infaq

Bro Sekalian, udah lama rasanya saya nggak sharing sesuatu yang sedikit berbeda dari yang selama ini kita diskusikan di ranah Roda dua . . . Okelah sekarang kita akan sedikit membahas tentang hal yang berhubungan dengan infaq. Menurut bahasa Infaq berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan sesuatu untuk kepentingan sesuatu . .  mengeluarkan harta yang mencakup zakat (hukumnya wajib) dan non zakat (hukumnya sunnah)

Pada kenyataannya, budaya Infaq itu gampang gampang sulit, kecintaan manusia akan dunia kadang (atau sering ? ) menjadi barier utama yang menghalangi tangan ini untuk mengulurkan, menyisakan sebagian dari hartanya untuk di infaqkan ( sueeer ini pengalaman Pribadi . . . astaghfirullah )  . . . kadang Kadar dari apa apa yang kita lepaskan sebagai infaq menentukan kadar keluasan hati kita untuk berbagi

infaq2

Menurut bro siapa yang lebih mulia . .. Tanpa mengecilkan Niat berinfaqnya,  seorang kaya yang menginfaqkan 1 juta Rupiah dan Infak 10 ribu rupiah seorang Pemulung yang hanya memiliki uang 20 ribu rupiah ? nah disinilah kadar keluasan hati ini terukur, imho

Bahkan ada satu Pendapat istilah yang belum tentu pas juga sih .. .  bahwa kadang membiarkan anak kita untuk menuntut ilmu agama di sebuah pondok pesantren dimana anak tersebut jauh dari pengamatan kita kadang mirip juga dengan upaya ‘berinfaq’ . . . Menginfaqkan disini saya kasih tanda kutip karena agar tidak dianggap anak kita sebagai benda ekspoatasi  . ..

ini menurut saya lhoo . . . Orang tua dituntut untuk bisa tabah, tawakal dan bersabar ketika anaknya menuntut ilmu jauh dari pandangan kita . . . Butuh keluasan hati untuk dapat melepaskan sosok yang kita cintai ini agar dia memiliki bekal ilmu yang bermanfaat bukan hanya untuk dirinya , akan tetapi untuk umat . ..  ini mirip dengan Infaq . . . Butuh keluasan hati untuk dapat melepaskan sebagian dari harta Kita . . .

Jujur ini adalah artikel pengingat saya pribadi . . . dan upaya bersiap untuk berani melepas Nida, gadis kecil saya untuk menuntut ilmu lanjutan di tempat yang jauh nanti . . . entah saya dan Ika bisa kuat atau nggak ya Allah . . . semoga bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

62 COMMENTS

  1. sbgai ssama orang tua,sya sangat mngerti perasaan pak taufiq..pastilah sangat berat tinggal berjauhan dgn buah hati yg dri bayi kita liat tiap hari,hrs brjauhan wlau smentara
    kangen pastinya

    Guest
  2. ketika ada sesuatu diluar kendali dan kemampuan kita, percayalah, ALLAH akan selalu menjaganya… karena kita adalah makhluk-Nya dan semua yang ada di dunia ini adalah milik-Nya…. 🙂

    Guest
  3. FYI
    Innalillahi wa inna ilaihi Raji’un, semoga Ustadz diterima amalan nya 🙁
    copas from : @TMCPoldaMetro
    04:16 Kecelakaan Pemotor Kawasaki B 3590SGQ di Jl. Gedong Hijau Pdk Indah, korban meninggal a/n Bpk Jefri Al Buchori pic.twitter.com/WkbStltBpt

    Administrator
  4. Innalillahi, semoga Ust. Jeffry mendapat tempat yg layak di sisi-Nya.

    Buat Wak Haji, kata kuncinya adalah ikhlas 🙂

    Guest
  5. seandainya uang ustad jefri di infaqkan bukannya beli kawasaki er6 mungkin kejadiannya nggak begini 🙁

    Guest
  6. sip Wak Haji,maajuuu terooosss!!!!
    Innalillahi.. Sedih juga kehilangan orang hebat seperti Uje,gantinya langka… Selamat jalan ustadz Jefri.semoga amalanmu diterima. Kuyakin amal jariyahmu mulimpah ruah sehingga membawamu kesurga. Aamiin.
    *btw motornya keren juga ya.

    Guest
  7. sip Wak Haji,maaajuuuu teeeroooossss!!!
    Innalillahii.. Sedih jg kehilangan orang hebat seperti Uje. Gantinya langka…
    Semoga amal ibadahnya diterima disisi Nya,kuyakin amal jariyahnya melimpah ruah sehingga membawanya kesurga nanti. Aamiin..
    *btw motornya keren juga ya.

    Guest
  8. 26. Taufik – April 26, 2013
    FYI
    Innalillahi wa inna ilaihi Raji’un, semoga Ustadz diterima amalan nya
    copas from : @TMCPoldaMetro
    04:16 Kecelakaan Pemotor Kawasaki B 3590SGQ di Jl. Gedong Hijau Pdk Indah, korban meninggal a/n Bpk Jefri Al Buchori pic.twitter.com/WkbStltBpt
    ________________________________________________
    semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya

    Guest
  9. tyonugra pada April 26, 2013 pada 6:00 am seandainya uang ustad jefri di infaqkan bukannya
    beli kawasaki er6 mungkin kejadiannya nggak
    begini
    =============================
    apun motornya,kecelakaan itu bukannya tidak mungkin bro ^^.V

    Guest
  10. dan ingatlah. . harta harta mu istrimu anakmu perniaganmu jangan jadikan mereka penghalang kamu sekalian masuk surga. . . .

    Guest
  11. godaan setan berat sekali yang namanya beramal itu,makanya dapat pahala. menyumbangkan sebagian kecil dari banyak harta yg didapat (secara haram/halal) hanya bisa dilatih paksa (tidak bisa cuma sebatas niat) secara bertahap dari nilai yang kecil/sedikit dulu selanjutnya dinaikkan/ditambah. Untuk orang pelit/medit khususnya tidak harus barang kesayangan dulu, boleh pakaian/harta bekas yg cuma ditumpuk atau ditimbun. OK?

    Guest
  12. makanya..kalo ada part2 second bekas motor mending di ‘amal’ kan aja. 😀
    *contohlah pesepeda..kalo ada part2 sisa upgrade lebih banyak yg di hibahkan secara gratis drpd dijual.

    Guest
  13. seandainya uang ustad jefri di infaqkan bukannya beli kawasaki er6 mungkin kejadiannya nggak begini —
    ——————-
    Yang pasti amal ustadz Jefri jauh labih banyak dan jauh lebih baik dari kita …
    Jadi jangan suka men-judge seseorang..
    Itu cuma 1 dari jutaan cara Allah memanggil hambanya…
    Lalu bagaimana dengan kita ?
    Apakah akan dipanggil dalam keadaan husnul khotimah atau suul khotimah..

    Guest
  14. dulu ada diskusi diantara para ulama; mana yg lbh mulia, orang kaya yg bersyukur or org miskin yg sbr? dan jawaban syaikhul islam ibn taimiyah ; Yang paling bertaqwa diantara keduanya.

    Guest
  15. bukan cuma orang tua kang taufik, anak jg….
    Contoh lain sya yg seorang perantauan, meski umur sudah dewasa, trkadang msih merindukan bahkan membutuhkan kasih sayang ortu. Bgtu jg ortu saya, seringkali mreka menelfn sya menyuruh sya pulang, cma 1 mereka ingin melihat wajah anaknya (saya)

    Guest
  16. artikel pnyejuk hti…smga dn hrus kwt wak haji..tu slh stu bntuk i’dad qt dmi msa dpn qt dn ank2 qt..dgn azzam yg bsar nsylloh kwt wak..sya do’akn..aamiin..

    Guest
  17. yuk sama-sama bro sis kita harus n wajib ni seminggu sekali menyisihkan sedikit harta kita. kan sedekah itu malah akan membuat kita tambah kaya..

    ayoo semangat infaq .. : )

    Guest
  18. Amiiiin mdh2an di pasihan keluasan hati’ keridhoan melepas ap yg kita sayangi agar baik d hari nanti……

    Guest
  19. kl uda kayak gini adeemm…
    fby dan fbh kompak g ada yg bakar2an…
    sekali-sekali pengting wak haji tulis d blog kayak gini biar qt semua merasa penting utk menghargai sesama jgn karena merk trus qt saling bully g jelas…

    Guest
  20. Seejuuuuukkkkk bacanya….
    Usul wak haji…..kalo bisa bikin artikel kayk gini seminggu sekali/dua kali….heheheeee ngarep.com
    seejuuukkkkkk…….*sambil introspeksi diri….lanjut wak haji…

    Guest
  21. menurut teman saya yang pernah lama hidup di luar negeri, salah satu penyebab kita susah dan berat hati berpisah dengan anak kesayangan adalah hal sepele dari kebiasaan dan adat budaya kita yang selalu tidur sekamar dengan anak dari bayi sampai anak dewasa bahkan sampai akil balik.

    Guest
  22. kang….ada sedikit persamaan dgn saya

    1. anak ke1 prmpuan..nama nya pun sama.
    2. umurnya pun tdk jauh berbeda.
    3. rencana pendidikan sda

    aaah…aya aya wae….smoga kita selalu dpt ber INFAQ…dlm sikon bagaimanapun….amiin

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here