460x110a-okt14

r15goldgifLOOP

trio-pole

Bro sekalian, Kemarin telah kita lalui bersama Kualifikasi MotoGP Sepang 2014 dalam situasi temperatur 35°C (udara) plus 58° C (track) dan Marc Marquez dengan gemilang mematahkan rekor lama  yang dibuatnnya sendiri tahun lalu dari 2 menit 0,01 detik menjadi 1 menit 59, 791 dan bersama Pedrosa menjadi dua Riders pertama yang mencetak Rekor laptime di bawah 2 menit pas pada ajang yang diakui catatan laptimennya, sebenarnnya dengan RC212V edisi terakhir, Casey stoner sebelum dia pensiun dan Gong fishing,  Stoner sendiri pernah mencatatkan rekor sepang dibawah 2 menit dan bahkan lebih cepat dari Marquez  ( 1 menit 59,607 detik ) pada tanggal 2 februari 2011 namun itu terjadi pada sesi test Pra-musim jadi nggak secara resmi diakui dan dicatatkan dalam list record.

Pole Possition Yang dicetak Marquez kemarin adalah Pole ke 50 dalam sejarah karir GrandPrix sang baby alien  (14 di kelas 125cc, 14 di kelas Moto2, 22 di kelas MotoGP) dan ini adalah Polenya yang ke 13 di musim 2014 yang tentunya lebih baik dari Catatan Pole Mick doohan Di 1997 dan Casey Stoner di 2011 dimana kedua pembalap autralia tersebut hanya 12 kali pole dalam satu musim GrandPrix . . . . Oke cukup chit chat kita . .   langsung aja, apa yang sebenarnya terjadi kemarin ? TMCBlog hanya membahas 4 rider yakni Marquez sebagai Pole possitioner mewakili Honda, Lorenzo di tempat ke 3 mewakili Yamaha, Dovizioso mewakili Ducati dan Aleix espargaro sebagai Rider kelas Open tercepat.

banner-mbtech-tmcblog

2000px-Sepang.svg

Fakta sirkuit Sepang

Sirkuit sepanjang 5,543 km yang dibangun Tahun 1999 ini memiliki layout tikungan yang cukup asimetrik dengan 5 tikungan ke kiri dan 10 tikungan ke kanan sehingga para riders terutama dibekali dengan ban belakang yang asimetrik dimana sisi bagian kanan memiliki kompon yang lebih keras dibanding kiri. Namun untuk ban depan tetap simetrik. Tercatat juga sebagai sirkuit yang cukup lebar dengan bentangan lebar track 16 meter. Straightnya ada dua yakni sama sama di depan grandstand . . . namun staight terpanjangnnya sekitar 920 meter berada di depan podium

03_en

Kabarnnya Sirkuit ini adalah Sirkuit Penghasil G-Force tebesar dalam satu musim MotoGP menurut infografik dari Brembo. Mengerem di Sepang menurut Brembo adalah momen pengereman dimana rider akan merasakan G-Force terbesar dalam satu musim MotoGP

Sektor 1

sector1-sepang

Sektor satu dimulai adalah terusan Straight terpanjang di sepang namun hati hati . . . ujung dari Straight sepang ini langsung dihadapkan dengan chichane sempit R1 dan R2 yang sangat tricky . . . setelah R2 ada beberapa tikungan cepat menuju R3 dan mantebnnya lagi, layout terrainnya nggak rata tapi menurun menuju R3  . ..  pancen mantabbb . . . Gimana Performa pembalap?

sector1-q2-sepang14

Terlihat memang Marc Marquez yang paling cepat di sektor 1 ini dibanding ke ke tiga rider lain yang tmcblog bahas di artikel ini . . . dan bahkan menurut statistik dorna, Marquez adalah yang tercepat di sektor ini diantara semua rider pada sesi Q2 dengan torehan 24,718 detik . . . Karena Q2 hanya berlangsung 15 menit ditambah 1 lap memerlukan sekitar 2 menit-an, sehingga bahkan sekelas Marquez pun hanya melakukan 2 kali lap yang bener bener serius untuk dicatatkan. Menarik melihat Dovizioso juga cukup kuat disini  . . . bisa jadi karena Top speed mesin Ducati desmosedici GP14,2 yang tinggi di straight ditambah performa body Ducati Desmosedici yang lebih slim  . .. Lorenzo terlihat Konstan dan Aleix yang dibekali ban yang lebih soft dibanding kelas Factory pun nggak berdaya melihat laptime kompatriotnnya di kelas Factory.

Sektor 2

sector2-sepang

Sektor dua Sirkuit sepang malaysia adalah gabungan satu tikungan lambat di R4 dengan dua tikungan flowing yang butuh rolling speed maksimum di R5 dan R6 . . .Terainnya pun nggak rata mulai dari agak rata di R4 ke R5 sampai agak menanjak di sport menjelang R6

sector2-q2-sepang14

Kembali di Sektor dua ini Marquez sangat dominan, laptime 27,758 di sektor dua yang ditorehkan Marq adalah laptime kedua tercepat dibanding peserta Q2 kemarin, laptime tercepat di sektor ini dtorehkan pedrosa dengan 27,724 detik  . . . sedangkan performa Yamaha, Ducati serta Open bike terlihat merata disini . . . yang menarik adalah performa Ducati yang terlihat cukup bisa mengikuti ritme dan laptime dari Yamaha disini . . . padahal Ducati terkenal masih terkungkung oleh masalah Understeer

Sector 3

sector3-sepang

Secktor 3 Sepang adalah sektor terpanjang dalam MotoG sepang dan melibatkan 7 tikungan baik 5 kekanan dan 2 kekiri . . . logis kirannya laptime para riders boleh dibilang yang paling besar di sektor ini  . .. dan kalo mas bro ingat, kejadian Crash Marco Simoncelli di 2011 pun terjadi di sektor ini yakni di sekitar tikungan 10-11 . . . terainnya rata-turun dan naik cukup beragam dan cukup butuh skill track serta memanjakan talenta rider

sector3-q2-sepang14

Bener bener gendeng, dilihat dari Data grafik di atas, Marquez dengan 37,354 detik pun tetap lebih cepat dibanding Lorenzo, dovi dan Aleix espargaro . . .bahkan Marquez sempat cetak 34,338 detik di sektor ini pada percobaan keduanya. Yang menarik dianalisa adalah , ducati nggak begitu konsisten disini sedangkan Motor open Yamaha forward yang di geber aleix rata rata di tiga lapnya bisa lebih kencang dari Dovizioso.

Sector 4

sector4-sepang

Sektor 4 dimulai dengan Tikungan 14  yang diikuti dengan tikungan semi parabolic diujung grandstand yang dilanjut dengan straight menuju finish line . . . jelas di sektor ini butuh motor dengan perpaduan akselerasi, kestabilan rolling speed di tikungan plus pengereman yang mumpuni.

sector4-q2-sepang14

Dari data Kualifikasi sektor 4 diatas kembali terlihat Marquez berhasil menjadi yang tercepat dibanding Lorenzo, Dovi dan Aleix . . . performa Lorenzo dan Dovi dengan Yamaha M1 dan Ducati Desmosedici GP14,2 nya sedikit di bawah Marquez . . . Namun disinilah terlihat kedigjayaan motor Factory dengan spek softwarenya yang lebih mumpuni dimana Laptime Aleix jauh banget bila dibandingkan laptime Marq, Lorenzo dan Dovi . . . Secara Umum Marq marquez memang pantas menyandang sebagai yang tercepat dalam Kualifikasi kemarin . . . Nilai performa laptimennya boleh dibilang hampir sempurna dan mengungguli Lorenzo, Dovizioso dan Aleix espargaro . . . tapi tentu Race berbeda dengan Kualifikasi . . . apapun masih bisa terjadi, dan sesi warm up pagi ini akan menggambarkan seperti apa setup motor semua rider untuk persiapan Race nanti siang . . . dan juga jangan lupa ada race terakhir musim 2014 untuk Shell Advance Asia Talent Cup yang akan menentukan siapa yang akan menjadi pembalap kadet tercepat se asia  . . . kita akan simak bersama .  . salam dari Media Room Sirkuit Sepang Malaysia . . .

Taufik of BuitenZorg

 

 

1 COMMENT

  1. pengaruh bobot rider gimana Wak? apa ada pengaruh
    masalahnya kalo ada trek yang lumayan panjang sy perhatikan VR46 selalu kedodoran seperti kalah akselerasi, Pedrosa malah sebaliknya.
    masalah bukan cuma di akselerasi tapi juga di late breaking

    kalo diurut secara postur tubuh VR46 paling besar diantara 4 alien
    1 Pedrosa, 2 Marc, 3 JL, 4 VR46

    • saya belm bisa jawab nih . . . sebab nggak hanya butuh data sepang untuk menjawab pertanyaan ini, butuh beberapa data pembanding di sirkuit lain . . . tapi sebuah pertanyaan menarik untuk di diskusikan . ..

    • Ga juga, d motegi rossi digdaya bgt track lurus, justru Marquez nyalipx d tikungan melulu, ga mampu d track lurus. begitupun d philip island, semua tergantung komunukasi rider-chief engineer, mau kuat d akselerasi, atau d top speed. ingat top speed selalu dipegang oleh yamaha, khususx tech3 pol espargaro.

      • tapi masalah late breaking jadi masalah utama Rossi dari tahun lalu sampe sekarang

        terus data diatas disebutkan Laptime Aleix jauh banget bila dibandingkan laptime Marq, Lorenzo dan Dovi di sektor 4
        melihat perawakan Aleix yg termasuk rider yg berbadan besar sepertinya selain faktor motor, bobot Aleix juga berpengaruh besar disini

  2. ayo marquez,, jangan sampe kalah….
    kalo kamu kalah ntar honda ngambek lho.. n mengurungkan niatnya buat jadi sponsor motogp trans7..
    Astuti Hendi Melati kan sering datang bulan,, jadi gampang ngambekan… ngoeheehhehehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here