locus

Bro sekalian salah satu ayat Quran yang paling Masyhur di Bulan Ramadhan adalah AlBaqarah ayat 183 yang menyebutkan bahwa Muara dari Ibadah Shaum (puasa) adalah Taqwa. Definisi umum dari Taqwa menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, Namuan Jika kita mau sedikit lebih dalam menelisik ada petunjuk tips bagaimana cara bertaqwa seperti yang telah diungkapkan oleh percakapan dua sahabat Rasulullah Muhammad Salallahualaihi wasalam, Umar Bin Khattab Radiallahu anhu dengan Ubay Bin Ka’ab Radiallahu anhu bahwa Bertaqwa itu bagaikan berjalan di jalan penuh duri sehingga kita harus berjalan dengan penuh kehati hatian.

Nah disini tenyata yang menarik . . . arti kata kehati hatian . . . di tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Sayid Qutb mengungkapkan : ”Itulah taqwa, kepekaan hati nurani, kebeningan perasaan, rasa takut yang terus-menerus, kehati-hatian yang langgeng, dan kewaspadaan terhadap duri-duri jalan…” Keliatannya sih gampang . . . tapi sueeerr . . . . susah di jalaniiiinn. Kehati hatian dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk sih udah jelas . . . akan tetapi kehati hatian terhadap keikhlasan hati merupakan salah satu yang kadang sulit. Setan menggoda dan mengalir via pembuluh darah, dan bisikan bisikannya sangat lah maut mas bro . ..

Pernahkan kita merasakan membaca Quran dengan suara yang lantang sambil berfikir nakal, agar suara merdu kita dipuji orang? Pernahkan Kita Bershadaqah dengan menyeret nyeret perasaan agar dianggap berhati mulia dihadapan orang lain? Pergi ke Baitullah agar orang memanggilnya Kang Haji, bang haji atau Pak Haji? Atau  . . . menulis sesuatu tentang Agama di media sosial seperti Blog agar dianggap sebagai Insan Yang Mulia dan berilmu agama tinggi?  . . . Astaghfirullah al azhim . . . kuncinya adalah meluruskan Niat dalam hati mas bro . . . karena Keikhlasan hati itu kadang terasa tipis banget, robek dikit karena tidak Ikhlas, Bisa bisa amalan kita nggak diterimaNya . . . So Mari Kita semua luruskan Niat dalam melakukan segala kegiatan baik Kita . . . Insya Allah diterima sebagai amalan kebaikan nanti dan Allah Ridho menempatkan kita sebagai Orang Yang bertaqwa . ..  semoga bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

*pict : Honey locust thorns (photo: Audra Duster)

49 COMMENTS

  1. Ikhlas…!! Seperti saat kita buang hajat… Nggak mikirin lagi, nggak menyesalin lagi apa yg sudah kita lepaskan…. (juragan rondo)

    Guest
  2. siip…..betul bang haji……ya allah…..ane banyak melakukan penyimpangan….astagfirulloh alladzim……trimakasih pencerahanya. ..Bang haji….di tunggu pencerahan berikutnya…

    Guest
  3. suwun Kang diingatkan
    jadi malu.. inget kadang ga hati-hati.. grusa-grusu berbuat baik tapi ada embel embelnya di balik niat itu
    dalem banget ini..

    Guest
  4. Astagfirullah… Sy Baru saja membaca Al-Qur’an dengan keras…. hati ingin dipuji orang… Astagfirullah 🙁

    Guest
  5. yang penting itu niad nya,,
    istilah keren nya motivasi,,
    segala sesuatu dari hati,,
    maka nya hati nya harus baik dan ikhlas,,
    tapi susah nya minta ampun,,

    Guest
  6. Wine Red pada Juli 26, 2013 pada 12:04 am Ikhlas…!! Seperti saat kita buang hajat… Nggak
    mikirin lagi, nggak menyesalin lagi apa yg sudah kita
    lepaskan…. (juragan rondo)
    =========================================
    Yup,setuju bro. Tapi emang sulit sih. Asal jangan samain amal dengan ee* lho ya. Hehe

    Guest
  7. mantappp.. memang kebaikan susah dijalaniiiinn.. sedangkan keburukan kebalikannya.. karena adanya bisikan maut syaiton

    Guest
  8. ikhlas itu sangat susah……
    tipis buanget…..skali saja pny pkrn yg gk tulus,hangus amalanmu…

    Guest
  9. Belajar ikhlas sejati dr ikhlas yg
    sederhana sesuai kemampuan kt bro, kalo ibadah / sedekah nunggu ngrasa hati ikhlas banget bisa2 sampe mati ga dtg2 tu ikhlas yg beneran. sebaik2 manusia adlh yg bermanfaat buat org lain jd jgn takut bersedekah krn khawatir ga ikhlas terus jd hangus amalan bro. Allah Maha Tahu dan Maha Pemurah.

    Guest
  10. Menjalani syariat dimulai dr pemaksaan diri dgn mengalahkan hawa nafsu dan rasa malas begitu jg dgn ikhlas, jd jgn takut beribadah dan sedekah karena blm kunjung dtg rasa ikhlas sejati dr dlm hati dan dgn alasan takut amalan jd hangus bro. Allah Maha Tahu dan Maha Pemurah. jadilah manusia bermanfaat semampu kita.

    Guest
  11. Ikhlas merupakan yang paling sulit dilakukan, karena harus dilakukan diawal (saat niat), ketika sedang (saat proses ibadah), dan setelah ibadah dilakukan, salah satu tahap saja tidak ikhlas bisa buyar.

    Guest
  12. Terima-kasih banyak bang Haji…semoga niat kita semua tetap di jalan yg lurus dan di ridhoi Allah AWT,.tapi By the way Artikel kayak gini ini mesti di tambah juga intensitas nya Bang Haji.,seminggu syukurlah kalau bisa nongol sekali atau dua kali mas…sebagai penjernih hati dan pengingat sesama Rider and blogger….Barakallahu fikum…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here