460x110-OK_jaket

tmc-460x110-revisi

Kawasaki-Estrella-2014-panel-speedo

Bro sekalian, berikut dibawah ini adalah listing keakuratan speedometer Sepedamotor yang sempat di posting bro Rifki Ade Chandra di forum R25 Indonesia . . . Data tersebut sepertinya merupakan hasil Scan tabloid, tmcblog repost karena sepertinya akan berguna dikemudian hari oleh kita semua

RMDGIF440x100px

Parts

deviasi speedometer

Kalo data diatas di tulis ulang dan di urutkan mulai dari Motor motor dengan spedometer paling akurat sampai paling jauh penyimpangannya akan diperoleh list sebagai berikut ini :

Motor    Speedometer    Race Logic    Deviasi

  1. Suzuki Shooter 115    100    97.7    2.4%
  2. Kawasaki Pulsar 200NS    133    129    3.1%
  3. Kawasaki Z250    153    147.2    3.9%
  4. Yamaha X Ride    98    93.7    4.6%
  5. Honda New Megapro FI    111    106    4.7%
  6. Kawasaki Ninja RR Mono    154    146.6    5.0%
  7. Yamaha YZF R15    133    126.6    5.1%
  8. Kawasaki Estrella    126    119.8    5.2%
  9. Kawasaki Z250SL    151    141.6    6.6%
  10. Yamaha GT125    108    100.8    7.1%
  11. Yamaha YZF R25    170    158.4    7.3%
  12. SYM Wolf SB250Ni    144    134    7.5%
  13. Suzuki New Satria F150    131    121.6    7.7%
  14. Honda Vario 125 CBS ISS    115    105.3    9.2%
  15. Honda New CBR 250R    165    150.7    9.5%
  16. Vespa S 150ie 3V    115    104.3    10.3%
  17. Yamaha Force    110    99.3    10.8%
  18. Honda CBR 150R    143    127.8    11.9%

MVAI-Banner-1

Bro bisa lihat ternyata menurut data tersebut Suzuki shooter memiliki tingkat deviasi pengukuran speed paling kecil atau boleh dibilang hampir mendekati hasil pengukuran SPeed Racelogic yang didasarkan atas data Satelit GPS . . . oh ya menarik melihat data diatas . . . itu ada data speed itu data top speed bukannya? entahlah tmcblog agak ragu, kenapa? satu data misalnya ada data kawasaki estrella disana disebutkan data speed 126 . . . waduh koq bisa sebegitu detailnya sampai 126 km/jam begitu?  . . . padahal speedometer Estrella kan analog dan susah untuk nentukan angka 126 km/jam  . . ada lagi tuh misalnya Yamaha X-Ride yang 98km/jam dan Yamaha GT125, hehehe . . . btw  .  . semoga data data diatas bisa berguna bagi kita dikemudian hari . . .

Taufik of BuitenZorg

107 COMMENTS

    • biasanya amemang begitu, kalo nggak salah baca / dengar . . . ada alasan safety, cmiiw

      Administrator
    • dalam ilmu mekanika, diberikan deviasi minimal 5% dan bisa lebih besar dari 5% dengan alasan keamanan pengguna..
      di kelistrikan juga demikian.. daya (watt) = ampere (A) x Tegangan (V) x 75% (tingkat keamanan)

      Guest
    • Speedometer nggak akurat belum tentu odometernya juga nggak akurat.
      Tergantung pabrikan, karena mengubah deviasi speedometer hanya mengubah printing angka pada board speedo.
      Begitu juga pada speedo digital, tinggal settingan eprom nya, speedometer saja yang di lebihin, atau speedo dan odo yang dilebihin.
      Pengalaman di dua motor yang jalan bareng dari dua merk beda, walau deviasi speedo tidak sama, tapi odometer cuma beda dikit, itungan meter saja.

      Guest
    • kalo nggak salahpernah baca dimana gitu . . . kalo odometer biasanya nggak jauh deviasinya sama pengukuran GPS, karena ini odometer biasany jadi patokan misale buat service rutin dsb , cmiiw

      Administrator
  1. Hihihihi,,,,soal spedo,,,,tu motor2 yg paling kencang di atas kalah jauh ama spedo di tungganganku,,,,misal di spedo motor kawaksaki z250 di sepedo 50km/jam,,tpi di sepedo mtorku masih 00km/jam,,apa lagi lawan spedo r25…di spedo r25 =53km/jam,di spedo mtor ku masih =00km/jam…..ya iyalah,,,lawongspedo mtorku modyarrrrrrrrrrrr,,,,hihihihi

    Guest
  2. Bukannya bermaksud menjelaskan fakta malah menggiring pembaca menjadi beropini darimana tabel tersebut berasal.

    Guest
    • mungkin om yono lg atit gigi, jd kl disuguhi peyek yg agak keras, kesulitan makan, harus diemut dulu.
      Xixixixi
      piss

      Guest
    • Iya Mas Taufik. Saya mengakui kredibilitas Njenengan. Saya juga sepaham. Untuk mas Kuclux : ada udang dibalik peyek mas (mrgreen).

      Guest
    • @om yono,
      mosok? Paling perasaan sampeyan saja. Kl ditarik benang merah ada benarnya. Dulu pernah ada klaim cbsf 151km/jam, apakah itu wajar?
      Kl orang yg tahu mesin & pecinta kecepatan kemungkinan besar jawab tak wajar (kecuali fanboy).
      So terserah sampeyan menilai.

      Guest
    • @ Mas Kuclux : Sampeyan malah terjebak pada umpan yg sampeyan beri sendiri. Berfikirlah dewasa seperti usia sampeyan saat ini mas. Semua pabrikan pasti mengklaim produknya lah yg terbaik. Selama saya melihat adu kebut dilapangan, saya hanya percaya pada fakta roda di depan lah yang unggul mas. Bukan sekedar jarum spedometer.

      Guest
  3. Bukannya bermaksud menjelaskan fakta malah menggiring pembaca menjadi beropini dari kubu mana tabel tersebut berasal.

    Guest
    • drpd kasak kusuk, mending anda jelasin tabel tsb dari mana asalnya atau kalau ada tabel yg lain menurut anda, kemudian dicocokkan dg punya pak haji. Setuju?

      Guest
    • Seperti pendapat lainnya kenapa duet abadi NVL / old vixi vs CBSF tidak dicantumkan menurut hemat saya bisa dijadikan contoh mas. Saya masih bisa pinjam old vixi 2009 / NVL milik sepupu untuk diadu dengan CBSF atau sebaliknya untuk diadu langsung di pantura. Bukankah itu bisa dijadikan fakta yg lebih menarik daripada sekedar data di atas kertas tanpa bukti yg sahih?

      Guest
  4. Semakin besar deviasinya..artinya careness perusahaan terhadap konsumen akan keselamatan semakin tinggi.
    tp mng bnar patut d pertanyakan keakuratan untuk angka yg bner2 detil terbaca di analog odometer.

    Guest
  5. wak haji kalo boleh usul… kalo bisa di sandingkan per speednya aka dipukul rata sesuai dengan pencapaian masing2 speed. misalnya diambil contoh masing2 unit dengan speed 100 km/h diliat deviasinya berapa…. itu mungkin lebih seimbang.terimakasih

    Guest
    • Mau lebih seimbang? Gini bro, bikin alat yang mirip mesin dynotest ataupun treadmill, ane sebut saja mesin ini dengan speedometer checker, tapi ukurannya memanjang agar muat motor lebih dari satu berjejer. Taruh roda motor yang berkaitan dengan speedometer diatas mesin speedo checker.
      Lalu putar alatnya dengan mesin dengan kecepatan tetap. Tinggal dilihat di masing masing speedo motor yang ditest.

      Guest
    • Totally agree with this, biar ga penasaran juga kan. Lagian kalau cuma sumber tabel darimana kayak sudah ada beberapa yang punya result dyno test-nya. Tapi sorry to say sih faktanya Motor Jepun mang sering bohong sorry ya..

      ATPM Jepun sudah terlalu kuat mencuci otak masyarakat Indonesia khususnya, makanya saya lari dari yg mainstream ini
      #peaceah 😛

      Guest
    • saya pikir juga begitu . . .kalo saya ngukur biasanya pake satuan yang pas pas misale di spedometer 10 km/jam di gps berapa? lalu di 20 km/jam, lalu lagi di 30 km/jam, githu . . . ini sangat berguna bagi spedometer yang analog dalam melakukan pengukuran karena keterbatasan ketelitian satuan dan ketelitian mata kita, imho

      Administrator
    • ya kasian pak haji to. Udah bersukur dia mau berbagi inpo & ilmu, kok pembacanya mlh minta lebih.
      Sebaiknya itu dilakukan oleh suatu badan/instansi spt tempat uji kir yg penuh dg birokrasi keuangan.

      Guest
  6. Ngoahahahahaa

    Speedo honhon paling lebay

    Ngoahahahaha

    Sport honhon cuma kenceng di congor makhluk penunggu diskon fbh

    Ngoahaaaaa

    Guest
  7. Betul wak haji, itu ada motor speedo analog, speedometer bisa 98 / 108 / 111 / 126 nentuinnya gimana ya? Pake ilmu kira kira kali ya?

    Guest
  8. Kalau bicara masalah pengukuran yang menjadi standard primer apa? Kemudian apakah racelogicnya sudah di tera atau terkalibrasi? Kalau sudah baru bisa kita percaya. Tapi kalau belum, kembali lagi ke pertanyaan pertama.

    Guest
  9. Sebenernya artikel sindiran halus wak haji atas list tersebut? ayo wak keluarkan data” punya sampeyan/ versi sampeyan…

    Guest
  10. Pabrikan bikin speedometer dg deviasi (yg tinggi) itu biar konsumen senang…….(biar abis naik motor nyumbung, gw tadi lari xxx lho), bebek pun lagi diam bisa mentok speedonya kalo di on kan, trus angka di speedo maxnya kan cukup lebai, matic 110 cc bisa tertulis 140, apalagi tujuannya biar konsumen senang…

    Guest
  11. Wak haji wak haji. Njenengan kuwi sama aja menebar api dalam sekam. Bikin permusuhan dalam fbh fby fbs dan fbk. Makin koar2 dah. Klo test tuh jangan pake racelogic. Tapi pake gear ratio dan rpm. Race logic mah harus kalibrasi. Blm lagi pas cuaca mendung. Pengalaman pake gps. Di lain hari hasil di motor ane beda. Hari minggu cukup akurat. Hari senin agak mendung penyimpangan jauh.

    Guest
    • nggak lah, bukan begitu . .. topgear saja pake racelogic koq . . . saya sendiri pake race logic dan ngebela belain beli sendiri race logic karena memang itu alat khusus yang bisa dibeli oleh umum
      cuma mungkin cara pengukuran/ sudut metoda pengukuran saja yang berbeda . .. hanya di sana saja

      Administrator
  12. sekedar info… kecepatan yang tertera di GPS juga belum tentu akurat, tergantung satelit, bangunan sekitar, medan magnet dll… coba aja itung kecepatan racelogic 2x dengan motor yang sama dan kecepetan speedometer yang sama, hasilnya ada kemungkinan beda…

    Guest
    • hehehe jam saja nggak ada yang 100% akurat
      dulu di tahun awal kita mengunakan satuan detik :yakni sebagai 1/31.556.925,9747 bagian dari tahun matahari di tanggal 0 Januari 1900 jam 12 waktu ephemeris
      lalu diratifikasi lagi . . .jadi lebih akurat kita menggunakan referensi detik yang paling akurat yakni dengan Jam atom yang dijabarjkan sebagai Durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-133 . . .

      Itupun bukan dikatakan sebagai jam yang paling benar . . . tapi yang paling akurat

      nah kecepatan ini kan merupakan satuan turunan dari detik . . . detiknya sendiri bukan yang paling benar . . . maka kecepatannnya apalagi 😉

      disitu logikannya

      nah GPS pun bergantung pada jenis chipset dari GPSnya, lalu bergantung pada sinyal GPS dari satelitnya yang dihitungg dan faktor faktor eksternal lainnya seperti yang bro sebutkan diatas lalu mengkalkulasikan datanya menggunakan hukum dopler effect . .. dan boleh dibilang memang sampai saat ini cara termudah untuk membuat referensi yang paling mendekati akurat dari pengukuran kecepatan yangalatnya BISA dibeli oleh umum , imho 😀

      Administrator
    • Sabar wak haji,, pnjelasan wak ini bnr2 luar biasa . Tapi blm tntu masuk ke otak para tukang ngeyel, lagian dari bahasanya keliatan yg ngeyel itu pensboy yang ga terima merk tertentu terlihat disudutkan (padahal uda disajikan sesuai data) , hehhehehe

      Guest
    • Makin dijawab makin banyak pengennya wak… Artikel wak haji aja dah bikin nambah knowledge hehee… Pengen akurat bingits ya tes olangan aja, bisa puas deh hehehe…

      Guest
    • sabar pak haji, yg namanya fanboy tak mungkin bs memahami logika, lawong beli motornya tak pakai logika, tp dg fanatik buta.

      Guest
    • Penjelasan yang bikin bungkam para Fans boy! Kang Taufik ini bloger motor tapi bisa ngejelasin kayak wartawan NatGeo atau Discovery Chanel ya… wkwkwk keren dah

      Guest
  13. Kok bajaj pulsar gak masuk list ? Huhuhu Beberapa tahun yg lalu ada yg mengulas bahwa speedometer yg mendekati akurat adalah P200/P180 cmiiw

    Guest
  14. pernah test pake aplikasi gps android ulysse.. pulsar 135 ane kecepatan 116kpj di ulysse 110kpj.. tadinya mau nyari topspeed tapi urung karena banyak lobang..

    Guest
  15. Waktu nya ngebully CRR…hahahaha CBR250 sama CBR150 paling kenceng… bohongnya hahahahaha penyimpangan spedo yg sangad parah

    Guest
  16. ninja fi yg paling bagus menurutku, simpangannya paling kecil dan akurat….. (saya punya-nya itu tok) wkwk

    Guest
  17. punya gw old vixion 2011 malah dipakein speedometer koso RX1N, gtw deh penyimpangannya brp wak.

    pake 3 titik magnet untuk sensor speed, sama ukuran keliling roda std vixion new ( udah upgrade kaki2 pake punya new vixion lightning, ga ada dudukan gigi nanas speedo analog ) ntar deh gw updet berapa speednya dari gps

    Guest
  18. Mkasi infonya wak haji, memang bener itu yang namanya CBR150R penyimpangannya beneran gede. Saya sendiri pernah ngebiktiin di langsung jalan bareng ninin250fi punya temen and sama 250SL punya saya. CRB150R memang gede penyimpangannya.

    Guest
  19. yg merasa spedonya paling ngibul pd gak terima..lanjutkan wak haji…..yg benar harus di luruskan…yg curang harus di bumihanguskan….hidup prabowo….#eh…

    Guest
  20. 126 km/h masih bisa diklaim untuk spido analog kalo garis skalanya 1 km (garis halusnya). Ingat jg rumus menghitung error yg bergantung pula pada nilai full scale (pembagi). Jadi, komparasi di atas masih belum standar (pembagi harus sama).

    Guest
  21. Haduh… para fansboy pada ngebanggain merk sembahannya.. udah dijelasin kl wak haji bilang suatu saat data ini pasti berguna, dan ada kata agak ragu…

    Artinya wak haji belum percaya data tsb dan mau test jg keakuratan spedo motor2 diatas dgn racelogic miliknya.. apa benar mendekati data diatas..

    Kl emg beda jauh.. wak haji mau buktiin mana yg test independent atau test suapan atau bayaran…

    Guest
  22. saya setuju 98% tes yg dilakukan akurat mengenai top speed. wlpun ada yg dikira2 ssikit tp pendapatnya cerdas..
    untungnya tdk dicantumkan top speed ninja 150rr racelogic 145 km/jam krn kebanyakan ridernya minta ditulis diatas 160 km/jam. pokoknya mintaknya paling kencang sendiri…

    Guest
  23. karna yg koment dirasa dah banyak & penambahannya mulai lama, tak ada salahnya gue ambil kesimpulan sementara

    “Kalau Anda Pengin Kecepatan tp Takut Akan Kecepatan,
    Jangan Kuatir Sekarang Ada Ekstraknya”

    tinggal pakai motor yg deviasi spidonya paling lebay. Jalan 80km/jam bs nyombong dah jalan 190km/jam.
    Guuuuuuuttttttttt

    Guest
  24. Kalo sya gk ngaruh punya motor bsa lari berapa..yg penting enak bwt momen nyalip… Soal speed, asal angin udah tiup kenceng tanda bwt kendorin gas ..
    Soalnya kabelnya tak cabhut .. 😀

    Guest
  25. muka sempak operpret kenapa speedometernya ngibul on the road pantesan fb hongkong merasa paling kenceng dunia akherat dari sohc sebelah ini yang 150 loh ya kalau yg 250 udah jelas2 di kuamplengi bolak balik tinggal muka sempak bengep ngoahahaha

    Guest
  26. Fix TMCblog 100% adalah seorang FBY, saya kecewa dan saya ga akan buka TMCblog lagi, padahal saya sudah menjadi pembaca setia TMCblog sejak lama

    Giliran berita R25 di dynotest -2dk ga diposting, giliran berita ini di post

    Wassalamualaikum, minal aidzin wal faidzin

    Guest
    • oke fix TMCblog 100% adalah seorang FBY
      oke fix Roy 100% adalah seorang FBS
      trus yg FBH siapa nih????

      Guest
    • dari pada jadi bloger jujur tapi di musuhin fbh karena gk sejalan bisa gk wak itu artikel speed real muka suempak operpret di edit jadi 200kmh atau sekalian 300kmh seperti moto gp biar fbh gk ngambek ngoahaha ngoahaha

      Guest
  27. Cari mainan? Cari koleksi diecast?

    Aston Martin | Audi | BMW | Chevrolet | Datsun (Nissan) | DMC | Dodge | Ferrari | Ford | Helicopter | Hino | Hitachi | Honda | Hummer | Isuzu | John Deere | Kawasaki | Komatsu | Mazda | Mercedes-Benz | Mini Cooper | Mitsubishi | Nissan | Plymouth | Pontiac | Ship | Suzuki | Subaru | Toyota | UD TRUCKS | Volkswagen | Yanmar

    http://www.plankton-shop.com/

    Guest
  28. yg bilang motor jepang aja yg banyak defiasinya kurang teliti bacanya 😀 diatas ada vespa (ita) 10,3% sama SYM(taiwan) 7.5% juga lho

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here