460x110-okfeb

uk460x110_dec13_2

R15

Bro sekalian, Mungkin Salah satu Most awaited Motorcycle di Market Indonesia untuk tahun 2014 ini adalah Yamaha YZF R15 . . . Motornya sendiri sudah bukan merupakan rahasia lagi. Bentuk Fisiknya pun sudah sempat diperlihatkan oleh Yamaha Indonesia kepada Kalangan Internal walaupun Bocor juga ke publik . . . satu satunya yang sangat ditunggu tinggal Berapa Yamaha Indonesia akan membandrol Sport Fairing 150 cc ini?

banner-440x110

banner-460feb14

Lewat beberapa diskusi dan hasil pengolahan informasi yang bertebaran diluar sana memang awalnya Terkumpul sinyalemen bahwa Yamaha Indonesia akan membandrol R15 di selang bandrol 25-30 Juta Rupiah . . . selang bandrol ini lama lama teruuus mengerucut, sampai Info terakhir pengerucutan menuju ke satu angka Yakni 29 Juta rupiah . . . entah bulat atau berkoma nih . . . tapi itu yang sempet masuk ke tmcblog. Namun perlu dicatat dan digaris bawahi angka ini belum merupakan angka final sampai waktu perilisan nanti.

Harga  YAMAHA NEW VIXION Terbaru

Seperti Kita ketahui harga Yamaha Vixion 2014 sekarang sebesar 22,6 Juta . . . tmcblog pikir jika Harga R15 dipatok terlalu dekat dengan Yamaha Vixion misalnya hanya berselang 3-4 Juta saja bisa jadi Konsumen akan lebih memilih R15 ketimbang Yamaha Vixion. Artinya Jika Yamaha Indonesia salah mematok harga yang terlalu dekat dengan Vixion, Bisa jadi Pasar Vixion sendiri yang akan menjadi mangsa dari R15 itu sendiri . . . sedangkan TMCBlog yakin Bukan R15 disiapkan bukan untuk mengambil pangsa Vixion, akan tetapi mencoba meperkuat pasar Vixion/Pasar Sport 150 cc Yamaha pada Umumnya.

R15

Nah Misalnya R15 benar dibandrol 29 Juta . . . maka boleh jadi beda harga antara Vixion dan R15 pun terpaut sekitar 6,4 Juta . . . dan menurut tmcblog . . . perbedaan harga segini lah yang dianggap yamaha cukup moderate . . . dan yamaha indonesia dengan segala hasil riset internalnya bisa jadi sudah menganalisa bahwa dengan 29 Juta Rupiah, walaupun sudah hampir menyentuh angka psikologis 30 Juta, R15 masih akan punya kans sold Out . . . terlebih lagi, tmcblog dengar disinyalir R15 ini akan punya target serapan sekitar 3000-2000 unit perbulan untuk seluruh Indonesia . . . (koq tmcblog tau angka targetnya? 😉 tanya kenapa ???  :mrgreen: )

Bicara Target pasti berkorelasi dengan Harga mas bro . . . Gak mungkin Yamaha Indonesia pasang Target kecil bila dibandingkan dengan Target Vixion yang diatas 30 ribu Unit perbulan se indonesia apabila salah satu konsideran nya yakni Harga juga punya andil . . . dalam artian, harga Vixon akan relatif tidak terlalu dekat dengan R15 . .. logis nggak menurutmu? … Kalo R15 dibandrol let say 26 juta, targetnya gak akan 2500 unit perbulan .. Mungkin di angka 5000 unit per bulan, imho

Nah tmcblog dan bicara panjang lebar tuh mengenai analisa angka 29 Juta bila dikorelasikan dengan R15 . . . sekarang gimana pendapat bro sekalian Jika memang Harga R15 akan diset segitu? Patut di ingat bahwa angka tersebut bukan angka final .. Kita masih menunggu angka njkb final dari 2PK … monggo urun pendapatnya di kolom komentar, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

207 COMMENTS

  1. ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝

    Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

    • Buatan Indonesia cuyy!!! ente mau disamain orang indihe sono??? dan Indonesia lebih bagus dari India.. w bangga ko jadi org Indonesia

  2. Masih ok lah harga 29 juta. Tapi itu indikasi bahwa kedepannya angkanya akan dinaikin dikit dikit dan akhirnya nembus 30 juta juga, yakin lah. Selalu gitu kan. Pas rilis terkesan ‘murah’ atau value for money bagus tapi kedepannya harga akan dikerek naik perlahan, step by step. Vixy dulu gitu, ninin dulu gitu, motor keren banyak yang begitu settingan harganya. Jadi liat agenda dibelakang settingan harganya itu juga. Murah diawal aja :mrgreen:

  3. wak haji, yg pas 26-28 jta
    lg pula bed segmen, sport & neked msng2 ad pasar ny sendri, klo pun market share vixon k mkn g bakal byk.
    msh ad honda yg mw me lokal kan cbr, yg pasti bakal menawarkan harga & fitur yg kompetitif.

    gap harga 22,6 ke 29 msh terlalu jauh, dan celah itu bisa di manfaatkan kompetitor untk memberikan kiler price di segmen sport.
    ke biasaan honda yg sering memberikan harga yang yg tdk terlalu jauh antara produk ny

  4. 29 sih kayaknya pas. Mengingat semakin jauh dan terpencil dealer diseluruh indonesia biasanya harganya pun beda dengan bandrol jabodetabek / pulau jawa pada umumnya.

  5. Setahunan lalu awal-awal NVL dan CB150R keluar, saya pernah komen diblognya mbah dukun waktu itu, berharap Yamaha ngeluarin R15 dengan banderol dibawah 30jt, ya kira-kira 29jt atau 29,5jt. Waktu itu ada yang balesin gak mungkin. Tapi sekarang tinggal menunggu waktu keluar, dan harganya apa kira-kira sesuai perkiraan/harapan saya waktu itu.

  6. Lucu rasanya kalau ada teman – teman yg berpendapat kalkulasi harga R15 dihitung dari harga Vixion ± 23 juta, ditambah fairing, buntut, swing arm, headlamp stoplamp seharga sekian lalu hasil akhirnya harga di atas 30 jutaan. Yang menjadi pertanyaan adalah : apakah R15 nanti memakai 2 arm (banana dan konvensional)? 1 Headlamp Vixion + 2 headlamp fairing? 2 body buritan dan 2 stoplamp?
    Kita buat realistis saja. 28 jutaan OTR Jakarta adalah harga awal yg pas untuk R15 kalau masih ingin menggaet kemesraan konsumen setia Yamaha, yg sudah menunggu R15 terlalu lama. Itung – itung sebagai obat tombo kangen saya akan old Vixion hitam cobra 2009 yg sudah kejual. Hehe.

    • Awalnya saya juga berpendapat begitu Mas, akan tetapi kita tahu sendiri lah…yang namanya pabrikan dalam menjaga gengsi itu gimana. Biarlah pembeli yg menjadi juri terakhir nantinya.

    • Sipp bro.. ane penggemar sejati Yamaha, ya berapapun harga yang ditawarkan asal sesuai dengan spek nantinya, asal gak kayak Honda aja harga selangit tapi spek se iprit.. contohe CBR 250 vs Ninja 250 sama mahalnya tapi beda kelas, kalo di Moto GP tuh kayak Kelas MotoGP vs Moto 2// hahaha bravo Yamaha kutunggu R15 Mu.

  7. kemahalan banget 29 juta menurut saya kang taufik, alasannya :

    1. barang lokal, harusnya lebih murah, kaya cbr, dithailand cuma 23juta, masuk indo jadi 33, wajar krna impor, lah ini produk lokal kok harganya mau mirip2 sama barang impor ??

    2. barang “lama” kok mau dijual mahal ? ini kan motor desain lama, dah keluar lama di india dan thailand, ga ada teknologi dan fitur2 baru, bentuknya pun sama persis, sebenernya agak kecewa sama yamaha yg telat bgt dan ga ada inovasinya, padahal nvl di bikin full fairing dengan desain baru bakalan lebih joss

    3. mesin sohc masa mau disamain harganya ma yg dohc

    4. motor ini udh ketinggalan jaman klo mnurut saya, ga ada kesan moge2nya, jadul

    sekian analisa awam saya

    #saya bukan fbh atau fby loh, netral aja

  8. 29 juta rupiah ?!!
    Layu sebelum berkembang !!!
    Emangnya gak ada yg lebih bagus price performances nya di merk lain ?
    Emangnya gak akan ada kompetitor ?
    Emang enak awa motor firing di kemacetan jalan dan banyak kerikil ?
    Sekali aja…parkir di mall, dijamin baret !

  9. @aji
    kemahalan banget 29 juta menurut saya kang taufik, alasannya :

    1. barang lokal, harusnya lebih murah, kaya cbr, dithailand cuma 23juta, masuk indo jadi 33, wajar krna impor, lah ini produk lokal kok harganya mau mirip2 sama barang impor ??

    3. mesin sohc masa mau disamain harganya ma yg dohc

    #saya bukan fbh atau fby loh, netral aja
    _________________________________________________

    setuju bro ama ente,,biarpun cbr 150 juga harga’y sekarang di kerek buat ancang-anacang cb fairing.

    kenapa ya konsumen kita ga sadar di suguhin harga yang lumayan tinggi ma ATPM jepang, padahal kalo liat di thailand, malay, india koq harga di tawarin para ATPM di sana kalo di kalkulasikan ma rupiah murah & secara ekonomi juga ga terlalu beda jauh-jauh amat indonesia ma thailand. secara SDA kita punya semua koq, tapi ko ga logis di buat di sini tapi harga koq di samain ma barang built up, hebat ya KAPITALIS. ironi ya negeri ini.

    oia ane bukan FBH, FBY & FB-FB’n yang laen
    baru pertama kalo komen di blog ini….
    suwun kang Taufik dan semua.

    • Disini pajaknya tinggi om, lagian bensin disini masih premium bersubsidi..kalo saya mau2 saja premium bersubsidi ga ada tapi harga motor murah, konsekuensinya bahan pokok mahal..gimana kalo dengan om tiawan..jangan minta montor murah premium murah lo ya hehhee

    • Bukannya market indonesia itu penting buat yamaha.
      Tp kok skrg malah suguhin produk yg sdh mau basi gn y
      Bukannya d manja dgn prod bagus dan fresh. Tp malah seolah2 cm d perah sj

    • Oiaaaa…lupa saya klo produk lokal mas brow.
      Terlanjur esmoni saya…so 27jt boleh lah.
      Toh g bakalan saling makan ma vixion. Jadi Ingat warung sebelah pernah bilang untuk segmen pasar yg menyukai motor fairing jauh dibawah naked.
      Pokoke otr sby 27,XXjt selama promo…hahaaayyyy

  10. Jika skedar jual motor mk 29jt wajar aj.
    Tp jk ingin menguasai market sport mk 27-28jt adl wajib……
    Gap 5jt dr nvl sdh cukup…dan diharapkan dg gap ini bs utk menarik pemakai cbsf pindah ke r15….
    Kedepan gak bakalan ada cbr lokal… yg ada ya cbsf fairing… bs dipastikan cbsf fairing gak seganteng r15….

  11. Harga tuh sangat sensitif, mesti dipikir matang2, dan harus sesuai dengan value-nya.. klo r15 dipasang dgn 29jt, dan ternyata nanti honda keluarin cbr lokal (cb150r berfairing) harganya bisa lebih murah (misalnya 27 jt), nanti kesannya r15 overprice.. bisa mati secara pelahan-lahan r15’nya.. klo kedepannya r15 mau diturunin lg harganya agar bisa bersaing dgn produk pesaing yg lebih murah, orang pasti beranggapan r15 diturunin kualitasnya.. (kaya xeon vs vario125)

  12. Perlu diingat pula membandrol dgn harga mendekati 30jt. R15 sgnt berbahaya untuk TIDAK laku. Krn konsimen lbh baik nambahin dikit lagi bila harga kwski mono harganya di rentang 35~36.

  13. di india nech motor dah basii…….dah ngga laku yo dibuang keindonesia…memang indonesia buat penampunagn barang basii, megipret yang sperti dazzler ngga laku juga di sono, pangsa pasar india ngga demen motor cc nanggung, beda orang india dengan kita terutama pecinta motor lebih suka dengan power motor selanjutnya model kalo kita sebaliknya. kalo cc nanggung dah mulai ditinggalkan besar sekalian atau kecil sekalian….yang cc kecil buat bapak bapak he..he.

  14. Nungguin bertahun-tahun untuk produk lokal yg ternyata bandrolnya mirip dgn CBU?
    Anti klimaks wis penantiannya gak usah nunggu launching abis ini udah tiarap dah hasrat ane buat memiliki trah YZF.
    Bagi ane bener kata juragan warung sebelah ttg R15 bertahun2 yg lalu “Too Much Love Will Kill You”.

  15. paling ujung2nya 33-36 jutaan, yamaha pasti jg mau cari untung toh harga segitu masih rasional di banding harga motor saingannya…murah=mimpi

  16. Gpp nurut q bro,asal tenaganya 20dk lebih..
    Selain diferensiasi bentuk,mesinnya jg harus ada diferensiasi dunk,walau mesin sama gpp,asal tenaga beda..
    Nanti dperkirakan CB150R fairing jg jelas beda diferensiasinya,selain bentuk,walau rangka sama,tp sensor O2 jg disematkn,entah gmn tenaganya nanti..
    Minimal beda karakter enginlah walau ga smpe 20dk
    ealah mumet dewe aq..

  17. Terasanya agak gimana gitu kalo ngeluarin duit hmpr 30jt tapi mesin ttp aja sohc.

    Malunya ga bisa ilang kalo tiba2 sebelah2an sama yg gendong mesin dohc.

    Ibaratnya ga update seperti yg lain udh main android kita masih make symbian.

    Teknologinya ga bisa head to head

    • masalahnya..cukup dg sohc aj motor sebelah yg dohc dah keok om….
      gap 6 detik itu telak….
      kalah drag 2,2 km jg telak….
      dohc dikepret sohc….

  18. Menurut sya bakal diatas 30jtan bang haji,, tapi masih dibawah atau maksimal mentok di harga cbr150 yg lama (32-33jt),, ini karena harga cbr150 sudah terkerek naik, klo belum naik mungkin yamaha akan men-set harga dibawah 30, tapi mepet2..

  19. 29 jutaaaa ?
    Mending buat beli mobil ae kang.
    Carry 93,forsa 88,charade 86-88,civic 86,,
    jamane mikir keluarga. .ojo mikir awek dewek tox.
    Motor cukup 11jt,,itu ajah gasnya ga berani poll

  20. Fbh pasti bilang operpret

    Iyalah ekonomi fbh mentok ϑ¡ range harga motor murah beat

    Itupun kredit seumur idup

    Hihihiihihi

  21. Operet itu cebo’ong

    Ban cungkring

    Tutup tangkijendol

    Dohc kw 6 loyo

    Rangka pipa karatan

    Material sama kaya mocin

    Kualitas buobruok

    Harga mepet NVL

    Hihihihiihihi

  22. Fbh koar2 R15 kemahalan kalau dijual Rp.29 jt…ya jelas Fbh kan kaum miskin..lirik cbr 250 yg nihil stay zero penjualan ya padahal juara irs 250 loh Karena mayo ritas Fbh mampunya beli matic.

  23. 29 kurang dikit ya sedeng lah.. Ga kemurahan dan ga kemahalan. Yang pasti kl honda melokalkan cbr150 ya jgn dikasih nama cbr150. Jelas mencederai konsumen cbr. Harus ganti nama entah cb150 sf rr atau cb150fairing.

  24. 27…. max 28jt mah
    kan beda kelas nih om… fairing ama naked, ergonomi juga beda… ya beda pasar kan 😀
    rebutlah dulu hati konsumen indo dengan harga masuk akal kalo bisa agak murah tapi dengan kualitas n model n performa yang bagus….
    jangan ngikutin pabrikan sebelah yang jual motor apa adanya harga over price banget gak ketulungan ngincer pembeli yang gaptek karna jaringannya paling luas merasa gak perlu susah payah klo cuman untuk kasih motor apa adanya ke konsumen kita (di desa2 terutama)….
    giliran kasih harga yang masuk akal (CB) malah kualitasnya amburadul performa nanggung…..
    thats why i dont like AHM bukan honda, karna masih banyak produk honda yang keren2

  25. nunggu tgl 14 februari aja ….jika tembus angka 30jt, tak mengapa …toh dapet mesin 250cc …..drpd buang duit cm buat gengsi bodi 😀

  26. kemahalan kalo hasil produk lokal…pengin jadi giant killer 2…ya harus di harga 22.6jt+4jt jadi max. harga 26.6jt rupiah. nggak usah 6 speed yg penting tampilan r15 tapi enak di kantong.

  27. Emeng segitu. Soalnya motor cbu skrg gap nya paling kecil 6 jt. Mana ada cbu 30jt skrg.ngimpi. jg pas besaing ma harga tiger n scorpio.

  28. 28 jutaan wae, cocok bgt !, yamaha kan sudah jadi raja sport di indonesia…itu saya kira balance antara jarak NVL sama R15 dan tidak akan menggerus pasar si NVL, kalau sudah jadi raja, jual produk jangan teralu mahal dan waspada juga sama kompetitor sebelah dengan harga yang bakal di gelontorkan ke masyarakat jika memang kompetitor tiba2 melokalkan produk impor, seiring waktu ok lah blh naik sprti yg wajar trjdi tp wkt launching OTR jakarta segitu sdh pass !

  29. 29 juta sdh logis….
    mengamankan harga vixion dan scorpio (juga next scorpio)

    dikasih harga segitu kompetitor abadinya juga sudah keder…. cbr lokalnya mau ga mau dihargain segitu (padahal cbu-nya udah bikin untung banget sebelumnya-sekarang harus melokalkan-kecuali pake mesin cb150r, belum pusing juga nanti hargain next tigernya yang mau ga mau juga di ‘adu’ dengan harga next scorpio/R25 (yg konon bisa jadi ada 2 varian (fairing & naked)

    cuma untuk varian 200-250 cc naked kuda hitamnya adalah ninja mono RR…sobek tenan!

  30. Kalo bener 29 juta saya pasti beli kang, buat kendaraan operasional dan commuter sudah pasti keren dan irit nih mongtor….kepincut abisss sama yg biru putih…

  31. Moment peluncuran yang tepat R15 mestinya SEKARANG!!!
    Saat AHM bikin acara KAMPANYE PENGECEKAN GRATIS aka TOTAL RECALL CB150R …..

  32. Selera konsumen akan mtr fairing dg naked jelas beda, jd gak masalah tuh kalo harga R15 diset dekat dg NVL. Kawak Z250 dg Ninja 250R aja harga hmpr sama jg no problemo. Krn pasarnya beda. Jd mending R15 25-26jt aja dech #ngarepbanget 😀

  33. 27-28 sja ( kan product local )
    Dijamin kompetitor susah melakukan killer price
    Peminat naked n faired beda, jdi ga akan memakan nvl
    Jlan indo bnyak yg rusak jdi hrus mkir seribu kli sblum pindah dri nked ke faired, sekali jatuh ancur tuh fairing

  34. Kalau jadi Rp 29 jutaan, lebih baik ini ketimbang ceboker150er operpret. Tapi… Kalau bisa diturunin dikit, dan model sudah usang, harus totally model change iki…setahu saya R15 model v2.0 sudah ada sekitar 2008an…

  35. Kalau jadi Rp 29 jutaan, lebih baik ini ketimbang ceboker150er operpret. Tapi… Kalau bisa diturunin dikit, dan model sudah usang, harus totally model change iki…setahu saya R15 model v2.0 sudah ada sekitar 2011an..

  36. jadi inget thn 90an, jaman RxKing sama RxZ /RzR walau harga baru hanya beda 2jutaan saja mreka punya pasar berbeda, scara ridding posisi pun beda
    mngkin klo Nvl vs R15 beda 5jutaan saja masih aman

  37. saat cbr 150 mo liris, banyak yg bilang harga 27- 29 yg pas dan logis… gitu brojol trnyata muahal. sekarang r15 banyak juga yg matok harga segitu juga… artinya, kons

  38. saat cbr 150 mo liris, banyak yg bilang harga 27- 29 yg pas dan logis… gitu brojol trnyata muahal. sekarang r15 banyak juga yg matok harga segitu juga… artinya, memang konsumen kita pengenya di cc 150 itu ga lebih dari segitu.. india bisa kenapa kita tdk…

    • Wong indonesia kan adate paling aneh pak lek, dikasi harga murah jarene downgrade, dikasih harga mahal jarene operpret….lak aku dikasi gratis yo ga nolak hehehehe

  39. assalamualaikum tmcblok..

    kl dgn vixi cmn beda baju n performa sama aja dan dgn selisih harga kisaran 6,4jt berarti konsumen hanya membeli sebuah gengsi “R15” …

    marilah kita menjadi konsumen yg cerdas..
    “menuruti nafsu dgn akal sehat agar apa yg kita beli bermanfaat dgn tepat”

    • ane rasa ente terdoktrin oleh tetangga ane yang bilang bahwa R15 itu = Vixion pake baju tapi lucunya ketika R15 nyentul dan best lapnya mengalahkan dohc superior eeeehhhh malah tetep nyuruh vixion nyentul

  40. lain cerita kalo dibandingin sama CBR 150 yg makin mahal aja sekarang.. menurut ane, bakal laku banget.. pasar ninja RR 150 juga bakal diambil, R15 lebih bagus modelnya..

    • Lah kan cbr 150 impor aka cbu pak lek, kalitase yo timpang, standart harga yo dollar, pajek gede, sak ngertiku yo ngahaem ra njupuk untung akeh soale harga sebelas dua belas dengan importir umum. Mbuhlah, mung iso nyawang raiso nyanding, mending duite gawe dp omah…..hehehehe

  41. udah nunggu lma2 nyatanya harga yg bkin hilang minat, emg gak bsa ya dikisaran harga 26-28jt, lw di jkrta z sgtu 29 nyampe sny uadah jd 31 lbh, pdhal spek mesin hmpir sma sma NVL, lw tetep bli cma gengsi fairing doank, lw gt mending beli nvl atw cb150 dioprek dg 6.4 jt udah bisa ngasepin r15 sndri

    Yamaha emg overprice kecewa dah nunggu lma2.

  42. menurut saya paling tinggi harganya 27,5jt. spy pengganti scorpio msh ada space. Dulu waktu rilis cbr150 rentang harga yg sy sampaikan 25-26 jt, tp tetap aja nekat diatas 30jt, akhirnya apa yg terjadi? Penjualan tdk sesuai harapan, malah akhirnya hrs repot keluarkan cb150r, momentumnya sdh habis krn vixion jg mengeluarkan all new vixion. Utk R15 dan R25 modelnya mmg oke, tp saya fikir momentumnya jg sdh agak jenuh krn model2 berfairing sdh umum dgn masuknya kawasaki ninja series dan cbr series jg

  43. waah… kl harganya 29jt ya mending beli P200NS yg dah jelas menang semuanya. Kalo alesannya harga mahal segitu krn masih import, perasaan semua tipe Pulsar import semua tapi harga selalu di bawah motor Jepun. Tanya kenapa??????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here