About these ads
jump to navigation

Jika Harus Menembus Genangan Banjir . . . apa yang harus diperhatikan? Januari 19, 2014

Posted by Taufik in Blogging activity, Tentang Motor.
Tags: ,
trackback

banjir

Bro sekalian, seperti kita mahfum Jakarta dalam hari hari ini sangat hiruk pikuk akan masalah tahunan yang belum bisa diselesaikan . . . Yakni Banjir. Efek nya banyak, termasuk salah satunya adalah efek bagi pengendara sepeda motor yang merupakan pengendara kendaraan terbanyak di Jakarta . . . karena kepentingan yang bermacam macam nggak jarang kita harus nekad menerobos genangan . ..  Tapi sebaiknya jangan asal terobos ada hal yang harus diperhatikan . .. Untuk Itu tmcblog mencoba bertanya kepada dua orang yang lebih tahu hal ini yakni Mas Imam Budiarjo, Blogger bengkel sepedamotor.com, PhD Mechanics Of Harley davidson dan Pak M Abidin dari Div technical Yamaha Indonesia . . . apa tips dan hal hal yang harus diperhatikan menurut mereka . . . cekidot yaa . .

uk460x110_dec13_2

gp-banner-460x110

Menurut Pak Abidin, Intinya 3 hal pada mesin yang harus diperhatikan : Kompresi yang baik, Pengapian Yang kuat, dan bahan bakar yang baik . . . Jika ketiga ini tidak terusik karena menerabas banjir, maka secara teori Motor nggak akan Mogok. Lebih Spesifik lagi Pak abidin berujar bahwa beberapa komponen harus diperhatikan banget adalah filter udara . . . emang bener sih mas bro . . . Kita Musti faham benar dimana letak input corong filter udara itu adanya . . . Jika air sudah melebihi ketinggian corong filter udara, maka dapat dipastikan saat motor nyala, air akan tersedot ke ruang bakar  . . . dan setelah itu sudah dapat dipastikan mesin Motor akan Mati.

Mas Imam Budiharjo, Pemegang Cincin PHd Mechanic Harley Davidson yang sejatinya dulu pernah bareng sama Pak Abidin Juga training ke YMC Jepang mengiyakan apa apa yang disebutkan mantan seniornya tersebut di atas seraya menambahkan bahwa kita harus menjaga RPM mesin karena busi dan Knalpot yang sudah tersendam air . . . dan  Mas Imam mewanti wanti pula bahwa Safe riding itu bukan hanya mesinnya doang yang safe alias nyala . .  tapi perangkat keselamatan kudu safe juga . . .

1B_Cakram_belakang

dalam hal ini mas imam memberitahukan sebenarnya paling safe itu batas air tertinggi yang oke berada di as roda. 100% aman itu jika air berada di bawah peranti Cakram dan atau Tromol.  ” Jangan aman buat mesin hidup saja, tapi rem harus tetap berfungsi baik, aman semuanya . . .” Begitu ujar pengendara Honda Win ini . . .  naaah, mas bro punya tips lain ? . . . Monggo di share di kolom komentar dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. aripitstop - Januari 19, 2014

absen

aripitstop - Januari 19, 2014
hulssay - Januari 19, 2014
adi - Januari 20, 2014

ribet buat yang udah pake open-air filter… :) #untunggasukamodifaneh2

Startup Malaysia didukung Telkom? http://technetium-tc.com/id-942864

2. doni - Januari 19, 2014

بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ

baca artikel sambil nyantai di teras rumah sambil memandang sungai yang sejak kemarin malam muncul didepan rumah :lol:

doni - Januari 19, 2014

nice inpo, trims mas taufik… tapi yang penting kalau ngak penting2 amat mending ngak usah keluar bawa kendaraan lah klo tau lagi banjir2 begini…

Taufik - Januari 19, 2014

bener, kalo nggak penting amat jangan kluar hehehe :D

3. ipanase - Januari 19, 2014
wiwi - Januari 20, 2014
4. terjadi galat - Januari 19, 2014

Kleleb

5. ipanase - Januari 19, 2014

atau milky oil, hati2

6. aripitstop - Januari 19, 2014

2

7. aripitstop - Januari 19, 2014

3

8. aripitstop - Januari 19, 2014

4

9. mitra wijaya - Januari 19, 2014

Untung tinggal didataran tinggi

10. terjadi galat - Januari 19, 2014

Gagal..

11. Rudy SouL - Januari 19, 2014

oww…siipp laahh…

Video Rossi di YKS TransTV. – http://wp.me/p208su-1Fb

12. MasterTarno - Januari 19, 2014

jangan ngambang… *awa awa awa awa

13. SABIRIN AMKL - Januari 19, 2014

Absen tengah malam

14. sami - Januari 19, 2014

woww

15. Ari CX Rider - Januari 19, 2014
16. MasTarno - Januari 19, 2014

awas lobang coy kalo banjir kaga keliatan….. *awa awa awa awa

Taufik - Januari 19, 2014

benr juga, ketutup aer

17. Yoshi - Januari 19, 2014
18. ex tigi rider - Januari 19, 2014

AWAS BANJIR KIRIMAN BUITENZORG,,,,,,,,

Taufik - Januari 19, 2014

*ngumpet

19. kudalumping - Januari 19, 2014

hmm. jangan kenceng2 nrabasnya.
kebanyakan mentang motor laki atau posisi Businya tinggi kepedean asal trabas..

buat yang masih pake karbu kadang bisa tuh air nylusup disitu . atau malah yang Koilnya ada dibawah tangki basah kuyub kena air. . .

Taufik - Januari 19, 2014

nuhun tambahannya bro

20. Dicky - Januari 19, 2014
21. Tupanx - Januari 19, 2014

makasih infone pak haji

22. munglulusanplaygroup - Januari 19, 2014

Perhatikan dari tempat yang aman karena akan banyak tontonan :D

23. nivikoko - Januari 19, 2014
24. miniatur motogp dan motor sport - Januari 19, 2014

Yang minat diecast motogp / miniatur motogp dan motor sport, miniatur mobil
- Merk Maisto, Newray, Joycity, Ixo, Minichamps dll
- Bahan Die Cast metal, sok beker main, ban karet
- Skala 1:18 (harga mulai 65rb), skala 1:12 (harga mulai 100rb), skala 1:10 (harga mulai 245rb)
kami juga jual merchandise motogp dan otomotif (Kaos, Tumbler , Topi,Sweater,jam dinding dll)

Lebih lengkap klik dan like :
FP Facebook http://www.facebook.com/MiniaturMotogpDanMotorSport
Blog http://www.miniaturmotogpdanmotorsport.blogspot.com
Twitter http://www.twitter.com/miniatur_motogp
Web http://www.merchandiseotomotif.com

25. motor batangan - Januari 19, 2014

Kalo saya sih biasanya jaga air jangan sampe masuk atau lewat ke 3 komponen: busi, knalpot, air intake. Kena busi koslet, masuk ke knalpot n air intake bisa merusak pengabutan sama kena water hammer. Juga jaga rpm tetep stabil di kisaran 2000an, biar air terdorong. Kalo 3 komponen diatas ga kemasukan air aman lah. Pengalaman aja, Cmiiw.

Taufik - Januari 19, 2014

mantabbb bro

26. prayugai - Januari 19, 2014

urun rembug kang..buat matic ni…lubang yang ada d bawah cvt di tutup juga…bikin ngadat klo aer masuk..efeknya sih cuman bentar…tpi sayang juga kan ..
kalo banjir sampai d atas knalpot dan nekad pngn nerobos,matiin aja deh mesin,dorong aja…..sama tutup tu filter,knalpot,sama yg d bawah cvt..insyaallah aman..hehe

Taufik - Januari 19, 2014

plus satuagi masalah buat matic . . . kalo yang wumah cvt nya dilobangin . . . saat itu CVT kena aer . . banyak selip biasanya CVT nya , cmiiw

27. Modaro - Januari 19, 2014

Modaaaarrrrr..

28. milemotoblog - Januari 19, 2014

Yang pasti kalau nerobos banjir harus di jalan yang kita sudah hapal, sehingga tidak kaget kalau ternyata jalan banyak lubang tak terlihat
http://milemoto.wordpress.com/
Monggo dikunjungi
Ada tentang Om Rossi di YKS, NEW BLADE, dan penampakan R15 bersama M1 2014
http://milemoto.wordpress.com/

29. gembong bola - Januari 19, 2014

juozzz

30. cizz - Januari 19, 2014

melihat cuplikan video motor kerendem air tp tetep jalan itu apa berarti p200ns sudah menganut 3 hal pada mesin yang harus diperhatikan menurut pak Abidin ya kang?

Taufik - Januari 19, 2014

yap, sepertinya lubang input dari filter udara masih diatas permukaan air mas bro . .. itu sebenarnya kuncinya . . . makanya kadang, ada motor karbu yang filter udaranya bahkan dilepas . . . riskan banget, jangankan Banjir . . . Hujan tanpa banjir pun kalo air masuk ke sedot ke dalam karbu, bisa mati mesinnya, imho

31. milemotoblog - Januari 19, 2014

http://milemoto.wordpress.com/
Monggo dikunjungi
Ada tentang Om Rossi di YKS, NEW BLADE, dan penampakan R15 bersama M1 2014
http://milemoto.wordpress.com/

32. Adem_Ayem - Januari 19, 2014

Untung sya hidupnya hak d perkotaan now…amann dch…hehe….

33. haryudh4 - Januari 19, 2014

Buat nerobos banjir, matiin mesin juga bukan asal matiin aja… Diselah dulu sampai mentok di titik mati (keras), buat mastiin ruang bakar (klep) dalam keadaan nutup biar aman :D

34. monkeymotoblog - Januari 19, 2014

mantap kang, minimal tahu tingginya, kalo er6 sih ban kerendem knalpot kerendem masih aman, filter udara dibawah tangki
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/01/18/terbukti-knalpot-er6n-tahan-banjir-salut-buat-underbelly-exhaust/

35. JUST FIDDIN - Januari 19, 2014

kalau motor matic bagaimana? apakah bahaya?

36. cucak rowo - Januari 19, 2014

Perasaan motor trail enak mas nyampe setengah meter, roda dan sistem rem kerendem air dan lumpur masih bekerja baik, sock breker jg mantap.. Yg penting gak tenggelam karbu dan businya,, pengalaman ane

37. cucak rowo - Januari 19, 2014

Satu lagi motor yg kenalpotnya ngumpet di atas roda seperti ducat* ato minerv* megell* kayanya lebih bagus nggak mas?

38. orong-orong - Januari 19, 2014

banjir mengepung ibukota

39. ONEBRUT - Januari 19, 2014

Good YIMM

40. RiderAlit - Januari 19, 2014

Hati-hati juga lubang yang ngga kelihatan, mister. Klo sekiranya aman padahal ada lubang trus “kejeglog”, ya bisa berabe juga.

41. pulsar 135 - Januari 19, 2014

hati2 kalo banjir jbgn terlalu ke tepian.. bisa2 masuk got yang dalam.. dulu jg ada motor main banjir ke pinggir akhirnya masuk got,dan ga muncul lagi tuh motor karena arus di bawah got deras..

42. Haji - Januari 19, 2014

teknik yg dijelasin wa haji sudah sy terapkan, ketika pulang dari anyer, kejebak 3 genangan air yg tinggi2 di bandung, alhamdulillah salamet wa, hehe Intinya, mesin jgn smpe mati, RPM jgn smpe turun, gerung gerung aja terus, hehehe
lengkapnya ada di http://hajiilan74.blogspot.com/2013/12/honda-blade-bandel-diajak-menerabas.html

43. Erit07 - Januari 19, 2014

Sippppp…

44. dave - Januari 20, 2014

air filter CBR dimana ya mas?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.650 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: