460x110a-okt14

460x131REVSYOURBIKE

aprilia-chasis

Bro sekalian, Seperti Kita ketahui bersama team Aprilia Gresini di 2015 nanti akan mulai memasuki kelas MotoGP dengan Modal mesin prototipe yang dibangun berbasiskan mesin supebike Aprilia RSV4 mereka. Bro bisa lihat digambar atas, mesin 4 silinder V tergambar jelas dan dari bentuknnya pun sudah terlihat bahwa mesin ini punya benang merah yang sama dengan mesin Aprilia RSV4 superbike. Namun sasis dan kaki kaki yang dipakai di motor prototipe tersebut cukup berbeda bila dibandingkan dengan versi Produksi massal Aprilia RSV4. Namun yang menarik perhatian tmcbllog adalah area yang dikotak merah pada gambar di atas ( sumber gpone) yang merupakan sasis motor WSBK yang juga dipakai di team Open Bike dan CRT dari Aprilia ART

banner-mbtech-tmcblog

Awalnnya tmcblog mengira ( artikel telah diupdate dengan upside down 😀 ) bahwa  sasis di atas adalah sasis Aprilia MotoGP, tapi tenyata Bukan . . . Sasis Aprilia MotoGP 2015 yang akan digunakan malah sasis dengan ‘tambalan’ coakan untuk menopang mesin dengan potensi getaran lebih ( mesin Pneumatic) sesuai dengan petunjuk salah seorang pengunjung blog yakni Bro witcak (thks bro)

Foto yg pertama itu bukanlah sasis prototype ART yg akan digunakan tim Aprilia Gresini musim depan, tetapi memang sasis Aprilia RSV4 yg digunakan di ajang WSBK musim 2014. Sasis tsb sama dg yg digunakan pada motor ART sejak MotoGP musim 2012 saat eranya kelas CRT dimulai. Bisa dicermati pada jaket yg dipakai crew mechanic Aprilia tertampil logo merek ban Pirelli. Nah yg pakai ban Pirelli kan WSBK, bukan MotoGP. So, itu memang sasis RSV4 yg juga diadopt utk motor ART MotoGP musim 2012-2014. Jadi bukan sengaja dicoak ;)

Sedangkan foto ke2 & 3 memang benar itu adalah sasis ART upgrade yg akan digunakan tim Aprilia Gresini musim depan, yg mana mesin ART di-upgrade dg sistem pneumatic valve.
Coakan tsb ‘ditambal’ mungkin utk memperkuat frame tsb akibat dr power mesin yg bertambah dg digunakannya sistem pneumatic valve.
Jadi, sasis ART upgrade mulai musim depan tanpa coakan lagi.
Sasis versi upgrade tsb (tanpa coakan) debutnya mulai digunakan pada sesi test post race Valencia kemarin & sudah diuji oleh Bautista, Melandri & test rider Aprilia Alex Hoffmann.

di Waktu di eicma milan sebulan yang lalu  Aprilia sudah memperkenalkan mesin pacu mereka di MotoGP 2015 dan   . . . . bagian tersebut tidak lah lagi tercoak ( lebih tepannya coakan telah tertambal)  :

aprillia-motoGP-1

lebih zoom lagi . .

aprilia-chasis2

Percobaan percobaan yang sifatnnya fisik seperti ini dilakukan oleh team untuk menemukan setingan sasis yang tepat untuk Motor Aprilia Gresini. Pertanyaannya, kenapa harus di tambal? apa nggak lebih riskan dibanding bikin sasis baru tanpa tambalan? 😀 sementara ini belum ada penjelasan mengenai hasil apa yang membedakan  antara sasis yang tercoak dengan sasis yang sudah ditambal coakannnya  . ..  apakah laptime berubah? bagaimana perbedaan fleksibilitasnnya?

Jadi pada dasarnnya sasis tersebut awalnnya nggak ada coakannya, lalu untuk motor versi CRT 2012 dan versi Open class 2014 itu sasis yang kena coakan  ( which is sasis Aprilia WSBK) . ..  dan lucunya pas mau masuk musim motoGP 2015 (test MoGP Valencia 2014 )  . . . Aprilia Gresini ternyata seakan akan masih ‘menyimpan’ coakan tersebut dan ‘menempelkannya’ kembali  di sasis  :mrgreen: . . .  . . . oke semoga berguna

taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

53 COMMENTS

    • saya juga yakin, gak mungkin gambling, tapi dari sini ngeliatnnya linu secara mesin motoGP dengan penumatic valve . .. getarannya brooo hehehe 😀

      Administrator
    • hehehe,,, betul wak..

      tp kyknya mereka udah hitung matang2…

      lets see deh nanti mudah2an positif dan bs kompetitif

      Guest
  1. Barusan googling… Ternyata sasis ART 2012 – 2014 gak ada coakannya, alias sama dengan Aprilia MotoGP 2015 bike… Yang ada coakan justru sasis Aprilia MotoGP pas tempo hari di-test Max Biaggi di Mugello…

    Guest
  2. Waktu saya nonton video RSV4 dari aprilia, pihak RnD menyatakan klo mesin RSV4 adalah pengembangan mesin untuk balap MotoGP. Krn dana tak ada, akhirnya mesin itu di masalkan, akhirnya jadilah mesin motor V4 masal di dunia plus di kembangkan oleh Max Biaggi, *dan mmg kata org2 n blogger yg pernah ngetest motor ini, mmg bukan motor dgn karakter ‘jinak’, gak biasa bawa bisa berbahaya, walau biasa bawa I4 1000/V4 1200.

    Ada kok di youtube saat pengenalan RSV4 pertama kali keluar, ada video saat di uji, desain mesin, bahasa Italia tapi sub Inggris.

    Guest
  3. Pertanyaannya, tujuannya apa kok pake dicoak segala? dan akhirnya disambung lagi coakannya.
    Kenapa nggak bikin dua tipe sasis saja? kan sama sama bongkar mesin saat mencoak dan menambal sasis.

    Guest
  4. apakah utk cost-saving ?, buat sasis bru mgkn artinya data baru dan ga mgkn buat sasis baru itu murah, psti mahal banget kan ?

    prediksi : aprillia mgkn mau ngembangin bag. elektroniknya dlu spti suzuki, bru saat 2016 mulai pake sasis baru mkne sasis 2014 nya di-recycle, jdi thn 2015 ini aprillia minatnya bkn balapan tpi riset dlu utk persiapan 2016 (sekalian soalnya sdh regulasi baru), ya aprillia blm all-out utk 2015 ini

    Guest
  5. itu ditambal buat ngilangin pemusatan tegangan kang. ditambal biar gak terjadi pemusatan tegangan yang bisa mengakibatkan fracture pada suatu titik di bagian sudut2nya.

    logikanya gini, klo bikin sasis baru itu perlu yang namanya die (klo bikin die bisa milyaran harganya) klo die cuma bikin buat beberapa motor doang ya rugi banyak dong. terus selain die juga perlu jig and fixture buat handle material waktu mau assembly yang juga perlu biaya dan waktu tambahan untuk ngebuatnya. makanya di tambal aja gpp

    Guest
  6. Suzuki awalnya (tahun kmrn) menggunakan basis V4 namun di tes awal tahun ini memutuskan menggunakan inline4. Sbgai catatan inline4 enak topspeed V4 enak akselerasi.
    Lalu skrg yamaha kita tahu menggunakan inline, tetapi skrg fokus mengejar akselerasi. Krn regulasi tdk memperbolehkan oprek apalagi ganti mesin, akhirnya ganti lah knalpot dan set-up ecu baru. Bobot pun dikurangi termasuk diet ridernya. We know lah…. Pembalap honda bogel2 sedangkan yamaha besar2. Lihat jorge skrg kurusan. Hahaha
    Nah dilain sisi honda mantap dgn V4nya. Unggul diaksel dan dikombinasi pembalap bogel. So akan kah berhasil suzuki dgn keputusan mengganti basis mesin menjadi inline4 dan aprilia yang akan menggunakan V4??? Mengingat pembalap mereka jg berbadan tdk bogel.
    Note: jaman skrg pembalap hrs bogel krn keliaran ditaklukan elektronik bukan pembalap. Jadi gak ada slide2 charter dari keganasan mesin besar alias gak seru!!!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.