jump to navigation

Pengukuran Konsumsi BBM CBR150R MultiTrip May 31, 2013

Posted by Taufik in : Honda, Test Ride , trackback

level_akhir

Bro sekalian, Kita telah melakukan Pengukuran Konsumsi BBM dari Honda CBR150R dengan metoda riding One Trip, dimana pengukuran dilakukan hanya dalam satu hari dan satu kali pemakaian langsung  . . . Yakni Jumat 24 Mei 2013 yang lalu sejauh 57-an km  . . . nah setelah pengisian BBM Jumat itu, trip meter dibiarkan jalan terus, Motor kembali tmcblog pakai untuk berkomuter, dengan perjalanan Multitrip dan metode riding yang sama sekali berbeda dengan Pengujian One Single Trip . . .Jika pada test ride awal rpm sampai 7000-an dengan merunut pelan pelan, maka pada pengukuran kali ini, bejek langsung ngaciiiirrr

460x110_mei2013

test_cbr150r_9

:roll: trip akhir pengujian lalu jadi trip awal kali ini

trip_akhir

:roll: trip akhir

Setelah pengisian Full tank Hari Jumat itu, CBR 150 Ber livery repsol ini di ajak macem macem . . . nyobain ngedrag ulang buat ngukur akselerasi dengan tentunya di rpm tinggi, dipakai buat nganterin anak sekolah, nganterin istri ke pasar anyar berboncengan dan negarungi jalan Pasar Tradisional ini yang super umpel umpelan alias maceeett, sampai dibawa kuliner trip berdua istri ke setiap sudut kota buitenZorg salah satunya tentu bakso Seuseupan Jalan Bangbarung  yang sudah hampir 20 tahun jadi Favorit tmcblog :D . . . dan semua ini dikerjakan dalam beberapa hari.

hari minggu praktis ini motor nganggur nggak kepake, palingan ke masjid doang karena minggu tentu acara keluarga, gak mungkin ber empat naik motor sport, kagak muat, kagak septi dan juga bisa bisa di semprot penggiat aman berkendara mas bro he he he . . . nahhh pas tanggal 29 di top up ulang deh . . . untuk bisa mencapai level yang sama dengan level pengisian terakhir ternyata dibutuhkan 1,76 liter pertamax  . . . dan trip meter akhir adalah 122,1  . ..  so kesimpulannya adalah Konsumsi BBM rata rata pada metode multitrip CBR 150R kali ni adalah (122,1-59,7) / 1,76  = 35,5 km/liter

topUp-akhir

Nah jika kedua pengujian digabungkan maka Konsumsi BBM Rata rata CBR 150R dengan riding style Kombinasi adalah 122,1 / (1,053 + 1,76 ) = 43,4 KM/liter . . . nahh piye ? semoga Berguna :)

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. ipanase - May 31, 2013
2. chapsClabiration903 - May 31, 2013

Podium 3
Sent from my BlackBerry®
powered by chapsclabiration903

3. *Pahlawan Kesiangan* - May 31, 2013

Josss

4. ipanase - May 31, 2013

mayan 1000 besar

5. achenk - May 31, 2013

waw

6. ipanase - May 31, 2013

paling borors 35 an

7. ipanase - May 31, 2013

buat boncengan, macetan

8. duokribonerakajahanam - May 31, 2013

wajar…

9. BOS CNC - May 31, 2013

cbr iklan oli

10. jmjanuar - May 31, 2013

jous

11. superleggera - May 31, 2013

jossss

12. edo - May 31, 2013

Penasaran sama performanya di tanjakan euy.

13. rusman - May 31, 2013

irit

14. mbahjo - May 31, 2013

sip….

15. *Pahlawan Kesiangan* - May 31, 2013

Motor operprett cuma orang” bodoh & buta merk yg beli ini mtor mending beli NVL, mesin 11 12 ama R15 iritt pula lagi bisa pke premium, tenaganya juga gak kalah 19 PS bos
FBY Kalimantan mode sableng (Sambil nyebar brosur NVL 19 PS)
:lol: :lol:

Kevin - June 3, 2014

Pernah menang adu test lawan cbr 150r ? berkali2 saya pakai cbr 150r menang lawan NVL. cbr 150r itu kelasnya atas bang. kalo NVL sama R15 kelas menengah

16. BOS CNC - May 31, 2013

bingung ma blogny pak haji ne….d buka pke hh android jelly bean lama bgt…
giliran pke android gingerbreat malah cpet…..sama2 pke wlan wifi rumah

17. kebo - May 31, 2013

ya emang segitu idealnya….

18. elco - May 31, 2013

wah irit ah lumayan

19. Scorvita - May 31, 2013

campur kapur barus gimana? ada yang bilang bisa makin irit?

20. orong-orong - May 31, 2013

cukup irit

21. hgt - May 31, 2013

Sipp, rata2 segituan…

hehe

22. chiro146 - May 31, 2013

Mantap Kang…
Ini baru sesuai sama yg saya alamin… ;)
Apalagi jiwa muda yg dikit” betot gas… Hehe.

23. ArisFR - May 31, 2013

Top

☞@Aris_FR Follow!! ☃★
ԅ(ˆ⌣ˆԅ) 214DD020 (´⌣`ʃƪ)

24. peyek - May 31, 2013

12. Scorvita – Mei 31, 2013
campur kapur barus gimana? ada yang bilang bisa makin irit?
==========================================
kalo di campur kapur barus nggak tambah irit om,, cuman bisa nambahin tingkat oktannya,,, CMIIW

kalo memang mau tambah irit bengsin,,, boleh di campur dorong,,,,
di jamin,,, tambah irit engsin,,, :lol:

25. MP rider - May 31, 2013

Lumayan ga nguras kantong, hehehe

26. peyek - May 31, 2013

untung wak haji nggak ketularan si capung,,,,

jadi bisa bedain mana bengsin mana pertamax,,, :lol:

27. Kobay Z250 - May 31, 2013

(122,1-59,7) / 1,76 = 35,5 km/liter…………Nahhh ini yang realnya hehehe………

Kang, pengen kuliner di Bogor skalian ngetes stamina make motor kesana, itu Bakso dimana yah? boleh skalian silaturahim ketemuan kita kang? hehehe

28. Arjuna88 - May 31, 2013

sing penting aja jotos-jotosan

29. peyek - May 31, 2013

tumben,,, wa haji ngetes nya pake pertamak,,,, :lol:

30. wiwi - May 31, 2013
31. *Pahlawan Kesiangan* - May 31, 2013

1:35 Pertamax itu termasuk boross mending NVL 1:45 Premium powernya 19 PS lagi
*FBY Mental pengemis
maklum kebiasaan bawa bebek :lol: :lol:

32. orong-orong - May 31, 2013
33. sandy - May 31, 2013

nah ini baru masuk akal

34. manteb - May 31, 2013

mas topik kenapa kok ngeyel test pake pertamax?? Apa maksudnya motor honda cb150r ini khusus orang punya duit?? Orang kere cuma kuat ngisi premium ndak boleh beli ni motor? Makanya nih motor kalah terus sama new vixion yg bisa dipake smua golongan..

35. Kang Koes - May 31, 2013

Bensinya irit harga motornya selangit itu versi org gk pnya uang mcam aku ini lah…

36. tope - May 31, 2013

tetep kalah boros sama ninja rr punya ane….. wkwkwkwkkkk….
*masih ada yg kepengen nyolot….!! *

37. Kang Koes - May 31, 2013

Bensin irit harga motor selangi itu versi org yg gk punya duit y macam aku ini lah

38. exobar - May 31, 2013

25 -an

39. Kang Koes - May 31, 2013

Wak Haji ada masalah nih masa setiap saya koment koq hilang terus

40. tope - May 31, 2013

ini sih tetep kalah boros sama ninja rr punya ane dong….. wkwkwkwkw….
*masih ada yg mau ngebantah……! *

41. sof - May 31, 2013

nah emang segituan kang , apalagi kalau dah setting ecu piggy bag racing, tambah moncer bensinnya

42. jofrin - May 31, 2013

memang irit nich motor

43. oeyye - May 31, 2013

masih ada ya warung baso seseupan, udah lama kali itu baso terkahir makan thn 95an

44. baridienbp - May 31, 2013

ini lebih riil pke segala macam kegiatan,plus ngebut
http://baridienbp.wordpress.com/

45. Taufik - May 31, 2013

@16. BOS CNC
wah aneh ya ?

@22. chiro146
sip sip, gimana keadaan terminal 2 ? ;)

@27. Kobay Z250
di jalan pajajaran-bangbarung deket RS azra bro
http://tmcblog.com/2008/07/27/rekomendasi-tujuan-turing-kuliner-baso-seuseupan-bogor/

@34. manteb
ntar kalo premium dibilang . . .mampu beli motor 36 juta bensinnya ngerampok hak orang kismin . . . salah lageeee?? :mrgreen:

emang enak jadi blogger disalahin muluuu? wkwkwk :D

@43. oeyye
masih bro, di tempat yang sama , gak pernah berubah

46. pak lurah - May 31, 2013

joss gandhos

47. Bibit Babat Brengos Waluyo - May 31, 2013

35,5 kpl adl ang yg wajar tu kang Topik….
kalo sering2 gas poll yg mlorot jd 1 : 29 je…

48. Kobay Z250 - May 31, 2013

34. manteb – Mei 31, 2013

mas topik kenapa kok ngeyel test pake pertamax?? Apa maksudnya motor honda cb150r ini khusus orang punya duit?? Orang kere cuma kuat ngisi premium ndak boleh beli ni motor? Makanya nih motor kalah terus sama new vixion yg bisa dipake smua golongan..
==============================

Maksudnya apa sih nih? Pertamax itu memang settingan bbm yang paling ideal atau pas buat si CBR, mau beli CBR tapi tetep premium? ya terserah aja, motor yang punya situ kok, tapi jangan ngeluh lebih boros lah, lebih lemot lah……ini mesinnya genre balap dan memang mesin siap balap, bukan mesin komuter. Kompresinya pun tinggi….

Bandinginnya pun sama Vixion, hadeuh, beda kelas atuh mang…Kelas vixion dengan karakter mesin mirip2 mah NMP, CBSF, Byson, tiger, scorpio…..

1 lagi, kalau punya motor kek gini (mau CBR 150 kek, CBR 250, Ninja 250 Karbu, Ninja 250 FI dan lain-lain yang sejenis) terus masih isi premium, berarti lom siap punya motor bagus…..no offense

49. Kobay Z250 - May 31, 2013

34. manteb – Mei 31, 2013

mas topik kenapa kok ngeyel test pake pertamax?? Apa maksudnya motor honda cb150r ini khusus orang punya duit?? Orang kere cuma kuat ngisi premium ndak boleh beli ni motor? Makanya nih motor kalah terus sama new vixion yg bisa dipake smua golongan..
==============================

Maksudnya apa sih nih? Pertamax itu memang settingan bbm yang paling ideal atau pas buat si CBR, mau beli CBR tapi tetep premium? ya terserah aja, motor yang punya situ kok, tapi jangan ngeluh lebih boros lah, lebih lemot lah……ini mesinnya genre balap dan memang mesin siap balap, bukan mesin komuter. Kompresinya pun tinggi..

Bandinginnya pun sama Vixion, hadeuh, beda kelas atuh mang…Kelas vixion dengan karakter mesin mirip2 mah NMP, CBSF, Byson, tiger, scorpio…..

1 lagi, kalau punya motor kek gini (mau CBR 150 kek, CBR 250, Ninja 250 Karbu, Ninja 250 FI dan lain-lain yang sejenis) terus masih isi premium, berarti lom siap punya motor bagus…..no offense

50. X-RAY PEDÈT - May 31, 2013

weleh…3x
tetep irit biarpun dipakai gak cara n0rmal msh 43,4km/ltr.

hon da sudah irit… Kenceng pula.

51. bikers - May 31, 2013
52. k14 - May 31, 2013

sip

53. X-RAY PEDÈT - May 31, 2013

sudah 1 bulan ini blog nya wak haji BERAT banget kalo di buka lewat hape.
dah ane buka lwt BB, Android, Symbian msh saja tetep berat.
ada apakah gerangan?

54. surya - May 31, 2013

Wah..di Denpasar Bali, Pertamax 10rban..

55. Osee - May 31, 2013

hmmmm…. pak Tofik, test motor2 yang sebelumnya tolong diupdate dengan standar yang ini “test kombinasi” supaya tidak mubazir :)

56. brembremm - May 31, 2013

Soto malabar masih ada ga ya…kang haji

57. adrian - May 31, 2013

mirip scorpio yang dulu dipake kerja bogor tangerang pp.

58. joko - May 31, 2013
59. MotoHood - May 31, 2013

gut…..

======================================================www.motohood.com

60. jono - May 31, 2013

nah kalo 35 km/L kita sama kang , ane pake harian juga emang segitu betot pelan betot pelan

61. joko - May 31, 2013

waduh, jauhnya selisih itu
57 turun drastis ke 35, selisih 22 km.liter
tapi bener, realnya ya cuma di kisaran 35km/liter

62. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - May 31, 2013

@peyek

ah sicapung… typical FBH, suka jilat ludah sendiri. eniwei 43KPL untuk DOHC 150cc lumayan irit…

efek Injeksi kah?

63. penggemar motor - May 31, 2013

lha ini baru pemakaian normal sehari2 kang TMC, kalo test yg kmrn tu kmgkinan ada yg eror prosesnya,
rata2 cbr150 ya 30-40 km/ltr, coz maunya high rpm trus yg akhrnya bkin boros bbm…

64. kolojengking 225ps - May 31, 2013

yo wajarlah jikalo segitu, lha ai punya klingon 225 aja 1:30, trus gl pro yg sdh up 208cc 1:35. tes waktu luar kota versi ngebut

65. penggemar motorrrr - May 31, 2013

lha ini baru pemakaian normal sehari2 kang TMC, kalo test yg kmrn tu kmgkinan ada yg eror prosesnya,
rata2 cbr150 ya 30-40 km/ltr, coz maunya high rpm trus yg akhrnya bkin boros bbm…….

66. moto.kvltr - May 31, 2013

wah lumayan irit juga ya :D

67. masshar2000 - May 31, 2013
68. Kobay Z250 - May 31, 2013

56. moto.kvltr – Mei 31, 2013

wah lumayan irit juga ya :D
=====================================

Irit banget malah kalo dibanding Z250 ay, sekarang cuma 1:18 :”(

69. M.O.Ger - May 31, 2013

artikel penjawab keraguan komentator di artikel lalu…sip wak haji…
emang beda perlakuan beda keiritan…keep safety riding.

70. eiscell - May 31, 2013

uedan uirit tenan ni motor

71. emexrider - May 31, 2013

dr kemaren bnyak komen warungnya wak haji susah dibuka pke andro/bb , lah ane aja pake nokia jadul lancar2 aja,padahal blum 3G loh :D

72. almond - May 31, 2013

wogh…
Irit jg ya..

Ane pake satria fu isi premium..
1 liter dapat 30km..
Kondisi dalam kota di betot2 itu bawanya..
( mesin DOHC )

Ane pake old vixi isi premium
1liter dapat 35km..
Kondisi dalam kota..
(mesin SOHC )

ini cbr150r masi dapat 35km/liter..
Irit bangettt…
Tenaganya aja joossss…..
Ane pikir boros tuh motor..

73. penthol - May 31, 2013

jumat barokah ketikan semoga adem ayem….

74. Top Gear - May 31, 2013

Nice Article, Kang Taufik. Saya pantengin terus nih.
Oia, bikin pegal badan tidak? Kalau gigi 1 rpm 7000 kecepatannya berapa ya?? Mau tau apakah motor ini termasuk nafas panjang atau harus sering ganti gigi krn nafas pendek? Trims,.

75. Top Gear - May 31, 2013

Nice article.
Kang, mau nanya menurut akang bikin pegal badan tidak kalau dipakai lama?
Oia, kalau rpm 7000 gigi 1 kecepatan berapa? Biar tdk sering ganti gigi gt.

76. ari - May 31, 2013

mantap

77. eka bv - May 31, 2013

bikin artikel perbandingan beli motor build up 2nd sama motor lokal baru dong gan, semisal cbr 150 old, FXR 150, TOUCH 125, NSR 150, VS NVL, CB150R, NINJA

Dengan faktor penilaian:
Pajak tahunan
Spare part
Peforma

Kayaknya banyak yang bimbang menimbang value to money nya istilahnya, untuk harga pasar kan hampir2 sama tuh gan….!

78. radrio452 - May 31, 2013

_-_ zzzzzZZZ

79. akang - May 31, 2013

Motor kualitas Honda Thailand emang jos…

80. ruri - May 31, 2013

lumayan

81. hSuwitra - May 31, 2013

baru ngeh, ternyata tutup tangki cbr150 ini walaupun bentuknya sporty alias rata/gepeng tapi kalo dibuka ternyata ga ada engselnya ya? copot gitu kaya model konvensional..

82. BIKER LOVER - May 31, 2013

tidur siang

83. yudha depp - May 31, 2013
84. achmad grand pacul - May 31, 2013

Komen oot, ts bahas motor honde malah bahas motor laen kelihatan 5al3s bnget.. yg merasa boleh ngacung..

85. Bike - May 31, 2013

tutup tangkinya gilani hehehe

86. dave - May 31, 2013

kapan neh mas ketemuan? hmm,,
cobain motor saya,, dapet nya 30an km per liter,,
kalo c mas rata2 dapet 35km/liter,,
saya no comment d,, hehe,, tapi kalo 56km/liter c,,
pengen jg ky gt,, -.-

87. manteb - May 31, 2013

hahaha! iyo bener mas topik. premium salah pertamax salah. tapi yang jelas saya ndak mungkin beli ini motor. ndak kuaat! :p

88. Erit07 - May 31, 2013

Tugas cb banyak betul..

89. ayumi ting ting - May 31, 2013

motor keren

90. sirio110 - May 31, 2013

bakso favorit saya, harga juga pas….hahaha

91. Aan - May 31, 2013

tetap lebih uuirit jika dibandingkan dengan ninject dan scorpio saya

92. -ஜ۩۞۩ஜ Cover Jok CoolTech® ஜ۩۞۩ஜ- - May 31, 2013

selisihnya lumayan juga ya kang…

==============================================
Numpang jemuran, racun buat New CBR:
http://sarungjokcooltech.wordpress.com/2013/05/15/sarung-jok-anti-panas-cooltech-new-cbr-edition/
==============================================

93. NISSAN - May 31, 2013

gak beda jauh sama cb150 -____-

94. Mustakim - May 31, 2013

mantap dah

95. boy - June 2, 2013

irit juga ternyata, menyamai cbsf tapi dengan power yang lebih gede.

96. vespa rr - June 5, 2013

Cbr150r:10liter prtmax:430km:95.000,-
Ninja rr:15lter premium:450km:67.500,-:olsam 11.250(hrga oli 50.000/liter pmkaian jd 2000km) biaya/450km =67.500+11.250=78.750
Bbm ssuai kompresi mesin power sesuai karakter mesin msing” sma” irit kuq hehhehehe

97. Dino - June 7, 2013

skrg trbukti dlm speed cbr pemenangnya disentul, dtmbh irit.mantaaaaapppp

98. ●○ qwerty ○● - June 14, 2013

wkwk..
si imam pahlawan kesiangan s@less h@nsip yang ngaku mahasiswa nongkrong di warung tmc juga toh !

99. iwak banaran - June 28, 2013

lomayan……tapi ku kira bisa 50 km/l walau di pake ngebut

100. Toko bunga online - March 18, 2014

irit juga lah mayan :D



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: