460x110_april

460x110

image

Bro sekalian, Via artikel ini, tmcblog mau mengajak diskusi mas bro semua akan banyaknya pertanyaan yang masuk ke tmcblog saat pertama kali rilis artikel mengenai muffler Sakura yang secara Global dipakai di ajang MotoGP oleh Yamaha Tech3. Pertanyaan dan keraguan sobat sobat pembaca tmcblog terekam di artikel tersebut seperti berikut ini misalnya :

banner-440x100px

banner-460feb14

enoanderson – April 18, 2014 [Edit]    

    Waow, mantapp… btw, Gak kena tilang ya wak haji ?

prasetyo676 – April 18, 2014 [Edit]    

    Aman dari razia knalpot berisik gak ya..?

13. Z1 Mania – April 18, 2014 [Edit]    

    Pengen ganti knalpot. Tapi takut jd masalah pas kena razia polisi. Ntar dipermasalahin. *jd galau.

20. orang lewat – April 18, 2014 [Edit]    

    1 pertanyaan….
    kalo lg ada razia d jalan.. kalo pake knalpot ini bakal kena ga?

35. Rudy Parutan Kelapa – April 18, 2014 [Edit]

jika motor yamaha menggunakan muffler sakura tanpa dimodif, yamaha indonesia menjamin garansi tidak akan hilang.
tapi kalo pake muffler sakura kena razia pak pol (bukan pol espargaro, apalagi pelawak polo), yamaha indonesia berani mau menjamin gak…???

dan masih banyak lagi pertanyaan pertanyaan serupa dengan pertanyaan di atas . . . Oke tmcblog copas lagi ya kutipan tulisan di artikel sebelum ini tentang regulasi masalah suara knalpot ini :

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009. menyebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas : untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db. Dan regulasi ini lah yang disinyalir digunakan sebagai tolok ukur kebisingan yang diatur pada Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang mengancam sanksi bagi pengguna knalpot bising yakni pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. – diolah dari detik

Nah Jadi regulasinya sudah jelas yaa bahwa untuk Motor 80-175 cc batasan ambang suara muffler maksimum adalah 90 db  . . .  ini lah  instrumen regulasi yang digunakan Para penegak hukum untuk menilang pengendara bermotor roda dua terutama di segmen motor 150 cc . . . bagaimana nilai ambang batas muffler Sakura untuk Yamaha New Vixion . . . cekidot

portofolio_sakura_0007

Yap dari data di atas diperoleh informasi bahwa suara yang dihasilkan oleh Muffler aftermarket sakura adalah 90db atau pas banget dengan nilai ambang batas maksimum yang diperbolehkan . . . atau jika memang peraturan tersebut yang dipakai dan data desibel muffler yang diklaim Pabrik sakura di atas adalah akurat . . . maka atas kedua pasal yang tmcblog jelaskan harusnya tidak kena tilang . . .

Cuma memang Pak Polisi harus punya barang bukti kuat, barang buktinya bukanlah mufflernya, akan tetapi data desibel suara output dari muffler tersebut karena pasar pasal tidak menyebutkan jenis mufflernya tapi lebih ke desibelnya . ..  dan ini berlaku bukan hanya untuk sakura tentunya, buat muffler lain juga begitu. So Pak Polisi harusnya juga dibekali pemerintah alat pengukur desibel suara yang telah ditandarisasi dan dikalibrasi secara berkala oleh lembaga kalibrasi yang berwenang seperti badan metrologi, cmiiw . . . ini hanya pendapat tmcblog saja, Bagaimana Opini mu ams bro? silahkan share semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

lampiran :

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru :

ambang_batas_suaraKendaraan

2ambang_batas_suaraKendaraa

 

141 COMMENTS

  1. Kalo pun mau, pemerintah bisa nerapin cara di Jepang. Semua knalpot aftermarket ada aturan yang di bikin pemerintahnya. Terutama mana yang bisa legal use di jalan, mana yang KHUSUS buat balap. Contohnya bisa cek website knalpot Yoshimura Jepang.

    Guest
    • Sayangnya pemerintah kita itu kalo proyeknya ga gede sehingga peluang buat nilep uang negara, ga bakalan mau bergerak

      Guest
  2. So Pak Polisi harusnya juga dibekali pemerintah alat pengukur desibel suara yang telah ditandarisasi dan dikalibrasi secara berkala oleh lembaga kalibrasi yang berwenang seperti badan metrologi, cmiiw . . .

    Se7 banget ama statement nya 🙂

    Guest
  3. wak haji, itu bener 175cc keatas 90db? kok sama dg yg 80cc – 175cc
    saran buat yg takut kena tilang bawa hp android n insstall aplikasi prngukur DB (kayake ada), coz pak pol palingan jg gak punya alat pengukur DB.

    Guest
  4. Power knalpot standard -> 16,5 Kw. Setelah aplikasikan muffler Sakura, kok cuma jadi -> 16,6 Kw ? Terus keterangan 17% up itu apanya yg naik yah ? 😮

    Guest
    • Andrenalinnya bro…biar yg naek besar kepala sampe helmnya gak muat cz suara motornya terdengar kencang pdhal lari masih sutandar…Muahahahahahaha

      Guest
    • Kayaknya torsinya deh. Kalau lihat dari grafik diatas sih power maksimum’nya ga naik signifikan. Tapi power bawah yang main. Kalau power bawah naik rentang torsi maksimumnya naik soalnya torsi main di putaran menengah. Torsi & power itu linier enggak bertolak belakang. Ya efeknya ke akselarasi yang makin nampol di putaran bawah menengahnya.
      CMIIW 😀

      Guest
    • Tapi ane juga ya
      Tenaga standar NVL bukannya 12,2Kw ya?
      Kenapa jadi 16,5Kw?
      Apa yang ngetik udah mulai lapar ya?
      Yang seharusnya 16,5 Ps jadi 16,5 Kw

      dia mulai lapaaarrr

      Guest
  5. Ane jamin dah smua yg pake knalpot sakura kena tilang…kyak gak tau kerjaan wereng coklat ja…suka gelap mata! Ngoahahahaha

    Guest
  6. Sepertinya pihak Yamaha telah melakukan PENGGOBL*KAN SENALPOT,salah ding…PEMBODOHAN OTOMOTIF! Muahahahahaha…

    Guest
  7. pak pol harusnya BACA Blog!
    jadi ga asal tilang karena liat jenis knalpot.. toh sudah jelas yg di atur itu AMBANG BATAS KEBISINGAN SUARA..
    bukan Jenis EXHAUST SYSTEM nya!
    Biker yg suka baca artikel kek gini.. jangan mau di bodohi pak pol yg Sok Pintar.. PADAHAL PENIPU!
    kita Warga Indonesia Harus PINTAR! 😀
    Cayoo.. ntar kalo ada razia bawa cam.. record. terus kasii ke TMCblog ato lek IWB biar di bikin artikel PENYALAHGUNAAN ATURAN. hehehe

    Guest
  8. Ya udah bikin petisi aja tentang peraturannya kalau emang banyak biker yang pengen ada regulasi jelas. Kalau perlu bikin aksi turun ke jalan. Yang penting damai dan sesuai peraturan bakal lancar kok. Biker jumlahnya juga ga sedikit kan. 😀

    Guest
  9. Kalo di jalan mah kenyataannya beda wak haji. Kalo polisi kita lagi gak punya duit buat beli pulsa atau pengen makan nasi padang pasti kena tilang . Terus emang polisi ngerti kagak desible itu? taunya polisi db itu “duit bang”

    Guest
  10. Sebagian readers tmcblog pasti ada yg anggota pulisi, dan atikel ini jg dibaca oleh mrk, ayo bapak2 & mas2 pulisi gimana pendapat sampeyan?

    Guest
  11. miris liat polis skrg,

    duit harampun g masalah..
    perut dh pd buncitpun msih srakah…

    pd sok gya pke kcmta htam..
    petantang ptenteng kyk jagoan

    asal wani piro
    jln pun d prsilahkn “monggo”

    (jalann nganjuk-kertosono)

    Guest
  12. harga ‘damai’ sekarang udah naek..dulu 20rb..kmarin-kmarin 50rb..skarang bisa 100rb aja dpt nawar melas2… Wkwkwkwk..

    Guest
  13. kalo pak pol mah ane rasa nyari gampangnya aja. kalo kudu ngukur besaran desibel malah ribet, ntar mereka ga dapat duit tilang dong…

    Guest
  14. bukan masalah suaranya wak haji, rata rata knalpot aftermarket kalo dipakein dbkiller juga suaranya adem banget, masalahnya adalah bentuk knalpot tidak standar kena deh sama polisi, knalpot aftermarket harus dibikin standar sni / street use(kayak helm dibikin emboss atau apalah gitu) jadinya knalpot aftermarket sni aman dipakai dijalan, dan juga ga gampang dipalsuin

    Guest
    • yap sepertinya itu . . . modifikasi dari bentuk standar itu yang masuk klausul delik pasalnya . . . tapi pasal yang mana ya di uu 22 ?

      Administrator
  15. polisi lihat knalpot lgsg tilang
    http://aripitstop.com/2014/04/21/bulan-mei-2014-yamaha-r25-sudah-bisa-mulai-inden-online-juni-rilis-ini-alamat-web-nya/

    Guest
  16. yah wak haji ,, tetap aja kena tilang lha wong polisinya aja gak pake alat ukur db alat ukurnya telinganya polisi,,,, maen tilang aja kalau nggak standar knalpotnya. ingat artikel yudibatang.wordpress.com banyak artikel tentang polisi menilang pengendara. 😀 HARUSNYA YAMAHA MENYATAKAN SECARA RESMI KALAU PAKAI KNALPOT INI TIDAK DITILANG POLISI(sampaikan ke yamaha ya wak haji). cmiww agar konsumen gak was2

    Guest
  17. Bukan masalah sound desibel di lapangan beberapa daerah kelihatan sudah racing aja polis masih nilang, sedang di area SAMSAT (area kab. Malang) penggesekan mesin dan rangka 5 tahunan bila knalpot ga “standart”(standart dalam artian yang umum) pabrik tukangnya ga mau nggesek. Na lo.. Apalagi kalo plat luar karisidenan.. waspada tingkat dewa 😀

    Guest
  18. Polisi tetep pukul rata

    knalpot racing apapun,merek apapun ,bentuk tidak standar bawaan motor,suara ngebass/blombongan, pasti kena tilang.

    Mau ngeyel??

    “silahkan debat di pengadilan” , jawab pak/bu polisi

    Guest
  19. ya kita juga harus ngrumangsani dan tepo sliro lah, kita berkendara dijalan tidak sendiri, ada pengendara lain juga, yg terkadang ada juga yg tidak suka dengan suara knalpot racing yg notabene imagenya cempreng, kalo knalpot aftermarket yg bersuara ngebash yg di pakai ninja nggak di tilang wak, biasanya yg suaranya cempreng yg di tilang

    jadi semua itu jangan ngukuhi benarnya sendiri, memang kita individu punya hak untuk menggunakan apa yg kita inginkan, tetapi hak kita di batasi hak khalayak orang banyak, kita makhluk sosial bukan makhluk individual, jd mending gawe standart wae, lek arep gae knalpot aftermarket yo monggo, tp yo ojo cempreng2 ben ora ganggu pengendara yg lain

    Guest
  20. Danke infonya bang…
    Kalo saya sih sudah pasti tidak takut di tilang klo mmg pabrik sudah memperhitung hal tersebut.
    Urusan tilang ditilang y polisinya harus bisa membuktikan dong. Bikers harus ngeyel ma polisi. Tapi klo mmg perhitungan pabrik meleset y siap2 ja sampean bayar tilang/ikut sidang…
    Hew.hewwww…

    Guest
  21. Saya mau tanya wak, 90db itu di rpm brp ya? Saya rasa UU itu masi banyak celah

    Sekedar pengalaman pribadi
    Motor jupi z, knalpot r9 kena pasal “mrebegi tonggone” asem tnan !! Masa pas dia cek, saya suru gas” motor, prasaan kalo di gas” gitu smua motor juga brisik

    Terus semisal merk yg lain kaya yoshimura, r9 itu bukannya udah resmi, karena punya merk dagang dan kena pajak, berati pemerintah udah men sah kan barang tersebut dong?

    Kalo dibahas ttg merk dan kita nuntut polisi buat nutup pabrik nya aja kalo emg knalpot” merk di atas ilegal, jawabannya pasti balik nyalahin kita ” ya ga ush beli, kalo gada yg beli kan pabriknya bangkrut ”

    Asli saya bingung wak sama hukum di sini, konsumen jadi korban, pdhl merk” knalpot itu bandrolnya tidak murah

    Guest
  22. sayang di lapangan tidak pakai alat untuk menentukan ini melanggar tidak. cuma dengan kuping biasa saja
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/04/21/sejarah-honda-cb/

    Guest
  23. Klo ga salah dulu om arantan pernah posting mengenai aturan noise knalpot racing. intinya pengukuran db tidak applicable dilakukan dijalan (oleh polisi langsung) karena ada standar2 dan kondisi lingkungan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum dilakukan pengukuran, dan jalan raya bukan kondisi yang sesuai dengan standar yang dimaksud. walaupun pak pol punya db meter tetap itu ga bisa dijadikan justifikasi menilang. yang pas adalah pengukuran terhadap produsen sebelum produk itu dilempar ke pasaran.
    bicara UU, pak pol tidak bisa menilang knalpot racing karena justifikasinya tidak kuat/tidak ada.

    Guest
    • Nah itu dia bro.. Standarisasi pengukuran db nya itu gimana ga jelas..
      Kita konsumen dirugikan sama peraturan yg abu”
      Apalagi kalo sampe yg ngancem” mau patahain knalpot lah.. Gimana itu ngatasin oknum” yg kaya gitu?

      Guest
  24. Kita harus hafal UU nya klo mau menang berdebat dengan polisi, bolehlah adu argumen, krn boleh jadi mereka jg ga tau detil peraturannya spt apa. Klo ga tau UU ybs ya jadi santapan si wereng coklat..

    Guest
  25. Mungkin kl pake mufler after market saat dalam kota mgkn g ditilang krn qt masih bisa adu argumen tapi kl uda luar daerah ato saat qt touring polisi bisa aja menilang dengan seribu alasan dan qt merasa terdesak krn qt g tau kl d tilang akan mengambil stnknya dmana dan ujung2nya qt kasih uang damai

    Guest
  26. @wuzz
    klo bener tuh dipatahin dilaporin aja tuh polisinya ke yg berwenang, skrg udah banyak layanan pengaduan terhadap polisi nakal seperti divisi propam polri. matahin knalpot sama aja dengan pengrusakan hak milik dan ada UU yang mengaturnya. Jangan takut terhadap aparat klo kita berbuat benar.

    Guest
  27. harus tetap ditangkep aja tuh pak polisi, bukan masalah suara knalpotnya yang mengganggu, tapi hembusan angin dari knalpot langsung ke muka …………. liat aja sesespunya aja masih sopan (Ninja 2 Tak) ujung knalpotnya dibuat tekukan ke bawah, ga kaya knalpot 4 tak

    Guest
  28. cuma d Indo, bikin aturan
    tpi g punya alat memadai
    nggilani polisi e, mbuh sing penting aku oleh duit 😀

    Guest
  29. Keliatannya peraturan ttg db itu gakan dipake polisi di jalanan wak..

    Sumber dari link ini
    http://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt4ebb3d9e5f7a3/ditilang-karena-knalpot-motor-tidak-standar

    Silakan dikunyah”

    Guest
    • Jadi dengan penjelasan saya di atas, tidak perlu lagi rekan-
      rekan semua protes mengenai pak polisi tidak berhak
      menilang, karena tidak memiliki alat pengukur desibel suara.
      Dasar kita “MENENTRAMKAN” bumi pertiwi ini dari “KNALPOT BERISIK” bukan menggunakan dasar satuan keras suara, namun
      yang dicari adalah knalpot yang TIDAK STANDAR.
      .
      Nahh ini nih yg SALAH!
      kutipan jawaban dr hukumonline itu udah jelas.. menentramkan knalpot berisik.. bukan knalpot racing , banyak kok knalpot aftermarket yg TIDAK BERISIK.. terus knp masih kena tilang jg???
      dan kalo memang masih ngeyel tentang KNALPOT TIDAK STANDAR. buat apa susah.susah bikin UU lalulintas tentang AMBANG BATAS KEBISINGAN??? toh kaga di pake!
      Percuma.. Indonesia harus nya harusnya ga usah ada aturan sekalian. GA DI PAKE BROH… cuma nambah dosa aja.. makan duit tilang di jalan. Astaghfirullah..

      Guest
    • @bark
      Nah yg diliat pak pol dilapangan itu

      knalpot tidak standar = berisik = tilang

      susah kalo lagi berurusan sama pak pol yg lagi laper atau lagi butuh duit buat biaya sekolah anaknya

      Guest
  30. Gini wak haji dari sysetem penilangan yg ane liat dgn mata kepala sendiri d daerah ane loh ya,polisi tilang menilang nya asal pake knalpot racing aja langsung d tilang,tanpa peduli berapa DB suara yg d keluarkan si motor,coba deh cek ke lapangan polisi pake alat ga buat ngukur kebisingan si motor ? asal knalpot racing langsung “wani piro” 😆

    Guest
    • kenyataannya kalo polisi liat bentuk (fisik) knlpotnya bkan standar pabrik pasti main tilang.. ga peduli db nya rendah atw tidak… karena di lapangan mereka ga punya alat ukurnya.. jadi liat bntuk knalpot racing lsg main tilang tapi klau liat knalpot std di modif / dibobok (suara sperti knlpot racing) ga di tilang.. kjadian bneran temen ane ini..

      Guest
  31. apapun itu, sepertinya emang produsen knalpot aftermarket kudu punya sertifikat khusus yang bisa bikin ga ditilang ma polisi walaupun pake knalpot mereka…keknya itu solusi yang paling oke

    —————————————————————————-
    CBR 250 dual Headlamp, performa meningkat…tapi sia-sia doank kalo ga di CKD dimari

    http://lovemotobike.com/2014/04/21/cbr-250-dual-headlamp-power-naik-jadi-2855-hp-konsumsi-bbm-tembus-50-kml-semuanya-sia-sia-kalau-ga-di-ckd-in/

    Guest
  32. Masalahnya Kang, Pak Pol juga sering menggunakan pasal “ini knalpot bukan bawaan Pabrik” sama seperti kasusnya Harley davidson yang pernah banyak di komplain masyarakat, ada Pembesar Polisi yang mengatakan bahwa itu Knalpot bawaan Pabrik jadi ya memang besar suara nya dan tidak melanggar aturan karena dari pabriknya sudah demikian.
    Nah klo sakura ini kan bukan bawaan motor / pabrik jadi bisa saja jadi alasan untuk di tilang.
    Yang lucu lagi beredar rumor di anak2 motor klo pake knalpot eRnain tidak di tilang karena produsen knalpot eRnain sudah ada perjanjian dengan pihak kepolisian. Coba Kang sekali kali di bahas dong soal rrumor ini.

    Guest
    • Tetep kena bro
      ane pernah liat foto tilang motor pake ernain (ernain apa erji sih)

      jadi pake ernain juga bakalan kenap

      mungkin kalo ernainnya dipake di motorsemprot baru ga kena kali bro krna ane denger rumornya motor semprot terutama yg ada nama clubnya ga kena

      Guest
  33. artikel ini harus di bookmark, trus nanti kalo ketilang polisi gara2 si oknum cuma liat knalpot, tinggal di suruh baca saja
    http://pasukanredribbon.wordpress.com/2014/04/21/pemakaian-ban-besar-pasti-tenaga-jadi-lemot-benarkah-atau-dengan-trik-tertentu-bisa-membalik-keadaan/

    Guest
  34. yg penting c menurut saya,,
    daripada polusi suara atw tilang menilang,,
    saya lebih peduli tentang polusi udara,,
    jadi motor vixion yg pake knalpot aftermarket ini,,
    bisa lulus euro 2 bahkan euro 3 ga?
    jgn mo kenceng2 atw keren2 lah,,
    ramah lingkungan dulu,,
    terus baru pikirin ramah suara,,
    tiap malem minggu mo tidur dah ampir subuh,,
    masih aja ada motor yg berisik,, ganggu c..
    dah ga disaring lagi tuh asap,, berisik lagi,, zz..
    untung nya buat pengendara apa? ga ada..
    untungnya buat orang laen? ga ada,, yg ada = rugi,,
    imho,, cmiiw,,
    btw setuju ma yg bilang pake dbkiller biar ga berisik..
    go green yg pasti..

    Guest
  35. pas mepet regulasi 90.. tenaga naik 0,1 KW dan pwr naik karena knapot enteng, namun biasanya pak polisi nggak mau tau, ngggak ori = tilang, xixixiixx
    http://pertamax7.com/2014/04/21/kawasaki-ninja-250-rr-mono-versi-naked-akan-diumumkan-akhir-bulan-april-2014-ini-bernama-kawasaki-z-250-sl-bisa-rp-36-jutaan-nih/

    Guest
  36. saya kira jawaban yang diberikan dalam hukum online jauh dari kata memuaskan. knalpot yang TIDAK STANDAR. Tp yang standar itu seperti apa? pasti ujung ujungnya akan menyangkut noise yang akan dikeluarkan oleh knalpot tersebut dan akhirnya juga terbentur pengukuran noise yang ada standar sendiri yang masih belum dipenuhi oleh polisi di jalan. Jika alasannya ingin menentramkan bumi pertiwi dari knalpot berisik, ini belum ada UU yang mengatur, jadinya ga boleh juga main tilang juga. Klo misalnya ane punya knalpot racing bagus yang ga seberisik knalpot standar, apa harus ditilang juga?

    Guest
  37. hrusnya gk kna tilang krn knalpot sakuranya ambang btas suaranya msih 90db cma yg nmanya pak polisi itu wlwpun dy negakinnya gk ssuai aturan ttep aj dy mnang, cba klo kita kna tilang trus ngelawan, bkannya polisi tkut ma qt malah qtnya yg dtngkep, krn polisi sprti itu biasnya mng gk mw klah krn dy mrasa dy bnar..!
    yg mnjdi prtnyaan misalkan qt kna tilang trus disidang dkntor polisi, klo qt pnya alsan yg kuat klo knalpot racingnya suarnya hnya 90db apakah qt ttep bsa menolak ditilang?

    Guest
    • Kalo udah tanda tangan di surat tilang artinya anda menerima keslahan anda bro.. Jadi di persidangan ya tinggal bayar denda nya tanpa ada embel” pembelaan diri

      Kalo pas mau ditilang ngeyel, ga trima mau ditilang, nah sama polisinya itu biasa kita dikasi surat tilang dengan tanda X di kanan atas, dan kita ga usah tanda tangan surat tilang, tapi sampe di pengadilan belibet urusannya bro..

      Berdasar pengalaman pribadi si

      Guest
  38. tetep wae kalo keliatan senalpot racing tetep tangkap…….. ujung ujnungnya ya. seperti biasa…….. tau kan….. UUD

    Guest
  39. klo knalpot racing qt masih diambang batas suaranya msih 90db tp ttep kna tilang krn polisi itu hnya mikirkan ‘uang damai’ semata, makanya gk heran klo perut polisi itu bnyak yg buncit…hahahahaha

    Guest
  40. pokoke knalpot uda gak standar…pake P200NS aja pas razia si pak polisi malah ngmg “kenapa kok dicopot knalpotnya mas?”…..piye jalll trs aq kudu jawab piye nek ngono…:)

    Guest
  41. klw gak ambil jalan tengahnya, knalpot sakura di sarungin pke knalpot standart nvl, dari luar terlihat knalpot standart, mngkin ini gak ditilang wkwkwk..

    Guest
  42. Nah, pas masuk tahap 2 yang batas-nya diturunin jadi 80 db untuk montor 80-175 cc sama 83 db untuk 175 cc ke atas gimana tuh? Ganti knalpot lagi?

    Guest
  43. kalo pulsar 200 ns nanti kena tilang gara2 dikira gak punya knalpot…… polisi ndeso kali yang begitu heheheh

    monggo dicek lagi blog ini http://milemoto.wordpress.com/

    Guest
  44. wah ane ketinggalan berita nih… pantesan kemaren ada gosip VALE + JOSE dateng ke pabrik SAKURA JAVA… ternyata sakura mau jualan kenalpot.. hehehe…

    Guest
  45. sbg rakyat yg pernah jd korban polisi lapar, gue cm bs berdoa, semoga para polisi yg suka cari2 kesalahan, makan uang haram hasil malak dijalan jasadnya tak diterima bumi. Amin

    Guest
  46. nitip gan…
    selamat malam gan…
    mau berbagi aja nie,tentang knalpot baru dari yamaha. Suara Knalpot sakura di New Vixion. reviewnya ada disini

    http://rudysimunir.blogspot.com/2014/10/suara-knalpot-sakura-di-new-vixion.html

    jangan digalakin ya gan..
    trims yang udah baca reviewnya
    trims ya Min

    Guest
  47. kok ane pake DBS di jupiter ane kena tilang ya wak ???

    padahal dBny aja 89 lo … sudah saya ukur pake desibel meter … ???

    anehhh bin koplak polisi indonesia wwkwkwk

    Guest
  48. yang diperyanyakan lagi ???
    apakah setara dengan kerugian yg akan atau telah di tanggung pengusaha pembuat kenalpot. dengan adanya peraturan tersebut
    kebanyakan pengusaha kecil
    kan termasuk industri kreatif
    buatan tangan anak bangsa (walau ada yg bukan)

    untuk pengendara motor, klep motor atau pengkreatif ( pengusaha kecil). coba bikin bahasan lalu ajukan k media tv atau yg lainnya
    atau dialog dengan pakar
    apa yg harus di perbaiki…
    dengan memperhitungkan si pengusaha kecil, pemakai maupun yg mendengar suara KENALPOT RESING

    SEKARANGKAN PEMERINTAH ::: MENDUKUNG PENGKREATIF….

    Guest
  49. Yakin kena tilang, kalo pas kena Razia dan apes pas polkis nya saklek.

    Bonusnya :
    1. Selain suara selalu deg-deg an di jalan kalo ketemu razia
    2. Nabokin rider lain yang berada di belakang pake tembakan kenalpot

    Guest
  50. Betul sekali.. Pendapat Anda tentang peraturan Menteri Lingkungan Hidup seperti yang disebutkan di atas. Pada PP 55 Tahun 2012 pun sama ada menyebutkan ttg itu. Kembali kepada Aparat Hukum itu sendiri, kadang ada beberapa oknum polisi, baik satlantas maupun satuan lain, yg menilang tanpa adanya bukti yang menyatakan bahwa knalpot yang kita gunakan itu melebihi batas db yang diijinkan. Mereka cuma melihat kita menggunakan jenis knalpot/muffler racing tanpa adanya bukti dari peralatan yang menyatakan knalpot kita bising. Itu yang kebanyakan terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

    Guest
  51. Ente kasi screnshoot tabel standar desibel sm pak tilang n suruh dia lihat, saya BERANI JAMIN 100000000000000% pak tilang tidak tau maksud ente n tidak mengerti membaca tabel desibel tsb. Karena secara umum pak tilang hanya lulusan SMA or sederajat n parahny lagi penegak hukum gak tau n gak ngerti undang2. Ancorrrreeeeeeee

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here