shooter_trm#27

Bro sekalian, berikut ini adalah tulisan fan page facebook Komunitas otomotif Techno Racing Manufacture yang sepertinya sudah mengetahui banyak tentang calon motor bebek Injeksi kelas entry level pertama yang akan menjejakkan kaki di market roda dua indonesia Suzuki Shooter 115FI . . . kayak apa  report komprehensif pandangan Techno racing Manufacture tentang Suzuki Shooter yang juga di share di Facebook Fanpage tmcblog . .. Monggo disimak repost ini mas bro . . .

Yamaha#1_tmc

shooter_trm#18

Design :
Memang semua kembali ke selera masing-masing.. Tidak ada desain body tertentu yang bikin istimewa dari Suzuki Shooter ini.. Hanya saja motor ini terlihat seperti motor gado antara Suzuki Axelo, Honda Absolut Revo, Yamaha Vega ZR, dan Kawasaki Edge.. Akhirnya Suzuki memakai Step pembonceng model gantung, meskipun ketinggalan dibanding para kompetitornya, tapi secara desain lumayan lah..

shooter_trm#19
Hanya saja agak janggal melihat desain knalpot beserta pelindung panasnya.. terlebih pipa knalpot menuju mesin berdiameter kecil & kurang tertutup sempurna. Bandingkan dengan Honda Absolut revo/Blade yang diberi lekukan sesaat setelah mesin, sehingga lebih rapih jika ingin tampil tanpa body kecilnya..

shooter_trm#16

Mesin :
Mesin Suzuki Shooter ini benar-benar baru, banyak penyusutan bobot sehingga lebih efisien dalam perakitan, konsumen pun diuntungkan dalam murahnya perawatan. Diameter dan langkah masih sama dengan Titan yaitu 51mm X 55.2mm tapi jangan dibayangkan piston keduanya dapat saling substitusi.. Karena diameter pin piston Shooter 13mm, sama dengan Nex/Let’s.. Bobot piston + Ring pun lebih ringan dari pendahulunya tersebut..

Kampas Kopling hanya mengusung 3 lembar saja.. dengan tetap menggunakan penekan jenis per.. Stut penekan kopling, sekarang berbentung 3 bola yang terpasang di blok kopling. Mirip mekanisme kopling Honda C-100 Series.. Uniknya Kopling sentrifugal jauh berbeda dengan Produk Suzuki lainnya.. Kalau biasanya ketiga kanfas sentrifugal bebek Suzuki berada di dalam dan mangkuk sentrifugal berada di luar, Sentrifugal Shooter kebalikannya, lagi-lagi mirip sistem sentrifugal Honda C-100 series.. (Kalo yang udah pernah bongkar kopling Bebek Honda, Pasti langsung ngerti deh..)

shooter_trm#14

Bobot total mesin jadi sangat ringan berkat penyusutan semua bagian parts mesin, seperti diameter as kruk-as lebih kecil dan pendek, magnet labih tipis, Crank-Case lebih kecil, kopling hanya pakai 3 lembar, mekanisme sentrifugal lebih sedikit, bentuk keseluruhan blok mesin & head lebih ringkas dan bahan baku lebih ringan.. walhasil pemakaian pelumas pun sekarang hanya butuh 650ml saja..

Sayangnya demi menekan “cost” beberapa fitur di injeksi banyak mengalami pengurangan.. seperti sensor CO yang biasanya terdapat di knalpot, sekarang pensiun.. begitu juga dengan throttle body yang sebelumnya tertutup, sekarang jadi bisa di setel tinggi rendahnya langsam.. Meskipun begitu, Suzuki mengklaim power yang dihasilkan masih diatas para kompetitor di kelas yang sama..

shooter_trm#11

Chassis :
Bicara chassis, semua area mengalami perubahan.. Terihat dari bahan yang sekarang sudah semua menggunakan pipa kotak, yang lebih ringan tapi lebih kuat dan kaku.. TRM belum mencoba jalan, makanya belum bisa bicara banyak tentang handlingnya.. Tapi untuk bobot motor sih memang sangat ringan (SR 94kg, R 93kg & STD 91kg)

shooter_trm#26

Ini juga pertama kalinya dalam sejarah motor Suzuki menggunakan Spocket Set berukuran 420.. Padahal dari dulu Suzuki selalu pakai Sprocket Set 428.. Akhirnya Suzuki gerah juga.. karena sebelumnya Yamaha & Honda sudah beralih ke 420 sejak lama..

Untuk engejar “low Cost” dan tarikan enteng sih boleh.. Yang jadi pertanyaan, awet gak yaa..?? Karena TRM punya tetangga yang punya Absolut Revo dalam 1 tahun bisa 2X ganti Sprocket Set Lho.. Hehe.. tapi tergantung merk juga kali yaa.. Suzuki Shooter menggandeng RK untuk memasok Sprocket Set Shooter, kita tahu RK memasok Sprocket Set untuk berbagai macam jenis balapan Dunia.. harusnya hanya sekedar motor 115cc sih gak ada masalah yaa..

shooter_trm#24

Yang unik dibahas adalah Suzuki Shooter versi termurah (Drum Brake), dimana dudukan step pembonceng terbuat dari pipa besi yang di las langsung ke rangka (mirip Yamaha Vega ZR), berbeda dengan kedua varian teratas lainnya yang menggunakan parts khusus dan di baut ke rangka (mirip Honda Abs Revo/Blade).. Artinya Suzuki FV 115 ini ada 2 versi Chassis nih..

banner100x440

Over-all.. Sesuai kelasnya (Bebek Low End) Suzuki Shooter memang layak untuk pemula yang baru belajar naik motor, kenapa..?? karena tidak banyak yang dapat dimodifikasi dari motor ini.. seperti ruang Crank-Case yang kecil karena mengikuti Crank Shaft yang kecil pula.. Artinya ruang untuk Up-Stroke tentu terbatas.. juga dari baut blok yang tidak selebar Titan/Axelo.. Menjadikan aksi membuncitkan kapasitas jadi terbatas.. tapi justru untuk Injectionnya sendiri, bisa sedikit di otak atik lho.. beda dengan injection Suzuki lainnya..

Oke Lumayan dalem juga ya pemaparan Techno Racing Manufacture tentang Suzuki Shooter 115FI ini . . . asli kalimat terakhir adalah kalimat yang sangat menarik . . . apakah artinya ECU dari Shooter bisa di ‘jailbrake’ ?? whuaaah . ..  kalo bener maka untuk tim balap lokal nggak harus susah susah beli PiggyBack nih, cmiiw . . . oke semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

80 COMMENTS

  1. Aku suka suzuki tapi untuk yang ini belum deh nunggu fu fi + thunder /gsx 150 fi mau saya adu sama vixion + cb biar pada tahu suzuki lebih baik

    Guest
  2. “demi menekan ‘cost’ beberapa fitur di injeksi banyak mengalami pengurangan.. seperti sensor CO yang biasanya terdapat di knalpot, ”
    Berarti kurang greget.

    http://ganzimaru.wordpress.com/2013/05/02/jupiter-mx-candyland-semanis-permen/

    http://ganzimaru.wordpress.com/2013/05/02/tampilan-notifikasi-di-dashboard-wordpress-diperbarui/

    Guest
  3. benar2 motor murah 😀 ,
    di kelas low end lebih diutamakan ketahanan dibanding performance, karena yg beli ‘lebih’ cenderung jarang merawat kendaraan. hemat di ongkos 😀 yg penting bisa jalan dah sukur

    Guest
  4. Jadi beneran nih ngikutin teknologi bebek honda? Teknologi khas suzuki ditinggalkan, beralih ke teknologi tetangga ditambah improvisasi.

    Guest
  5. betul ..kampas kopling 3 lembar tp tdk pakai per kopling seperti smash ttp per diapraghma seperti shogun 110. mengenai kopling sentrifugal dari dulu memang suzuki modelnya kopling sentrifugal berada di luar dan rumah mangkoknya di dalam…klo yg model terbalik tu biasanya yamaha…
    stang piston pendek tp total stroke panjang….jd memang sudah stroke up desaignnya…
    soal akselerasinya..boleh ditest…gigi 2 cukup panjang nafasnya mapu dibetot sampe 60 km/jam on speedo…..

    Guest
  6. RK chain , wew 9,3 ps
    http://pertamax7.com/2013/05/03/percaya-nggak-yamaha-indonesia-bakal-luncurkan-sport-fairing-mungkin-yamaha-r15/

    Guest
  7. Mesin All-new super ringan, cocok u/ pekerja keras. Sedikit modifikasi oil cooler satria FU jd lebih worthed lah pas 800ml dr 675ml (standard) IMHO

    Guest
  8. Lumayan cuma headlamp aja yang masih agak gimana gt,gak lancip2 ky vega R
    Mesin dan performa cukup bagus sayang disini dealernya kemaren dah tutup
    http://baridienbp.wordpress.com/2013/05/03/yang-mirip-honda-pcx-sampe-vespa-ndog/

    Guest
  9. Lumayan buat motor bini murah meriah & praktis…..

    tolong donk om cariin kabar perkembangan motor sport 150nya suzuki

    Guest
  10. Lupa 1 hal yang di bahas tuh…yaitu untuk varian terendah alias FV110 LAZ ( shooter tromol ) itu gak dapat cagak samping, cuma dapat cagak tengah..untuk cagak samping harus beli terpisah…sesuatu yang sangat konyol untuk motor sekarang

    Guest
  11. @shinx
    Lupa 1 hal yang di bahas tuh…yaitu untuk varian terendah alias FV110 LAZ ( shooter tromol ) itu gak dapat cagak samping, cuma dapat cagak tengah..untuk cagak samping harus beli terpisah…sesuatu yang sangat konyol untuk motor sekarang.
    ——————————-
    Bentul brohh :v tapi ada untungnya brooh jarang di pinjem org. Titan ane ga pake standar samping ama behel . . Ga ada yg mau minjem . . *maklum motor murah ama Repot nyetandarin :v :v

    Guest
  12. Kenapa bebek sizuki soter tidak bikin sistem pendingin tambahan jet cooled seperti era suzuki RC dan Crystal. Karna dengan volume oli 650 cc tentunya suhu panas mesin makin tinggi.

    Guest
  13. Wah… Ikut2an honda/yamaha.. Biar murah.. Padahal gw suka suzuki karena mesinnya bandel n partnya awet

    Guest
  14. Udah liat langsung di dealer…cakep dah, tapi ane masih ngebet sama sport 150ccnya suzuki….

    Guest
  15. shield depan: keren
    footstep boncengan: keren
    lampu depan: kurang oke
    spido: lumayan
    lampu belakang: kurang oke
    overall: cakep

    Guest
  16. 650ml olinya?ngirit amat, tp tiap 500km ganti oli kl ga mesinnya rontok. tp ane mau koq motor ini kl dpt hadiah dr sepeda santai. dijogja yg dijadikan hadiah utk acara mcm spd santai,jln santai ya motor2 suzuki.

    Guest
  17. kalo shooter aja mirip bgt ama axelo, kira2 bakal major change gk ya si axelo….??? improove axelo..!

    Guest
  18. Kenapa ya axelo dibikin jelek tampangnya?
    Sampai-sampai si axelo malu keluar untuk nampang di jalanan.

    Guest
  19. Gw udah biilang mesin kayak honda abs revo 110 kagak ada yg percaya sih dii bilang kayak mesin smash lama ngapain juga pabrikan cape ngeluarin duit.buat riset mesin tapi pake teknologi lama

    Guest
  20. ini motor ada tuas kopling nya gt bukan mas?
    ngomongin kopling tapi kok di stang sebelah kiri ga ada tuas nya?
    terus demi ngejar murah banyak part yg dikurang2in ga neh mas?
    nti ga awet,, denger2 dari orang2 yg ngomong,,
    motor2 suzuki part nya mahal2,, tapi awet,,
    tapi kalo baca ini banyak yg di downgrade,,
    ga yakin durabilitas nya bagus.. cmiiw,,
    murah,, tapi jgn murahan,,

    Guest
  21. artikelnya kurang, membahasnya cuma dari kulit luar saja perbedaan oli liat matic spin, skywave,hayate dari 1000 ml jadi 650 ml di nex injeksi. kalo titan 800 ml trus shooter 650 ml sma aja mas kaya matic nex injeksi memang engine lebih compak di bandingkan si titan lebih slim di banding titan kalo soaal spare part mas jangan takut part suzuki lebih tangguh di bandinggakan part si honda, spare par suzuki banyak di pake di motor lain, coba tanya kampas kopling FR suzuki di pake di yamaha, per kopling smash di pake yamaha, bulp depan sampe busi satria Fu di borong honda buat pake vario FInya yang busi pada mati, masalah injeksi tetep shooter lebih unggul dari honda yang menganut step 4, koreksi injeksi di suzuki lebih baik di bandingkan honda yang menghilangkan sensor IAP, tiga hal dasar injeksi di kendaraan itu harus punya sensor IAP,TP,CKP selanjutnya sensor pendukung ET,IAT,O2,TO di shoter sensor o2 dan TO di hilangkan tapi koreksi awal sempurnya, cuba liat sensor si H…. TP,ET,CKP,O2 , kalo jumlah plat kopling liat vega ZR cuma ada 2 lembar, generasi revo balde juga 2 lembar shooter masih mumpuni maen di 3 lembar coba di kunyah kunyah jangan cuma asal goblek bae kang, kayanya kita perlu pencerahan otomotif

    Guest
  22. […] Motor ini secara spek dapur pacu mirip sama smash titan, Diameter dan langkah masih sama dengan Titan yaitu 51mm X 55.2mm tapi jangan dibayangkan piston keduanya dapat saling substitusi.. Karena diameter pin piston Shooter 13mm, sama dengan Nex/Let’s.. Bobot piston + Ring pun lebih ringan dari pendahulunya tersebut. . . . secara lengkap pembahasan dan pengupasan mengenai mesin ini bisa bro simak  di artikel TechnoRacing yang lalu . ..  silahkan cekidot langsung ini direct link nya […]

    Guest
  23. Bagus lah daripada jalan kaki ato koprol ke tempat tujuan…dengan oli mesin 650cc kynya mesin lebih ringan dan tidak memalukan bila diajak jalan beli pecel ato babi bakar…
    Salut buat suzuki….gasss poooollll

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here