonesia ini jangan terlalu memikirkan laku engga nya motor ini nanti di jual, lebih kepada kepuasan konsumen dan gimana menguasai semua segmen market sepeda motor di indonesia ini….

  13. yang menjadi fenomena adalah :
    1. Jaringan sales dan aftersales service honda jauh lebih bejibun daripada kawasaki. Honda gak berani main “sport”…knp ? Padahal sport kawasaki antri…. menurut abah…honda kalah dalam positioning “motor sport”..kalau motorsportnya masih pekgoan kayaknya masih dianggap “bebek”…makanya kawasaki bunuh bebeknya (emang kurang laku sih)…tapi kawasaki akan positioning di kelas “premium”….meskipun kelas 150 (gak ada yg bantah kubikasi 150 krr series performanya jauh diatas kelas sport H & Y yg pekgoan juga).. NSR lebih diajeni toch daripada CBR ?

    2.jadi jangan heran kalo H 400 dan 500 kemungkinan kecil datang …wong yg 150 aja saat ini performance salesnya kurang toch?. kalau mau gaya “sport-sportan” ya verza aja…kan harga bebek juga (hati-hati koleterol..:) )

    Selamat buat kawasaki yg bisa baca customer behaviour dan analisa potensial market (katanya bikin pabrik ya di sini….) tuh indikasi lagi bro….
    (kepaksa abah beli klx 150 buat ke kebon karena gak ade nyang lain (pinter tuh si kawak… 🙂

  14. Beli dari IU aja bro !!!
    ntar kalo honda liat banyak yg beli dari IU pasti doi pengen juga ngebrojolin kayak kasus CBR Tuh.

    Indonesia pasar motor sport mah gede bohong aja gak ada peminat cuma si om marketing honda pinter tau motornya biasa aja makanya doi ngomong begitu om tofik kalo ada data penjualan nih motor vs rivalnya di thailand pasti keliatan deh lebih laku siapa. Salam

  15. Kawasaki bakal geser dunk.. CBR 400-500 R .. AHM bakal jadi juaranya motor. Honda selalu yang pertama dan duluan

  16. Belum aja kali mas,.
    Kayaknya AHM masih lebih orientasipada pada bisnis inti mereka saat ini. Target utama saat ini selain menjaga market leader kelas matik yang lagi booming, juga dalam proses fight penguasaan segment sport 150-200cc.
    Barangkali strategi untuk kelas sport kayak begini:
    – pertama : goyang dulu (batangnya) pake cbsf
    – lalu, congkel (akarnya) pake verza
    – pas udang agak limbung, tumbangkan pake dozer (all new tiger)
    – terakhir, sapu sisa puing reruntuhan dengan new cbsf
    – “kudeta” berhasil. Kibarkan flagship kebesaran dengan moge-moge impor.

  17. bagi ahm cbr250 itu zero investment untuk line produksinya …costnya cuma di promosi,adminstrasi,service dan aftersalesnya …di tambah lagi sekarang produksinya full throttle untuk memenuhi pasar motor yang ada , wajar cbu ini masuk prioritas belakang 😀

  18. sekali2 di suguhi barang2 bagus berkualitas kenapa 😐
    koq yang meluncur bebek mulu, emangnya ahm gudang duitnya udah tipis?

  19. pasang 2 cakram di depan paling tambah 1-2jt mah ga masalah..
    yg penting ganteng,, dr awal tampilan motor nya jd -gahar.. imho..
    mungkin klo masukin disini takut kena pajak yg tinggi,,
    jadi overprice d,, nti ga laku..

  20. Kalau mau menang honda jangan masukkin 2 silinder. Pengalaman pribadi lagi naek 2 silinder yg suaranya rapat2, di salip 4 silinder yg wiiinnggggg….jadi pengen.
    sayang kawak 636 masih seharga jazz, kl 130an jt berani nih jual ninin naek ke 4 silinder.
    Gimana honda anda berani?
    kl ngomong prestise keluarib yg 4 silinder mau 400 cc kek.

  21. Mending AHM dan ATPM lain tiru suzuki R2 bikin divisi penjualan sendiri untuk masukin CBU….walau sedikit pasarnya ada tuh. Cuma kalau AHM mana mau untung dikit maunya kan untung gede….kalau berharap AHM masukin 400 atau 500cc yg mesti di ojok2 yamaha…kalau yamaha masuk honda pasti ikut masukin 🙂

  22. Di indo msih takut main di kelas sport, apalagi head to head, takut rugi hahaha….beraninya main dikelas family, takut main dikelas sport merugi krn gak laku, krn motor honda dikenal mahal. Mungkin nasib cbr250 nasibnya bisa sama kayak nsr150. Terbukti spare part cbr250 sulit di dapat. Belum siap main di kelas sport ot biultup. Ya berdoa saja bisa kyak kawasaki berani tampil.

  23. rem cakram cuma 1, itu emg jadi senjata makan tuan, orang2 moge akan menganggap bahwa performa mesinnya engga oke, double disc itu cerminan performa tinggi sebuah motor :p

    secara model juga masih oke kawasaki series, terutama yg CB500, itu cuma seperti NMP yg digedein body, kurang berkelas kalo dibanding ER6N :p

    jurus spec down pun tetep dijalankan honda walau di segmen premium ya? berani bener……………

  24. Honda di indo gak berani, urus cbr250 ajah msh belum rapih terbukti spare partnya masih sulit didapat di bengkel ahas manapun “indent” :-@ berani hanya di kelas family, tp blm bisa menjawab seluruh keinginan calon konsumennya. Kayak di thailand dong!!!

  25. pasarnya ada, tapi cuma ogah terjadi failure aja. Makanya bisanya cuma ngrusak pasarnya perusahaan lain. Mulai dari Mio dihajar ama vario sampe ninja 250 digerogoti cbr 250. Padahal kalo mau dipikir, kalo CBR 400 dijual di harga 70 jt, maka perbedaan harganya ama Ninja 250 FI ABS cuma 13 juta aja. untuk kalangan yang bisa spend uang untuk barang agak mewah merasa dapat barang yang lebih layak daripada ninja 250 FI. tapi ya tergantung Hondanya mau jadi trendsetter atau follower

  26. Jangan melihat AHM itu Honda, AHM itu Astra, which is targetnya adalah dagang. Dulu aja tiger sempet ga akan keluar koq, so ya intinya duit besar dan cashflow yg sadis… jd ampe gila pun ahm ga akan keluarin moge, tapi tunggu aja kejutan tahun depan, di 20 tahun honda tiger 🙂

  27. pendapat saya nih kang:

    1. Dah jiper duluan karena modelnya gak sebagus Kaoskaki, keliatan kok dari foto juga, saya pun secara model bakal pilihnya kaoskaki…kalau maksa masuk tp gak laku kan gawat.

    2. Jangan2 di indonesia udah ada perjanjian, yamaha dan honda gak boleh jualan sport (sport yang bagus tepatnya), soalnya bisa gawat nasib kawak nanti hehehe….ya nasionalisme jepang lah…

    Cuman pendapat sotoy saya aja…

  28. ‘yang mahal lebih baik atau bahkan lebih prestis’
    tambahan dari aku dkit..
    ‘mahal boleh saja asal desain keren dan gak kelihatan murahan’
    klo seandainya thu motor bakalan di gelondorin sama AHM, aku lebih milih CB500F sama CB500X nya aja dehh…
    hehehe..

  29. Masih mikir mikir ngapain jualan moge kalo yang cc kecil aja masih laris manis kaya kacang goreng, lagian honda bingung mau dijual berapa secara produk motora sport yang mereka jual slalu overpret. Untuk motor diatas 250 pun, cb 400 /500series detailing finishing sebagai motor premium biasa aja, lihat shockbreakernya dibanding ninja 650, jauh ngga berkelas.

  30. kesempatan buat IU ambil untung nih… ayo importir umum buru2 deh buka keran importnya… sebulan laku 100-200 unit juga udah lumayan….

  31. Sekaran jamannya dah DOHC dan main di 2 silinder keatas, klo maun di sohc monggo main sama kelas family, yg mau sport monggo teriak disini, jd tiger kelasnya bukan disini, sorry bro ini lg bahas kelas sport. Piss 🙂

  32. Karena AHM ingat cs1 yang ccnya lebih kecil dari fu dan mx nggak laku. Selera Indonesia yg ccnya lebih gede.Thundie125 aja penjualannya jauh dibanding fu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here