banjir

Bro sekalian, seperti kita mahfum Jakarta dalam hari hari ini sangat hiruk pikuk akan masalah tahunan yang belum bisa diselesaikan . . . Yakni Banjir. Efek nya banyak, termasuk salah satunya adalah efek bagi pengendara sepeda motor yang merupakan pengendara kendaraan terbanyak di Jakarta . . . karena kepentingan yang bermacam macam nggak jarang kita harus nekad menerobos genangan . ..  Tapi sebaiknya jangan asal terobos ada hal yang harus diperhatikan . .. Untuk Itu tmcblog mencoba bertanya kepada dua orang yang lebih tahu hal ini yakni Mas Imam Budiarjo, Blogger bengkel sepedamotor.com, PhD Mechanics Of Harley davidson dan Pak M Abidin dari Div technical Yamaha Indonesia . . . apa tips dan hal hal yang harus diperhatikan menurut mereka . . . cekidot yaa . .

uk460x110_dec13_2

gp-banner-460x110

Menurut Pak Abidin, Intinya 3 hal pada mesin yang harus diperhatikan : Kompresi yang baik, Pengapian Yang kuat, dan bahan bakar yang baik . . . Jika ketiga ini tidak terusik karena menerabas banjir, maka secara teori Motor nggak akan Mogok. Lebih Spesifik lagi Pak abidin berujar bahwa beberapa komponen harus diperhatikan banget adalah filter udara . . . emang bener sih mas bro . . . Kita Musti faham benar dimana letak input corong filter udara itu adanya . . . Jika air sudah melebihi ketinggian corong filter udara, maka dapat dipastikan saat motor nyala, air akan tersedot ke ruang bakar  . . . dan setelah itu sudah dapat dipastikan mesin Motor akan Mati.

Mas Imam Budiharjo, Pemegang Cincin PHd Mechanic Harley Davidson yang sejatinya dulu pernah bareng sama Pak Abidin Juga training ke YMC Jepang mengiyakan apa apa yang disebutkan mantan seniornya tersebut di atas seraya menambahkan bahwa kita harus menjaga RPM mesin karena busi dan Knalpot yang sudah tersendam air . . . dan  Mas Imam mewanti wanti pula bahwa Safe riding itu bukan hanya mesinnya doang yang safe alias nyala . .  tapi perangkat keselamatan kudu safe juga . . .

1B_Cakram_belakang

dalam hal ini mas imam memberitahukan sebenarnya paling safe itu batas air tertinggi yang oke berada di as roda. 100% aman itu jika air berada di bawah peranti Cakram dan atau Tromol.  ” Jangan aman buat mesin hidup saja, tapi rem harus tetap berfungsi baik, aman semuanya . . .” Begitu ujar pengendara Honda Win ini . . .  naaah, mas bro punya tips lain ? . . . Monggo di share di kolom komentar dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

56 COMMENTS

  1. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ

    baca artikel sambil nyantai di teras rumah sambil memandang sungai yang sejak kemarin malam muncul didepan rumah 😆

    Guest
  2. hmm. jangan kenceng2 nrabasnya.
    kebanyakan mentang motor laki atau posisi Businya tinggi kepedean asal trabas..

    buat yang masih pake karbu kadang bisa tuh air nylusup disitu . atau malah yang Koilnya ada dibawah tangki basah kuyub kena air. . .

    Guest
  3. Yang minat diecast motogp / miniatur motogp dan motor sport, miniatur mobil
    – Merk Maisto, Newray, Joycity, Ixo, Minichamps dll
    – Bahan Die Cast metal, sok beker main, ban karet
    – Skala 1:18 (harga mulai 65rb), skala 1:12 (harga mulai 100rb), skala 1:10 (harga mulai 245rb)
    kami juga jual merchandise motogp dan otomotif (Kaos, Tumbler , Topi,Sweater,jam dinding dll)

    Lebih lengkap klik dan like :
    FP Facebook http://www.facebook.com/MiniaturMotogpDanMotorSport
    Blog http://www.miniaturmotogpdanmotorsport.blogspot.com
    Twitter http://www.twitter.com/miniatur_motogp
    Web http://www.merchandiseotomotif.com

    Guest
  4. Kalo saya sih biasanya jaga air jangan sampe masuk atau lewat ke 3 komponen: busi, knalpot, air intake. Kena busi koslet, masuk ke knalpot n air intake bisa merusak pengabutan sama kena water hammer. Juga jaga rpm tetep stabil di kisaran 2000an, biar air terdorong. Kalo 3 komponen diatas ga kemasukan air aman lah. Pengalaman aja, Cmiiw.

    Guest
  5. urun rembug kang..buat matic ni…lubang yang ada d bawah cvt di tutup juga…bikin ngadat klo aer masuk..efeknya sih cuman bentar…tpi sayang juga kan ..
    kalo banjir sampai d atas knalpot dan nekad pngn nerobos,matiin aja deh mesin,dorong aja…..sama tutup tu filter,knalpot,sama yg d bawah cvt..insyaallah aman..hehe

    Guest
    • plus satuagi masalah buat matic . . . kalo yang wumah cvt nya dilobangin . . . saat itu CVT kena aer . . banyak selip biasanya CVT nya , cmiiw

      Administrator
  6. melihat cuplikan video motor kerendem air tp tetep jalan itu apa berarti p200ns sudah menganut 3 hal pada mesin yang harus diperhatikan menurut pak Abidin ya kang?

    Guest
    • yap, sepertinya lubang input dari filter udara masih diatas permukaan air mas bro . .. itu sebenarnya kuncinya . . . makanya kadang, ada motor karbu yang filter udaranya bahkan dilepas . . . riskan banget, jangankan Banjir . . . Hujan tanpa banjir pun kalo air masuk ke sedot ke dalam karbu, bisa mati mesinnya, imho

      Administrator
  7. Buat nerobos banjir, matiin mesin juga bukan asal matiin aja… Diselah dulu sampai mentok di titik mati (keras), buat mastiin ruang bakar (klep) dalam keadaan nutup biar aman 😀

    Guest
  8. Perasaan motor trail enak mas nyampe setengah meter, roda dan sistem rem kerendem air dan lumpur masih bekerja baik, sock breker jg mantap.. Yg penting gak tenggelam karbu dan businya,, pengalaman ane

    Guest
  9. Satu lagi motor yg kenalpotnya ngumpet di atas roda seperti ducat* ato minerv* megell* kayanya lebih bagus nggak mas?

    Guest
  10. hati2 kalo banjir jbgn terlalu ke tepian.. bisa2 masuk got yang dalam.. dulu jg ada motor main banjir ke pinggir akhirnya masuk got,dan ga muncul lagi tuh motor karena arus di bawah got deras..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here