jump to navigation

Ride with 1 Liter Of petrol . . . Alternatif Pengukuran Konsumsi BBM terbaru TMCblog June 5, 2013

Posted by Taufik in : Review Produk, Test Ride , trackback

test_ujibbm3

Bro Sekalian, setelah beberapa kali melakukan metoda pengujian top up, maka berhubung sedang ada unit test ride dari pabrikan  ( Yamaha X-Ride) Tmcblog merasa tertarik untuk mencoba satu lagi metoda alternatif Pengukuran Konsumsi BBM yakni “Ride  with only 1 Liter of Petrol” Dimana Motor hanya di isi 1 Liter bensin, dan dibawa riding sesuai gaya riding yang diinginkan sampai motor itu mogok sendiri karena kehabisan bensin.

kuras_bbm

:roll: sedot bensin gunakan selang kecil

Nah Cara yang tmcblog lakukan pertama tama adalah mengosongkan isi dari tangki bbm . ..  tmcblog menggunakan selang kecil (selang akuarium) disedot lalu di tempatkan sementara di wadah. setelah selesai dan bansin tidak lagi mengucur, dilakukan penyalaan mesin untuk meyakinkan bahwa tidak ada lagi bensin di Tangki bbm . ..  ini juga berfungsi untuk mengosongkan bbm di selang bensi antara Fuel pump dan injector. Jadi di awal, motor ini bener bener bersih/minim dari BBM

cadangan

:roll: ini isinya bukan minuman . .. bensin cadangan yaa :mrgreen:

Setelah tidak bisa lagi distarter, lalu mulai masukkan kembali 1 liter bensin . ..  tmcblog mengunakan gelas ukur 200 ml dan melakukannya selama 5 kali untuk mendapatkan volume 1 liter. Setelah selesai dimasukkan ke dalam tangki bahan bakar, langsung ditutup guna menghindarkan penguapan. Jangan lupa juga sediakan bensin cadangan di wadah botol (atau apapun tempat penyimpanan kalo bisa yang bener bener kuat karena isinya bensin bro )  karena kita tak kan pernah tau dimana ini motor yang sedang ditest akan mogok he he he . ..  Nah metode ini tmcblog lakukan pertama kali di Yamaha X-Ride . . . kayak apa hasilnya ? hayooo tebak berapa?? atau silah tunggu next article yaa . . . semoga berguna

taufik of BuitenZorg

Comments»

1. njmx - June 5, 2013

podium

2. njmx - June 5, 2013

keduaxxx

3. njmx - June 5, 2013

borong podium baru baca…

4. ero - June 5, 2013

awas keminum BBMnya…

5. akanksant - June 5, 2013

Joooosss…!!!

6. Hasyim Prayogi Saputra - June 5, 2013

ditunggu lanjutannya

7. ALEZ - June 5, 2013

akurat

8. njmx - June 5, 2013

fresh tea ma bensin…sama warnanya,,,awas keminum wak haji

9. boss sticker - June 5, 2013

ke 7 heheh

10. noxx - June 5, 2013

Malem amat

11. emir99 - June 5, 2013

50 km/L an mungkin :mrgreen:

12. menyusurijalan - June 5, 2013

Luar Biasa…. terus bereksperimen demi pengunjung warung….. salut kang…..

13. boss sticker - June 5, 2013

nah pengetesan bbm kaya gini yg bener 2 adil…kl cmn isi ful terus kembali ke full banyak yg masih kecologan..contohnya waktu saya ngisi di tangki nvl..si tukang pom bilangnya sudah full,tapi kenyataaanya setelah digoyang goyang dikit masih muat di isi sampe 0.5 liter..itu baru bener 2 full heheh.

14. dod - June 5, 2013

kalo test’y di newcbr150 ada efek negatifnya ga gan?

15. sasuke - June 5, 2013

bagus model gini test keiritannya.

16. olisamping2 - June 5, 2013

pilih xride apa z1 jupi ? ????
sy butuh motor yg irit Dan bandel utk tiap hari pp 100 km. kan bbm mo naik.
help help help help.”!!!”!!!

17. nubi - June 5, 2013

Kirain dah ada hasilnya
Jebul suruh nunggu
Gak seru ah..

18. Motor Fairing - June 5, 2013

13. olisamping2 – Juni 5, 2013
pilih xride apa z1 jupi ? ????
sy butuh motor yg irit Dan bandel utk tiap hari pp 100 km. kan bbm mo naik.
help help help help.”!!!”!!!
=====================================================
Z1 rata2 53-58 km/liter premium dg riding style bervariasi ala gabungan perkotaan dan luar kota. kadang digeber abis kadang santai kadang pelan merayap. pertamax bisa lebih irit tp mungkin gak jauh beda.
Xride belum tau.
kalo ane pribadi milih Z1. naik matic bikin dengkul dan pinggang pegel, apalagi jarak jauh (tinggi 178 cm bobot 65 kg) :D

tapi dibanding Z1 di kisaran harga sama ane lebih milih MX atau Kawasaki ZX130 :D
kekurangan MX DIBANDING Z1 buat ane cuma sudut stang yg sedikit kurang nekuk ke dalam dan kurang anteng. kebiasaan pake stang jepit jd agak aneh kalo nyemplak MX. lainnya menang MX. mesin tegak, kopling manual, desain yahud, konsumsi bbm lumayan.
kalo kekurangan ZX130 DIBANDING Z1 itu di rem, akselerasi yg sedikit kalah buat nembus kemacetan, dan sasis kurang lincah buat manuver mendadak. tp soal stabilitas dan handling, ZX130 nomer 1, dan mesin sudah terbukti irit dan awet lintas kota lintas provinsi.
bukan promosi, cuma komparasi berdasar pengalaman pribadi :D

19. roeday - June 5, 2013

kurang akurat bro karena untuk injeksi bensin didalem tangki gak bisa abis semua walaupun motor uda mogok (gak seperti karburator) jadi gak bisa compare dengan test yg dulu.

20. must...! - June 5, 2013

bukannya bahaya buat injector ya ? pernah baca dimana ya -_____-

21. tak tonyo ndiasmu - June 5, 2013

kayaknya metode ini bakal lebih akurat wak, tmcblog jos pokoke

22. exciters - June 5, 2013

wak haji tolong besin cadangannya jangan di taruh botol minuman, nggak safety pak takutnya keminum kalo yg nggak tahu,klo ditempat saya segala jenis chemical cair ketauan dimasukan ditempat botol minum langsung phk pak, maaf cuman sebatas ide dari pengalaman rekan yang minum thiner yg ditampung di botol bekas air mineral :( sebaiknya pake jerigen kecil ukuran 2literan

23. peyek - June 5, 2013

juos artikelnya.

Cara ini lebih mendekati kenyataan. Tp untuk masalah hasil test masih bergantung:
1. Cara riding
2. Kondisi lapangam (macet/sering stop n go)
3. Cuaca(traksi ban terhadap aspal)
4. Ke-orsinilan setingan motor.
5. Beban (berat badan) atau ada barabg bawaan. Misal tas ransel diisi bola bowling tiga. Kan berat juga :D

24. Sotong - June 5, 2013

Kasihan fuel pump-nya, mas..

25. aladin - June 5, 2013

Kang kalo bensinnya dikit trus dibawa sampe bensinnya abis(motornya mogok) apa gak rusak tu pompa bensin??
Soalnya mobil temen ane gara2 bensin sering hampir habis (digaris E) pompa bensinnya bolak-balik rusak..

26. Dre - June 5, 2013

kalo buat motor batangan yg tangnya terbelah tulang pvnggung bagaimana, efektif ga ?

27. eiscell - June 5, 2013

40km dah

28. hasim adnan - June 5, 2013

ngirit… Tp disinyalir hasil lebih boros karna tkanan udara dlm tangki bbm lbh besar. IMHO

29. rusman - June 5, 2013

katanya kalau motor injeksi tangki ga boleh sampe kosong. gimana tuh?

30. pembaca pencari informasi - June 5, 2013

mumpung UNIT TEST ya, kang?? hahaha.. bagus.. bagus.. demi pembaca.. demi konsumen.. terima kasih, kang.. :) ditunggu artikelnya (Motor rusak? yo wez ben.. bukan motor sendiri inih.. hehe)

31. bunciskentang - June 5, 2013

pompa bensin ga rusak wa haji?

32. N6778 - June 5, 2013

rusak gak papa laahhh kan gak ikud punya alias ramelok duwe…

kwkwkwkw

siiippp wak haji sekalian test kekuatan injektor yamaha yang katanya motor turunan moto gp emprit

(^_^)v

33. frontdiskbrake - June 5, 2013

fuel pump jebol ya biarin, biar pabrikan berlomba bikin fuelpump yg berkualitas bagus dan gak gampang jebol.
Maju terus pak haji…!

34. randu blatung - June 5, 2013

elok tenan wak

35. Taufik - June 5, 2013

mas bro sekalian yang ganteng ganteng, ride with 1 liter of petrol hanya dilakukan dalam pengukuran konsumsi bbm saja, dalam kondisi real hampir jarang yang melakukannya
hal ini saya lakukan untuk menjawab tantangan pengunjung blog yang makin hari makin CERDAS ha ha ha
so kalo udah saya turutin gini mo apa lagi hayoooo qiqiqiqiqiqi?
cara ini memang untuk meminimalisasi metode mengira ngira subjektif saat mengisi top up, walau metode top up dan metode ini jikalau benar 2 dilakukan teliti hasilnya disinyalir nggak ada bedanya
mengenai fuel pump jebol? terbukti setelah habis tiris, motor berhenti . . . lalu diisi lagi bensin, gak masalah motor terus jalan tanpa gejala keanehan apapun :D dan ini bukan hanya dilakukan 1 kali . . bahkan sudah 2-3 kali di X-Ride ini

36. devan - June 5, 2013

salam kenal bro…
kalau nyoba d nvl wak haji ? injectornya kuat ngga ?

37. dinard - June 5, 2013

jiaahh wak haji udah kayak sinetron aja…pas lagi mau rame-ramenya..eh malah bersambung…hehehe

38. Erit07 - June 5, 2013

Hehe,ditinggu pak. .

39. Jeffry - June 5, 2013

absen dulu

40. baridienbp - June 5, 2013

Wah ngerinya klo lg nyalip trus tersendat-sendat habis deh tu bensin
http://Www.Baridienbp.Wordpress.Com

41. sof - June 5, 2013

Example botol yg kuat utk bensin tapi enteng apa yach kang?

42. akang - June 5, 2013

Mantabs…

43. sejutawarnaa - June 5, 2013

gpp tuh kang motor nya?

44. #99 bro. - June 5, 2013

awas ngambek gak mau nyala lagi..

45. slowrider - June 5, 2013

Wak haji, lebih afdol lagi kalau jarak tempuh diukur pakai gps biar akurasinya makin bagus…..

46. motogokil - June 5, 2013

kayaknya jangan pake botol plastik deh mas, khawatir ada bagian plastik yang larut dalam bensi, dan saat pembakaran akan menimbulkan kerak, yang sangat keras disekitar klep buang.
titip mas : http://motogokil.wordpress.com/2013/06/04/belajar-ecu-bag-2-belum-mampu-ngoprek-ecu-ya-sudah-oprek-sensor-o2-nya-saja-resep-ringan-upgrade-top-speed-new-vixion-lightning/

47. oyo - June 5, 2013

wah ora katuk mocone,,bikin cenat-cenut pak kaji :D,,,,

48. joko - June 5, 2013

wah..wak haji tambah canggih aja nih klo soal pengetesan…tambah jaauuhh dari ane yang coba ngikutin..hahaha

http://motoblast.wordpress.com/2013/06/04/modifikasi-new-vixion-versi-ktm-duke-ubah-tampilan-semakin-juooss/

49. wong anyar - June 5, 2013

Saya dulu pernah nyoba metode beginian pada beat 2008, hasilnya lupa.

50. pewe - June 5, 2013

ditungu……

51. jaelan.. - June 5, 2013

idenya cemerlang…terhindar dr isu isu negatif

52. jaelan.. - June 5, 2013

tp dgn sistem full kembali full tank lg jg bs akurat……asal kita sendiri yg mengisi dgn bensin yg kita sediain dirumah.

53. munaroh/munaf*qun - June 5, 2013

jos gandos, kaayak gini yg ane demen wak..

54. roadtoroad - June 5, 2013

nah ini bakal valid kang taufik…1 liter dapet berapa km. saya jadi memang bener2 konsumsi per km kelihatan.coz kalo metode top up itu rancu sekali, kadang tangki nampak sudah sama seperti sebelumnya, namun ternyata masih bisa diisi bbm lagi.
Kang taufik, untuk metode yang baru ini saya juga usul tes-nya juga jangan 1 kali untuk pemakian harian-nya,maksud saya, kang taufik bawa cadangan 1 liter. jadi setelah dipakai 1 liter pertama habis, diisi 1 liter kedua..setelah itu 1 liter ketiga sehingga sampel tesnya lebih dari 1 kali. sehingga bisa lebih objektif.
*mungkin motor2 yang sudah kang taufik tes dengan metode top up mau dites ulang dengan metode yang ini.

55. eko354 - June 5, 2013

Wak Haji, cara yang lebih akurat (tapi lebih sulit) adalah dgn menggunakan gelas ukur 1000 mL yg dimodifikasi, yaitu dgn dipasangi selang di bawahnya. Selang disambung ke selang inlet karbu atau injector. Trus pasang odometer GPS (jangan ngandelin odometer motor). Trus motor dijalanin sampe bensin 1000 mL pas habis, dilihat odometer di GPS berapa. Dijamin akurat Wak.

Cara lain yg pernah dilakukan majalah AutoBild adalah metode full to fulltapi jarak panjang, dgn bebrapa kali pengisian, shg secara statistik kesalahannya berkurang.

Cara lain (pernah saya lakukan terhadap Panther saya dulu) adalah dari awal full, trus dipake 1700 km (jadi sudah melewati segala kondisi jalan), selama itu dicatat terus berapa ngisi solarnya, terakhir full lagi. Karena waktu itu belum punya GPS, odometer saya kalibrasi dgn tanda jarak di tol Jagorawi sejauh 20 km, ternyata odo Panther hanya 0.96 dari tanda jarak tol. Dgn cara ini didapat konsumsi Panther 10.9 km/L (jarak real berdasar tanda jarak tol).

Kalo cuma satu kali pengisian di pom, secara statistik kesalahannya bisa besar,Wak. Krn kita tidak tahu seberapa akurat toleransi meteran pom bensin. Kalo pake gelas ukur jelas akurat Wak.

56. Abeng - June 5, 2013

ai lap yu Wak Haji, ini sesuatu yg mencerahkan…

57. kiluazolndix - June 5, 2013

nice kang ojo lali bensin cadanganE …CMIIW

58. yoyokal - June 5, 2013

Hati-hati, khawatir saat ngebut di jalan ramai tiba-tiba bensin habis terus diseruduk dari belakang.

59. ms - June 5, 2013

jangan lupa, botol bensin cadangan dipolosin / diberilabel bensin.
untuk menghindari terminum orang2 yg tidak tau.(anak.istri,dll)

60. tombiez - June 5, 2013

gag papa tha kang motornya????
bener2 nyiksa nih motor

61. Kobay Z250 - June 5, 2013

Mantap kang haji hehehe……..
kalau di autobild, metodenya terbalik, full tank diisi, diendapkan, besoknya isi lagi full tank pake gelas ukur, baru ditancap s.d tu mobil berhenti……hehehe.

Sama aja sih, bisa juga diisi 1 liter, karena buat motor lebih mudah nguras/ngosongin tanki yah ehehe…….

62. orong-orong - June 5, 2013
63. Zas-R - June 5, 2013

setuju sm bro 19.roeday, kalo da salah pd motor injeksi, fuel pump dlm tangki tidak pas/melengket pada dasar tangki…. jd bisa tdk akurat nih pengukurannya…

64. ardi - June 5, 2013

kalo buat mesin injeksi apa nggak bikin rusak fuel pump wak?

65. pak tarno - June 5, 2013

ngukur pake botol gituan akurat gak ya? level 200cc itu sampe leher botol atau agak kebawah mas?
kayanya lebih pas pake botol bensin eceran, ukuran sampe leher itu pas 1 liter.
beli aja di tukang bensin sekaligus botolnya :D

66. Scorvita - June 5, 2013

Bagus pake infus aja Brooo Pas 1 Liter (y)

67. Vespa Ijo Rider - June 5, 2013

ini baru okeh… mas Opik..!!!

perkara fuel pump jebol..??? rasanya enggak dech.. pan dulu2 pejabat pabriknya pernah bilang… fuel pump aman..walopun tanki kosong melompong.. tinggal isi ulang bengsing..kontak di “ON”.. langsung grunggg… mesin nyala tanpa hambatan…!!!

itu kata pejabat pabrikannya..lhooo… entah siape ane lupa namanya…!!!
doi ngomong pas jaman2nya vixion jadul baru loncing…!!!

68. denymon - June 5, 2013

denger2 motor injeksi gak boleh kosong bensinnya?
http://juragansinyal.blogspot.com

69. Mas Wiro - June 5, 2013

Alhamdulillah…
Mas Taufik paké cara seperti saya tahun lalu :D :mrgreen:
http://nyobamoto.com/2012/03/22/konsumsi-premium-mio-j-saya-cuman-45km-per-liter/

Oh setahun lebih yang lalu ding :D

70. Vega joss - June 5, 2013

serruuuu….

71. KentutBau - June 5, 2013

Gitu dong kang.. lain kali gitu aja ya hehe

72. subaru - June 5, 2013

Wkwkwkw akhirnya malah wak haji yang ngelakuin metode ini
Dulu ada yang meragukan metode top up waktu mio j bisa dapet 1:60 kalo ga salah. Tiba2 bikin artikel gimana cara tes konsumsi bbm yang baik. Dikasi cara ini manggut2 bilang mau coba tapi sampe sekarang ga dijalanin :lol:

73. ●○ qwerty ○● - June 5, 2013

susah kalo nurutin pengunjung, maunya ini itu, lanjutkan om haji..

74. ●○ qwerty ○● - June 5, 2013

susah kalo nurutin pengunjung, maunya ini itu, lanjutkan om haji..

http://tmcblog.com/2012/11/24/kalo-bensin-di-tangki-motor-injeksi-habis/

*mana tuh fb anu yg dulu koar2 minta test bbm model kek gini ?

75. ipanase - June 5, 2013
76. dekisugi - June 5, 2013

makin banyak sample ya makin mendekati rata-rata. cuma sample 1 liter sih bisa bias. seharusnya dites jalan biasa selama seminggu. catat jarak tempuhnya dan liter yg dihabiskan selama seminggu itu.

77. Taufik - June 5, 2013

@63. Zas-R
you have any better option to do? :)

@68. denymon
silah baca disini bro
http://tmcblog.com/2012/11/24/kalo-bensin-di-tangki-motor-injeksi-habis/

78. ari - June 5, 2013

ngak rusak fuel pumpnya wak haji?

79. Motor Fairing - June 5, 2013

itu yg dari tadi komennya protes akurasi test bbm dr wak haji dan sales2 oonda emang tipikal diwenehi ati, njaluk rempela :D
gak perlu diladenin :D

80. lingkaran - June 5, 2013

mas taufik,beli tabung ukurnya dimana?
harganya berapa?di toko kimia jual ga ya?mohon inpohnya bro.thx.
^_-

81. lingkaran - June 5, 2013

oh iya sedikit saran buat mas taufik….
seharusnya memang ketika motor tersendat dan mati, cek dulu ke tangki atau langsung kuras lagi tangkinya untuk liat apakah masih ada BBM atau tidak. kalo masih ada tinggal diukur lagi sisa BBMnya berapa, jadi BBM awal dikurangi BBM akhir. lalu hasilnya sebagai pembagi jarak yang telah ditempuh.

misalnya sisa ditangki 200ml, berarti BBM yang terpakai 800ml. jarak yang berhasil ditempuh adalah 52,1.

jadi 52,1 dibagi 800ml(0,8L) = 65,125

jadi tuk 1 liternya bisa nempuh jarak 65,125km atau
800ml bisa nempuh jarak 52,1km.

bagaimana mnrt mas taufik?jgn kemasuk jala ya mas..hehehe…
sbenernya kalo mnrt ane yang lebih akurat adalah pakai tabung infus atau pakai tabung apa aja yang penting 1 liter dan tahan bocor.lalu dari tabung itu dihubungkan selang antara tabung dengan karbu. tapi berhubung motor yang mas test adalah injeksi dan pinjaman, pasti mas taufik agak takut2 juga, ya kan bro? ^_-

82. Trisna Ariwibawa - June 5, 2013
83. dave - June 6, 2013

wah,, promosi frest*a tuh..

84. Haroem - June 18, 2013

okeee,, ditunggu next article nya…



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: