jump to navigation

Sirkuit Balipat Binuang . . . IMHO, Sirkuit Terbaik Indoprix 2013 Versi TMCBlog September 24, 2013

Posted by Taufik TMCBlog in : Blogging activity, IndoPrix, Racing , trackback

460x110rev_mei2

balipat_0

Bro sekalian, Akhir Pekan  Kemarin . . . Jujur Baru pertama Kalinya TMCBlog menyambangi sirkuit Balipat Binuang Di kalimantan Selatan . . . Sirkuit ini terletak di kabupaten Tapin  berjarak sekitar 30 kmke arah timur dari Kota Banjar Baru. Sirkuit ini adalah satu dari 3 sirkuit Permanen yang digunakan dalam Gelaran Indoprix 2013, selain Sirkuit Gokar Sentul (sentul Kecil) dan Sirkuit Kenjeran Surabaya. IMHO, Terlepas dari sulitnya mengakses Sirkuit ini karena letaknya yang lumayan jauh . . . Secara General, walau diantara 3 sirkuit yang dipakai di Indoprix 2013 Hanya Sirkuit ini yang belum tmcblog cobain, TMCBlog berani bilang bahwa Sirkuit Balipat Binuang adalah Sirkuit Terbaik Indoprix 2013 dan Pantas dijadikan Sirkuit seri Finale, Penutupan Gelaran Indoprix kemarin . . .  Sobat Sobat Masyarakat Kal-Sel Boleh Bangga dengan Sirkuit ini !!

Banner-Gif-uk460x110-Recove

110 x 460

Kenapa TMCBlog berani Bilang sirkuit yang jadi Home Basenya Tim HRVRT ini adalah sirkuit Terbaik . . . Mulai data datanya bro , menurut data yang tmcblog ambil dari wiki, Sirkuit Balipat Binuang, Kal Sel ini memiliki :

IP_binuang_5

Jika Bro Melihat Langsung dengan mata kepala sendiri, maka bro akan bisa menilai bahwa sirkuit yang dibangun pada tahun 2006 dan didanai oleh Drs. Zaini Mahdi, seorang pengusaha batu bara daerah Binuang, dan pada awalnya merupakan hadiah Ulang tahun anaknya memiliki handycap yang jauh lebih lengkap dibanding Sentul Kecil dan Kenjeran. Jarak yang panjang-mencapai 1,85 km, Straight (lintasan lurus) terpanjang 300 meter, Kelokan Tajam kanan kiri dan satu lagi ada beberapa spot Down Hill dan Up hill yang  bahkan Sirkuit Besar Sentul nggak Punya mas bro.

balipat_1

Karakter dari sirkuit ini memang membutuhkan kerja keras mesin, terutama bila yang digunakan adalah Motor sekelas Underbone atau bebek, Sirkuit ini membutuhkan setingan Durabilitas Motor yang mumpuni karena banyak handicap yang sadis seperti misalnya setelah R3-R4 (kelokan tajam kekanan yang banyak menyebabkan Rider terjatuh) Bro akan menemukan sebuah tanjakan Curam setelah itu ada belokan kekiri yang lumayan hampir hiperbolik . . . widih apa nggak asiik tuu

superpole125#7

Setelah itu Ada sedikit straight down Hill yang memanjakan RPM dan diujung down Hill ada belokan ke kanan-Kiri yang cukup Tricky. Karena sebegini lengkapnya handycap Balipat Binuang, Beberapa Rider yang jarang bermain di sirkuit ini mengaku agak kesulitan . . . So jangan heran Juga bila Rider Rider yang banyak berlatih disini bisa bener bener Fantastik . .. Bro bisa cek, Fitriansyah Kete dengan Motor 110 cc nya bisa mencatat waktu lebih cepat dibanding Motor 125 cc nya yang memiliki power lebih besar . . .

balipat_4

yap karena dengan Motor 110 cc nya Kete bisa lebih cepat In dan Out sepersekian detik dari setiap tikungan terutama Tikungan Finale dimana Kete Diakui punya gaya tersendiri yang sulit di tiru oleh Rider Rider lain. Oh ya data di wiki, Fastest Lap dari Balipat Binuang ini adalah 1:15,609 Detik yang dicetak HA Yudhistira di 2009 . . . namuan kala Indoprix Finale kemarin Kete berhasil Fastest Pole 1:15,02 detik . . . lebih cepat dari Rekor Haji Yudhistira euuy

balipat_6

Tapi Menurut tmcblog sirkuit ini bukan tanpa kurang, Terlihat dari pandangan Mata beberapa spot kualitas aspalnya sudah mulai tak terawat, ada yang sedikit bumpy dan kurang lebar plus beberapa kerusakan ditambal menggunakan semen yang menyebabkan agak licin terutama saat trek basah, imho. Sirkuit ini cocok untuk Balapan Underbone, tapi untuk Balapan motor Full Frame 250 ketas? hmmm sepertinya masih kurang . .. beberapa sport tikungan masih nggak dilihat adanya Gravel pengaman yang berguna bila pembalap ndlosor . . .karakter tikungannya jadi mirip tikungan Cross yang tanpa bench Gravel :) . . . Untuk Masalah Gravel Pengaman, Sirkuit Besar Sentul masih paling baik.

Perluasan Sirkuit Balipat

Pas kemarin di Binuang, TMCBlog juga sempat melihat upaya Perluasan dari Sirkuit ini, ada beberapa kurva sirkuit yang saat kemarin dalam upaya pengerasan dasar jalan menggunakan Gravel batu batu besar (lihat galeri gambar di atas) . Sepertinya Area Perluasan dari Sirkuit Balipat Binuang ini akan mengambil point tambahan dari Tkungan ke Kiri setelah Down Hill . . . dan Dengan Perluasan ini , disinyalir Balipat Binuang akan menjadi sirkuit Permanen kedua terpanjang setelah sirkuit sentul dan kembali menambah Point terbaiknya bila dibandingkan dengan sirkuit sirkuit kecil lainnya . . . Semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

Comments»

1. kommotor.com - September 24, 2013
2. RAJA GAZRUUK - September 24, 2013

Josssss

3. sodiqcho - September 24, 2013

Jebret

4. RAJA GAZRUUK - September 24, 2013

Mpodiom 2

5. Reza Rider Xeon - September 24, 2013

PertamaxXx deh

6. sodiqcho - September 24, 2013

Yodium

7. rusman - September 24, 2013

wow nih

8. jurigkamera - September 24, 2013

Sama sentul bagus ini kykny yah…

9. kommotor.com - September 24, 2013

Usulin bangun sirkuit untuk perhelatan MotoGP Kang Haji…
Mantab dah…

10. Róméó çýbér - September 24, 2013

10 besar

11. BIKER LOVER - September 24, 2013

Alhamdulillah kang, saya sangat bersyukur ber homebase di Banjarbaru…. Drs. Zaini Mahdi salah satu raja batu bara di Kal-Sel….

12. GajahEnggon - September 24, 2013

Bujur banar..

13. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - September 24, 2013

kekx enak tuh sirkuit…

14. Taufik - September 24, 2013

@8. jurigkamera
sentul kecil ya
kalo sentul besar, masih lebih safety-an sentul besar karena ada banyak bench gravel untuk meredam energi

@11. BIKER LOVER
alhamdulillah, katanya karena banyak saudagar batubara, di kalimantan banyak juga sirkuit sirkuit pribadi seperti ini ya mas bro?

15. motoblast - September 24, 2013

Juoss kang taufikk…siipp..mudah2an bisa punya sirkuit kayak motogp.hehe..

kang taufik..ane email di indomotoblog loh..mau gabung di indomotoblog gimana caranya? suwun kang

teaser baru kawasaki z di website kawasaki jepang :
http://motoblast.wordpress.com/2013/09/24/kawasaki-muncul-kan-teaser-misterius-untuk-motor-z250-facelift-atau-model-baru/

16. motoblast - September 24, 2013

mntap kang..mudah mudahan bsa punya sirkuit kayak motogp..hehe..

kang ane email di indomotoblog loh..mau gabung di indomotoblog piye caranya?? suwun kang haji

teaser kawasaki z di website kawasaki jepang :
dihttp://motoblast.wordpress.com/2013/09/24/kawasaki-muncul-kan-teaser-misterius-untuk-motor-z250-facelift-atau-model-baru/

17. Darpani - September 24, 2013

Salutlah bisa bangun sarana buat. Pembalap semegah itu di kalimantan padahal para pembalap atau pengguna motor sebagian besar dari Pulau jawa, pulau jawa kapan selain sentul

18. pipaledeng - September 24, 2013

Kata fbh sirkuit terbaik adalah sirkuit yg punya trek lurus sepanjang 1km, karena power motor ahm bisa keluar jika treknya lurus dan panjang.

19. donny130393 - September 24, 2013

Kang info yg di dapat kemaren, balipat akan segera melakukan banyaj pembenahan yang akan di bantu oleh pemerintah kab Tapin kang. Bisa di lihat dri jalan akses dri Banjarbaru ke Balipat yang kemaren sdh mulai di aspal ulang. Hal ini di lakukan dgn upaya akses ke Balipat menjadi lebih nyaman. Dan kedepan nya sektor seperti Hotel, tempat makan akan di sempurnakan lagi kang. Karena selama ini jujur yg ngerombak Sirkuit Binuang berasal dti uang sendiri, blm ada ikut campur pemerintah nya kang.

20. Fitready - September 24, 2013

sayang kemarin gak nonton, posisi masih belantara.

21. Fitready - September 24, 2013

godain bos bos batubara disana, biar bikin sirkuit kelas dunia, disana juga kan banyak pemakai motor semprotnya. :-)

22. Taufik - September 24, 2013

@19. donny130393
yes bro, mayoritas sirkuit di Indonesia adalah sirkuit swadaya, Pemerintah RI belum banyak andil dalam hal ini mas bro, IMHO, cmiiw

23. kemenag kota malang - September 24, 2013

mantap bro :D

24. orong-orong - September 24, 2013

di balikpapan akan ada sirkuit bertaraf international kang, proyek kantor ane tuh

25. orong-orong - September 24, 2013
26. Honda Bintang Motor - September 24, 2013

joossssssssss

27. wiwi - September 24, 2013
28. Taufik - September 24, 2013

@27. wiwi
judulnya dibatasi bro . . . paling bagus di Indoprix . . . silahkan dicompare head to head :D

29. ipanase - September 24, 2013
30. titok - September 24, 2013

pulau kalimantan emang joss…masih alami dan bisa direncanakan untuk pembangunan yang lebih sempurna…tapi apapun juga jangan korbankan hutan kalimantan yak ;)

31. Dua Enam - September 24, 2013

yg paling penting kualitas aspal dan unsur keamanan yg ditingkatkn, semoga ke depannya lbh baik lg.

32. dave - September 24, 2013

lumayan buat balapan bebek,,
btw itu motor ban pada kecil gt,,
musti nya ada standarisasi jgn ban cacing segitu kecil jg kale,,
kalo liat ban motoGP bused beda jau banget lebar nya..

33. Sukhoi-50 - September 24, 2013

josh

34. vixy182 - September 24, 2013

Yang pnya sirkuit woong sugihhh :-) ..oh..kemaren kekalsel ya mas…, ane kemaren cuman lewat aja pas acara road race…pas pulg ketempat istri…pengen nonton juga sih sbenarx.. :-)

35. AA - September 24, 2013

sirkuit mantep.. tinggal di rawat.. terus bikin proposal k FIM bikin Underbone World Champhionship

36. Amat Tipu - September 24, 2013

Kalsel memang mantap.. Berikut nama nama raja batubara kalsel yg mengharumkan banua
1. H Leman (SULAIMAN HB) pemilik PT HASNUR GROUP. dan pemilik FC Barito Putra
2. H Ijai (ZAINI MAHDI) Pemilik perusahan batubara PT BGM – HBM. Sponsor dan pemilik team HRVRT dan sirkuit balipat.
3. H Isam (ANDI SYAMSUDDIN ARSYAD) Pengusaha Muda Pemilik kerajaan bisnis PT Jhonlin Group. Ketua UTV offroad Indonesia dan pemegang lisensi UTV indonesia beliau pernah menyelenggarakan kejuaraan offroad bersekala internasional di batulicin dgn hadiah milyaran rupiah.

37. potretbikers - September 24, 2013

Kenjeran kalah ya wak haji, hahahahaa….. :D

38. Erit07 - September 24, 2013

Sip’p…

39. RizaNinja13 - September 24, 2013

Emnk kmaren mas taufik stay’nya dmn???…
Alhamdulillah saya bs liat lngsng final Indoprix 2013 kmaren langsng dr Paddock team, krn emnk saya kerjanya di binuang, hehehe…

Yg sangat sy sayangkn adalh betapa jebloknya prestasi dr Team Suzuki, udh jauh banget ky jaman keemasannya ditahun 2000′an, wlwpn udh nyewa pembalap “Jepang” tetep az keok gx ad perlawanan di 5 besar…

40. Taufik - September 24, 2013

@17. Darpani
itulah kalo sirkuit bukan pemerintah yang konsern, cuma pribadi pribadi yang konsen yang bisa dan berani kayak pemilik binuang, dan juga pemilik sentul tentunya ;)

@36. Amat Tipu
makasih indonya bro

@37. potretbikers
sorry tosay, tapi kalo dari bentuknya memang kalah :)

@39. RizaNinja13
Novotel yang sebrang bandara syamsudin noor

41. kolongtulis - September 24, 2013

joss gandoss top markotop

42. abib - September 25, 2013

kenapa orang paling kaya d’indonesia jg gk mau bikin sirkuit ya

contoh’ny yg punya djarum sampoerna dan si anak singkong

43. abib - September 25, 2013

tp tetep kayak’an yg punya djarum sampoerna dan si anak singkong ya kang

44. abib - September 25, 2013

koq ada tulisan menunggu moderasi ya

kenapa tuh

45. kitink - September 25, 2013

Wak kaji, tuh circuit emang ajib ane pernah cobai pake sibie ane sempat ndolosor d tikingan 5 huahahaaa
Mklum kndisi circuit d kala itu blm d sapu jadi ad kerikil liar yg d aspal

46. killbill1 - September 26, 2013

Fik,nanti ke binuang lagi bila perluasan trek sudah bisa dilintasi sekalian kita test drive.



%d bloggers like this: