Bro sekalian, apa sih maksute judul 3,5 jam saja . ..  ya Via artikel religi ringan ini tmcblog mau mengupas kembali salah satu waktu yang memiliki keutamaan tinggi beribadah kaum muslim . . . yap tmcblog mau bilang ada 3,5 jam antara Jam 3:00 pagi sampai sekitar jam 06:30 pagi yang bisa sama sama kita manfaatkan dan artikel ini mencoba memperkaya artikel serupa yang pernah tmcblog rilis 2 tahun yang lalu .. .

Oke kita mulai dari jam 3:00 . . . kenapa tmcblog bilang mulai sekitar jam 3:00 cukup berarti . . . bro mungkin juga pernah mendengar masalah waktu utama 1/3 malam terakhir. 1/3 malam terakhir bisa saja dimulai dari jam 1:30 sampai menjelang subuh. Dan Range waktu ini adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa, bermunajad dan melakukan kontak langsung dengan yang maha kuasa yang dapat dilakukan dengan cara antara lain melakukan zikir, dan Qiyamul Lail . Range antara jam 3 sampai subuh sudah tentu sepakat masuk ke range waktu ini . . .

Apabila tersisa sepertiga dari malam hari  Allah ‘Azza wajalla turun ke langit bumi dan berfirman : Adakah orang yg berdoa kepadaKu akan kukabulkan? Adakah orng yg beristighfar kepadaKu akan Kuampuni dosa2nya! adakah yg mohon rezeki kepada-Ku akan Kuberi rezeki! adakah orang yg mohon dibebaskan dari kesulitan yg dialaminya akan Kuatasi kesulitan2nya” Yang demikian(berlaku) sampai tiba waktu fajar (HR.Ahmad)

Nah terutama dalam Bulan Ramadhan kita juga diberikan keutamaan untuk mengakhirkan Sahur . . . satu lagi keutamaan tambahan di range 3,5 jam ini, sahurnya pun diutamakan di akhirkan broo . . . Jangan dibilang mengakhirkan sahur itu mudah bro, paling enak memang sahur jam jam 2 an dini hari lalu setelah itu tarik selimut lagi dan tiduuurr he he he, tapi bagaimana kita bisa sabar untuk mengakhirkan sahur tentu merupakan suatu amalan tersendiri.

Dalam  Hadits riwayat Zaid bin Tsabit ra., ia berkata:

Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw. Kemudian kami melaksanakan salat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat)? Rasulullah saw. menjawab: Selama bacaan lima puluh ayat. (Shahih Muslim No.1837)

Setelah itu adalah Sholat subuh tentunya . . . secara Leterlek Allah SWT sudah memberikan keterangan tegas tentang sholat subuh seperti yang tercantum dalam surat Al Isra: 78 :

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

ditambah lagi hadist Rasulullah :

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya’ dan Shubuh, jika mereka mengetahui pahalanya, niscaya mereka mendatanginya kendatipun dengan merangkak.”

Namuan sebelum subuh ada juga bro Shalat Sunah yang cukup tinggi nilainnya yakni dua rakaat shalat sunah qabliah Subuh . . . keutamaannya apa bro? nilainya  lebih baik dari pada dunia dan seisinya . . . wiiihh jooos banget

Dari Aisyah ra, ia berkata, “Nabi saw tidak melakukan satu pun shalat sunah secara berkesinambungan melebihi dua rakaat (shalat rawatib) Subuh.” (HR Bukhari dan Muslim).

Nahhh itu baru sekitar 2 jam-an dari jam 3 . . . Gimana satu setengah jam nya lagi ? okee . . . nah setelah sholat subuh ternyata adalagi keutamaan waktu setelahnya yakni itiqaf, Berzikir di masjid sampai tiba waktu untuk melakukan shalat Isyraq

Dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala haji dan umrah.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menambahkan: “Sempurna..sempurna..sempurna…” (HR. At Turmudzi no.589 dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

Hadist di atas masih dipertentangkan ada ulama yang menilai dhaif ada pula yang menilai hasan. Tapiii gede banget kaan keutamaannya, jalan pintas memperoleh pahala Haji dan umrah bro. . . . terutama ketika kuota haji dikurangi kayak sekarang sama pemerintah saudi 😀  . . . Nah Shalat Dua Rakaat tersebut dinamakan Shalat Isyraq dan umumnya dimulai ketika terbit matahari setinggi tombak . . .atau sekitar 15-20 menit setelah syuruq . . . Jika Syuruq sekaang jam 6:04 maka waktu Siraq dapat dimulai jam 6:20 . . . nahhhh . .. Lengkap deh 3,5 jam  penuh dengan keutamaan . . . Mulai dari qiyamullail di 1/3 malam terakhir, mengakhirkan sahur, melakukan shalat qabliah subuh, shalat subuh bejamaah di masjid sampai Itiqaf sebentar hingga melakukan shalat sunah Isyraq dua rakaat . . . hmmm bisa dicoba nih pas waktu lenggang misalnya di week end . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

 

59 COMMENTS

  1. sepp,wak kaji…ini bener2 pencerahan,hdp ini memang btl kata orang bnyk dan ulama,terlalu singkat…byngkan wkt qta kecil,seolah2 msh spt kmrn…bayi,anak,dewasa,tua,mati…klo sj qta menyiakan wkt dgn hal2 tdk brguna,rugilah kiranya manusia itu hdp…smoga ALLAH SWT sll membimbing qta utk dpt lbh baik lg mengisi sisa hdp dgn menambah amal kebaikan qta…smoga wak kaji,ane,pembaca blog ini dan manusia beriman drahmati oleh-Nya dan kelak akan berkumpul d surga-Nya nnt.Aamiin
    😀
    test 1

    Guest
  2. SUBHANALLAH JIKA TAU PAHALANYA ,AKAN MENDATANGI DENGAN MERANGKAK ,,
    DAN LEBIH BAIK DARI PADA DUNIA SEISINYA BRO ,!
    ALLAH MAHA AKBAR

    Guest
  3. subhanallah kang dari sekian banyak artikel yang saya baca dari sini ini nih yang perlu di share 😀

    Guest
  4. siip pak haji..di jaringan 3.5 lancar banget untuk Online dengan yng Maha Kuasa pemilik smua alam..semua jaringan di dunia maupun akhirat..makasih pencerahannya…

    Guest
  5. siip..pak haji..cocok banget..memang di jaringan 3.5 Online dgn Yang Maha Kuasa..pemilik semua jaringan lintas dunia…insyaallah lancar banget..silahkan ketik semua chattnya..sampaikan kepadanya..makasih pak haji pencerahannya..

    Guest
  6. jaringan 3.5 jaringan tercepat untuk online..silahkan chat..sampaikan semua masalah minta ampunkan semua dosa..

    Guest
  7. good, maturnuwun, terima kasih
    atas pencerahannya
    semoga kita bisa istiqomah menjalankannya, aamiin

    Guest
  8. Maksud dari tulisan ini apa yaaa:
    Dalam Hadits riwayat Zaid bin Tsabit ra., ia berkata:
    Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw.
    Kemudian kami melaksanakan salat. Kemudian saya
    bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara
    makan sahur dengan salat)? Rasulullah saw. menjawab:
    Selama bacaan lima puluh ayat. (Shahih Muslim No.1837)

    Maksudnya jarak harus berhenti makan bukan?
    Yang biasa di bilang imsak?

    Guest
  9. Dalam Hadits riwayat Zaid bin Tsabit ra., ia berkata:
    Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw.
    Kemudian kami melaksanakan salat. Kemudian saya
    bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara
    makan sahur dengan salat)? Rasulullah saw. menjawab:
    Selama bacaan lima puluh ayat. (Shahih Muslim No.1837)

    Maksud.y jarak antara harus berhenti makan dengan saatnya shalat subuh yaa?

    Guest
  10. 37. putra – Juli 12, 2013

    Maksud dari tulisan ini apa yaaa:
    Dalam Hadits riwayat Zaid bin Tsabit ra., ia berkata:
    Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw.
    Kemudian kami melaksanakan salat. Kemudian saya
    bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara
    makan sahur dengan salat)? Rasulullah saw. menjawab:
    Selama bacaan lima puluh ayat. (Shahih Muslim No.1837)

    Maksudnya jarak harus berhenti makan bukan?
    Yang biasa di bilang imsak?
    ============
    Imsak cuma di indo doang mas. Aslinya nggak ada imsak

    Guest
  11. @39. Adhitya Ramadian
    Almatsurat . . .yess

    @40. putra
    maksudnya adalah waktu terbaik memulai makan sahur adalah sejarak membaca 50 ayat normal sebelum subuh mas bro

    @49. james
    he he he biar gampang di tracing :mrgreen:

    Administrator
  12. terima kasih wak haji buat pencerahannya, sangat menggugah semangat untuk lebih giat taqarrub kepada-Nya

    Guest
  13. Stau ane yang bner gni deh
    Dr zaid bin Tsabit rodhiallahu anhu brkata “Kami brsahur brsma Nabi shalallahu alaihi wasallam, kmudian bliau brdiri utk sholat shubuh”. Anas rodhiallahuanhu brtanya “brapa lama jarak antara slesai sahurnya dgn adzan?” Zaid mnjawab: “lamanya skitar bacaan 50 ayat” (HR.Bukhari no.1921, muslim No.1097) . Mlihat hadist di atas trmasuk sunnah ktika sahur adlh agar mngakhirkan wktu.a ,skitar mmbaca al quran 50 ayat atau 15 menitan sblm adzan shubuh. Wallahu alam

    Guest
  14. Subhanallah………..jujur!!! sungguh berat jika dilakukan, tp setelah membaca artikel ini… nyesel rasa nya… Terima kasih Kang…

    Guest
  15. kata Ustadzku,sholat itu ibarat celana dan puasa ibarat baju. Jadi kalo puasa tapi ga sholat brarti kaya pake baju tapi ga pake celana. Malu doongg…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here