460x110_rev (2)

tmc-460x110-revisi

trio

Bro sekalian, di artikel ini kita akan kembali berdiskusi tentang hal original yang khas dibahas di tmcblog setiap pasca race atau pasca kualifikaksi yakni Laptime rider persektor sirkuit  . . . seperti Kita ketahui pada gambar di bawah (gambar no 2)  ada 3 tempat yang merupakan objek update ( diwarnai merah) dari sirkuit Indianapolis untuk gelaran MotoGP 2014 ini. Sirkuit Indianapolis mengalami update pada tikungan ke 2,3, 4, 7,8,9, 15 dan 16, plus asphal yang diperbaharui sehingga total sekarang panjang lintasan menjadi lebih pendek 0,048 km atau sekitar 48 meter namun bentuk tikungannya tetap sama yakni 16 tikungan 10 kekiri dan 6 ke kanan . . . Dan Bila gambar no 2 dibawah digambar ulang berdasarkan sektor maka akan didapat gambar kurva sebagai gambar no 3

banner-440x100 scoopy(6)

Parts

indy_2014

Lihat gambar no 3 di bawah ini, maka Perubahan layout berada pada Sektor 1 ( karena tikungan 2,3 dan 4 berubah ), Sektor 2 (karena tikungan ke 7,8,9 berubah), dan sektor 4 ( karena tikungan 15 dan 16 berubah). Sedangkan layout sektor ke tiga (S3) tidak ada perubahan Selain itu pengelola sirkuit Indianapolis juga mengasphalt ulang permukaan Sirkuit sehingga menurut testimoni rider motoGP dibanding tahun lalu, Indianapolis tahun ini signifikan jauh lebih sedikit bumpynya dan lebih ngegrip di ban . . . nah bagaimana pengaruh update ini terhadap laptime mereka?

Indianapolis_sector

Di artikel ini TMCBlog hanya menyertakan 3 terbesar peraih pole possition yakni Marc Marquez mewakili Motor Honda, Andrea Dovizioso mewakili Motor Ducati dan Jorge Lorenzo mewakili Motor Yamaha. Nah bagaimana perbedaan laptime mereka berempat di masing masing sektor . . . mari kita bahas bersama beserta grafis yang mudah mudahan dapat memvisualisasi mas bro semua akan progres dan perubahan mereka . . .

Sektor 1

Indianapolis_sector1

Sektor satu adalah garis setelah straight yang langsung betemu tikungan kekiri parabolic yang ujungnya bertemu dengan tikungan sempit R3,dan R4 yang mengalami update . ..  bagaimana laptime Marquez, Dovi dan Lorenzo?

Indianapolis_sector1_analys

Bro Bisa membaca grafiknya kan . . . tulisan Lorenzo 14 artinya laptime lorenzo di kualifikasi tahun 2014, dan Lorenzo 13 artinya laptime lorenzo di kualifikasi tahun 2013. Dari data diatas . . . Boleh dibilang kombinasi perubahan Layout ditikungan 3 dan 4 plus perubahan kondisi asphalt cukup signifikan mempercepat laptime rider sekitar 1 detik di sektor ini .  . terlihat laptime Marquez memang paling kecil disini (paling cepat) dan Ducati baik tahun lalu maupun tahun ini masih sedikit lebih lama dibanding Honda dan Yamaha, imho

Sektor 2

Indianapolis_sector2

Yap sektor dua adalah kombinasi dari sebuah tikungan parabolic ke kiri plus dua paket Chicane di tikungan 6 sampai 9. Indianapolis juga mengalami reshape bentuk tikungan di spot R7,8,9 . . . bagaimana pengaruhnya terhadapat laptime ketiga rider teratas kualifikasi kemarin dan perbandingannya dengan tahun lalu  . . . cekidot

Indianapolis_sector2_analys

Dari data diatas terlihat perubahan layout mengubah cukup signifikan Laptime Marquez dan Lorenzo . . . Keduanya  bisa lebih cepat di atas 1,5 detik di sektor ini . . . namun memang Ducati Istimewa di sektor ini baik pada tahun 2013 maupun 2014 ini . . . pada 2013 yang lalu dimana Honda dan Yamaha berada diatas 26,5 detik, Ducati yang ditunggangi dovi bisa sedikit diatas 25,5 an atau beda 1 detik di sini . . . buat Dovi sendiri perubahan layout dan update asphal juga menaikkan laptimenya . . . namun tidak sebesar kenaikkan Honda dan Yamaha. IMHO. Di sektor ini marquez mencatat waktu tercepat selama dua kali kesempatan . . . namun lihat deh Lorenzo menebar ancaman dengan menorehkan laptime sedikit lebih lambat dari Marquez namun 4 kali secara konsisten

Sektor 3

Indianapolis_sector3

Nah sektor 3 ini seperti gambar diatas nggak terlalu ngejelimet, namun ada beberapa tikungan sempit.Pada sektor 3 ini tidak ada perubahan shape tikungan, hanya asphal saja yang berubah lebih ngegrip . . . bagaimana efek nya terhadap ketiga rider terdepan kualifikasi motorGP Indianapolis 2014 ? Cekidot  . .

Indianapolis_sector3_analys

Seperti duagaan  . . . Perubahan nggak terlalu signifikan dibanding perubahan laptime di sektor 1 dan 2 . . . tercatat Marquez umumnya hanya 0,5 detik lebih cepat, Lorenzo juga hanya 0,5 detik, dan Dovi juga sekitar 0,5 detik saja . . . berkat asphal yang baru . . . dan tentu perbedaan motor/ setingan juga hehe. di Sektor ini adalah Marquez yang mencatat laptime tercepat, namun nggak jauh juga dari laptime lorenzo sih

Sektor 4

Indianapolis_sector4

Yap disektor 4 ini ada perubahan layout tikungan yang paling signifikan yakni di R15 dan 16 plus tentunya efek asphal baru . . . disinyalir disinilah pemendekan panjang sirkuit paling tinggi sehingga secara total bisa mencapai 48 meter . . . nah udah bentuk tikungan diubah, asphal baru plus panjang sektor lebih pendek . . . bagaimana pengaruhnya terhadap laptime 3 rider terdepan kualifikasi kemarin? cekidot

Indianapolis_sector4_analys

jeng jreng . . . hehehe terlihat signifikan banget laptime ketiga rider Marquez, Dovi dan Lorenzo di sektor terakhir ini. Ketiganya boleh dibilang memiliki laptime yang 11-12 di sektor ini baik pada musim 2013 maupun musim 2014 ini. Namun update kenaikkan laptime semuanya bisa  sekitar 3,5 detik-an . . .

MVAI-Banner-1

nah jelas kan sekarang . . . bagian mana yang mengalami update signifikan mana yang cuma sedikit, lalu siapa yang tercepat dan terlihat menguasai di masing masing sektor . . . tingal kita lihat nanti Saat Race . . . siapa yang akan merengkuh trofi Juara satu di MotoGP Indianapolis 2014 . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

30 COMMENTS

    • terima kasih . . . asal pengunjung tmcblog senang dan tercerahkan saya sudah cukup senang 😀

      Administrator
    • edan lengkap tenan…
      =======
      Ijin berbagi pengalaman full test ride Ducati Monster 795 ya, semoga bermanfaat…
      http://kobayogas.com/2014/08/09/ducati-monster-795-corse-termignoni-spec-full-test-ride-and-review-part-i/

      Guest
    • juozzzzz wak kaji taufik 😀
      http://cicakkreatip.com/2014/08/10/kawasaki-pun-tidak-mau-ketinggalan-jajal-tendangan-power-yzf-r25-di-acara-launching-r25-di-surabaya/

      Guest
    • nitip lapak kang
      yang mau kredit motor Honda,Yamaha dan Kawasaki bisa dimarih
      http://www.kaskus.co.id/profile/viewallclassified/6911796
      keunggulan kalau agan kredit/cash di ane
      – DP bisa pakai motor bekas
      – Syarat cuma KTP dan KK aj
      – Malam ane jemput data , pagi atau siang di survey , sore motor ud bisa agan ambil di delaer , PROSES MAKSIMAL 24 JAM ,!!

      makasih kang

      Guest
  1. kumplit tenan, btw,, semoga bagus nanti pagi 😀
    http://pertamax7.com/2014/08/10/nico-julian-juarai-indoprix-sport-150-seri-3-di-sentul-karting-pasukan-suzuki-sapu-bersih-podium-yamaha-new-vixion-mulai-kompetitif/

    Guest
  2. Wow…. mantep…. lengkap infonya…… duh maaf agak telat…. Minal ‘Aidin Wal Faizin… Kang….

    nitip
    http://jalanberkarisma.wordpress.com/2014/08/10/wisata-kuliner-hucap-kupat-tahu-khas-kuningan-ngilerrrrr/

    Guest
  3. OOT dikit wak…dani pedrosa nyaris mndekati rekor top speed baru dg mncetak 349.0 kpj di fp4. Smg di warm up dia pnya nyali utk bikin rekor baru mngalahkn rekor iannone yg 349.6 kpj. Sy pikir honda plng kuat di straight indi, trbukti 3 top speeder teratas dipgang honda. Dani 349.0, bautista 347.8 dan bradl 346 kpj. Dovi mnjadi rider trcepat ducati dg kisaran 345 kpj. Trnyata perubahan lay out baru bs mmbuat sirkuit ini mnjdi slh satu sirkuit paling cepat di kalender motogp.

    Guest
    • mantab tambahannya, makasih bro analisannya . . . bakalan kompetitif doong semua rider ya

      Administrator
  4. Meningalnya Pembalap Nasional Deny Triyugo masuk ke penyelidikan Kepolisian, weh!
    http://bonsaibiker.com/2014/08/10/meninggalnya-pembalap-nasional-denny-triyugo-kemungkinan-masuk-ke-ranah-hukum-polisi-kini-sedang-melakukan-penyelidikan/

    Guest
  5. You should remember few facts while choosing your quilts.

    Talk to the store manager and find out how much they charge to rent a booth, usually they charge a flat monthly fee.
    Because it is a high quality by-product in the handmade
    natural soap making process, many mass commercial handmade natural soap manufacturers often extract
    the glycerine and sell it as a by-product to be used in higher priced products like lotions and skin creams.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here