jump to navigation

Kehati-hatian July 26, 2013

Posted by Taufik in : Ngaji di Blog , trackback

locus

Bro sekalian salah satu ayat Quran yang paling Masyhur di Bulan Ramadhan adalah AlBaqarah ayat 183 yang menyebutkan bahwa Muara dari Ibadah Shaum (puasa) adalah Taqwa. Definisi umum dari Taqwa menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, Namuan Jika kita mau sedikit lebih dalam menelisik ada petunjuk tips bagaimana cara bertaqwa seperti yang telah diungkapkan oleh percakapan dua sahabat Rasulullah Muhammad Salallahualaihi wasalam, Umar Bin Khattab Radiallahu anhu dengan Ubay Bin Ka’ab Radiallahu anhu bahwa Bertaqwa itu bagaikan berjalan di jalan penuh duri sehingga kita harus berjalan dengan penuh kehati hatian.

Nah disini tenyata yang menarik . . . arti kata kehati hatian . . . di tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Sayid Qutb mengungkapkan : ”Itulah taqwa, kepekaan hati nurani, kebeningan perasaan, rasa takut yang terus-menerus, kehati-hatian yang langgeng, dan kewaspadaan terhadap duri-duri jalan…” Keliatannya sih gampang . . . tapi sueeerr . . . . susah di jalaniiiinn. Kehati hatian dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk sih udah jelas . . . akan tetapi kehati hatian terhadap keikhlasan hati merupakan salah satu yang kadang sulit. Setan menggoda dan mengalir via pembuluh darah, dan bisikan bisikannya sangat lah maut mas bro . ..

Pernahkan kita merasakan membaca Quran dengan suara yang lantang sambil berfikir nakal, agar suara merdu kita dipuji orang? Pernahkan Kita Bershadaqah dengan menyeret nyeret perasaan agar dianggap berhati mulia dihadapan orang lain? Pergi ke Baitullah agar orang memanggilnya Kang Haji, bang haji atau Pak Haji? Atau  . . . menulis sesuatu tentang Agama di media sosial seperti Blog agar dianggap sebagai Insan Yang Mulia dan berilmu agama tinggi?  . . . Astaghfirullah al azhim . . . kuncinya adalah meluruskan Niat dalam hati mas bro . . . karena Keikhlasan hati itu kadang terasa tipis banget, robek dikit karena tidak Ikhlas, Bisa bisa amalan kita nggak diterimaNya . . . So Mari Kita semua luruskan Niat dalam melakukan segala kegiatan baik Kita . . . Insya Allah diterima sebagai amalan kebaikan nanti dan Allah Ridho menempatkan kita sebagai Orang Yang bertaqwa . ..  semoga bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

*pict : Honey locust thorns (photo: Audra Duster)

Comments»

1. grandong - July 26, 2013

1

2. grandong - July 26, 2013

2

3. grandong - July 26, 2013

3

4. Wine Red - July 26, 2013

Ikhlas…!! Seperti saat kita buang hajat… Nggak mikirin lagi, nggak menyesalin lagi apa yg sudah kita lepaskan…. (juragan rondo)

5. wangon - July 26, 2013

Astaghfirullah

6. toploro - July 26, 2013

Amiiin

7. Lupuz - July 26, 2013

siip…..betul bang haji……ya allah…..ane banyak melakukan penyimpangan….astagfirulloh alladzim……trimakasih pencerahanya. ..Bang haji….di tunggu pencerahan berikutnya…

8. masshar2000 - July 26, 2013

segala sesuatu dinilai dari niat..
sampaikanlah walau satu ayat…top kang haji..
http://masshar2000.wordpress.com

9. acrylic - July 26, 2013

suwun Kang diingatkan
jadi malu.. inget kadang ga hati-hati.. grusa-grusu berbuat baik tapi ada embel embelnya di balik niat itu
dalem banget ini..

10. toploro - July 26, 2013

Siraman rohani buat bikers

11. toploro - July 26, 2013

Mantabs wak haji kasih penceran biar para fb jd sholehah dan sholehun :)

12. ibrahimovic - July 26, 2013

semua amalan trgantung niatnya

13. utunn - July 26, 2013

subhanallah..

14. ibrahimovic - July 26, 2013

semua amalan itu trgantung dr niatnya

15. azmiaje - July 26, 2013

kang sepertinya kata SAW (Sholallohu ‘alaihi wasallam) SWT (Subhanahu wa ta’ala) itu tidak di boleh disingkat, untuk lebih jelasnya bisa di baca di http://islamdiaries.tumblr.com/post/35948140787/fatwa-ulama-larangan-menyingkat-dengan-swt-atau

16. kiansantang1001 - July 26, 2013

wew…duri mulu

17. Ga bsa ngbut - July 26, 2013

Astagfirullah… Sy Baru saja membaca Al-Qur’an dengan keras…. hati ingin dipuji orang… Astagfirullah :(

18. amb - July 26, 2013

Niat yg tulus
#kaya oknum klo lg BC terhadap suatu produk(just kidding)

19. dave - July 26, 2013

yang penting itu niad nya,,
istilah keren nya motivasi,,
segala sesuatu dari hati,,
maka nya hati nya harus baik dan ikhlas,,
tapi susah nya minta ampun,,

20. corey taylor - July 26, 2013

14!!! solar mentah!!!

21. Lupuz - July 26, 2013

Astagfirulloh komenku nyangkut dimana tadi…..hikz….

22. daichitv.blogspot.com - July 26, 2013
23. ipanase - July 26, 2013

Iklhas dan luruskan niat…

24. Prant - July 26, 2013

ilmu iklas

25. pritikiew - July 26, 2013

Wine Red pada Juli 26, 2013 pada 12:04 am Ikhlas…!! Seperti saat kita buang hajat… Nggak
mikirin lagi, nggak menyesalin lagi apa yg sudah kita
lepaskan…. (juragan rondo)
=========================================
Yup,setuju bro. Tapi emang sulit sih. Asal jangan samain amal dengan ee* lho ya. Hehe

26. Sebul racing - July 26, 2013

Suka hati2 gak klw trima amlop dr atpm?

27. droid - July 26, 2013

mantappp.. memang kebaikan susah dijalaniiiinn.. sedangkan keburukan kebalikannya.. karena adanya bisikan maut syaiton

28. Trisna Ariwibawa - July 26, 2013
29. komen nyangkut mulu - July 26, 2013

ikhlas itu sangat susah……
tipis buanget…..skali saja pny pkrn yg gk tulus,hangus amalanmu…

30. komen nyangkut mulu - July 26, 2013

komenku sll ilang deh…..pie jal?
ikhlas wes

31. orong-orong - July 26, 2013
32. cicakdindingkreatip - July 26, 2013
33. supri - July 26, 2013

Belajar ikhlas sejati dr ikhlas yg
sederhana sesuai kemampuan kt bro, kalo ibadah / sedekah nunggu ngrasa hati ikhlas banget bisa2 sampe mati ga dtg2 tu ikhlas yg beneran. sebaik2 manusia adlh yg bermanfaat buat org lain jd jgn takut bersedekah krn khawatir ga ikhlas terus jd hangus amalan bro. Allah Maha Tahu dan Maha Pemurah.

34. supri - July 26, 2013

Menjalani syariat dimulai dr pemaksaan diri dgn mengalahkan hawa nafsu dan rasa malas begitu jg dgn ikhlas, jd jgn takut beribadah dan sedekah karena blm kunjung dtg rasa ikhlas sejati dr dlm hati dan dgn alasan takut amalan jd hangus bro. Allah Maha Tahu dan Maha Pemurah. jadilah manusia bermanfaat semampu kita.

35. bocah94 - July 26, 2013

sekalian nambahin ceramah tentang macam-macam penyakit hati, biar kita lebih ikhlas menjalani hidup

http://www.kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Abdullah%20Shaleh%20Hadrami/Tazkiyyatun%20Nufuus

36. cucunesimbah - July 26, 2013

Insya alloh

37. didik - July 26, 2013

makasih pak atas pencerahanya. Semoga menjadi amal soleh kita semua. akiin

38. pemantau - July 26, 2013

Dimulai dengan mengucap Bismillah; dan “hati” juga kudu mengiyakan…

39. sodiqcho - July 26, 2013

Jaga hati

40. Otoradians - July 26, 2013
41. nurilez - July 26, 2013

Alhamdulillah kang, semoga Allah senantiasa menjaga hati kita dalam menjalankan perintahnya. Aamiin :)

42. SpeedFreakz Tobat - July 26, 2013

makasih uda haji mudah2an ane dan biker2 lainnya tercerahkan…..

43. Erit07 - July 26, 2013

Sipp pak artikelnya,bermanfaat. .

44. ayoi - July 26, 2013

JOSS!!!

45. Duinnn - July 26, 2013

Ikhlas merupakan yang paling sulit dilakukan, karena harus dilakukan diawal (saat niat), ketika sedang (saat proses ibadah), dan setelah ibadah dilakukan, salah satu tahap saja tidak ikhlas bisa buyar.

46. Ballankpertamax78 - July 27, 2013

Terima-kasih banyak bang Haji…semoga niat kita semua tetap di jalan yg lurus dan di ridhoi Allah AWT,.tapi By the way Artikel kayak gini ini mesti di tambah juga intensitas nya Bang Haji.,seminggu syukurlah kalau bisa nongol sekali atau dua kali mas…sebagai penjernih hati dan pengingat sesama Rider and blogger….Barakallahu fikum…

47. supir metro mini - July 27, 2013

Uak, sering2 bikin artikel seperti ini ap lagi dibulan puasa..

48. ryzn.embroidery - July 27, 2013

Gracias kang haji, kedepan bro2 bikers mesti hati2 pilih politisi jg, cari politisi yang arif, karena kearifan dengan TAQWA. semoga msh banyak, dengan begituh bangsa semakin beradad, salam sisterhood
http://www.bordiranku.com

49. Eid Mubarak – Selamat Iedul Fitri wahai Sobat Kupu kupu | TMCBlog - Motorcycle News - August 8, 2013

[…] amal jariah lagi jalan. ..  ini tangan gatel terus pengen mengulurkan bantuan, dan juga selalu berhati hati dalam mengarungi kehidupan bagaikan berjalan di atas hamparan duri dan lain lain . . . inilah yang […]



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: