26Juli_banner

motegi

Bro sekalian, Race director (RD) dari gelaran MotoGP Motegi 2013 akhirnya merilis keputusan bahwa Latihan Bebas (free Pactice) 1 dan 2 yang awalnya akan dilaksanakan hari ini harus dibatalkan. Kondisi Sirkuit yang berkabut dengan rintikan Hujan menjadi penyebab tidak langsung pembatalan ini . ..  Lho koq ‘penyebab tidak langsung‘ , Maksudnya apa? bukannya kalo pun kondisi hujan, Free Practice masih bisa dilakukan dalam situasi wet Race? jadi begini . . .

Banner-Gif-uk460x110-Recove

110 x 460

Menurut Race Director MotoGP, Mike Webb seperti yang dilansir Via Press Release bahwa penyebab utama  pembatalan FP1 dan 2 adalah karena Helikopter Medis nggak bisa mengudara diatas Motegi. Dan Jika Helikopter nggak bisa mengudara, artinya tidak ada transportasi cepat jika terjadi cidera parah. MotoGP sangat Konsern atas keselamatan Rider dan menjadi prioritas utama . . . No safety No Race !!

“We are not prepared to run in these conditions when there is a risk that a seriously injured rider could not be given correct care,” commented MotoGP™ Race Director Mike Webb.

“The reason no helicopter is here is that, with the low cloud, there is a lack of visibility in which it is not safe to fly. The helicopter has been trying to get permission to fly to the circuit since Thursday and has even tried to take off and then been told to land again. As soon as permission was granted that it could be taken off, we would have given ten minutes’ notice to the teams, but the helicopter was never given permission to fly.”

Diceritakan bahwa bahkan sejak kemarin Helikopter terus meminta izin untuk mengudara, Namun berdasarkan Hukum dan peraturan lalulintas udara jepang dengan kondisi kabut rendah dan visibilitas buruk satu satunya opsi adalah No Fly Zone !! Dengan keputusan ini Pilot Helikopter terus standby di kokpitnya selagi menunggu kode bisa terbang. Oleh karena itu pula Keputusan Pembatalan FP1 dan 2 tidak secara cepat dilakukan. Dorna memberlakukan kondisi ‘on hold’ dengan opsi jika Heli bisa mengudara, Maka FP 1 dan FP2 bisa di reschedule berdasarkan kondisi dan situasi yang sedang berlangsung. Maksudnya bisa saja waktu FP di sunat karena terbatasnya waktu .

motegi2

Jika Cuaca memungkinkan seuruh FP1 dan FP2 akan dilangsungkan besok sabtu ditambah juga jadwal normal Sabtu. Artinya di sabtu esok bisa saja akan ada FP1, FP2, FP3, FP4 dan Kualifikasi. Jadwal ahad juga akan dilangsungkan normal

Gimana Kalo Besok Juga Masih Buruk Cuaca Motegi?

Ini adalah kondisi terburuk. Jika Besok sabtu Motegi terus dalam keadan buruk dalam artian helikopter masih tetap nggak bisa mengudara karena visibbilitas yang terbatas, maka bisa saja seluruh kegiatan sabtu dibatalkan seperti hari ini. Dorna Mendapat forecast bahwa Hari Ahad/ Minggu kondisi Motegi akan lebih baik sehingga bisa jadi Dorna akan membuat kembali keputusan bahwa Ahad akan dilangsungkan ke semua bagian baik itu FreePractice, Kualifikasi dan Race tentu  dengan format khusus, entah mungkin dengan dipendekkan lapnya (cuma 40 ment) atau dipersingkat waktunya, dan bahkan dua FP digabung jadi satu dengan waktu yang lebih lama  . . .  Mike webb pun menambahkan bahwa mereka mempersiapkan semua kemungkinan jadwal dan tetap akan mengkomunikasikan dengan tim dan rider . . . berikut konfirmasi Mr Webb, . .

we have prepared a possible plan, in case we don’t have any practice tomorrow, which would be 40 minutes for each qualifying session. Also, teams have proposed that perhaps they would like a single, longer practice session rather than two. We need to discuss this with the riders as well, to make sure they agree with these possibilities

motegi3

lesson learn nya adalah kita bisa lihat bahwa di gelaran MotoGP . . . Safety adalah yang paling utama dan kita bisa lihat juga management Crisisnya cukup mantab dengan membuat berbagai macam kemungkinan, tmcblog akan update jika dorna sudah mengirimkan informasi lanjutan resminya di kotak inbox . . . oke kita lihat saja besok . . . semoga informasi ini berguna

Taufik of BuitenZorg

40 COMMENTS

  1. wwwaaaahhh ribet daaah klo bsok msih kurang kndusif… Jika minggu hrus dlaksanakan fullday,kasian deh persiapan dan kondisi ridernya…

  2. yg penting mah kasi info ke rider nya yg bener,,
    nti MM salah lagi,, di diskualifikasi lagi,, sayang sekali,,
    saya pengen MM jadi juara dunia,,
    tapi saya jg pengen yg laen tampil mengagumkan,,
    seperti JL DP VR dll,,

  3. safety jelas nomor satu, diatas segala kepentingan. tidak ada kompromi utk hal yg satu ini. diharapkan SEMUA tim memahami regulasi, khususnya jika ada penyesuaian terkait kondisi terkini. perubahan regulasi harus jelas, sekaligus memuat sanksi yg spesifik. jangan ada lagi kebingungan seperti di phillip island kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here