FZ8

Bro Sekalian, telah banyak info yang mengisyaratkan Bahwa Yamaha Indonesia kedepan akan memproduksi beberapa varian Motor dengan Kubikasi besar (diatas 250 cc). Untuk mudahnya kita masukan saja dalam kategori Motor gede (MoGe). sedangkan variannya beragam baik itu di sport fairing 600, 1000 cc maupun streetbike/naked Bike 800 cc ( silahkan simak kembali peta strategy Produk  sport Yamaha nya MG ) . . artinya apa nih . . ? apakah mengindikasikan bahwa Market Mode Indonesia sudah sangat menggiurkan?

Yamaha#1_tmc

Belum mas bro, tmcblog kira pasar Moge di Indonesia belum signifikan nilainya bahkan untuk bisa dikatakan break event Point  bila sudut pandangnya adalah produksi. Artinya Nilai market belum signifikan untuk mencover biaya produksi . ..  Oleh sebab itu banyak ATPM yang menjual Motor besar seperti Kawasaki, suzuki, Ducati, dan MV agusta lebih memfokuskan sistem impor utuh CBU atau paling banter Impor terurai CKD.

Yang bikin kaget adalah  . .  lha ini koq ujug ujug Yamaha Indonesia yang akhir akhir ini terlihat sepi aktifitasnya di Market segmen Motor besar punya strategy Produksi di Indonesia . ..  apa nggak aneh? tmcblog menilai ada dua faktor . ..  yakni

Yang pertama adalah Meningkatnya Value Yamaha Indonesia di mata Yamaha Corp Jepang dan melihatnya sebagai Plant yang cukup efektif untuk memproduksi secara massal varian Motor besar. Artinya Indonesia akan menjadi Basis Produksi dari YZF R1, R6 maupun FZ8 kedepan . . . ini mengindikasikan aura Investasi Yang positif bukan hanya untuk Yamaha Indonesia, akan tetapi Indonesia secara umum . ..  keuntungannya apa buat market R2 indonesia? . ..  ya paling minimal Nggak ada faktor biaya import bila varian Moge ini mau dipasarkan di Indonesia . . . bisa menstimulasi perkembangan balap full frame tentunya 😉

mg-research

Yang kedua adalah  Yamaha Berusaha menaikkan Brand Valuenya dimata Market Indonesia. Seperti kita ketahui  . . . yamaha sejak lama menancapkan Image DNA performance di semua produknya . ..  Potential Value dari Yamaha secara umum (seperti yang bisa dilihat dari hasil riset yang bro komeng share) cukup tinggi . . . namun bila kita bicara Image Sport di Q1 2013 ini terlihat masih kalah dibanding kawasaki . ..  ini tentu butuh stimulator

R15_Sunset_Red_1

Bisa jadi Rencana Produksi Varian Motor gede yang akan diikuti dengan proses penjualan adalah sebuah strategy Flagship yang  memiliki hidden agenda untuk menaikkan Sporty Image Indicator dari Brand Yamaha. Terlebih lagi kedepan Yamaha juga akan berniat nyemplung ke market Sport fairing 150 dan 250 cc . . .  Tmcblog cukup sependapat dengan bro komeng bahwa effort untuk menaikkan Sport Image akan lebih mudah dilakukan karena brand image Yamaha secara umum sudah tinggi . . .. nahhhh kayak apa sepak terjangnya? masih lama siiiih . .  kita tunggu dulu deh grojokan new Produknya di sport fairing 150 dan 250 cc nya bro . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

120 COMMENTS

  1. mudah2an bisa membuka lapangan kerja yang banyak bagi rakyat Indonesia … Amin

    BTW … itu gambar naked sport bike Yamaha apa Kang?
    keren banget euy … 😀

    Guest
  2. Ya semoga saja… Lagipula fisik R1 jauh lbh ‘compact’ & dimensi body hampir sama dgn N250 FI

    Guest
  3. semoga tenaga tdk memalukan spy tdk di BC sales tetangga dan kl ns harganya miring aka jgn operpret doonnkkkk….. :mrgreen:

    Guest
  4. menggiurkan..trus nnt jlanan indo kyk ap ya..skrg ja da pnuh ssak dgn R2..smrawut..srudag-srudug..

    Guest
  5. Dari sisi labor-cost dan quality-cost mungkin Indonesia di nilai lebih value di banding India, jadi walaupun moge nya di produksinya di Indonesia bukan berarti itu untuk pasar di Indonesia, bisa jadi langsung di ekspor utk pasar world wide….bagus dech , kita aminin aja, jadi tingkat penggangguran semakin kecil dengan bertambahnya lapangan pekerjaan, ngak usah kudu cari2 kerja keluar negeri lage, just my two cent, Cia Yoo Indonesia

    Guest
  6. Sinyalemen lama nunggu jadinya 😀
    Alamat yaa mimpi, mimpi motornya yaa mimpi punya duid nya 😀

    Guest
  7. moddddiiiyaaaaaaaar tenannnnn………

    yamaha diedankeun euy…………

    ngamuk ceuk bahasa prancismah……..

    siiip lah…biar honda panaaaasss…/FBH

    Guest
  8. Moge makin banyak = kurang ekslusif lagi..
    Motor cc kecil langka = terlihat lebih ekslusif..
    Kalo gitu simpen motor cc kecil buat jadi barang antik dimasa depan…
    Hehehe
    *opini diminggu pagi*

    Guest
  9. mantabbbb… Biar harga moge dimari bisa mendekati harga off the road pabrikan.. siapkan cicilanmu for real sport…

    Guest
  10. Moge makin banyak = kurang ekslusif lagi..
    Motor cc kecil langka = terlihat lebih ekslusif..
    Kalo gitu simpen motor cc kecil buat jadi barang antik dimasa depan…
    Hehehe
    *opini diminggu pagi*
    ______________________________________________________

    saya ga perlu eksklusif,saya cuma mau suara khas moge 4 silinder dan lari 200++ dalam kondisi standar

    Guest
  11. mungkin saja, sbb harus kreatif jika ingin eksis, yg jadi pertanyaan apa langkah penguasa moge saat ini jika yamaha ikut nyemplung.

    Guest
  12. mas….moge yahama kan dah sejak lama wira wiri dijalanan…
    tuh yg bisssa dipake PATWAL kepolisian

    Guest
  13. smogacepett terwujud supaya muncul pembalap pembalap baru berbasis mesin moge supaya ngga canggung, agar gampang beradaptasi dengan cc besar……ngga balapan bebek teruss kapan ke motogpnya….orang kita bnayak dibodohi. Main motor bebek buat balapan biar tetep laku jualan bebeknya.

    Guest
  14. Buat ane belum butuh moge, ane mengharap real supermoto, real ukurannya, real pula harganya. Mungkin yimm mau ngasih WR series nya?
    Atau sebelah mungkin dengan CR-F seriesnya?

    Guest
  15. moge bakal tetap eksklusif karena harganya gak bakal dbawah 100 juta (untuk yang moge2 yg dsebutin oleh kang TAufik d atas).Dan konsumen Indonesia hampir mirip dengan konsumen dbenua lain seperti Eropa n Amerika,hanya orang yang punya hobby terhadap motor dan kaya saja yang mau beli moge.

    Guest
  16. Bisa jadi produksi di Indonesia lebih murah “tenaganya”, biaya produksi bisa ditekan. Produksi massal kemungkinan bisa juga tidak hanya untuk pangsa pasar Indonesia tetapi juga nanti setelah jadi diekspor kembali ke luar negeri….hanya angapan semata 😎 :mrgreen:
    France 24 Channel
    http://daichitv.blogspot.com/2013/04/france-24_29.html

    Guest
  17. nambahin 1 lagi aja ya om possibility-nya.. ato cuma numpang produksi dan jualan di luar Indonesia. Ini sangat mungkin terjadi kok. Untuk perusahaan sebesar Yamaha, sangat mungkin kok dia memanfaatkan area bebas pajak/bebas tarrif. Dalam artian selama barang tersebut masuk, dirakit (baca:diproses) dan ga keluar area tersebut maka ga akan terkena tarrif dalam bentuk apa pun.

    Misal saza parts2 untuk perakitan moge itu diimport dan masuk ke area plant yang merupakan area free-tariff, dan di plant free-tariff tersebut dilakukan proses perakitan. begitu barang jadi maka barang tersebut di-export lagi. dari semua aktifitas tersebut paling yang kena adalah tariff export (yang agak unlikely sbnrnya, ato kalo ga ada aturan mengenai tariff export ya berarti bebas tariff). Ini berarti pihak Yamaha cuma kena biaya transportasi antar barang saja untuk melakukan produksi.

    bisa dicari teori-nya di buku2 international finance.

    Guest
  18. Kalo jadi Produksi di Indonesia Negara kita tercinta ini,, moga aja pekerjanya manusia,, jangan diganti Robot,.
    bisa bantu pengangguran dapat pekerjaan,, berikan pelatihan, pembinaan,. jangan lupa kesejahteraan karyawannya.. trus lagi, jangan dididik ngibul..

    Guest
  19. bagus.
    harganya murah.
    gak kayak cbr celana dalam.
    motor katrok harganya mahal.
    sport honda makin jadul n nyungsep dah.
    dikuasi yamaha n kawasaki.

    Guest
  20. wah..joss wess..semua di gasak abis sama yamaha…semakin gasak gasak an ae wes..ben babak belurr…hehe.

    http://motoblast.wordpress.com/2013/05/05/yamaha-250-r-akan-berbasis-seperti-menyerupai-dasar-model-r125confirm

    Guest
  21. mudah2an yamaha indonesia akan produksi YAMAHA ROADSTAR. motor cruiser besar gagah V twin single crank pin 48 derajat suaranya ga beda ama harley v twin single crank pin 45 derajat. tapi model lebih gagah body lebih besar kualitas jauh lebih baik tapi harganya jauh lebih MURAH!!! di amerika pada rame2 pindah ke yamaha tapi disini harley malaiholo malah jadi pujaan karena konon mereknya keramat. kalo bukan karna pasar asia udah jelagaan tuh pabriknya HD. kalo diproduksi disini bakal gua jual mobil gua, gua beli tuh motor gua pasang logo yamaha besar dibelakangnya.

    Guest
  22. Yamaha semakin menancapkan mindset racing and performance . Mantabbe’!

    http://ganzimaru.wordpress.com/2013/05/05/tvc-pulsar-200ns-columbia-nmp-dan-byson-ikut/

    http://ganzimaru.wordpress.com/2013/05/05/kompas-kampus-my-greenovation-fair-2013/

    Guest
  23. gen YZF(fairing) & FZ(naked)– joz jd banyak pilihan.. oiya om taufik kalo mroduksi moge tentu bengkel2 resmi yamaha harus siap dong,,,??? tentunya beres tingkat kecmatan mas,,

    Guest
  24. meski diproduk di mari, ga ada keuntungan yg signifikan bagi indonesia. apa lgi penikmat moge hanya kalangan trbatas. kecuali yamaha mikirnya ndia dan thailand pusat motor kecil , kita sebagai pusat produk moge asia. hehehe….

    Guest
  25. Stop Press
    Wak haji kata tmenku yg gawe di YIMM Sport fairing akan release antara bulan juni/juli yaitu 150cc alias NVL berfairing….dan diakhir tahun 2013 akan release yg sport fairing 600cc untuk yg 250cc tahun 2014 pertengahan…..
    Semoga sesuai planning infonya……

    Guest
  26. 2020 kah? isunya kok sudah dihembuskan kaya angin sorga.
    yah tergantung persaingan juga x. itu juga kalo kompetitor bikin moge di sini harga supaya harga bisa ditekan.
    gak mungkin tau2 “semakin terdepan” bikin sport moge. biasalah yamaha ngekor terus…..wkwkwkwk

    Guest
  27. R15 Jooss 25-26 jt inden 1……
    Salah 1 mongtor guanteng ddunia persilatan’
    ƍäª urus dblg FBY’ duit” gua’
    Ħăª˚⌣˚Ħăª˚=D˚Ħăª˚⌣˚Ħăª

    Guest
  28. menurut ane ini langkah bagus buat yamaha yg mau buat flagship di indonesia walaupun mass mengandalkan produk luar. tapi ane acungin jempol buat yamaha.

    Guest
  29. Semoga Yamaha Bukan Hanya NIAT Dan MINAT, JUST DO IT, Seperti Kawasaki. Maka Tagline Semakin Di Depan Jadi Tidak Mubazirr….???? Kapan…???

    Guest
  30. Yamaha Indonesia kelihatannya mengerti akan Konsumen motor Indonesia yang saat ini banyak menginginkan motor 250cc ke atas.
    Dengan memproduksi sendiri, motor 250cc ke atas dapat di tekan harganya karena tidak di bebani dengan Pajak Impor barang mewah.
    MV Agusta saja bisa potong harga sampai 100 juta rupiah lebih ketika motor mereka di rakit di Indonesia (Bekasi).

    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/05/ninja-250fi-akan-segera-di-tinggalkan.html?m=1

    Guest
  31. Yamaha Indonesia kelihatannya mengerti akan Konsumen motor Indonesia yang saat ini banyak menginginkan motor 250cc ke atas.
    Dengan memproduksi sendiri, motor 250cc ke atas dapat di tekan harganya karena tidak di bebani dengan Pajak Impor barang mewah.
    MV Agusta saja bisa potong harga sampai 100 juta rupiah lebih ketika motor mereka di rakit di Indonesia (Bekasi).
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/05/ninja-250fi-akan-segera-di-tinggalkan.html?m=1

    Guest
  32. Ditunggu aja honda CBR 500cc nya. skrg ud dproduksi dithailand.,indonesia pst bkal kbagian.hhh

    Guest
  33. Ditunggu aja honda CBR 500cc nya. skrg ud dproduksi dithailand.,indonesia pst bkal kbagian.hhhh

    Guest
  34. informasi macam ini perlu didukung. keinginan memiliki moge gk akan tersendat sama besarnya pajak impor. contoh mudah kasus cbr150r.

    Guest
  35. Strategi yg bagus kang Taufik, menaikkan image Yamaha di Indonesia, ga cuma produksi bebek & matic, tp meningkat ke motor2 dgn kubikasi besar, menandakan mereka SERIUS fokus investasi di market Indonesia, ga spt Honda dan Kawasaki yg malah fokus di Thailand, menganggap Indonesia sbg anak tiri. Kawasaki katanya ke depannya jg bakalan bergeser ke Indonesia, tinggal tunggu Honda jg sadar kalo Indonesia itu >>> Thailand potensi negaranya …..

    Guest
  36. gile lu ndro..ninja 250 aja blm kbeli muncul lg mtor keren..jd pnonton aja dah smbil numpak vespa tua

    Guest
  37. “Yamaha juga akan berniat nyemplung ke market Sport fairing 150 dan 250 cc”, tuh baru niat nyemplung, Honda sama Kawasaki udah berdarah darah tuh….

    Guest
  38. Kang TAufik, kalo yg dimunculin Faze 8 sih mungkin banyak ya yg mao…. Ane jual deh New Scorpi ane 2010 – 17 jt silahkan deh kontak 0812 8277 2975 hehehe mang ye Kang skalian nih ane nawarin tunggangan ane… lismant@yahoo.com

    Guest
  39. ckckckckcckkkkk….
    banyak bahasa anehnya wak haji, buat ane yg gak pernah makan bangku sekolahan,
    heeeee..

    Guest
  40. GDP Indonesia lebih kecil dari Jepang.3500$ banding 35.000$.Otomatis untung dari Pabrikan Jepang kan lebih banyak dengan upah di Indonesia yg relatif lebih rendah….klo dibandingkan Thailand kurang tahu berapa GDP nya Thailand….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here