jump to navigation

Pilih Ban Tipe Bias atau Tipe Radial? July 14, 2014

Posted by Taufik in : Teknologi Otomotif, Tentang Motor , trackback

460x110-OK_jaket

440x110_9

radial_bias0

Bro sekalian, Sekarang kita akan mencoba sedikit berdiskusi tentang Ban Sepeda Motor.Dalam Pembuatan Ban motor ( dan Juga Mobil) kite mengenal adanya serat serat benang/kabel kabel /belt yang bertujuan memperkuat ban. Jaringan benang/kabel in i layaknya rangka pada manusia atau sasis pada kendaraan. Apapun Jenis Motornya, Mau itu Underbone, skutik, trail, supermotor, streetbike, sportbike penggunaan jenis ban hanya terbagi menjadi dua jenis bila kita melihat dari sudut  jenis dan teknologi Serat benang yang menyusunnya Yakni Tipe Bias dan Tipe Radial. Nah timbul pertanyaan, Saya pake jenis apa bro lebih baik . . . Ban tipe Bias atau ban tipe radial? . . . Untung Michellin Punya sebuah video interaktif yang cukup dapat membuat pencerahan, tmcblog screencapture videonya, untuk di jadikan ilustrasi artikel . . . Oke cekidot . .

RMDGIF440x100px

Parts

Bias

Ban tipe Bias, adalah ban dengan struktur jaringan kabel penyusun yang saling bersilangan seperti gambar di atas. Strukturnya uniform alias sama disetiap bagian dari ban. Mau di sisi samping ban / dinding ban (tire wall) atau di bagian atas (crown tire) sama . . . saling bersilangan

radial

Ban tipe Radial, adalah ban dengan jaringan kabel penyusun yang dibuat dengan struktur melingkari ban plus ditambah satu lagi jaringan kabel/ benang penyusun yang membentuk jaringan sabuk di bagian atas (crown tire ). Struktur nya Nggak Uniform, artinya di sisi samping / dinding ban (tire wall) punya karakter yang berbeda dengan karakter pada bagian atas ban ( Crown tire)

Nah Perbedaan Karakternya seperti apa?

radial_bias_pressure1

radial_bias_pressure2

Lihat deh dua gambar di atas Jika ban tipe Bias diberi tekanan dari atas karena beban yang diterima sepeda motor , maka deformasi nya akan mengarah ke depan dan belakang. Sedangkan untuk Ban tipe Radial, deformasinya akan mengarah ke samping . . . artinya?

radial_bias_grip

Yap seperti yang dijelaskan pada gambar di atas . . . Grip yang dicengkeram ban pada ban tipe radial yang diberi beban akan semakin bagus.

radial_bias_grip_distributi

Michellin pun sempat membuat sebuah gambaran daerah cekraman ban dengan melihat area sensor panas seperti gambar di atas . . . Terlihat grip pada ban Radial lebih merata dibanding ban tipe Bias.

radial_run2

Nah Jika Ban Tipe Bias, saat berjalan di sebuah jalan dengan kontur yang bergelombang karena  sidewall tire/ dinding ban lebih rigid maka ban akan naik dan turun sesuai dengan permukaan jalan. Sedangkan pada ban tipe radial karena sisi dinding bannya lebih fleksibel maka bagian crown – tire/ bagian grip ban akan mengikuti kontur ban sehingga pada kecepatan tinggi, menggunakan  Ban Radial akan terasa lebih nyaman

radial_bias_speed2

radial_bias_speed1

Bila Ban Tipe Bias dipacu pada kecepatan tinggi, maka strukturnya akan terdeformasi seperti gambar diatas sesuai dengan hukum fisika yang terjadi yakni gaya sentrifugal.  Ban Bias yang dipacu pada kecepatan tinggi terlihat lebih mengembang searah jari jari, sedangkan ban tipe radial cenderung lebih stabil.

micellinBias

battlaxBias

Terlihat memang dari ilustrasi ilustrasi diatas . . . Ban radial Punya keunggulan, Tapi kenapa Pabrikan ban ban besar seperti Bridgestone dan Michellin (mohon maaf baru dua, sebenarnya ada lagi contoh lain seperti Pirelli dan Dunlop ) tetap memproduksi Ban tipe Bias Seperti Battlax BT45, BT39, BT601, Michellin Pilot Sporty, dan Michellin Pilot street  disamping ban ban tipe Radialnya seperti Battlax BT 92 dan BT003, Michellin Pilot Street radial, dan Pilot Power   . . yap bener keungulan tergantung sudut pandang fungsionalitas kita terhadap ban tersebut. Atau dalam arti kata . ..  Motor mau kita Pake Buat apa . . . Berikut ini  adalah rangkumannya

radial_bias2

ban tipe Bias biasanya digunakan untuk :

  1. Motor dengan kubikasi mesin yang kecil
  2. Untuk Motor dengan sasis yang fleksibel : ini dikarenakan bannya nggak fleksibel, jadi sassisnya yang kudu fleksibel biar balance
  3. Untuk Motor dengan kecepatan sedang, karena Ban bias cenderung terdeformasi saat berutar cepat
  4. Untuk Motor yang digunakan untuk bekerja mengangkut beban berat. Ini dikarenakan struktur belt dari Ban bias itu kekuatannya merata baik di bagian Crownnya yang bersentuhan dengan tanah, Juga bagian sisi dinding bannnya . . .

Ban Tipe radial Digunakan Untuk :

  1. Motor dengan power yang besar ( mennyangkut speed ini kayaknya )
  2. Motor dengan sasis Yang rigid , karena soal fleksibilitas sudah menangani jalan tidak rata ditangani oleh suspensi dan ban radial yang fleksibel
  3. Motor dengan kecepatan tinggi, karena saat diputar pada kecepatan tinggi Ban radial tidak mengalami deformasi/ perubahan bentuk ban
  4. Motor sport, Yap alasannya kembali berhubungan dengan grip ban dan minimum deformasi saat berputar pada kecepatan tinggi

MVAI-Banner-1

Oke mudah mudahan dengan artikel ini, kita semua udah nggak bingung lagi mau pulih ban tipe apa . . . pilih sesuai peruntukkan motor mu mas bro . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 

 

 

 

Comments»

1. jeviaja - July 14, 2014

radi alus

Kobayogas.com - July 14, 2014

Ahhhh lengkap sekali… BTw kalau nylon dan baja berbedanya dimana? katanya Nylon masuk ke bias? Kalau Radial sudah pasti baja?

http://kobayogas.com/2014/07/13/motogp-sachsenring-2014-bukti-kepiawaian-seorang-marquez-dan-tim-repsol-honda/

Taufik - July 14, 2014

saya cuma bisa jawab yang atas . . . nylon sama baja bedanya . . . yang satu polimer, yang satu lagi logam *anak SD juga Tauk :D wkwkwkwk
pertanyaan kedua mungkin bawah saya bisa membantu :mrgreen:

Kobayogas.com - July 14, 2014

ngenyek kie mentang2 dah lama gak ketemu hahahaha
http://kobayogas.com/2014/07/14/kawasaki-estrella-bukan-motor-harian/

sharif - July 14, 2014

Sepengetahuan saya ni yah kang kobay. Bedanya nylon vs steel ya betul kata wak haji. Tapi klo dibilang nylon itu bias dan radial itu steel itu juga benar. Namun sebutan bias dan radial ity sebetulnya ya karena arah dari benang penyusun ban tersebut yg berbeda. Klo bias 59° – 65 °. KLO RADIAL 89 °-90°.
Sumber : pengalaman di gajah tunggal

monkeymotoblog - July 15, 2014

pilih sesuai dimensi dan bobot motor, joozzz

Lebih Dekat dengan Yamaha FJR1300 milik Dishub, Ngganteng tenan!
http://monkeymotoblog.com/2014/07/15/lebih-dekat-dengan-yamaha-fjr1300-milik-dishub-moge-yang-elegan-futuristik-dan-eksklusif-gallery/

2. sopo siro - July 14, 2014

Yang penting bukan BAN-DOSA :-)

3. sopo siro - July 14, 2014

Apapun bannya yang penting bukan BAN-DOSA :-)

4. orong-orong - July 14, 2014
Taufik - July 14, 2014

:roll: mesti ini artikel berdasarkan diskusi di gambar ini :

mr.zu - July 14, 2014

Arisan wak ?

5. smartfaiz - July 14, 2014

Manteb.. kumplit mas bro….

6. whyalwaysme - July 14, 2014

Klo zeneos turino bias atau radial wak?

Taufik - July 14, 2014

kalo dari luar doang hampir nggak keliatan mas bro . . kecuali ada tanda dan spek dari pabrikannya . . . biasanya sih kalo buat motor cc kecil bias mas bro, cmiiw

sharif - July 14, 2014

Itu radial mas bro. Sumber : pengalaman di gajah tunggal

7. wawanbeneran - July 14, 2014

3

8. agung p - July 14, 2014

kaya mobil aja radial

9. ndesoedisi - July 14, 2014

wak Haji, kalo ban-ban murah yang harganya dibawah 300 ribu itu termasuk yang mana ? kalo merk yang lain informasinya dimana ?

http://ndesoedisi.wordpress.com/2014/07/14/otak-atik-gathuk-4-jerman-menjuarai-piala-dunia-2014-karena-guardiola/

Taufik - July 14, 2014

biasanya kebanyakan bias mas bro
informasi biasanya ada di website masing masing
tapi tergantung pabrikannya, mau meletakkan tanda biias/radial itu dengan mudah atau tidak

Kobayogas.com - July 14, 2014

wah pertanyaan berkualitas dari mesin itali, ndecoedici :D

Warungasep unyu-unyu - July 14, 2014
10. smashrider - July 14, 2014

Absen…
Terima kasih atas artikelnya yah Mas…. :)

11. Guns - July 14, 2014

kl ban murah tpi dengan spek 60/120 ato 70/130 masuk mana tuh wak?…..kan harganya ada yg dibawah 300jg

12. asiawae - July 14, 2014

pengertian awam, ban radial itu ban yg gak pake ban dalam.

Ho_oH - July 14, 2014

ban bias juga gak pake ban dalem gan..tergantung ban tubeless ap nggak :D

13. satria120s - July 14, 2014

berarti gua salah donk milih bannya. Supermoto 150cc dikasi radial = buang” duit. Hahaha. Nanti ganti ban bias aj pas ini ud gundul ah. Terima kasih buat infonya.

14. encezz - July 14, 2014

untuk merk IRC dengan tipe radial ada g wak?

Taufik - July 14, 2014

saya belum nemu yang radial . . . mungkin bro lain bisa bantu :)
fyi RX01 dan 02 itu bias

15. Donny MP - July 14, 2014

Artikelnya bagus dan mudah dipahami…
Siipp..

16. kingHD - July 14, 2014

ada tanda khusus gak wak di bannya,supaya tahu aja perbedaannya.misal huruf R untuk bias B untuk radial

Taufik - July 14, 2014

Biasanya kalo diban baru (contoh Battlax BT45) ada di stiker depan nya

:roll: minjem gambar orang :D

17. harisnanggala - July 14, 2014

mau tanya kang, kalo masalah konsumsi bbm ada ngaruhnya ngga sama tipe ban? makasih.

Taufik - July 14, 2014

ada nggak ya . . ? bentar cari data dulu
tai yang pasti yang pengaruh adalah isi tekanan dalam ban
kalo tekanan ban kurang bisa membuat boros, cmiiw

Kobayogas.com - July 14, 2014

tipe sama jenis sama gak ya? ya anggaplah kita bicara jenis ban, kalau jenis ban be-rolling resistance rendah, dia memang bisa menghemat bbm s.d 15%… asumsi tekanan semua normal.

Ada FDR yang baru dilaunching, kalau di roda empat sudah banyak, BS ecopia, Michelin, GT Radial, Yokohama, Toyo dlsb pada punya Eco Tyre

http://kobayogas.com/2014/07/14/kawasaki-estrella-bukan-motor-harian/

18. aripitstop - July 14, 2014

pasti saya pakai Bias,

Kobayogas.com - July 14, 2014

raray njenengan emang agak2 bias lek :D

19. Ho_oH - July 14, 2014

ow begtu ya pengertianya :D berarrti nggak salah pilih ban donk ane :D
buat touring mending ambil yang bias deh kek BT 45.buat harian juga enak.buat ujan2an ban masih ngegrip abis.lagean motor ane juga jenis motor touring jadi klop deh sama bannya.intinya sesuain dengan kebutuhan masing2 peruntukanya.soalnya ban type beginian harganya bikin geleng2 :D :D :D

20. RantauPos - July 14, 2014

Luar biasa… info yang bermanfaat dan sangat mencerahkan dalam memilih tipe ban untuk dipakai pada motor kita

http://www.rantaupos.com/2014/07/update-nih-dp-bbm-dengan-tema-lebaran.html

21. Bonsai Biker - July 14, 2014
22. Nolan - July 14, 2014

Ban radial mahall… Michel pil*t p*wer 140/70 bias 770rebu, radial 1.1juta

23. milemotoblog - July 14, 2014

pake ban yg sama sama pabrikan aja lah

monggo dintip-intip http://milemoto.wordpress.com/

24. ardiantoyugo - July 14, 2014

tapaknya lebih besar radial… berarti gesekan lebih banyak radial… berarti ban radial lebih menghambat dong…??

25. Tatang Sutarya_ - July 14, 2014

Nais inpoh brad, salam lebaran

26. littlewawan - July 14, 2014

keren infonya! jadi bisa disimpulkan, klo pengen tarikan enteng pake tipe bias. klo pengen stabil di tikungan pake tipe radial. gitu kan?

monggo mampir
http://autoblog-11.blogspot.com/2014/07/honda-cbr-650-f-2014-mo-ge-yang-praktis.html

27. ipanase - July 14, 2014
28. dave - July 14, 2014

berarti kebanyakan ban dari matic seperti beat mio,,
sampe cbr 150 atw r15 semua nya masi pake bias ya mas? cmiiw..

eko354 - July 14, 2014

Yg saya tahu, semua matic Jepang 110-125 cc ban standarnya bias bro.

29. sugi - July 14, 2014

Ban bias murah
sedangkan ban radial mahal
jadi kalau motor harian pakai ban radial kurang ekonomis

30. azril - July 14, 2014

batasan cc kecil n besar utk penggunaan ban bias n radial itu berapa wak??
mgkin bisa menjadi pencerahan sekaligus referensi bagi biker2 disini…

31. cicak kreatip.com - July 14, 2014
32. tukang_gorengan - July 14, 2014

kalo baca dari F1 racing waktu dulu perang ban era 2004, Bias Ply itu makin lama makin ngegrip. sedangkan Radial Ply itu dari awal udah ngegigit. Cuma untuk daya tahan, mereka bilang lebih bagus Bias Ply, tapi kemudian para pabrikan mengembangkan ban Radial yang lebih panjang umurnya. (konteksnya awal2 penggunan slick tyre di tahun 1970an)

kalo untuk jaman sekarang, dua2nya udah sama dari segi daya tahan. cuma paling beda di karakteristik sama grip ban. sesuai dengan penjabaran wak Haji diatas. jadi jangan heran kalo punya ER-6N beli bannya nyaris seharga ban mobil. kan buat high speed. colek mas Vandra hihihi… :p

33. bead - July 14, 2014

kurang paham..gimana dikasihx deler aja lah

34. Ucok Medan - July 14, 2014

Jangan Lupa :
Kalau membeli motor / kendaraan baru (Khusus Cash) minta harga OFF THE ROAD saja, jangan mau / tolak bila dikasih harga On The Road.
Karena tidak ada kewajiban konsumen membeli kendaraam On The Road.
Bila Main dealer atau Dealer ybs menolak agar diadukan kepada Produsen kendaraan tsb.
Karena tidak ada instruksi produsen kepada Main Dealer dan Dealer untuk menjual On The Road.
Pengurusan dan pembuatan BPKB dan STNK di Samsat kepolisian sangat mudah sekali, dalam waktu 3 – 5 hari BPKB dan STNK sudah jadi.
Dan yang pasti harga kendaraan dapat dihemat antara Rp 500,000 – Rp 1,000,000.
Ayo kesadaraan konsumen harus di perkuat !!! IMHO.

35. hi hi hi - July 14, 2014

Ban biasa di kantong dan ban radi mahal di kantong.
Gw kalo beli ban malah perhatiin kembangannya sama harganya

36. yannuar - July 14, 2014

saya mau coba ngurus motor off the road tp belum tau caranya,ksih tau langkah langkahnya.

37. yannuar - July 14, 2014

bang ucok kasih tau dong langkah langkahnya,saya mau coba sendiri off the roadnya.

38. motor batangan - July 14, 2014

Artikel begini nih yg gue suka! diperbanyak ya Kang :D

39. Ichad - July 15, 2014

Informasinya sangat bermanfaat kang Taufik..Jadi paham penyebab ban yang lebarnya sama tp memiliki lebar yang berbeda pada saat digunakan..

40. cbsf lemot - July 15, 2014

klo ban bias diisi nitrogen ma udara biasa untuk kondisi jalan di sini bagusan mana bang? Beda handlingnya ga?

41. lisyanto - July 15, 2014

ban yg digunakan pabrikan disini tipe apa kang ? trus ban aftermarket lokal (mizzle, fdr, swallow dkk..) termasuk bias apa radial ?

42. hekasema - July 15, 2014

pengaruh ga ya kang, klo melalui track jalan yg bergelombang baik yang mana ya?

43. RiderAlit - July 15, 2014

Kesimpulannya: saya harus pakai yang tipe bias buat harian.

44. komon - July 15, 2014

kalo ban motocross umumnya yang bias kalo begitu berarti

45. Ario - July 15, 2014

Assalamu’alaikum Bang Haji Taufik..

SR numpang tanya nih..
Di point 1, disebutkan ban radial di beri tekanan lebih bagus karena
“Grip yang dicengkeram ban pada ban tipe radial yang diberi beban akan semakin bagus”
Tapi di peruntukan fungsi kok ban tipe bias yang cocok untuk Motor yang digunakan untuk bekerja mengangkut beban berat?
Apakah ini tidak bertentangan dgn point pertama?

Jadi bingung..

Btw, salam kenal wak..saya dari Surabaya.. :)



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: