jump to navigation

Harusnya kalo lihat data desibel Pabrikan, New Vixion Pakai Muffler Sakura nggak kena Tilang Polisi April 21, 2014

Posted by Taufik in : bike accecories-part, yamaha , trackback

460x110_april

460x110

image

Bro sekalian, Via artikel ini, tmcblog mau mengajak diskusi mas bro semua akan banyaknya pertanyaan yang masuk ke tmcblog saat pertama kali rilis artikel mengenai muffler Sakura yang secara Global dipakai di ajang MotoGP oleh Yamaha Tech3. Pertanyaan dan keraguan sobat sobat pembaca tmcblog terekam di artikel tersebut seperti berikut ini misalnya :

banner-440x100px

banner-460feb14

enoanderson – April 18, 2014 [Edit]    

    Waow, mantapp… btw, Gak kena tilang ya wak haji ?

prasetyo676 – April 18, 2014 [Edit]    

    Aman dari razia knalpot berisik gak ya..?

13. Z1 Mania – April 18, 2014 [Edit]    

    Pengen ganti knalpot. Tapi takut jd masalah pas kena razia polisi. Ntar dipermasalahin. *jd galau.

20. orang lewat – April 18, 2014 [Edit]    

    1 pertanyaan….
    kalo lg ada razia d jalan.. kalo pake knalpot ini bakal kena ga?

35. Rudy Parutan Kelapa – April 18, 2014 [Edit]

jika motor yamaha menggunakan muffler sakura tanpa dimodif, yamaha indonesia menjamin garansi tidak akan hilang.
tapi kalo pake muffler sakura kena razia pak pol (bukan pol espargaro, apalagi pelawak polo), yamaha indonesia berani mau menjamin gak…???

dan masih banyak lagi pertanyaan pertanyaan serupa dengan pertanyaan di atas . . . Oke tmcblog copas lagi ya kutipan tulisan di artikel sebelum ini tentang regulasi masalah suara knalpot ini :

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009. menyebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas : untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db. Dan regulasi ini lah yang disinyalir digunakan sebagai tolok ukur kebisingan yang diatur pada Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang mengancam sanksi bagi pengguna knalpot bising yakni pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. – diolah dari detik

Nah Jadi regulasinya sudah jelas yaa bahwa untuk Motor 80-175 cc batasan ambang suara muffler maksimum adalah 90 db  . . .  ini lah  instrumen regulasi yang digunakan Para penegak hukum untuk menilang pengendara bermotor roda dua terutama di segmen motor 150 cc . . . bagaimana nilai ambang batas muffler Sakura untuk Yamaha New Vixion . . . cekidot

portofolio_sakura_0007

Yap dari data di atas diperoleh informasi bahwa suara yang dihasilkan oleh Muffler aftermarket sakura adalah 90db atau pas banget dengan nilai ambang batas maksimum yang diperbolehkan . . . atau jika memang peraturan tersebut yang dipakai dan data desibel muffler yang diklaim Pabrik sakura di atas adalah akurat . . . maka atas kedua pasal yang tmcblog jelaskan harusnya tidak kena tilang . . .

Cuma memang Pak Polisi harus punya barang bukti kuat, barang buktinya bukanlah mufflernya, akan tetapi data desibel suara output dari muffler tersebut karena pasar pasal tidak menyebutkan jenis mufflernya tapi lebih ke desibelnya . ..  dan ini berlaku bukan hanya untuk sakura tentunya, buat muffler lain juga begitu. So Pak Polisi harusnya juga dibekali pemerintah alat pengukur desibel suara yang telah ditandarisasi dan dikalibrasi secara berkala oleh lembaga kalibrasi yang berwenang seperti badan metrologi, cmiiw . . . ini hanya pendapat tmcblog saja, Bagaimana Opini mu ams bro? silahkan share semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

lampiran :

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru :

ambang_batas_suaraKendaraan

2ambang_batas_suaraKendaraa

 

Comments»

1. Tapir Rawa - April 21, 2014

Kenyataan di lapangan: suara beda = tilang. Hukum di Indonesia kan cuma buat lucu-lucuan :D

Dol Gembuk - April 21, 2014

Ngoahahahahahaha…ente jenius kak.

Mas Odi - April 21, 2014

owalah :D

-https://odipermana.wordpress.com/2014/04/20/inilah-dia-fans-berat-rossi-forever/

Bintang Jati - April 21, 2014
Huaha - April 21, 2014

Kalo ketilang, dituntut aja yamaha sama sakura :D
Pidana pembohongan publik.

nivikoko - April 21, 2014
monkeymotoblog - April 21, 2014
2. tri susanto - April 21, 2014

ألْحَمدُالِلّه :)amaaannn..
.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

3. Alfido™ - April 21, 2014

kyk nya tetep kna tilang kang

Dol Gembuk - April 21, 2014

Yakinlah sumfah kalo tu…!!!

4. Alfido™ - April 21, 2014
5. Mr. Bee - April 21, 2014

podium

6. Tapir Rawa - April 21, 2014

Kalo pun mau, pemerintah bisa nerapin cara di Jepang. Semua knalpot aftermarket ada aturan yang di bikin pemerintahnya. Terutama mana yang bisa legal use di jalan, mana yang KHUSUS buat balap. Contohnya bisa cek website knalpot Yoshimura Jepang.

lingkaran - April 21, 2014

Sayangnya pemerintah kita itu kalo proyeknya ga gede sehingga peluang buat nilep uang negara, ga bakalan mau bergerak

7. kang onar - April 21, 2014

josh. . .sesuai aturan sajalah . .

8. hayyu motor - April 21, 2014

tetap merinding jika diterapkan buat harian

9. ndas becak - April 21, 2014

hidup knalpot brong…tetangga sebelah kemrosak dan klotok klotok duluan….

thelifebone - April 21, 2014

otak bece

10. Z1 Mania - April 21, 2014

Pak pol nya ngga punya desibel meter. *wilayah abu2 bisa dimanfaatin oknum :(

11. Z1 Mania - April 21, 2014

So Pak Polisi harusnya juga dibekali pemerintah alat pengukur desibel suara yang telah ditandarisasi dan dikalibrasi secara berkala oleh lembaga kalibrasi yang berwenang seperti badan metrologi, cmiiw . . .

Se7 banget ama statement nya :)

Dol Gembuk - April 21, 2014

Wani piroooo?????

12. nurwiosa - April 21, 2014

wak haji, itu bener 175cc keatas 90db? kok sama dg yg 80cc – 175cc
saran buat yg takut kena tilang bawa hp android n insstall aplikasi prngukur DB (kayake ada), coz pak pol palingan jg gak punya alat pengukur DB.

Taufik - April 21, 2014

bener, tuh saya sisipkan peraturannya di bawah

randystrife - April 21, 2014

Betul. pake aplikasi sound meter aja buat ngukur decibelnya. trus sekalian bawa bukti foto aturan pemerintahnya. kl kena razia.

13. Z1 Mania - April 21, 2014

Power knalpot standard -> 16,5 Kw. Setelah aplikasikan muffler Sakura, kok cuma jadi -> 16,6 Kw ? Terus keterangan 17% up itu apanya yg naik yah ? :o

thelifebone - April 21, 2014

darahnya yg naik bro

Dol Gembuk - April 21, 2014

Andrenalinnya bro…biar yg naek besar kepala sampe helmnya gak muat cz suara motornya terdengar kencang pdhal lari masih sutandar…Muahahahahahaha

Roti Goreng - April 21, 2014

Kayaknya torsinya deh. Kalau lihat dari grafik diatas sih power maksimum’nya ga naik signifikan. Tapi power bawah yang main. Kalau power bawah naik rentang torsi maksimumnya naik soalnya torsi main di putaran menengah. Torsi & power itu linier enggak bertolak belakang. Ya efeknya ke akselarasi yang makin nampol di putaran bawah menengahnya.
CMIIW :D

Taufik - April 21, 2014

yap sepertinya torsi di putaran bawah, cmiiw

Z1 Mania - April 21, 2014

@Roti Goreng
maturnuwun bro pencerahannya :D

lingkaran - April 21, 2014

Tapi ane juga ya
Tenaga standar NVL bukannya 12,2Kw ya?
Kenapa jadi 16,5Kw?
Apa yang ngetik udah mulai lapar ya?
Yang seharusnya 16,5 Ps jadi 16,5 Kw

dia mulai lapaaarrr

14. dadot - April 21, 2014
15. abdi - April 21, 2014

Polisinya suruh pke juga wak, dijamin aman….

16. Dol Gembuk - April 21, 2014

Ngoahahahaha…sepertinya pihak Yamaha ada maen mata ma anggota satlantas nih!

17. Dol Gembuk - April 21, 2014

Ane jamin dah smua yg pake knalpot sakura kena tilang…kyak gak tau kerjaan wereng coklat ja…suka gelap mata! Ngoahahahaha

18. mas huda - April 21, 2014

jadi g ditilang sama pak polisi dong ya….

nitip ya pak haji http://bit.ly/1iuu4NZ

19. Dol Gembuk - April 21, 2014

Sepertinya pihak Yamaha telah melakukan PENGGOBL*KAN SENALPOT,salah ding…PEMBODOHAN OTOMOTIF! Muahahahahaha…

20. bark.. - April 21, 2014

pak pol harusnya BACA Blog!
jadi ga asal tilang karena liat jenis knalpot.. toh sudah jelas yg di atur itu AMBANG BATAS KEBISINGAN SUARA..
bukan Jenis EXHAUST SYSTEM nya!
Biker yg suka baca artikel kek gini.. jangan mau di bodohi pak pol yg Sok Pintar.. PADAHAL PENIPU!
kita Warga Indonesia Harus PINTAR! :D
Cayoo.. ntar kalo ada razia bawa cam.. record. terus kasii ke TMCblog ato lek IWB biar di bikin artikel PENYALAHGUNAAN ATURAN. hehehe

21. Roti Goreng - April 21, 2014

Ya udah bikin petisi aja tentang peraturannya kalau emang banyak biker yang pengen ada regulasi jelas. Kalau perlu bikin aksi turun ke jalan. Yang penting damai dan sesuai peraturan bakal lancar kok. Biker jumlahnya juga ga sedikit kan. :D

22. KUDA jingkrak - April 21, 2014

nah skrang tinggal adu argumen aja ma polisinya… Yg penting hapal dlu aacchh pasal dan isinya xixixixi :D

Taufik - April 21, 2014

nah itu udah saya sisipkan, silahkan print aja :D

KUDA jingkrak - April 21, 2014

heheeee siap wak :D
Di print trus di hapalin.klo ga hapal” taroh aja di jok hahaa… Paling murahnya brpa ya wak harga sakuranya?

jahe - April 21, 2014
23. B070NK - April 21, 2014

Kalo di jalan mah kenyataannya beda wak haji. Kalo polisi kita lagi gak punya duit buat beli pulsa atau pengen makan nasi padang pasti kena tilang . Terus emang polisi ngerti kagak desible itu? taunya polisi db itu “duit bang”

24. danisubject - April 21, 2014

kayak kasus honda blade 2013 limited edition bang . knalpot racing dari pabrik

25. irwand - April 21, 2014

yg ada malah jd ladang hijau (makanan empuk) polisi secara polisi jmn skrg ijo ama duit..SIAP KOMANDAN

26. jetwan tumpaker - April 21, 2014

Sebagian readers tmcblog pasti ada yg anggota pulisi, dan atikel ini jg dibaca oleh mrk, ayo bapak2 & mas2 pulisi gimana pendapat sampeyan?

Taufik - April 21, 2014

yap saya hanya membaca dua pasal itu saja dari UU lalin dan peraturan pemerintah (lingkungan hiup) . . mungkin ada pasal lain yang saya belum tahu mengenai hal ini, mohon pencerahannya :)

Lionel Andrean Giordanu - April 21, 2014

Tpi jgn sampe bikin pasal baru buatan sendiri…

27. bass_betot - April 21, 2014

…tawar menawar harga pas tancap gas…

28. kebo ijo - April 21, 2014

miris liat polis skrg,

duit harampun g masalah..
perut dh pd buncitpun msih srakah…

pd sok gya pke kcmta htam..
petantang ptenteng kyk jagoan

asal wani piro
jln pun d prsilahkn “monggo”

(jalann nganjuk-kertosono)

29. dhola - April 21, 2014

kemungkinan bsar ttp d tilang, kn pk pol d sni lw brngkat g sarapan ma g bwa uang jajan :3

30. dred - April 21, 2014

harga ‘damai’ sekarang udah naek..dulu 20rb..kmarin-kmarin 50rb..skarang bisa 100rb aja dpt nawar melas2… Wkwkwkwk..

31. Eko Yunianto - April 21, 2014

Bentuk knalpotnya aneh…. Masih cakepan n*w mug***o….

32. Rudy SouL - April 21, 2014
33. orang awam - April 21, 2014

kalo pak pol mah ane rasa nyari gampangnya aja. kalo kudu ngukur besaran desibel malah ribet, ntar mereka ga dapat duit tilang dong…

34. machalesana - April 21, 2014

bukan masalah suaranya wak haji, rata rata knalpot aftermarket kalo dipakein dbkiller juga suaranya adem banget, masalahnya adalah bentuk knalpot tidak standar kena deh sama polisi, knalpot aftermarket harus dibikin standar sni / street use(kayak helm dibikin emboss atau apalah gitu) jadinya knalpot aftermarket sni aman dipakai dijalan, dan juga ga gampang dipalsuin

Taufik - April 21, 2014

yap sepertinya itu . . . modifikasi dari bentuk standar itu yang masuk klausul delik pasalnya . . . tapi pasal yang mana ya di uu 22 ?

35. aripitstop - April 21, 2014
36. ♥♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♥ - April 21, 2014

polisi dalam negeri harus di beri penyuluhan agar tidak katrok ..

37. anggitraveizo http://xgrid.heck.in - April 21, 2014

yah wak haji ,, tetap aja kena tilang lha wong polisinya aja gak pake alat ukur db alat ukurnya telinganya polisi,,,, maen tilang aja kalau nggak standar knalpotnya. ingat artikel yudibatang.wordpress.com banyak artikel tentang polisi menilang pengendara. :D HARUSNYA YAMAHA MENYATAKAN SECARA RESMI KALAU PAKAI KNALPOT INI TIDAK DITILANG POLISI(sampaikan ke yamaha ya wak haji). cmiww agar konsumen gak was2

Taufik - April 21, 2014

disinyalir komen bro udah dibaca sama yamaha dan sakura hehe :D

yoyoyo - April 21, 2014

harga 1.9jt naekin torsi ma power cm naek 0.1 dari 16.5 ke 16.6. worted gk ya ?

38. rifz - April 21, 2014

sudah saat nya tiap produsen knalpot membekali produk nya dengan SNI,

39. hid - April 21, 2014

menurutku untuk knalpot racing harusnya diperuntukan di tempatnya bukan dijalan raya.

40. paperiders - April 21, 2014

Bukan masalah sound desibel di lapangan beberapa daerah kelihatan sudah racing aja polis masih nilang, sedang di area SAMSAT (area kab. Malang) penggesekan mesin dan rangka 5 tahunan bila knalpot ga “standart”(standart dalam artian yang umum) pabrik tukangnya ga mau nggesek. Na lo.. Apalagi kalo plat luar karisidenan.. waspada tingkat dewa :D

41. delik - April 21, 2014

Fish.. (Wak).. kok jelek yah model nya… masih cakepan knalpot dalem negri macam R9..

randystrife - April 21, 2014

Sakura juga buatan dalam negeri tp udah go international bro.FYI

42. SOHC LOYO - April 21, 2014

Polisi tetep pukul rata

knalpot racing apapun,merek apapun ,bentuk tidak standar bawaan motor,suara ngebass/blombongan, pasti kena tilang.

Mau ngeyel??

“silahkan debat di pengadilan” , jawab pak/bu polisi

43. basri - April 21, 2014

Bakalan banyak di palsu. Begitu juga sticker bakal dibuat tiruannya buat ngelabui police

44. Roy (Sempak Operpret) - April 21, 2014

asal suara nya gak kenceng2 amad kekx gpp wak aji.
kalo suara nya terlalu memekakan telinga langsung di brentiin.

cmiiw…

45. keselek panci - April 21, 2014

ya kita juga harus ngrumangsani dan tepo sliro lah, kita berkendara dijalan tidak sendiri, ada pengendara lain juga, yg terkadang ada juga yg tidak suka dengan suara knalpot racing yg notabene imagenya cempreng, kalo knalpot aftermarket yg bersuara ngebash yg di pakai ninja nggak di tilang wak, biasanya yg suaranya cempreng yg di tilang

jadi semua itu jangan ngukuhi benarnya sendiri, memang kita individu punya hak untuk menggunakan apa yg kita inginkan, tetapi hak kita di batasi hak khalayak orang banyak, kita makhluk sosial bukan makhluk individual, jd mending gawe standart wae, lek arep gae knalpot aftermarket yo monggo, tp yo ojo cempreng2 ben ora ganggu pengendara yg lain

46. ramadanisite - April 21, 2014

Harusnya gtu, jgn maen tilang aja,.

47. dexter - April 21, 2014

Danke infonya bang…
Kalo saya sih sudah pasti tidak takut di tilang klo mmg pabrik sudah memperhitung hal tersebut.
Urusan tilang ditilang y polisinya harus bisa membuktikan dong. Bikers harus ngeyel ma polisi. Tapi klo mmg perhitungan pabrik meleset y siap2 ja sampean bayar tilang/ikut sidang…
Hew.hewwww…

48. wuzzz_wuzzzz - April 21, 2014

Saya mau tanya wak, 90db itu di rpm brp ya? Saya rasa UU itu masi banyak celah

Sekedar pengalaman pribadi
Motor jupi z, knalpot r9 kena pasal “mrebegi tonggone” asem tnan !! Masa pas dia cek, saya suru gas” motor, prasaan kalo di gas” gitu smua motor juga brisik

Terus semisal merk yg lain kaya yoshimura, r9 itu bukannya udah resmi, karena punya merk dagang dan kena pajak, berati pemerintah udah men sah kan barang tersebut dong?

Kalo dibahas ttg merk dan kita nuntut polisi buat nutup pabrik nya aja kalo emg knalpot” merk di atas ilegal, jawabannya pasti balik nyalahin kita ” ya ga ush beli, kalo gada yg beli kan pabriknya bangkrut ”

Asli saya bingung wak sama hukum di sini, konsumen jadi korban, pdhl merk” knalpot itu bandrolnya tidak murah

49. orong-orong - April 21, 2014

sayang di lapangan tidak pakai alat untuk menentukan ini melanggar tidak. cuma dengan kuping biasa saja
http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/04/21/sejarah-honda-cb/

50. devil - April 21, 2014

Klo ga salah dulu om arantan pernah posting mengenai aturan noise knalpot racing. intinya pengukuran db tidak applicable dilakukan dijalan (oleh polisi langsung) karena ada standar2 dan kondisi lingkungan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum dilakukan pengukuran, dan jalan raya bukan kondisi yang sesuai dengan standar yang dimaksud. walaupun pak pol punya db meter tetap itu ga bisa dijadikan justifikasi menilang. yang pas adalah pengukuran terhadap produsen sebelum produk itu dilempar ke pasaran.
bicara UU, pak pol tidak bisa menilang knalpot racing karena justifikasinya tidak kuat/tidak ada.

wuzzz_wuzzzz - April 21, 2014

Nah itu dia bro.. Standarisasi pengukuran db nya itu gimana ga jelas..
Kita konsumen dirugikan sama peraturan yg abu”
Apalagi kalo sampe yg ngancem” mau patahain knalpot lah.. Gimana itu ngatasin oknum” yg kaya gitu?

51. devil - April 21, 2014

Kita harus hafal UU nya klo mau menang berdebat dengan polisi, bolehlah adu argumen, krn boleh jadi mereka jg ga tau detil peraturannya spt apa. Klo ga tau UU ybs ya jadi santapan si wereng coklat..

52. yoyoyo - April 21, 2014

nnti pas ditilang bilang aja “pak saya anterin ke dealer harley yuk…berani tilang gk”

Joko Wardoyo - April 21, 2014

screaming eagle suaranya jelas diatas 90db :D

53. Pamiarsa Tea - April 21, 2014

Ok,, gak aku tilang kok.. cuma ..WANI PIRO….??

54. hery sunarya - April 21, 2014

Mungkin kl pake mufler after market saat dalam kota mgkn g ditilang krn qt masih bisa adu argumen tapi kl uda luar daerah ato saat qt touring polisi bisa aja menilang dengan seribu alasan dan qt merasa terdesak krn qt g tau kl d tilang akan mengambil stnknya dmana dan ujung2nya qt kasih uang damai

55. devil - April 21, 2014

@wuzz
klo bener tuh dipatahin dilaporin aja tuh polisinya ke yg berwenang, skrg udah banyak layanan pengaduan terhadap polisi nakal seperti divisi propam polri. matahin knalpot sama aja dengan pengrusakan hak milik dan ada UU yang mengaturnya. Jangan takut terhadap aparat klo kita berbuat benar.

56. nivikoko - April 21, 2014
57. bocah94 - April 21, 2014

harus tetap ditangkep aja tuh pak polisi, bukan masalah suara knalpotnya yang mengganggu, tapi hembusan angin dari knalpot langsung ke muka …………. liat aja sesespunya aja masih sopan (Ninja 2 Tak) ujung knalpotnya dibuat tekukan ke bawah, ga kaya knalpot 4 tak

58. wen - April 21, 2014

pengalaman pribadi..
ttp kena tilang maz gara2 pake muffler racing..
hihihi.
ampun deh..

59. gundoz - April 21, 2014

cuma d Indo, bikin aturan
tpi g punya alat memadai
nggilani polisi e, mbuh sing penting aku oleh duit :D

60. wuzzz_wuzzzz - April 21, 2014

Keliatannya peraturan ttg db itu gakan dipake polisi di jalanan wak..

Sumber dari link ini
http://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt4ebb3d9e5f7a3/ditilang-karena-knalpot-motor-tidak-standar

Silakan dikunyah”

Taufik - April 21, 2014

yap saya juga berfikir demikian pasti ada delik lain . . . yakni Pasal 285 UU Lalu Lintas, thks bro

bark.. - April 21, 2014

Jadi dengan penjelasan saya di atas, tidak perlu lagi rekan-
rekan semua protes mengenai pak polisi tidak berhak
menilang, karena tidak memiliki alat pengukur desibel suara.
Dasar kita “MENENTRAMKAN” bumi pertiwi ini dari “KNALPOT BERISIK” bukan menggunakan dasar satuan keras suara, namun
yang dicari adalah knalpot yang TIDAK STANDAR.
.
Nahh ini nih yg SALAH!
kutipan jawaban dr hukumonline itu udah jelas.. menentramkan knalpot berisik.. bukan knalpot racing , banyak kok knalpot aftermarket yg TIDAK BERISIK.. terus knp masih kena tilang jg???
dan kalo memang masih ngeyel tentang KNALPOT TIDAK STANDAR. buat apa susah.susah bikin UU lalulintas tentang AMBANG BATAS KEBISINGAN??? toh kaga di pake!
Percuma.. Indonesia harus nya harusnya ga usah ada aturan sekalian. GA DI PAKE BROH… cuma nambah dosa aja.. makan duit tilang di jalan. Astaghfirullah..

lingkaran - April 21, 2014

@bark
Nah yg diliat pak pol dilapangan itu

knalpot tidak standar = berisik = tilang

susah kalo lagi berurusan sama pak pol yg lagi laper atau lagi butuh duit buat biaya sekolah anaknya

61. karSidi - April 21, 2014

di negara ini seringkali regulasinya baik namun regulator nya yg kurang bahkan tidak baik…

62. ridertasik - April 21, 2014

Gini wak haji dari sysetem penilangan yg ane liat dgn mata kepala sendiri d daerah ane loh ya,polisi tilang menilang nya asal pake knalpot racing aja langsung d tilang,tanpa peduli berapa DB suara yg d keluarkan si motor,coba deh cek ke lapangan polisi pake alat ga buat ngukur kebisingan si motor ? asal knalpot racing langsung “wani piro” :lol:

adie - April 21, 2014

kenyataannya kalo polisi liat bentuk (fisik) knlpotnya bkan standar pabrik pasti main tilang.. ga peduli db nya rendah atw tidak… karena di lapangan mereka ga punya alat ukurnya.. jadi liat bntuk knalpot racing lsg main tilang tapi klau liat knalpot std di modif / dibobok (suara sperti knlpot racing) ga di tilang.. kjadian bneran temen ane ini..

63. Lovemotobike - April 21, 2014

apapun itu, sepertinya emang produsen knalpot aftermarket kudu punya sertifikat khusus yang bisa bikin ga ditilang ma polisi walaupun pake knalpot mereka…keknya itu solusi yang paling oke

—————————————————————————-
CBR 250 dual Headlamp, performa meningkat…tapi sia-sia doank kalo ga di CKD dimari

http://lovemotobike.com/2014/04/21/cbr-250-dual-headlamp-power-naik-jadi-2855-hp-konsumsi-bbm-tembus-50-kml-semuanya-sia-sia-kalau-ga-di-ckd-in/

64. Ocon Rose - April 21, 2014

Masalahnya Kang, Pak Pol juga sering menggunakan pasal “ini knalpot bukan bawaan Pabrik” sama seperti kasusnya Harley davidson yang pernah banyak di komplain masyarakat, ada Pembesar Polisi yang mengatakan bahwa itu Knalpot bawaan Pabrik jadi ya memang besar suara nya dan tidak melanggar aturan karena dari pabriknya sudah demikian.
Nah klo sakura ini kan bukan bawaan motor / pabrik jadi bisa saja jadi alasan untuk di tilang.
Yang lucu lagi beredar rumor di anak2 motor klo pake knalpot eRnain tidak di tilang karena produsen knalpot eRnain sudah ada perjanjian dengan pihak kepolisian. Coba Kang sekali kali di bahas dong soal rrumor ini.

lingkaran - April 21, 2014

Tetep kena bro
ane pernah liat foto tilang motor pake ernain (ernain apa erji sih)

jadi pake ernain juga bakalan kenap

mungkin kalo ernainnya dipake di motorsemprot baru ga kena kali bro krna ane denger rumornya motor semprot terutama yg ada nama clubnya ga kena

65. Redribbon Army - April 21, 2014

artikel ini harus di bookmark, trus nanti kalo ketilang polisi gara2 si oknum cuma liat knalpot, tinggal di suruh baca saja
http://pasukanredribbon.wordpress.com/2014/04/21/pemakaian-ban-besar-pasti-tenaga-jadi-lemot-benarkah-atau-dengan-trik-tertentu-bisa-membalik-keadaan/

66. monkeymotoblog - April 21, 2014
67. dave - April 21, 2014

yg penting c menurut saya,,
daripada polusi suara atw tilang menilang,,
saya lebih peduli tentang polusi udara,,
jadi motor vixion yg pake knalpot aftermarket ini,,
bisa lulus euro 2 bahkan euro 3 ga?
jgn mo kenceng2 atw keren2 lah,,
ramah lingkungan dulu,,
terus baru pikirin ramah suara,,
tiap malem minggu mo tidur dah ampir subuh,,
masih aja ada motor yg berisik,, ganggu c..
dah ga disaring lagi tuh asap,, berisik lagi,, zz..
untung nya buat pengendara apa? ga ada..
untungnya buat orang laen? ga ada,, yg ada = rugi,,
imho,, cmiiw,,
btw setuju ma yg bilang pake dbkiller biar ga berisik..
go green yg pasti..

68. ipanase - April 21, 2014

pas mepet regulasi 90.. tenaga naik 0,1 KW dan pwr naik karena knapot enteng, namun biasanya pak polisi nggak mau tau, ngggak ori = tilang, xixixiixx
http://pertamax7.com/2014/04/21/kawasaki-ninja-250-rr-mono-versi-naked-akan-diumumkan-akhir-bulan-april-2014-ini-bernama-kawasaki-z-250-sl-bisa-rp-36-jutaan-nih/

jofrin - April 21, 2014

atas ane bener en berpengalaman…pernah ditilang gara2 pake megison…alasannya rider gak jelas….motor megapro headlamp byson spatbor en stoplamp tirev ditambah pake kaos ducati…karepmu piye to cahhhh wkwkwkwkwkkw

ipanase - April 21, 2014

buahhahahhahhahha, aku mag rung tau ketilang goro2 kenalpot ,wkwkwkwkkwkkwwww wkwkkwkww

jofrin - April 21, 2014

eh iyo…tbh ra jelase knaplote nganggo tirev wkwkwkwk

ipanase - April 21, 2014

wkwkkwkwkkwkwkwkwkkwkwwkwkkwkkwwkwwkww,,
pokoke kalau ada surat sakti dari YIMM dan SMF anti tilang,, wan pasang wis

jofrin - April 21, 2014

lha gelem nuku knalpot Sakura motor Soul GT ku po??….hehehe

69. sodiqcho - April 21, 2014

Wak haji…
Metode pengukurannya gmn?
dr jrk brp meterr, dr dpn/ blkng?

70. devil - April 21, 2014

saya kira jawaban yang diberikan dalam hukum online jauh dari kata memuaskan. knalpot yang TIDAK STANDAR. Tp yang standar itu seperti apa? pasti ujung ujungnya akan menyangkut noise yang akan dikeluarkan oleh knalpot tersebut dan akhirnya juga terbentur pengukuran noise yang ada standar sendiri yang masih belum dipenuhi oleh polisi di jalan. Jika alasannya ingin menentramkan bumi pertiwi dari knalpot berisik, ini belum ada UU yang mengatur, jadinya ga boleh juga main tilang juga. Klo misalnya ane punya knalpot racing bagus yang ga seberisik knalpot standar, apa harus ditilang juga?

71. skotlite - April 21, 2014

hrusnya gk kna tilang krn knalpot sakuranya ambang btas suaranya msih 90db cma yg nmanya pak polisi itu wlwpun dy negakinnya gk ssuai aturan ttep aj dy mnang, cba klo kita kna tilang trus ngelawan, bkannya polisi tkut ma qt malah qtnya yg dtngkep, krn polisi sprti itu biasnya mng gk mw klah krn dy mrasa dy bnar..!
yg mnjdi prtnyaan misalkan qt kna tilang trus disidang dkntor polisi, klo qt pnya alsan yg kuat klo knalpot racingnya suarnya hnya 90db apakah qt ttep bsa menolak ditilang?

wuzzz_wuzzzz - April 21, 2014

Kalo udah tanda tangan di surat tilang artinya anda menerima keslahan anda bro.. Jadi di persidangan ya tinggal bayar denda nya tanpa ada embel” pembelaan diri

Kalo pas mau ditilang ngeyel, ga trima mau ditilang, nah sama polisinya itu biasa kita dikasi surat tilang dengan tanda X di kanan atas, dan kita ga usah tanda tangan surat tilang, tapi sampe di pengadilan belibet urusannya bro..

Berdasar pengalaman pribadi si

72. r6 - April 21, 2014

tetep wae kalo keliatan senalpot racing tetep tangkap…….. ujung ujnungnya ya. seperti biasa…….. tau kan….. UUD

73. macantua - April 21, 2014

harusnya gitu

macantua - April 21, 2014
74. sukou - April 21, 2014

klo knalpot racing qt masih diambang batas suaranya msih 90db tp ttep kna tilang krn polisi itu hnya mikirkan ‘uang damai’ semata, makanya gk heran klo perut polisi itu bnyak yg buncit…hahahahaha

75. achmadarif - April 21, 2014

knalpot mahal klw ditilang jga percuma, sakura harus bikin perjanjian dngn petinggi po*isi, upeti wkwkwk.. tahu sendiri pejabat kita!!

76. jofrin - April 21, 2014

pokoke knalpot uda gak standar…pake P200NS aja pas razia si pak polisi malah ngmg “kenapa kok dicopot knalpotnya mas?”…..piye jalll trs aq kudu jawab piye nek ngono…:)

demin - April 21, 2014

Dianggep knalpot-nya diumpetin ya om :))

jofrin - April 21, 2014

hehehe…pengalaman ane pas kena razia di Magelang awal November 2013 bro :)

demin - April 21, 2014

Berarti harus bawa manual book-nya si PNS kemana2 buat ditunjukin sama Pak Pol klo ngeyel. Untung ada buku manual asli india-nya stand by di bawah jok NS saya whekekekek.

jofrin - April 21, 2014

hehehehe…ane juga bawa kok…makanya juga ane tunjukin dulu…jawabnya cuma OOOOOOO :)

77. achmadarif - April 21, 2014

klw gak ambil jalan tengahnya, knalpot sakura di sarungin pke knalpot standart nvl, dari luar terlihat knalpot standart, mngkin ini gak ditilang wkwkwk..

lingkaran - April 21, 2014

pake kondom sendalpot

78. demin - April 21, 2014

Nah, pas masuk tahap 2 yang batas-nya diturunin jadi 80 db untuk montor 80-175 cc sama 83 db untuk 175 cc ke atas gimana tuh? Ganti knalpot lagi?

79. milemotoblog - April 21, 2014

kalo pulsar 200 ns nanti kena tilang gara2 dikira gak punya knalpot…… polisi ndeso kali yang begitu heheheh

monggo dicek lagi blog ini http://milemoto.wordpress.com/

80. adi - April 21, 2014

wah ane ketinggalan berita nih… pantesan kemaren ada gosip VALE + JOSE dateng ke pabrik SAKURA JAVA… ternyata sakura mau jualan kenalpot.. hehehe…

81. kuclux - April 21, 2014

sbg rakyat yg pernah jd korban polisi lapar, gue cm bs berdoa, semoga para polisi yg suka cari2 kesalahan, makan uang haram hasil malak dijalan jasadnya tak diterima bumi. Amin

82. ips - April 21, 2014

Nunggu pernyataan dan kejelasan dr pihak Yamaha serta Sakura dahulu, drpd ketilang punglishit :D

83. killbill1 - April 22, 2014

sudah ada aplikasi dBmeter untuk android atau iOs buat ngukur

84. motorohim - April 23, 2014
85. cysers64 - May 6, 2014
86. stikermotorku - May 31, 2014

lebih mantap lagi pakai striping motif movistar motogp gann
http://www.stikermotorku.com/yamaha/stiker-motor-yamaha-new-vixion-movistar

87. janggo - October 13, 2014

kalau harley yang bunyinya bisa bikin jantungan itu berapa db yah…

88. udin - October 19, 2014

nitip gan…
selamat malam gan…
mau berbagi aja nie,tentang knalpot baru dari yamaha. Suara Knalpot sakura di New Vixion. reviewnya ada disini

http://rudysimunir.blogspot.com/2014/10/suara-knalpot-sakura-di-new-vixion.html

jangan digalakin ya gan..
trims yang udah baca reviewnya
trims ya Min



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: