460x110-okfeb

uk460x110_dec13_2

R25_bore

Bro sekalian, Via beberapa info yang masuk ke tmcblog terungkap sinyalemen spesifikasi mesin dari Yamaha R25 akan menganut jenis piston yang Overbore yakni jenis piston dengan ukuran Bore / diameter silinder-piston yang lebih besar daripada panjang langkah / stroke silinder-piston. Denger denger, Ukuran Bore dari Yamaha R25 akan 67mm . . . Kawasaki Ninja 250 yang memiliki ukuran dimensi piston 62 x 41,2 mm saja sudah Overbore . . . gokil banget beda setengah sentimeter diameternya . . . Lha ini R25 bakalan lebih Overbore dari N250 dong kalo githu . . .? (kalo boleh dibilang ekstreem banget overborenya)

banner-440x110

banner-460feb14

Jika kita menggunakan rumus Volume kubikasi mesin V silinder = 0,785 x Bore x Bore x Stroke x n maka jika benar Bore dari R25 adalah 67mm, maka untuk kubikasi 249 cc diperoleh ukuran stroke kira kira cuma sekitar 35,3 mm doang  . . . jauh lebih pendek dibandingkan stroke dari Ninja 250.  secara logika bila mesin memiliki stroke yang pendek maka piston akan bergerak turun-naik lebih cepat. Ini artinya mesin berevolusi lebih cepat . . . di artikel terdahulu tentang karakter mesin ini, tmcblog telah tulis Motor dengan mesin seperti ini biasanya akan  terasa sekali mudah dibetot untuk mendapatkan RPM yang tinggi. Motor Overbore biasanya banyak ditemukan pada motor-motor Balap dimana power sangat diagungkan . . . .

cek lagi deh berapa Red Line dari takometer R25 . . . 14.000 RPM . . . artinya 1.000 rpm lebih tinggi dibanding Ninja 250 . ..  yoi memang info sinyalemen mesin R25 yang lebih overbore dibanding Ninja 250 adalah klop dengan fakta fakta yang ada.  . . . muara dari sinyalemen ini adalah, jika benar lebih overbore, maka peak power dari R25 nanti disinyalir akan lebih tinggi dari Ninja 250, imho

R25_4

Artinya apa? . . . Ini lah yang merupakan salah satu added Value dari R25 . . . kalo boleh dibilang, karakter mesinnya disinyalir akan lebih Race Oriented dibanding Ninja 250 nanti dalam kondisi stock. Ninja 250 harus waspada nih . . .  udah diproduksi di dalam negri dimana punya keuntungan lokasi dan timing penyerapan market, Ternyata R25 punya bahaya laten performa di Track  . .. plus siap siap aja kejutan Pricing strategy nya secara Indonesia jadi Pusat Produksi bagi R25 dan R3.

Namun jenis mesin itu ada plus dan minusnya . ..  secara umum Overbore juga punya nilai minus, yakni ke inferioritas-an performa di rpm rendah . . . atau boleh dibilang, kurang responsif di rpm rendah karena hentakan torsinya lebih memble, cmiiw  . . . nah, adu drag pendek bisa kalah nih R25 . . . tapi ingat info ini ( bore 67 mm) masih info unofficial atau boleh dibilang masih rumor , kita tunggu info officialnya yaaa,  jadi semakin menarik  . . . sabar menunggu deh, silahkan dikomentari dengan pendapat mas bro sekalian, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

313 COMMENTS

  1. yg bikin nilainya turun kalau berkaca dari versi protoypenya cuma 1: sasis tidak deltabox.
    okelah mungkin perhitungan Yamaha memang lain.
    tapi tetep saja sasis balap Yamaha ya deltabox, dan varian yg lebih rendah (R15, vixion) pun sudah pakai deltabox..

    • Yes……of course……
      but, sorry about deltabox, we have to calculate the cost of production again, and it is impossible to deltabox for R25!

    • so Yamaha, dont you want to all out for this YZF clan?
      I think this wont only about the engine, racy handling, cornering or somewhat else, but also being pride of riding the YZF deltabox-ed family.
      sure Yamaha can built a good-packed machine, but deltabox is such a kinda class.

    • kalo menurut ane karna
      1. Biaya produksi akan sangat mahal dan tentunya ngefek ke harga jual, sebenarnya bisa saja pakai deltabox tapi di Indonesia udah ada sport 250cc FF. untuk produksi deltabox aja udah mahal, apalagi ditambah dengan mesin 2 silinder DOHC. Tetangga ane pasti langsung siap2 dengan kata operpret tanpa melihat value of moneynya terlebih dahulu.
      Kenapa di Vixion bisa pakai deltabox? Krna kebantu oleh biaya produksi mesin SOHC 4 klep yang lebih murah daripada mesin DOHC. Lagipula gearboxnya juga kena sunat menjadi 5 percepatan saja. Kalo V-ixion pakai mesin DOHC, maka tak mungkin harga jualnya ada di 23juta (otr jkt). Lihat saja tetangga ane yang mencangkokkan mesin DOHC 150cc 4 tak, bisa di set harga 23 juta tapi tetap ada yang dikorbankan seperti rangka pakai jenis diamond with truss frame (not perimeter), ban dan velg tidak lebar, velgnya common part, tutup tangki jendol, tak ada penahan cipratan lumpur dan spakbor kolong, bak kopling dan bak magnet pakai warna hitam, tak ada O2 sensor, n dkk.

      2. Ada kemungkinan ini bukan termasuk klan YZF karena menurut ane ciri khasnya ada pemakaian deltabox, full fairing dengan dual headlamp. Makanya pernah juga beredar bahwa headlamp R25 hanya berjumlah satu.

      Itu opini ane bro, boleh kan beropini hehehe

    • @biker250
      imho kok agak aneh ya kalo memang benar R25 bukan termasuk klan YZF.
      alasan: 1) spesies Rxxx selalu didahului dg YZF. 2) motor dg basis mesin yg lebih masal dan secara kelas berada di bawah R25 yakni R125 dan R15 (yg bahkan ‘cuma’ produk lokal) saja masuk keluarga YZF yg bergengsi, masa proyek motor mercusuar 250cc global R25 malah terpisah dari YZF.

    • looo kalau dikasih sempurna nanti gimana yamaha jualannya? mentok produknya.
      liat pigson, dicicil kan upgradeahnnya.
      tp yg saya pikir frame itu kunci pabrikan, engine banyak tuner yg hebat buat nambah tenaga, lha frame yg bisa modif biar lebih enak sapa?

  2. Tapi mesin overbore kompensasinya adalah torque yang rendah. Kalo dari artikel ini, asumsi prematurnya adalah torque R25 lebih kecil dari ninin 250. Yang berlanjut ke karakter mesin yang main di rpm tengah – atas sehingga relatif boros terutama utk harian. But what the heck ya kan? Kalo mau motor irit ya jangan beli sport bike, ngebebek aja sono 😀

  3. tinggal masalah handling, apakah selalu melebar saat cornering seperti n250 ? panas naik ke biji ?.. dry weight berapa ? top speed dan akselerasi ? dsb…

  4. drag jarak pendek hrs nya juga ga akan kalah, soalnya drag kan ga mungkin start di rpm 1000-2000 rpm….kan pasti cari rpm yang ideal buat start, jd bermasalah kalo dipake stop n go ala perkotaan hehehe

    • buat harian dengan kondisi jalan stop and go . . . biasanya overstroke lebih pas :D, cmiiw
      Contoh lain adalah mio (50.0 x 57.9 mm), Vario (50,0 mm x 55,0 mm), SkyDrive (53.5 mm x 55.2 mm)

    • disinyalir langkah pendek konsumsi bbm lbh boros, untuk menghasilkan peak power dan torque biasanya didapat d rpm tinggi drpd langkah pendek…!makanya lbh boros.
      tp jika sdh adopsi injeksi,forged piston disinyalir konsumsi bbm bisa ditekan…cimiiuuuw

    • yamah walu motor buat daily use, tapi lebih siap ke race, artinya

      ngak perlu rubahan banyak buat race

      ini dah jadi prinsip yamaha dari dulu

      bebek jupiter aja kenapa menang terus?

      mesin jupizer dah disiapakan dari awa u/ balap, makanya

      mesin jupizer z awal lebih kuat dari pada jupiter z

    • Hallllahhh….. Kalo sama FBH, smua motor Yamaha ! smua gada benernya, seberapa hebatnya pun motor itu,,,, setuju apa setuju?

    • kalau batas aman piston speed ada di 21m/s
      maka;

      D = 67mm
      r = 43.5mm
      V = 250/2 = 125cc
      pi = 3.14159265

      V = pi * r * r * h
      125 = 3.14159265 * 33.5 * 33.5 * h
      h = 35.454432mm

      v = 21m/s
      21 / 35.454432 = 592.309595

      1m = 60s
      592.309595 x 60 / 2 = 17,769.28785rpm

      red line = 14.500rpm
      14,500 = (x*60) / 2
      x * 60 = 14,500 * 2
      x = 483.33333

      v = 483.33333 * 35.454432
      v = 17.13630859m/s

      kesimpulan :

      piston speed pada red line : 17.14m/s (14.500rpm)
      rpm max sesuai regulasi aman : 17,769.29rpm (21m/s)

  5. saya harap dengan kami membuat motor ini, terlebih rencana kami harga akan kami buat terjangkau!! untuk membunuh kompetitor sekaligus membuat masyarakat menjadi pembalap jalanan semua!! paling tidak pencopet, penjambret punya motor keren dan kencang untuk menggantikan RX-King!!

  6. Yamaha itu lebay

    Pikson stroke-nya kepanjangan
    R25 stroke-nya kependekan

    DiJamin bikin pegel doang di jakarta

    Enakan CBR 250 dan Ninja Mono

  7. “Motor dengan mesin seperti ini biasanya akan terasa sekali mudah dibetot untuk mendapatkan RPM yang tinggi. Motor Overbore biasanya banyak ditemukan pada motor-motor Balap dimana power sangat diagungkan . . . .”
    pencerahan buat overstroke fanatic yg ngaku2 overstroke lebih kenceng 😆

    • ok boss, nvl berarti bukan motor balap ( sport ) tetapi sport fashion, tapi fby ngakunya itu motor sport…… pertanyaannya bagaimana sih filosofi sepeda motor dikatakan jenis motor sport ? tolong pencerahannya

    • Modal NVL saja DOHC Recall diasapi di trek 2,2km jl. sepi

      Modal R15 saja sudah bisa titip salam 6 detik perlap di Sentul

      Modal R25 Bikin DOHC satu Silinder muke Sempak tambah terlihat Semakin Lemoott..

      Hahahahaha

      Salam Recall

    • Sebenarnya bukan masalah overbore nya tapi panjang strokenya
      Percuma karakter mesin sudah overbore tapi ternyata panjang strokenya lebih dari 55mm
      contohnya bore 63,5mm x stroke 62,2mm

      Selama kapasitas mesin masih di bawah 200cc, masih harus lihat variabel lain selain karakter mesin

      kalo menurut ane, dikatakan sport apabila salah satunya, letak tangki ada di atas pipa utama atau tank rail. Nah nanti sport ini kebagi lagi. Ada berdasarkan tampilan, ada yang berdasarkan posisi berkendara.
      Yang berdasarkan tampilan aja bisa kebagi lagi ke naked atau full fairing. Yang naked sport kebagi lagi street fighter dan muscle bike. kalo dijabarin lbh lanjut bs panjang banget.

      Jadi NVL dan CBSF bila dikatakan termasuk sport, itu benar karena salah satu cirinya adalah letak tangki ada di atas pipa utama. Tapi bukan termasuk sport bike karena sport bike (atau mungkin bisa dikatakan pure sport) itu lebih condong ke arah performa dibandingkan dengan kenyamanan. Lagipula ciri lainnya adalah menggunakan full fairing, posisi berkendara memaksa rider untuk membungkuk agar menghindari terpaan angin dan jok belakang bertingkat.

      NVL dan CBSF bisa dikatakan naked sport(karna tanpa baju), bisa juga masuk ke sport turing (posisi berkendaranya tak menunduk dan posisi stang msh tinggi sehingga masih nyaman untuk berkendara) atau bisa juga masuk ke city cruiser (komuter) krna efisiensi bbm pada nvl dan penurunan performa serta atur ulang noken as serta rasio gir akhir pada cbsf.

      Please, jangan seperti tetangga ane yang selalu berpatokan bahwa sport itu harus DOHC dan bisa diajak nyentul. Mudah2an yang lain tidak mengikuti jejaknya,amin

      cmiiw ^_-

  8. Mudah2an didukung dengan tipe busi yg iridium sebagai standarnya.
    soalnya panasnya akan tinggi (rpm tinggi).
    Pengalaman saya di kawasakai z250, businya pake iridiumnya cbr250 (ngk simr8a9) jadi terasa lebih halus.

  9. ane yakin yamaha pasti akan berusaha sebaik mungkin memberikan superioritas pada motor yg fenomenal ini… ymaha gak akan sembarangan..

    faktanya mesin overbore gak selalu lemah di torsi, dan gak selalu kedodoran akselerasi..
    belajar dari bmw s1000rr.. meskipun stroke nya relatif lebih pendek dari pada kebanyakan motor 4 silinder 1000cc merk lain, tapi torsi dan powernya mutlak lebih gede dari pada kompetitor,, di test drag, kondisi sama2 standart, dia sering menjuarai.. hingga akhirnya mndapat julukan the new king of speed.
    mungkin yamaha akan mempelajari tentang itu, dan menerapkannya di R25.

    • Yamaha kalau udah terjun ke sirkuit ngak setengah2 kaya kawasaki bro.. Yamaha is The True Racing Instinct

  10. berdasarkan rumus piston speed, dengan batas aman 21 m/s, ternyata walau R25 digeber sampe 18000 RPM pun masih tetap aman lho kang taufik. Karena setelah diitung masih 21,3 m/s. Dengan diasil dan forged piston, masih kuat lah.
    Gile benerrrrrr 18000 rpm. Udah kaya’ Suzuki GSXR250 dulu. Yamaha dua silinder suara 4 silinder tuh.

  11. Ga deltabox ga masalah yg pnting desain fairing nyatu sama body n tangki, dan hdadlampnya jangan terlalu monoton kaya R15 yg dah bnyak di toko fariasi pggir jalan. . . Hadirkan nuansa yg berbeda kayak R1 mungkin. . .

  12. Kok komen di sini sering kena moderasi yo? ? . . Padahal sopan kok. Ini nih yg bikin aq jarang komen di sini. Cuman baca doang. . . Jadi meminimalisir kebakaran juga sih 😀

  13. 67mm gede juga ya… panteng rpm tinggi terus ni kalo jadi…
    ketemu lampu lalu lintas di blayer2, padahal buat ngejar torsi biar kalo start langsung ngacir…
    moga2 ga 67 deh… sekitar 62-63 baru enak…

  14. mantap biar para gerombolan fby ngerti dikit tentang mesin overbore krn selama ini yg dia tau cuma overstroke sohc. Ngoahahaha

  15. Wah bener2 gila, ini spek RPM jaman keemasan motor2 JDM 250cc 4 cylinder.

    Klo untuk ngatasin torsi R25 yg kemungkinan memble, pangkas bobot seringan mungkin, ato naekin kompresi se tinggi mungkin, pasti kyk roket dah. Salut buat Yamaha yg ngga setengah2 membuat differensiasi di sektor mesin.

    Klo harga cocok, angkut….zwiiiiiiiiiiiing

  16. Scr overall, paket R25 disinyalir sangat menjanjikan. Setelah baca R15 akan dihargai 29 jt-an, menarik utk menunggu pricing Yamaha soal R25 ini. Krn made in Endonesia, berharap sih jangan kemahalan. Oya mas Taufik dan Yamaha, apakah akan memakai BAN IRC ? Dunlop ? Daripada beli R25 lalu langsung ke Planet Ban ganti Michelin or Bridgestone, mungkinkah langsung dari pabrikan menggunakan Michelin or Bridgestone sbg ban bawaan ?

    • Nambah 2-3 jt juga ndak papa masbro, daripada harus ganti ban bawaan trus dijual di tokobagus.com, yoo nek laku, nek ora ? Pasti mantep masbro Lingkaran, nek langsung Michelin / Bridgestone.

    • ane juga berpikiran seperti ente bro dan menurut ane malah justru bagus banget karena itu termasuk salah satu faktor diffrenisasinya tapi ada baiknya lihat total biaya produksinya dulu krna kalo nntnya harga jualnya malah jadi mefet bin dekat dgn tetangga sebelah yang notabene cbu, tar malah dicap operpret sama tetangga2,

      Tapi sebenernya klopun mefet bin dekat juga tidak masalah asalkan value of monenya harus beda banget, kalo hanya sedikit ya berarti main disetingan harga saja

  17. wkwwk.. hadiah special dri yamaha khus buat penggila stroke up, yg slama ini yamaha udah memanjakan konsumennya dengan bore up wkkwkw.. n pastinya banyak common part stang seher yg bisa dikanibal buat nol packingnya 😀

    what do u think if some people get it stroke to 40-45mm :ngiler.sumpah:

    • stoke up main di setang seher ??? setahu ane, stroke up itu mainin big end di kruk as (digeser lebih keluar) lalu pakai setang seher yang lebih pendek dari aslinya biar nga nambah paking

  18. kabarnya sich….
    rencananya project yama R25 nantinya akan ada dua versi..R25 full fairing bike n R25 naked bike..
    mungkin yang versi naked nya punya karakter lebih torque .. IMO

  19. Torsi ninja aja udah terasa kurang wak. Di tambah over bore yg selisihnya di rpm dikit, artinya ya mesin ini bakalan susah

    Lagian jauh dari pakem yamaha yg biasanya akselarasinya bengis kek nvl dan vixsen

  20. kalo bener spek piston seperti yang diinfo kayaknya bakal mirip ama karakter mesin R6 ya wak kaji? spek nya R6 67.0 mm × 42.5 mm, ini malah lebih pendek stroke nya (67.0 mm × 35.3 mm), weleh-weleh jian bakal lemot tenan kui nang di RPM bawah, tapi meledak2 powernya diatas 7000RPM

  21. gilak kalo sampe 15000 rpm dapet jalanan sepi atau di sirkuit bakalan or-gasm.. kayak yang selalu dibilang clarkson, mobil kenceng adalah alat m@stu12ba5i terbaik bagi pria, kalo motor sama dong :mrgreen:

  22. Pake teori apapun ini motor menyulitkan berkendara di lalu lintas padat. Stroke pendek bakalan menyulitkan stop and go. Apalagi sesenya cuma 250. Beda kasus macem Ninja ZX 6 R, stroke pendek tapi 4 silinder, wuing wuingggggg…

    Sok monggo yang mau beli, saya sarankan beli ninja mono saja, harga separuhnya dari r25.

  23. Buat yamaha tetap santai dan hati2, pelan tapi pastii !! Jangan grusa-grusu yg nantinya mnyebabkan opini publik berkoar “produk gagal ” , jadi tetap santai tapi pasti karna kemanfaatanya adalah kembali kepada publik , salut ! Buat yamaha !

  24. Mesin overbore ga selalu putaran bawah lemot contoh apche rtr.Baik putaran bawah maupun atas ngisi terus banyak ko bloger maupun media yang sudah mencobanya termasuk saya .Peace.

  25. Wah kalau gini jadinya mantabs nih motor. Power band lebih luas dan peak power rpm tinggi cucok utk nyentul kang Haji. Mudah2 an bisa diliat di IRS nanti.

  26. Kalo menurut ane ini motor emng kenceng bgd, tapi kompensasinya dari seher 67mm yg 2 biji itu mesin lbh lebar, lbh berat pastinya, n bakalan susah di tekuk ditikungan, inget nyentul bukan hanya drag ato lurusan tapi cornerring juga banyak, 😀

  27. Wak Haji, should everybody use english when they want to have a strive about R25 to Yamaha directly, as R25 is their global product not Indonesia right? 😀 😀 😀

  28. Diman2 skarang jl. Byk lubang n macet.mw ngebut dmn? D jln macet bw takut kegores motor sebelah,beda ma bebek maen srodok aja lewat. Aneh ya ktny cadangan minyk dunia makin tipis hy mengandalkan fosil yg ga bs d perbaharui jd kedepany pakai motor2 listrik rencanany.lha pabrikan malah ngebut bikin cc besar smua.nasib anak cucu cma denger ceritany doang kelak .ha2..

    • kalo mau minyak dunia aman
      perbanyak kendaraan elektrik terutama di sektor transportasi
      Terus ente demo tuh buat stop yang namanya balapan seperti MotoGP atau WSBK atau yang lebih parah adalah F1

    • @104

      Kurang baca koran apa gimana anda ini?

      Ngebut dimana? emang kalo mau ngebut dimana? Di sirkuit lah. Aman dan legal. Kalo mau di jalan raya yang banyak lobang itu, emang bukan tempatnya kebut kebutan kan. Lagipula jalan berlubang dan macet ramai kendaraan itu dimana sih? Kota besar? yes, tapi Indonesia apalagi dunia tidak semua kondisi jalannya kaya gitu kan. Apalagi ini produk GLOBAL, jelas peruntukannya ga di Indonesia aja. Beda sama bebek? YAIYALAH INI KAN MOTOR SPORT, paradigmanya beda. Duh..

      Cadangan minyak menipis dan pabrikan malah berlomba lomba bikin cc gede? Heelllooo… ga liat itu BMW makin fokus ke mesin diesel utk cc besar dan mesin 1600 cc utk mesin bensin? ga liat Toyota dan Mercy beralih ke mesin hybrid? ga liat Ford yang rilis mesin ecoboost 1000 cc nya? Berbagai pabrikan mobil di dunia SUDAH lama mulai beralih ke teknologi lebih irit, utk cc besar dan kecilnya. Kenapa pabrikan motor belum? karena mobil lebih utama di mata dunia dan motor relatif bermesin kecil dalam perspektif global, jadi mobil yang lebih fokus kesana. Lagipula di banyak negara besar dan maju motor itu bukan transportasi utama, beda dengan Indonesia. Look at the big picture.

      Sepeda motor listrik itu teknologi belum mateng, apalagi untuk harian. Plus belum ada fasilitas yg mumpuni yang menunjang.

      Argumen anda ini terlalu invalid logikanya, walau masih relevan namun terlalu jauh hubungannya.

      Cepat boleh, tapi di sirkuit, bukan di jalan raya. Buka kacamata kudanya.

  29. kesimpulan :
    piston speed pada red
    line : 17.14m/s
    (14.500rpm)
    rpm max sesuai regulasi
    aman : 17,769.29rpm
    (21m/s)

    wow wow wow…
    bisa menjerit sampe 17000rpm
    tapi kalo gak pake titanium valve opo gak jebol tuh?

    klep klep . . .

    kalo benar sesuai gosip, berarti motor ini pancen bener2 edian…!!!

    • kan redlinenya udah di 14000rpm bro
      jadi ane rasa standarnya tak pakai klep titanium tapi kalo ada yang mau buka limiternya agar bisa sampai 17000rpm ya harus ganti juga per dan klepnya

  30. Y mugo2 YIMM wani masang Klep & Muffler Titanium… Ideal e motor 1/4L iso d geber 200kpj!
    Tp ojo lali pnyakit e slma iki wjib d bnahi… Kkuatn Sensor2e, lmpu2e, Velg & Handling.
    Pokok’e kudu jossss!!!!

  31. emang hrus superior kalo mau main d 250…
    hrs ada differensiasi…
    kalo ga… yaa ga bisa nyambangin n250…
    tinggal design yg belon final…

  32. eeeeeeeeaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    ini baru motor performance oriented
    stroke pendek dibawah 40mm

    jadi inget nunggangin sport 250cc taun 90an

  33. Kasihan FBH palanya pusing lihat Sport2 Ganteng dan Kencang yang bakal brojol tahun ini.

    Salam Recall

  34. kalau hasil drag antara ninja 250 vs r25.. sepertinya akan seimbang kang. ya memang mesin r25 lebih overbore. tp sepertinya bobot motor lebih ringan (terlihat dr dimensi.. swing arm aluminium alloy.. forged piston yang ringan(dsinyalir)).. ya msh abu2 memang.. tapi pst akan ada yg mencoba.

  35. Kesimpulan :

    Modal NVL saja DOHC Recall diasapi di trek 2,2km jl. sepi

    Modal R15 saja sudah bisa titip salam 6 detik perlap di Sentul

    Modal R25 Bikin DOHC satu Silinder muke Sempak tambah terlihat Semakin Lemoott..

    Hahahahaha

    Salam Recall

  36. Bore 67mm sama persis dengan CBR400R nya jepang, isunya kedepan ada CBR250RR dengan doble RR nya,. Tinggal turunin stroke nya sm dgn R25,.Udah sekelas dengan 2 cilindernya IMHO 😀

  37. Penasaran nantinya bakal makan berapa banyak MS nya Ninja 250, kalau CBR 250 ngak usah dihitung sekarang saja udah Koit

  38. Wah kalo bener diameter piston r25 67mm dijamin lebih boros bensinnya dr ninja250. Wong ninja 250 aja sdh boros apalagi ini…

    • kalo soal irit bila lihat dari karakter mesin sih memang bisa lebih irit ninja tapi kita juga musti lihat dulu ada teknologi tuk bisa mengoptimalisasi bbmnya ga dan kalo ga ada ya jelas bisa lebih boros

  39. kenapa sehernya dirancang sebesar 67mm ???

    menurut saya… supaya potensi stroke up jadi lebih besar

    contohnya saja dengan ukuran seher 67mm
    kalo di sandingkan dengan stroke 60mm = 211.6cc x2 = 423cc

    jadi mesin R25 ini perpotensi dibenturkan dengan Ninja 300, 400…. atau CBR 300, 400, bahkan yg 500cc sekalipun

  40. kurang setuju om, ini motor racing wannabe.. :p
    bukan motor diesel yg butuh torsi pada rpm rendah
    motor racing wannabe uda pasti maennya gantung rpm, dimana keunggulan mesin overbore rpmnya lebih cepat naek, yg berarti lebih cepat jg ampe max torquenya CMIIW

  41. Hebat ya para bikers….pada gape2 bahas r2 sampe dalemannya. Sy aja …yg bukan biker sejati….dr dulu selalu kagum dgn antusiasme spt itu…..cuma ya tetep gak pengen jd biker sejati. Hahah

    Sayang aja fbh bikin konyol kalo ikut nimbrung…..gak ada yg bagus dr fbh.

    😆

  42. Ternyata TMCblog udah kembali ke KITHAH…

    Begini nih yang namanya blog r2..info ajib.. Sharing ilmu dan adem ayem tanpa bc
    Lanjutkan diskusinya teman teman
    Sebagai pembaca setiA kali ini saya merasa enak baca komen anda semua

    Nb. Kalo mau bc…diwarung sebelah aja ya….

  43. coba kita berandai2 bila infonya melenceng yg 67mm itu bukan borenya tapi Strokenya yg 67mm.bakalan kena”Stroke” FBY.cuma becanda.

  44. lha kok melu2 honda yg overbore….berarti overbore itu lbh maknyus ktimbang kena penyakit stroke….
    ngoahaha…..

  45. Udah baca kwasaki bajaj 200ns blom itu kan overbore. Yah meskipun soch.. Akselerasi nya ganas kaatanya.. Lah gimana klo yamaha juga ganas tarikanya.. Ganas topsped nya mantaps .. Btw. Klo di sirkuit bakalan memble abis tuh. Aplagi kalo korekan vs rival korekan. Secara pengalaman cbr 250 sama ninja keok tuh ninja karna torsi dan ringan lebih penting. Tipe sirkut nya juga pengaruh sihh..
    Bagi saya seh klo sanggup beli r25. Pas buangeet hidup di kampung mau ke kota kluar dari kampung kejalan raya cuman beberapa menit stlah kluar langsung ktmu jalan raya .daaan broooooommmmmmmmmm bisa ngail top speed tiap hari dah wkwkwkwkkkkkk.. Secaraaa jlan nya lurus luas dan sepi kalau jam 1/2/3siang’an atau subuh.. Moga aja bisa beli hahahaa

    • kalo maksudnya cbr250 menang dari ninja 250 di sentul dan itu mengarah keIRS
      maka perlu ente ketahui adalah
      CBR250 bisa menang karena menang joki dana dan tim

  46. ==============================

    Kalo FBH cerdik….
    maka tinggal tempel sticker sayap
    diatas logo garputala….
    Biar FBH punya motor kencang honda R25
    buahahahaha..

    ==============================

  47. kren bnget disegnnya aplgi body blakangnya lbih lancip sprti yzr M1, dn modelnya jg gk kalah sma ninja, gw ykin r25 bsa mnyaingi ninja! ayo yamaha bruan donk..produksi r25 nya, jgn tnggu lma lgi..krn klo klmaan tkutnya pra bikers2 yg nunggu kdtngan r25 , nti bsa pndah klain hti, krnkan stiap mnusia jg pnya ksabaran, kn gk mngkin donk bikers hrs nunggu trus smpe brbulan2 bwt pny mtor ymaha yg kren itu..!! sukses trus bwt yamaha

  48. kren bnget disegnnya aplgi body blakangnya lbih lancip sprti yzr M1, dn modelnya jg gk kalah sma ninja, gw ykin r25 bsa mnyaingi ninja! ayo yamaha bruan donk..produksi r25 nya, jgn tnggu lma lgi..krn klo klmaan tkutnya pra bikers2 yg nunggu kdtngan r25 , nti bsa pndah klain hti, krnkan stiap mnusia jg pnya ksabaran, kn gk mngkin donk bikers hrs nunggu trus smpe brbulan2 bwt pny mtor ymaha yg kren itu..!! sukses trus bwt yamaha!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here