460x110_rev (2)

GT125Garuda_460x140

motogp-front-tire

Bro sekalian, ban Asimetrik adalah ban dengan tipe kompon karet yang berbeda antara sisi kanan maupun kirinya. Nah biasanya ban seperti ini di balap motor diperuntukkan bagi event balap dimana jumlah tikungan ke kiri dan ke kanan tidak sama besarnya semisal Sirkuit Sachsenring jerman dimana ada 10 tikungan ke kiri dan hanya 3 tikungan ke kanan, sehingga banyak kejadian crash karena perbedaan jumlah tikungan kanan dan kiri ini . .. Ban Asimetrik hadir dengan cara membuat sisi ban yang  terpapar lebih ekstreem oleh gaya nikung rider akan diperkeras komponnya dibanding sisi dimana tikungan lebih sedikit sehingga diharapkan ban lebih durable

banner-440x100 scoopy(6)

camber_angle_illustrationNah Sampai Race MotoGP Brno Kemarin Bridgestone hanya menyediakan ban Asimetrik untuk Ban belakang. Namun Pada Pengetesan Pasca MotoGP Brno kemarin Bridgestone memberikan beberapa sample ban depan Asimetrik untuk dicoba. Memang secara komparasi jumlah tikungan kiri-kanan di brno tidak terlalu ekstrim ( 6 tikungan ke kiri dan 8 tikungan ke kanan) Namun Bridgestone fokus ke stabilitas ban Depan Asimetrik ketika Extreme Hard Brake, secara kita tahu di Brno kontur sirkuitnya ada titik pengereman turunan yang benar bener menyiksa kaliper dan discbrake Keramik dari Motor dan menguji durabilitas ban tentunya.

MVAI-Banner-1

Rencananya Ban Depan Asimetrik ini akan disiapkan untuk dipakai di gelaran race MotoGP seri 16 Australia di sirkuit Phillips Island yang walau memiliki jumlah perbandingan tikungan kiri kanan 7 : 5 namun asphalnya dikenal cukup abrasif dan satu lagi di seri Finale MotoGP sirkuit Valencia yang boleh dibilang cukup signifikan perbedaan perbandingan jumlah tikungan kiri – kanannya yakni 9 : 5  . . . Bridgestone dan Dorna mencoba menyuguhkan Ban depan Asimetrik di dua race 2014 dalam upaya mempertinggi level keamanan race para rider . . . mantabbb deh kita lihat nanti saat dipakai di Race sesungguhnya . .

Taufik of BuitenZorg

32 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here