sesal

Bro sekalian, Gak terasa , hanya dalam Hitungan Hari kedepan Ramadhan yang penuh berkah untuk tahun ini akan segera kita akhiri. Walaupun hidup ini tentu harus selalu diliputi semangat dan optimisme kerja seakan kita hidup selama lamanya, akan tetapi tetap saja . ..  salah satu yang paling pasti dalam hidup ini adalah MAUT . . . entah kita akan bertemu lagi dengan Ramadhan penuh Berkah dan Maghfirah di tahun 2014 atau nggak . . . Tulisan ini Saya buat dengan sangat instant karena terinspirasi dari Quote komentar mas Heri Skakmat Sedulur Koboys yang berujar di Wall Facebook saya  . . .

” Selalu ramadhan terakhir, baru nyadar & nyesel sholat trawih beberapa kali bolong, jamaah subuh juga, ngaji juga…… # dalam hati ” kemarin2 ngapain aja….?”

skakmat

Jujur, setelah saya membaca komentar mas heri ini hati saya serasa ditusuk sebuah paku besar yang ditekan oleh Godham raksasa tepat di hati . . . njleebbb . . . saya langsung teringat firman Allah Subhanallahu Wata’ala dalam Surat Al Mu’minun Ayat 104-108 yang berisi

104 : Muka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.

105 : Bukankah ayat-ayat-Ku telah dibacakan kepadamu sekalian, tetapi kamu selalu mendustakannya?

106 : Mereka berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami, dan adalah kami orang-orang yang sesat.

107 : Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami daripadanya (dan kembalikanlah kami ke dunia), maka jika kami kembali (juga kepada kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim”.

108 : Allah berfirman: “Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku.

Percakapan di atas adalah percakapan ahli neraka yang menyesal dan minta dikembalikan kembali kedunia ini untuk menebus segala dosa dosanya . . . dan tentu . ..  ada banyak kasus serupa . . . Ucapan Firaun ditengah gulungan Ombak Laut merah ketika Nabi Musa memukul tongkat untuk kedua kali yang menutup jalan yang membelah laut Merah pun bernada serupa . . .

Nauzubillah Minzalik . . . sesal Kemudian tiada berguna mas bro . . . Mustahil bisa kembali ke masa lalu, Yang penting mari kita terus Semangat untuk terus berbuat baik, lagi pula masih ada kesempatan beberapa hari kedepan  . . . Mari kita jadikan penyesalan terhadap ketidak sempurnaan kita memberdayakan secara maksimal Ramadhan tahun ini sebagai Cermin dan simulasi kecil terhadap Cita cita masa depan Kita yakni kehidupan yang jauh lebih kekal . .  Akhirat . . . artikel ini sejatinya adalah muhasabah (introspeksi) pribadi

Taufik of BuitenZorg

 

 

tmcblog youtube channel
TMC ADS

48 COMMENTS

  1. g terasa cuma kurang beberapa hari lagi ramadhan tahun ini berakhir, apa yang udah saya lakukan ya di ramadhan ini? kelihatannya kok semua serba terlambat kalau sudah mau berakhir 🙁

    Guest
  2. .Itu dia kang taufik yg lg sya sesali..dan sya pkirkn
    .knp menyesal dtng akhr trus,.gk penh tpat wktu,gk pnah sakit.apa lg alfa(absen)

    Guest
  3. …………. belum ditinggal aja, udah rindu Ramadhan tahun depan ………. bisa ketemu lagi ga yah??

    Guest
  4. Akankah diakhir ramadhan ini kita mendapatkan hidayah,syafaat serta barokah dariNYA sehingga jadi manusia “0” DOSA!?? Renungkanlah kawan,sblum terlambat…ntar mlam mlam ganjil,dimana lailatur qadar trun dimalam2 ganjil,sapa tau kita bertemu mlam pnuh brkah n ampunan dimlam ini!

    Guest
  5. masih ada sisa hari u/ mendptkn malm lailatul qodr.banyak2 i’tikaf dmasjid sblm rmdhn benr2 sdh lewt..

    Guest
  6. tanggal 24 ramadhan di Oman siang ini udara tidak seperti biasanya sangat bersahabat (ini summertime lho ya) Insya Alloh malem ini malam ke 25, mari tebar jaring lagi siapa tau kita semua dapet lailatul qadr,,, Amin

    Guest
  7. urip mung dolanan, koyo wong lungo mung mampir mgumbe’ ujuk-ujuk tuwek.. lah kari getune..he2…. ngamal ngibadah kok kurang he2… ya begitulah fitrah seorang manusia… alon-alon tapi kelakon.. nyantai wae mas taufiq…..

    Guest
  8. subhanallah..wal hamdulillah…..masih ada blogger kita yg peduli sesama rider…tdk ada kata terlambat seperti kata bang haji masih ada hari kedepan,.dan Allah senantiasa membuka pintu taubat utk semua hambanya yg mau bertaubat.,terutama lagi bagi mereka yg ingin memperbaiki diri dengan perbanyak ibadah di bulan suci wal magfirah…masih ada malam tuk taraweh..masih ada subuh tuk berjamaah..masih ada hari tuk tadarrus alQuran..selama masih ada umur ibadah kita masih bisa bertambah…Barakallahu fik….jazakallahu Khairan…..wassalamu alaikum….semangat truss bang haji..nulis artikel religy

    Guest
  9. Harusnya kita bersedih karna bulan ramadhan bentar lg akan meninggalkan kita, semoga kita semua masih bertemu d bulan ramadhan tahun depan amiiin.

    Guest
  10. baru saja datang mudik ke tanah air… ikut introspeksi jg tiba2 semangat ibadah ramadan ane beralih ke kesibukan duniawi… astagfirullah..

    Guest
  11. thanks kang haji tuk slalu menyempatkan mengingat arti dari ISLAM (penyerahan diri : submission). semoga kita petarung2 andal melawan perang simulasi sesungguhnya yaitu melawan nafsu. salam creativity n safety rididing.
    www.bordiranku.com

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here