460x110rev_mei2

cover

Bro sekalian, balik lagi kita di sekuel artkel Ngeblog itu Asyiiik . . . dan kali ini artikel ringannya akan mengetengahkan cara Menempelkan (embeded) Peta google Map di Artikel WordPress.com. Peta di WordPress.com sangat penting misalnya buat mas bro sekalian yang hobi menuliskan diary perjalanan turing roda dua, nanti bro bisa menggambarkan jalur jalur yang telah mas bro lewati dan mengilustrasikannya di Google Map sehingga pembaca bisa mengetahui secara tepat jalur mana yang dilalui . ..Β  tentu ini berguna banget, sharing jalur turing itu namanya . . . nah gimana caranya? sebenarnya cukup mudah . . . cekidot

Banner-Gif-uk460x110-Recove

110 x 460

Misalnya gini tmcblog mau menuliskan cara turing dari Sentul Ke Puncak namun untuk menghindari macet di ciawi . . . nggak lewat tajur Ciawi gadok , tapi lewat Bukit pelangi . . . tmcblog coba buat dulu jalurnya via google map seperti gambar di bawah ini

map_wp1

lalu setelah itu jika sudah selesai bro menentukan road mapnya . . . klik tanda/tombol link seperti gambar dibawah ini:

link

Lalu akan keluar menu popup berupa link seperti di bawah ini

link3

Sorot lah link yang dimulai dari kode <iframe lalu copy . . . setelah itu Paste metadata ke kolom isi artikel seperti gambar di bawah ini

paste

lalu bisa dipublish atau save

paste2

Setelah itu kode yang bermula dari <iframe akan berubah menjadi

save

Nah Jika mas bro melihat secara Visual via tombol Preview di kiri atas atau Preview Post diatas maka gambar peta akan terlihat seperti di bawah ini . . .

Gimana? Mudah Tho? . . . silahkan dikunyah kunyah dan dicoba . . . semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

Bacaan Lebih lanjut : Embedding a Google Map

54 COMMENTS

  1. Wah bisa habis waktu saya kalau cuma nongkrongin wordpress. Sudah pernah soalnya, hasilnya bini cemberut wkwkwkw….sesempatnya aja deh, paling sering ya jadi komentator, nice article though…

    http://kobayogas.wordpress.com/2013/09/18/riding-impression-cb1000r-hanya-untuk-yang-bernyali-lebih/

    Guest
  2. sebagai pengguna mobile browser, saya nggak setuju jika di setiap page artikel blog muncul google maps. Menuh menuhin halaman, kadang tampilannya lebih besar daripada artikelnya. Belum kalo komentarnya rame. Tapi masih mending komentar karena berupa text, darpada map yang berupa file image.
    Kalau emang mau pasang gmaps sebaiknya berupa link saja.

    Guest
  3. s0erya pada September 23, 2013 pada 7:28 am
    klo mbuat jalur sendiri/ jalan alternatif lain
    gimana mbah?
    :::::.:.:.:.:::::
    Mbahmu?

    Guest
  4. Mumpung wak Haji lagi bahas googlemaps,
    Nah ini mobil apaan ya wak?
    http://www.inipic.com/show-image.php?id=677b8ce5ab9e5656f66703d4473708d1
    Pake mobil subaru entah tipe apa.

    Guest
  5. @38. wisnu3ds
    maksute gimana mas bro? kan memang default nya githu, halaman terdepan adalah halaman terbaru

    @48. fransisco
    widget blog stats di wp.com sudah disediakan khusus mas bro, dan menurut beberpa ahli cara perhitungannya beda banget sama cara perhitungan seperti awastats dan lain lain . . . so nggak bisa di samakan head to head πŸ˜‰

    @46. kacer
    sepetinya mobil survei /pemetaan google mas bro

    Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here