VegaFI_aziz1

Bro sekalian, Rencananya Besok Senin 20 mei 2013 Yamaha Indonesia akan merilis sebuah varian Motor lagi, TMCBlog melihat ada satu kode TPT yang sudah dirilis namun motornya belom nongol yakni Yamaha  1 FD . . . Salah satu ciri ciri yang terinformasikan dari situs TPT adalah jumlah Kubikasi mesinnya yakni 113 cc . . . ini cukup plek dengan kubikasi Motor Bebek dan Skutik yamaha, dari beberapa spyshot jalanan terlihat memang sepertinya Yamaha 1FD ini merupakan varian bebek Entry level.

460x110_mei2013

Segmen sama, Nama Beda ?

2012-yamaha-spark-115i-47

Nah hampir berbarengan dengan hadirnya TPT Yamaha 1FD yang memiliki forecast Produksi 78 ribu Unit, hadir pula kembali 2 kode TPT dari Yamaha 35D dan Yamaha 5D9 . .. hasilnya ? Notif Produksi 2.500 Unit Yamaha 35D dan 81.000 Unit Yamaha 5D9  . . . dengan kata lain, forecast produksi keduanya sama, ini menimbulkan spekulasi tmcblog bahwa  ini adalah salah satu strategy Yamaha indonesia, Yakni memparalelkan penetrasi keduanya alias keduanya akan digelontorkan di market secara berbarengan di segmen bebek Entry level ( Low end Market ).

2012-yamaha-spark-115i-45

Nah salah satu Strategy yang cukup logis dilakukan apa bila keduanya di gelontorkan secara berbarengan di pasar yang sama adalah menggunakan Nama yang berbeda . . . Bro cek deh, saat Spacy FI, Jupiter Z1 dan Mio J dirilis ebagai Update FI dari varian sebelumnya ( Spacy Karbu, Jupiter Z dan Mio Karb) maka setelah itu terlhat grafik penjualan varian Karbu semakin menurun karena mungkin secara tidak langsung mindset konsumen melihat varian Karbu kurang hitech dibanding varian Injeksi . . . nah ini mungkin bisa dihindarkan dengan cara memberikan perbedaan nama. . . . So akankah Bebek Entry level yamaha tidak akan menggunakan Nama Vega? Yamaha Force ? :mrgreen:

Hal ini sebelumnya telah dilakukan dilakukan Honda dan Suzuki . . . Honda Verza, walaupun menggunakan platform mesin Yang mirip dengan New Megapro tidak serta merta menggunakan nama megapro, Suzuki saat merilis Shooter tidak lagi menggunakan embel embel nama Titan disana . ..  nah mungkin begitu pula alasan Yamaha 1FD ini menggunakan nama Lain (Yamaha Force ? ) Yap karena Jupiter Z dan Force akan di pasarkan berbarengan . ..  mengindari image Yamaha Vega ZR dianggap sebagai versi Inferior dari Yamaha Force, imho

Berapa Bandrolnya?

NJKB_Yamaha_force

Nah Angka Bandrol sepertinya hanya ada di meja pimpinan YIMM saat ini dan akan kita ketahui esok senin ..  . namuan nggak haram juga kita menebak nebak berapa bandrol harganya tho? ya tentu nggak pake metode nerawang di gunung kawi segala . . . kita pake data yang sahih dan terjembreng jelas di ranah publik bro . . . yakni situs pajak – dispenda DKI jakarta yang menstate Nilai Jual Kendaraan bermotor (NJKB) sebagai dasar penghitungan Pajak kendaraan.

Dari data diatas terlihat NJKB dari Yamaha 1FD adalah 9,7 Juta rupiah . ..  ini lebih keil dari Nilai NJKB 35D (vega ZR ) yang di state sebesar 10,8 juta . . . ini mirip juga dengan strategy NJKB yang dirilis oleh Suzuki saat akan merilis Shooter dimana bandrol NJKB susuki shoter selaku bebek entry level injeksi lebih rendah dari pada bandrol NJKB dari Suzuki titan sebagai bebek entry level Karburator. So Jika NJKB dari Yamaha 1FD lebih rendah dari Yamaha Vega, akan kah bandrol Onthe road (retail) nya lebih rendah juga?

Biasanya sih githu, NJKB akan berlaku linear dengan bandrol On the road, akan tetapi berkaca dari state NJKB shooter yang ternyata dibandrol tetap lebih tinggi dari Titan . . . sepertinya bandrol Yamaha 1FD nanti ( Yamaha force? ) akan tetap sedikit lebih tinggi dari varian Yamaha Vega . ..  Lagi pula gimana nasibnya coba Jika Yamaha 1FD yang sudah injeksi, velg palang (terlihat dari spyshot) dibandrol lebih endah dari Vega ZR . . . bisa mati kutu vega ZR, Mindset konsumen akan melihat Vega ZR (karburator-velg jari jari) seperti telihat agak Overprice . .  betul nggak kayak githu? lho kenapa NJKB kecil ? Yaaa minimal ini akan membantu state dari Pajak yang akan dibayarkan konsumen sehingga pajak akan memiliki basis persentasi lebih rendah . ..  nahhhhh kita tunggu deh bandrol resmi si Yamaha 1FD ini besok, untuk sementara ini, silah dikunyah kunyah dulu bro, Salam 47 Juta, terima kasih atas torehan statistik kunjungan bro semua . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

90 COMMENTS

  1. Salam 47 juta Hits ! Thanks to visitor. Beban Pajak rendah tetapi sistem blanko kertas polosan … Wah, gak sinkron blas :mrgreen:

    Guest
  2. pake nama force kayaknya bagus aja asalkan tenaganya seperti jupiter z1,minimal setara ma shooter

    Guest
  3. 47 juta itu jumlah pengunjung yang udah mampir kemari…
    bukan harga motor.

    yaaah…wlpn belum genap 47 juta saat ane ngetik tulisan ini sih…hehehe

    Guest
  4. real nya aja pak haji… BERAPA DUIT. jdi ingat ama force1.. akankah jdi legenda kaya force 1 ZR (F1ZR)

    Guest
  5. selain Kick stater optional yg diterapkan diNVL,Yamaha bisa pakai ide Striping optional,kalau mau beli boleh pilih polos,atau Striping dgn beberapa pilihan warna,lalu dealer yg tempel sesuai selera pembeli.striping dijual perpiece/buah,sehingga pembeli bisa kombinasikan sesuai seleranya.

    Guest
  6. udah seharusnya harga diobral kalo mau laku, 10jt aja udah untung. lagian orang udah bosen naik bebek mendingan beli motor sport harganya juga murah.

    Guest
  7. vega zr fi / yamaha force one 4t fi harga harus dibawah suzuki shoooter fi dibawah 11-juta-an dan power harus diatas shoooter 9,3 ps dan bobot motor harusnya hanya 90-an kg agar power to weight ratio josss seperti shooter itu baru value for money… kalo kagak ye percuma valuenya apa ?

    Guest
  8. “Yap karena Jupiter Z dan Force akan di pasarkan berbarengan . .. mengindari image Yamaha Vega ZR dianggap sebagai versi Inferior dari Yamaha Force, imho”
    ———–
    Mungkin yg dimaksud, “…Vega ZR dan Force akan di pasarkan berbarengan…”?

    Guest
  9. KMI TIDAK FAIR
    KMI CUMA MENTINGIN ORANG2 PREMIUM
    KMI GAK MAU JUALAN BEBEK LG.ALASANNYA GAK LAKU.GMN MAU LAKU,PASANG IKLAN AJA GAK PERNAH.SEKALINYA BIKIN IKLAN JUGA MATERI IKLAN GAK MASUK.
    JANGAN LUPA PAK, KAWASAKI BISA HIDUP LAGI DI INDONESIA ITU JUGA GARA2 JUALAN BEBEK. KAZE 110 SERIES TU MASIH BANYAK BERSELIWERAN DI JALAN.ZX-130 JG DIMANA2 ADA. MASIH KURANG BUKTI BEBEK KAWASAKI LAKU???
    KALAU MAU BEBEKNYA LAKU YA PROMO BEBEKNYA DITAMBAH DONK.MASA ALASANNYA KY GT TRUS NINGGALIN CUSTOMER SETIA PARA LOYALIS KAWASAKI YANG CUMA BISA BELI MOTOR 20 JUTAAN KE BAWAH.SANGAT TIDAK FAIR.
    INGAT PAK,GARA2 MEREKA DULU BELI BEBEKNYA KAWASAKI SEKARANG KMI BISA JADI KY SEKARANG INI..
    JADI JANGAN ANAK TIRIKAN LOYALIS2 KAWASAKI YANG JUSTRU BUKAN ORANG2 PREMIUM…

    Guest
  10. Ya..strateginya boleh juga ya, mungkin ini yang dinamakan diferensiasi harga, tapi mungkin resikonya adalah jika tidak dilakukan pembenahan yang cukup radikal terhadap Vega, lambat laun mungkin dominasinya akan tergerus oleh Yamaha Force(?), atau mungkin salah satu strategi Yamaha untuk menghilangkan Vega dan diisi oleh Force?

    Guest
  11. yah kalo verza dulu 12.4 juta
    kalo ini 9.7 jt berarti lebih murah 2,7 juta dari verza

    verza = 16.050rb
    bebek vega ini = 16.050 – 2.700 = 13.350 rb

    lah kok mahal?

    ngasal…

    Guest
  12. Bro cek deh, saat Spacy FI, Jupiter Z1 dan MioJ dirilis sebagai Update FI dari varian sebelumnya ( Spacy Karbu, Jupiter Z dan Mio Karb)
    _________ 
    Spacy bukannya punya honda wak kaji?

    Guest
  13. ada apa dibalik petikan kata”salam 47 juta” yang bro taufik lontarkan dipungkasan artikel????
    setelah bermeditasi dipuncak gunung kawi…
    saya dapat wangsit klo disinyalir itu adalah bandrol buat mongstor semprot baru yamaha 1 WD aka YZFR250 tul gak bro taufik???CMIIW..

    Guest
  14. Syarat irit bbm antara lain :
    1.Mesin 4 tak bukan 2 tak
    2.Transmisi manual bukan matik
    3.Supply BBM injeksi bukan karbu
    4.Kubikasi kecil
    5.Bobot motor ringan
    6.Bobot pengendara ringan dan ga bawa boncenger atau barang
    7.Gaya berkendara eko(nomis) riding
    Mari rakyatku yang tidak sekaya koruptor, kita syukuri kehadiran Suzuki Shooter dan Yamaha Vega RR ini. Kedua motor ini banyak memenuhi kriteria di atas. Pilihan terserah kalian. Ini motor kita, wong cilik, rasional, dan mengutamakan fungsional !
    Terima kasih Suzuki dan Yamaha, dari Honda dan merek lain kami tunggu motor sejenis ya ! Peace in our heart, peace everywhere.

    Guest
  15. kalo bisa motor kedepan harganya di bawah 10jt aja………. biar balik lagi ke tahun 1990 – 1997 an……….. sebelum krismon hehehe…….. biar ajib……… beli motor mahal atau murah toh fungsinya sama aja kan……… buat berkendara.

    Guest
  16. Semahal apapun bebek tetap bebek.
    Lebih baik bebek entry level daripada bebek mahal.
    Hidup motor murah.

    Guest
  17. mantap yamaha,untuk yang mencari/membutuhkan alat setting injeksi(DIAGNOSTIC MOTOR INJEKSI) hub saya di:085791442839

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here