About these ads
jump to navigation

Test Ride Berkomuter dengan Yamaha Tmax . . . Ngeri Ngeri sedap Januari 6, 2014

Posted by Taufik in Test Ride, yamaha.
Tags: , , , ,
trackback

26Juli_banner

test_ride_tmax_2

Bro sekalian seperti yang diketahui bersama bahwa selama beberapa hari satu unit Skutik sport 530 cc Yamaha Tmax berada di tangan tmcblog untuk di review. Momen Pertama Kali tmcblog merasakan tmax adalah saat membawa pulang Megascooter ini dari Markas besar YIMM di Jalan radjiman jakarta Timur menuju Home Base TMCblog di Kota Hujan Bogor ( BuitenZorg ) . ..  saat sampai di Gedung Training Center YIMM, tmcblog langsung disambut Pak Sardi dan Pak Ucok dari YIMM yang sudah selesai menyiapkan Tmax Hitam legam lansiran 2013 yang kilometernya masih di bawah 100 mile . ..  widihh masih kinyis kinyis pisan, dan tmcblog termasuk media yang mendapatkan kesempatan awal test ride harian ini mas bro . ..  Oke langsung saja di kesempatan pertama, Pak Sardi mempersilahkan tmcblog melakukan adaptasi dengan Tmax . . . dengan cara memutari gedung training YIMM . . . Tmax mulai dinaiki tmcblog . ..  dan . ..

uk460x110_dec13_2

gp-banner-460x110Tmax_#_0061

Bener aja, untuk postur tmcblog yang seadanya ini ( tinggi 160 koma sekian m ), Seat Height tmax termasuk super duper tinggi, hanya satu kaki yang jinjit setengah, kali lain nggak nyentuh aspal sama sekali. kalo motor ditegak luruskan, hanya kedua ujung kaki yang nempel . . . wah lumayan harus hati hati nih. Selain karena tingginya seat height, lebarnya Jok juga membuat (maaf) bokong jadi tekor . . . jadi makin jinjit dah  . . . tmcblog pikir, bakalan jadi pe er besar nih kalo nanti ketemu lampu merah atau ketika parkir mau mengubah posisi motor, soale kaki jinjit setengah dipastikan banget akan kurang tenaga untuk memundurkan motor . . . makanya kalo naik skutik ini tmcblog sekarang harus pake sepatu yang sole nya lumayan tebal :mrgreen:

link ponsel

Mulai nyalakan Motor, putar posisi ke On, pencet tuas rem seperti biasanya skutik, lalu tekan tombol start, lalu terdengarlah derum mesin dua silinder segaris yang memang stereo tonenya (silahkan dengerin di video atas )  . . . bejek dikit, terdengar deruman yang dibarengi dengan hentakan kecil tarikan belt V . . . wahhh dari sini sudah bisa dirasakan bahwa betotan gas Tmax terasa jauh lebih spontan dibanding Skutik pada umumnya nih, ya iyalah . . . 530 cc kelees . . . oke sudah ketahuan nih motor punya potensi bengis, gak boleh under estimate, harus lebih respect dibanding skutik biasa . . .

test_ride_tmax_4

ERGONOMI

Ergonomi nya sendiri ketika kedua tangan disetang, motor nyala dan berjalan plus kaki menapak sempurna di dek sangatlah nyaman, Touring banget . . . Jok hanya bagian ujung depan saja yang rada keras karena mungkin agak tipis, tapi ke belakang sihh, hmmm empuk empuk nyaman mas bro.  Ada dua tempat pijakan kaki di dasar dek bawah dan di bagian depan, bagian depan itulah digunakan untuk riding santai . . .

Tmax_#_0050

Oh ya utuk postur seperti tmcblog, jok bagian depan nggak kepake 100 persen panjangnya, (maaf) bokong tmcblog gak pernah sekalipun berhasil senderan di back rest jok rider. Windshieldnya tinggi beneeer, so tmcblog yang menggunakan Helm Full Face plus riding siang hari bolong di jakarta yang panas dan lembab . . . sudah tentu  itu helm nggak kena terpaan angin, nggak ada angin yang mencoba masuk melalui bagian Nose dari Helm full face . . . so  . . . bener bener kepanasan kalo jalannya pelan karena ini whindshield bener bener ampuh menghalangi angin ke arah dada .. .  dan buat bro yang nasib postur tingginya mirip tmcblog (ya githu deh seadanya ) . . . daerah muka pun akhirnya juga terlindungi . . . wiiih sauna brooo :)

Oke setelah menyelesaikan putaran adaptasi dan orientasi motor plus tanda tangan segala macem tanda tanggung jawab sebagai blogger dan media . . . Motor di bawa keluar komplek plant YIMM . .. menyusuri Jalan Radjiman menuju jalan Raden inten untuk seterusnya mencoba menyusuri jalan Basuki Rahmad untuk ketemu Jalan ByPass . . . tahu sendiri deh, di buaran itu macetnya minta ampun . . . soale kan masih work days . . . lampu merah plus jalan lumayan kecil, kendaraan banyak ditambah lagi body gede plus berat Tmax nggak bisa sembarangan selap selip . . . jujur tmcblog belum dapet selah nya ini tmax utuk mengatasi jalanan padat . . . Tenaga 530 cc boleh dibilang belum sepenuhnya terkail kalo buat berkomuter di jalkarta saat work days . . .di sini yang dibutuhkan kelincahan motor . . . dan forget it jika kita pake tmax :D

test_ride_tmax_1

MANUVER TMAX

Manuver dari Motor ini perlu diperhatikan oleh setiap pengguna yang baru pertama kali menggunakan skutik dengan wheel base sepanjang ini . . . jangan disamakan dengan gaya manuver seperti skutik 110-125 cc . .. beda banget, contohnya saja, kalo U turn, mas bro harus mempersiapkan space lebar sebelum mulai belok, gak bisa belok patah !! tahu sendiri lah, wheel basenya panjang mas bro, tapi tentunya buat jalan lurus pajang, stabil abiss nih motor

Satu lagi warning dari tmcblog, bila mas bro memiliki postur tubuh yang seadanyya kayak tmcblog jangan sekali kali belok patah dengan kecepatan rendah lalu iseng ngerem saat motor berbelok . . . tahu sendiri rem depan double Monoblock !! pakem abiiisss . . . saat ngerem dan belok resultan gaya akan semakin besar karena ada gaya kelembamam motor (inersia) tahu sendiri bobot tmax 220 kg  . . . silahkan itung sendiri kira kita gaya kelembamannya . .. disini jugalah kebanyakan kasus pengendara pertama Moge mengalami masalah jatuh . . . belok kecepatan rendah lalu ngerem . . . gubrak.

test_ride_tmax_6

performa motornya sendiri sih . . . udah kebayang, tarikannya walau skutik . . . terasa seperti motor sport 250 cc an . . . kalo biasanya skutik, ada jeda panjang sebelum cvt ngunci . . . ini nggak . . . hampir spontan . . . dan akselerasinya sih . . . jangan dibilang deh . . . udah kayak dijambak setan . . . (padahal belom pernah sama sekali dijambak sama setan :mrgreen: ) . . . secara performa . . . tmcblog harus mengacungkan jempol tinggi tinggi . . . bener bener seperti mengendarai sport bike- tentunya minus merasakan perpindahan gigi  :D

test_ride_tmax_7

Perjalanan jalan Bypass dilalui dengan lancar, begitupun dengan jalan raya bogor mulai dari perempatan Cililitan sampai perempatan warung jambu tmcblog susuri dengan nyaman, walaupun beberapa kali harus mikir saat mau ketemu lampu merah seperti misalnya di HEK, Cijantung, Cibubur, dan Palsi Gunung. . . berhentinya gimana biar smooth yah hehehe (begitu kia kira yang ada di benak tmcblog)  . . . oh ya bila bro sudah terbiasa pake motor ini  . . . akan terdengar suara deru gerungan berat disekitar sistem penggerak roda belakang, tmcblog belum tahu itu apa, tapi disinyalir suara deru V-belt  . . . tambah begis denger suara motor ini mas bro

Tmax_#_0086

yang rada kaget saat nyoba rem nya . . . nggak sengaja ada truk brenti sekitar 10 meter di depan saat ngerayap pelan di bypass . ..  Reflek tekan tuas rem belakang . . . koq ngelock ya ? waduh apa tmcblog yang salah cara ngeremnya apa ?

link ponsel

Motor yang berat, seat height yang tinggi, power dashsyat, akselarasi cepat, kepakeman pengereman . . . membuat tmcblog membuat kesilmpulan akhir . . . walaupun genrenya Skutik  . . . . ini motor bukan buat pemula  . . . atau minimal buat mas bro yang memiliki kekuatan finansial cukup dan sanggup membelinya tapi baru sekali naik motor ini . . . mohon sering sering beradaptasi dulu dengan handling dan performanya sebelum membawa skutik gambot ini berkomuter di jalan raya . . . so mudah mudhaan tidak terlalu berlebihan jika tmcblog bilang naik tmax itu impesi pertamanya adalah  . . . Ngeri ngeri sedap . . . ngeri sama berat dan tinggi nya bagi orang mungil . . . tapi sedap banget sama ergonomi dan performannya . . . nahhh ini kan buat berkomuter . . . Gimana Kalo dibuat turing ?

temy

Jangan Khawatir . . . tmax ini sah udtmcblog ajak juga turing 122 mile tektok Bogor – Pelabuhan ratu Via kelokan dahsyat Cikidang bersama pakar Touring Bro Temmy Red Devil akhir pekan kemarin . . . kayak apa rasanya? silahkan tunggu Review Test ride touring nya ya . ..  hanya di TMCBlog.com . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. Eka Aji Mustofa - Januari 6, 2014

jos

mariodevan - Januari 6, 2014
rusman - Januari 6, 2014

ada tombol balasnya. bisa nebeng pertamax

Novian Agung - Januari 6, 2014

Motor sangarrrr….

2. Eka Aji Mustofa - Januari 6, 2014

pertamax nde

hardiasbantuly - Januari 6, 2014

serem duluan… untuk bobot motor segitu… wkwkwkwk
Sketsa Vixion GT mas Dab

3. didsy - Januari 6, 2014

Premium

4. Nurqodri - Januari 6, 2014

joss

Polisi Korup - Maret 3, 2014

KEREEEEEN

5. ngaspalblog - Januari 6, 2014

Kepingin doang tapi ora ketuku

6. ipanase - Januari 6, 2014
7. Ari Abgantara - Januari 6, 2014

Absen pagi…

8. orong-orong - Januari 6, 2014
9. tongsam - Januari 6, 2014

Mungil mas….. :-)

tongsam - Januari 6, 2014

Rider nya….. bukan skutic nya…
:-)

Taufik - Januari 6, 2014

wakakakkaak :D ngeceeeeee

10. jurigkamera - Januari 6, 2014

josssssss

11. lexyleksono - Januari 6, 2014

Muantaaap pol…!! Berat banget ternyata bobotnya sampai 220 kg.
Bandingkan dg Mio ini..

http://lexyleksono.com/2014/01/05/yamaha-mio-didandani-dikit-kelihatan-cakep/

12. ᅫᅫᅫTORRESᅫᅫᅫ - Januari 6, 2014

ᅧᅧᅧᅧᅧᅧᅧwawᅫᅫᅫᅫᅫᅫᅫᅫ

13. HakanMasyhur42 - Januari 6, 2014

Cerita pas dibelakang truk 10 meternya (sensor) gimana tuh Om?

Taufik - Januari 6, 2014

ya nggak apa apa, nggak sempet kenapa kenapa . . motor bisa berhenti aman dibelakang truk

14. fBH muka syempuak - Januari 6, 2014

Ini baru matik buat COWOK

Matik buat tante2 pasar,AHM ahlinya

Hihihihi

15. fBH muka syempuak - Januari 6, 2014

T-MAX harga 165jt launching langsung ludes

Cbr 250cc 48jt cuma laku satu unit sebulan.

Bukti fby orang2 kaya.

Fbh orang2 muiskin

Gak kebayang ntr R25 harga 50jt.

Sebulan laku 10ribu dah cukup

Hihihihihi

fBY muka cuangcut - Januari 6, 2014

ini org ngomongnya pake data atau cuman lg ngayal hahaha

16. Andrie Elz - Januari 6, 2014

mongtor nya joss… hargane joossss tenan..

17. Tanri Wardhana - Januari 6, 2014

mantap sih…
sayang harganya gak terjangkau kaum marginal

18. belalangmerah - Januari 6, 2014
19. rusman - Januari 6, 2014

mantap….

20. X-Files - Januari 6, 2014

Gagah dan bertenaga.

21. aripitstop - Januari 6, 2014

OK RIVIEW NYA…

22. babe_umar - Januari 6, 2014

Kang Haji … besok klo Kymco udah loncing maning, minta jatah test ride juga yak … buat komparasi Megascooter nya Kymco dengan Yamaha … lumayan nambah khasanah per skuteran di Indonesia

btw : sudah pernah coba skuter Benneli Zafferano 250 … klo belum cobain juga yah Kang Haji … hahay request nya banyak banget yak

ditunggu review Nyikidang nya Kang …. Salam sukses selalu

Taufik - Januari 6, 2014

sip sip, test cikidang insya Allah keluar dalam beberapa hari mendatang full video pokoke . . . mau tikungan yang kayak apa ada videonya :D

23. topan - Januari 6, 2014

mantaaap

24. Oliver - Januari 6, 2014

mantaf,gagah pol…ga keliatan kemayu :D

25. romesleh - Januari 6, 2014

ga kebeli… mikir viar v3 ajah… coba kang haji bawa turing si fitri, sapa tau enak… naksir berat loh kang

Taufik - Januari 6, 2014

belum ada yang bisa di tebengin pinjem mas bro :D

26. ken39 - Januari 6, 2014

bener kata bro arantan, ini matic rada gimana gituh riding positionnya. terutama di area stang

27. gondeZ67 - Januari 6, 2014

mbahe mio

28. Mas Sayur - Januari 6, 2014
29. nivikoko - Januari 6, 2014
30. buki - Januari 6, 2014

bisa muat bonceng berapa orang om motor ni..,?

Taufik - Januari 6, 2014

motrmah, ya cuma satu mas bro boncengannya :D

*nggak boleh gomong salah :)

31. em-ze - Januari 6, 2014

segmented banget mazz haji

32. Ferboes Richardson - Januari 6, 2014
33. touringrider - Januari 6, 2014

Widiw tambah sliut2 klo kena jalan lumpur kui mas. Abot gitu

Taufik - Januari 6, 2014

pasti . . .kalo lumpur yo aku nyerah

34. dave - Januari 6, 2014

kalo ngagabruk gmn tuh mas?
ganti rugi ga tuh?
kalo baca tulisan nya mas taufik saya mah jadi serem bawa neh motor,, apalagi sampe berat gt terus kaki ga napak sempurna,, beh,,

35. icaqnpritha - Januari 6, 2014

waduh….kagak kabar2 kalo ke YIMM neh kang haji. kapan kang?

Taufik - Januari 6, 2014

w yang artikel pertama waktu itu . . . sebelum tahun baru

36. potretbikers - Januari 6, 2014

Wich, dapat motor baru lagi….jian sieepp :D (sepertinya nggak dingklik’an) :D

http://potretbikers.com/2014/01/06/noken-as-bikin-klotok-klotok/

Taufik - Januari 6, 2014

ngecee ? *sambit pake lensa fix 50 mm

potretbikers - Januari 6, 2014

Xixixixi…. :D **WoW, ngBokeh :D

37. monkeymotoblog - Januari 6, 2014
38. monkeymotoblog - Januari 6, 2014
39. SanjiSuke - Januari 6, 2014

Kata ep be ha : Drpd beli timeks mending beli mio j 5 biji.. Trus mesine dilakban, jadi deh sekutik 550 sese… :mrgreen:

40. lekdjie - Januari 6, 2014

buat jualan somay makin susah nih skutik :mrgreen:

yang jelas ,ga bisa masuk kontrakan 3 pintu lah..mentok ..

http://mumet-ndhase.com/2014/01/04/biar-ga-mumet-ndhasemilan-resmi-gaet-honda/

41. Morpho Menelaus - Januari 6, 2014

bunyi mesin na adem beud coyyyyyyyy

42. k14 - Januari 6, 2014

capek ngunyah tetep ra ketuku

43. k14 - Januari 6, 2014

komentar anda sambel terasi

44. tatongpudjantoko - Januari 6, 2014

Hhhhh…. jadi kepengen.

45. Dide Irvin - Januari 6, 2014

ganteng banget Kang
mewah :D

46. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - Januari 6, 2014

kalo di adu ama DOHC 250cc 1 silinder menang mana wak aji?
kemaren ada testi katanya ada yang tembus 193kpj std…

subaru - Januari 6, 2014

dengan konsumsi bbm 1:45 kpl :lol:

Taufik - Januari 6, 2014

kagak berani ngetest top speed kecuali di sirkuit . . . nggak safety kalo dijalan umum . .. respect others

47. yadisuciyadi - Januari 6, 2014

mantap jos

48. Bakarrr Lagi - Januari 6, 2014

Kasihan FBH udah beberapa hari disuguhin motor2 keren. Kapan ya AHM kasih motor ganteng, apa karena tau tante2 tante FBH sukanya naik matic pergi ke pasar. xixixixi

Salam 6 Detik

49. RiderAlit - Januari 6, 2014

Cadas! Skutik segede gajah!

50. dira sulistika - Januari 6, 2014

Weeeh sip..
Kpn iki vario 150 metu?? Ga sobir aq..

51. hi hi hi - Januari 6, 2014

ngorok gak oom…

52. dira sulistika - Januari 6, 2014

Konsumsi bbmx kq ga da laporan ya?

Taufik - Januari 6, 2014

nanti yah di sesi test cikidan . .. ada full laporan konsumsi bbm nya

53. ari - Januari 6, 2014

keren nih….

54. fBH muka syempuak - Januari 6, 2014

Tumben,fbh gk ada yg nongol

Kan ini artikel matik

O iyah saya lupa

Matik ahm buat tante2 ke pasar

Dan T-MAX matiknya kaum hawa

Hihihihi

55. bikerkampung86 - Januari 6, 2014

manteep!!!!
juoozz tenan…….

56. Redribbon Army - Januari 6, 2014

baru sadar.. kalo dari belakang kaya yamaha lexam yah.. mirip mirip
http://pasukanredribbon.wordpress.com/2014/01/06/antara-scotlet-stiker-atau-cat-asli/

Taufik - Januari 6, 2014

bukan hanya belakangnya
sistem girbox matiknya pun sama mas bro
cekidot artikel sebelumnya

http://tmcblog.com/2013/12/29/desain-girbox-yamaha-tmax-itu-mirip-mirip-desain-girbox-bebek-matik/

57. harisnanggalaputra - Januari 6, 2014

maaf ya kang, kok kayak anak kecil naik motor ya?

Taufik - Januari 6, 2014

mau yang lebih ekstreem lagi . . . liat waktu ane ngetest zx14R mas bro

58. jaelan.. - Januari 6, 2014

sigana asa naek sedan accord weh….nya kang…halimpu meureun

Taufik - Januari 6, 2014

yah, beda dong, naik accord mah adem ada ac nya :mrgreen:

59. kongkong - Januari 6, 2014

Gan.. 220kg kalo berhenti ga bisa standart tengah dong… ha.. ha…

Taufik - Januari 6, 2014

mau dibuatin artikel plus videonya sekalian, oke deh :D

60. sijidewe aka snalpot99 - Januari 6, 2014

sangar mas :lol:

nitip parkir mas.. edisi bangkit dari kubur
http://sijidewe.com/2014/01/06/ukur-tingkat-kebisingan-db-knalpot-motor-kita/

61. st3v4nt - Januari 6, 2014

Mendingan nyoba yg kelas 250 – 300 cc dulu kaya SYM kalo itu aja kagak bisa handle ya udah emang gak cocok pake motor gede mending pake bebek aja :-)

62. Sukhoi-47 Berkut - Januari 6, 2014

Mantaf prestige. .

63. sam joas - Januari 6, 2014

Metik cadasss…regane juga cadassss….

64. Pram - Januari 6, 2014

motor yang bikin Norifumi Abe jadi almarhum di umur 32

65. brigade jalan raya - Januari 6, 2014

Waduh! Kayak sport 250 pake seamless gear :D

66. masshar2000 - Januari 6, 2014
67. bousquet191 - Januari 6, 2014

ngeri2 sedap..

68. tole - Januari 6, 2014

kang haji,,coba di tes ride malam hari,,pengen tau seberapa terangnya headlamp nya…sama cahaya spidometer na

69. dimasarif96 - Januari 6, 2014

kapan ya punya maxi scooter kaya gini u.u

70. milemotoblog - Januari 6, 2014

Monggo diintip
http://milemoto.wordpress.com/
Mohon sarannya buat blog kecil2 ane

71. nn - Januari 6, 2014

jadi kesimpulany, selain T-max kurang cocok untuk dalam kota (macet) juga gak cocok untuk pengendara tb 160cm kebawah

72. Erit07 - Januari 6, 2014

Sedappp…

73. mbah jarwo katrok - Januari 7, 2014

Kang Taufik,kira-kira motor ini ada potensi mesin klothok-klothok dan gear start rompal apa tidak ?

74. Riz14 - Januari 7, 2014

Gede yah..

75. r6 - Januari 7, 2014

wehhhhhhhhhhhh

76. sinaga17 - Januari 7, 2014

ajip ni motornya.. jos gandos…

77. Apakah maxi scoot hanya untuk rider berpengalaman ya? - Januari 8, 2014

[…] Taufik posting tentang T Max di sini menyebutkan demikian […]

78. Temmy Reddevil - Januari 12, 2014

Eeeeeh ada sayaaaa.. hihihi….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.521 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: