460x110a-okt14

460x131REVSYOURBIKE

bbm-naik-130612174856

Bro seklaian, walaupun sempat tertahan tahan, akhirnnya gonjang ganjing rencana kenaikkan Harga BBM mulai terjawab. Kontras dengan harga Minyak dunia yang lagi drop, Pemerintah RI secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB.  Harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 8.500 per liter dan  harga solar naik Rp 2.000 menjadi Rp 7.500 per liter. Kenaikan harga BBM ini diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, hari Senin  ini (17/11/2014)  . . . efeknnya?

banner-mbtech-tmcblog

Ya tentu yang terasa adalah biker harus merogoh kocek kembali lebih dalam untuk mendapatkan  satu liter BBM . ..  namun tho walau naik 2000, jelas motor (apapun brand nya ) tetap yang paling irit bila dibandingkan traveling sendiri dengan mobil pribadi . . . so apakah akan berpengaruh ke penjualan Motor?  hmmm harga motor bakalan naik juga nggak ya? soale bahan baku motor dipastikan  akan terpengaruh juga nih . . . lalu? jelaslah efek kenaikkan BBM ini akan berefek hampir ke semua matra kehidupan . . .  semua semua naik (dan bahkan baru rumor saja harga harga akan naik semua )  . . . so sebenarnnya sih harga yang harus dibayar rakyat kecil bukan hanya naik sebenar 2000 rupiah, akan tetapi plus kenaikkan onkos dari banyak matra yang ikutan naik bersama naikknya BBM bersubsidi

Alasan utama dari kenaikkan harga bbm ini adalah memindahkan sebagian dari subsidi sebesar 365 triliun per tahun ( atau rerata 1 triliun per hari ) untuk di alihkan ke sektor lain . .  ini jelas bagus banget jika memang 100% teknis pelaksanaannya begitu dan dana ratsan tiliun itu bisa dibuat membangun dan membuat banyak orang pinter misalnnya untuk menyekolahkan ( beasiswa)   . . . tinggal kita lihat dan kawal saja bagaimana saving dari subsidi tersebut penggunaannya . . . hopefully,  kebijakan ini bisa membuat Indonesia lebih sejahtera

taufik of BuitenZorg

 

103 COMMENTS

  1. Hadiah awal kabinet kerja
    Yang benar katanya kerja cepat
    Ternyata cepat mnaikkan bbm
    Oneng mana
    Pdi dulu aja suka protes
    Ternyata ….

    Guest
  2. Pak Joko memang mantapp bener benar mengerti kehendak rakyat, semua demi kebaikan bangsa, pilihan kita sudah tepat , yang semangat pak. Kita dukung Bbm naik, sembako naik, pajak naik, listrik naik, smua demi indonesia hebat. Yang menolak hanya yg tidak pro kerakyatan…. ,miskin dan tidak berpendidikan. Presiden terpandai dan tercerdas dalam sejarah bngsa . Salam dua jari ,skalipun jari kita 16, sampai berbusa busa laksana epilepsi aku n bela keputusan Pak Joko, skali lagi Salam sejahtera dan Dua jari.

    Guest
    • salam dua jari, saya setuju Jokowi tidak mungkin keliru , naikan bbm, sampai harga pasar baru itu kita sebut indonesia hebat, sejajar dengan negara maju.. , jika ada hal buruk , pasti akibat presiden sebelunya dan presiden yang akan datang, hidup Jokowi, kita doakan semoga Jokwi menjadi kekasih TUHAN, dan tidak afdhol jika kekasih tidak saling merindu, semoga segera bertemu dengan TUHAN yang maha perkasa secepatnya. aamieen

      Guest
  3. Premium itu bbm dengan RON88, dan pertamax adalah bbm super dengan nilai RON92 harga pertamax berada di kisaran 11.500 tanpa subsidi.
    Tanggal 18 november 2014 jam 0:00 wib, harga premium (dengan nilai subsidi yang dikurangi menjadi 3.300) menjadi 8.500.
    Jadi nilai ekonomis (tanpa subsidi) premium adalah 8.500+3.300 = 11.800
    Yang jadi pertanyaan kenapa premium RON88 malah lebih mahal nilai jualnya dibandingkan pertamax RON92? Padahal kualitas premium dibawah kualitas pertamax.

    Tanya kenapa?
    Apa saya yang salah denger/ salah baca?

    Guest
    • saya jg mikir begitu… g masuk akal kalo bbm beroktan rendah harganya melebihi harga bbm beroktan tinggi. bahkan jika harganya hanya beda tipis/sedikit dibawah pertamax ttp tdk masuk akal bagi saya, kan premium ini oktan rendah

      Guest
    • Ralat
      “Kenaikan Rp 2.000 sisakan subsidi Rp Rp 1.500. Kalau solar lebih mahal dari itu,” kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/11/2014).
      http://m.detik.com/finance/read/2014/11/17/220419/2750982/1034/

      Harga ekonomis (tanpa subsidi) premium ron88 10.000, pertamax 10.500 nah kok tifis bgt, btw pemerintah udah dpt profit/margin tuh? Pemerintah kok berbisnis dengan rayatnya?

      Guest
    • klo gak salah yang jual BBM khn pertamina, bukannya pertamina PT y? klo PT bukannya cari profit? klo gak ada profit trs gaji pegawai pertamina level atas yang segede gaban bayarnya pake apa y?

      Guest
    • pertamax turun terus masbro…skarang cuma 10.500 kalau ngga salah…tadi beli shell super 10.600…dari dulu pertamax selisih 100 perak ama shell super….

      Guest
  4. Ah,dulu th 98 waktu dollar melonjak dari 2500 ke 15000,harga naik gila2an,rakyat Indonesia masih bisa bertahan kok,ini bbm cuma naik 2000,gak seberapa.
    Yg patut jadi perhatian itu masa pemerintahan Jokowi kedepan,apakah akan sama dengan pemerintahan sebelumnya?
    Atau ada perubahan?
    Yg bikin rakyat menderita itu bukan pengurangan subsidi bbm,tapi kalangan2 tertentu yg seolah2 punya akses VIP buat korupsi dengan nilai fantastis,atau pungli2 yg seolah2 dibiarkan,penyelewengan2 proyek,atau birokrasi yg berbelit,kalau Jokowi mampu memberantasnya,tingkat kemiskinan pasti jauh berkurang.

    Guest
  5. yg komen jngan hnya mnyalahkan jokowi krn bbm naik…krna bbm naik sbenarnya itu pninggalan dri presiden SBY, krn wktu SBY msih jd presiden sbnarnya bbm daxh mw dinaikan cma krn di penghujung akhir jabtannya entah itu krn dy gk mw menyusahkan rakyat lgi atw entah namanya gk mw jelek..akhirnya dy mnyerahkan kputusan bbm naik kpd presiden berikutnya…jd wlwpun seandainya presiden skrang bkan jokowi pun bsa aj ttap naik, mng klo seandainya presidennya prabowo bbm gk bkal naik gitu,.blum tentu…trus klo seandainya presidennya bkan jokowi tp BBM ttep naik juga mw ngomong apa lgi ..mikir…?

    Guest
    • [email protected]
      anda yg mikir ?
      Naik silahkan naik.
      Knpa?
      Itu kan janjiy dulu sbelum kampanye akn mensejahterakan rakyat bahkan partaiy gembar gembor paling tdk setuju klo bbm naik.
      Knpa naik? Mana janjimu dulu.
      Janji loh ya.
      Kalo cuma jd presiden truz naikan bbm. . Anda jg bisa jd presiden kok.
      Apa iya . . Cuma mau menutup anggaran trilyunan jalan satu2y naikin bbm?
      Brantas dong mafia migas,korupsi,pajak,kurangi produksi kendaraan. Baru,kalo tetep jebol anggaran naikan bbm.
      Itu baru presiden yg mikir

      Guest
    • butuh waktu berapa lama untuk lakuin itu semua? semua pasti udah dihitung dengan segala aspek resiko dan manfaatnya, bahkan saat presiden SBY juga sudah dihitung, klo cm sampai cari alternatif tapi gak sampai ke tindak lanjut y semua orang bisa ngomong lha wong masalahnya udah ketahuan tapi ya kembali lagi ukurannya waktu, resiko dan manfaat, dipikir dl jangan nyolot 😀

      Guest
    • Bisa jadi karena RON88 itu jarang yg buat bro.. di dunia ini hanya segelintir negara yg masih pake RON 88. Sementara yg laen udah RON 90-92 dsb..
      Makanya mungkin makin sedikit yg produksi, permintaan banyak, maka harga akan naek.

      Mungkin beda kasusnya klo semua beli Ron 90-92.. Barang banyak dipasaran, banyak yg produksi.. beli nya banyak.. dapet diskon.. 😀

      Guest
  6. kata pemerintah, “bbm bersubsidi hanya utk rakyat miskin”.
    Dlm prakteknya banyak orang kaya yg menikmati. Tp apa pemerintah tak bs mikir, yg namanya rakyat miskin mana kuat beli kendaraan bermotor, lawong buat makan aja tak cukup.
    Ngoahoahoa

    Guest
    • Mereka juga nggak mikir beli bensin harga naik. Tapi mereka kena imbas gara gara bensin naik, buat makan makin sulit karena makin mahal.

      Guest
  7. Percayalah andaikata pak prabowo yg menang pemilu dan jadi presiden harga bbm cepet atau lambat tetap akan naik jadi tidak perlu memojokan pak jokowi , itu sudah tidak dapat dihindarkan . . .

    Guest
    • dasar jasmev primitif.. ga ada hubingannya ma prabowo.. ga semua yg menolak bbm naiknl pendukung prabowo.. tp bnyak jg yg golput kaya ane coeg

      Guest
    • lah gpp mah kata gw prabowokan partainya kgk pernah bikin buku “1001 cara tidak menaikan bbm by Oneng” yang katanya pro wong cilik tapi pemimpin partainya a.k.a megatron bikin sistem outsourcing
      Oneng mana oneng?

      Guest
    • Lah,,namanya juga oneng gimana mo disalahin..
      Suaminya (bajuri) aja ampe stress ngurusin gimana mo mikir rakyat

      Guest
  8. Kendaraan berbahan bakar bensin/solar cincaylah bbm naik. Yang bikin sakit ya efek ke semua harga bahan pokok yang pasti ikutan naik. Kalau kayak gini nggak punya motor/mobil pun ikut merasa tersakiti karena bbm naik padahal nggak ikutan beli bbm.

    Guest
    • dengan Rp 300T bisa bikin banyak hal.. sayang klo cuma di bakar dijalan. ini 300 Triliun bozz… dibeliin beras semua dijamin ga ada yang kelaparan. klo dibeliin kerupuk dapet berapa banyak ya? bikin jembatan selat sunda aja anggarannya cuma 100T yang perlu dipikir bertahun-tahun.

      Guest
    • Mikir boss,,lu pikir para pejabat malaikat yg kaga perlu kasi makan anak istri,nyari rumah baru,mobil baru,istri baru???
      Duit segitu gde ( kalo bener ngitungnya) lu pikir mo lewat aja kaga ada yg nyelip di kantong????

      Guest
  9. Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) memang cukup terasa bagi para pemilik motor ataupun mobil. Semoga saja benar, bahwa ini akan menjadi solusi yg terbaik bagi pemerintah dan juga rakyat.

    Guest
  10. sampe sekarang, saya masih bertanya tanya…
    saudi arabia (tempat saya kerja sekarang) yg buminya cuman pasir ama batu, air aja harus nyuling dari laut, isi buminya cuman minyak, sedikit semen dan logam… bbmnya yg oktannya paling rendah yaitu ron 91, satu liter harganya hanya 0,4 riyal. jika 1 riyal sama dengan 3000 rupiah. berarti harganya 1 liter hanya 1500 an rupiah. lha nkri yg kekayaan isi buminya jauuuuuuhhhh lebih kaya dari saudi arabia…. kenapa harga bbmnya muahhal?
    saya baru setuju harga bbm mahal jika nkri adalah negara yg isi buminya gak ada apa apa, minyak gak ada, gas gak ada, mineral gak ada…. semua gak ada, jadi terpaksa impor… ya namanya impor… ya harganya harus ikut standar internasional… mau gak mau suka gak suka… harus nerima berapapun harganya…. lha ini… istilahnya lek iwb… suobbek tenan! ra terima aku!!!!! piye?

    Guest
    • arab dia punya cadangan minyak sangat besar bos. kata siapa minyak indonesia lebih besar dari timteng?
      hadeh gimana sih ente?

      Guest
    • saya baru percaya dengan jargon “cadangan minyak indonesia itu sedikit” kalo di nkri gak ada satupun perusahaan pengeboran minyak asing yg mau ngebor di indonesia….. faktanya…. perusahaan pengeboran minya luar negeri berebut ngebor di indonesia… dan sampe sekarang masih eksis!
      dan situ bilang… cadangan minyak di timur tengah besar… ya kenapa perusahaan pengebor minyak asing itu gak ke timur tengah aja? kan untungnya lebih gede? secara kwantitasnya lebih banyak? lebih menguntungkan! daripada di indonesia yg KATANYA sedikit!!!

      Guest
    • Kata siapa NKRI kayak minyak?
      Lifting minyak kita dibawah 1 jt per barrel.. cadangan minyak kita juga kecil jika dibandingkan arab saudi ataupun malaysia..

      Sementara kebutuhan BBM tiap tahun makin naek. Jadi mau ga mau harus IMPOR..

      Blum lagi masalah pengolahan minyak, udah belasan tahun ga ada kilang minyak baru buat ngolah BBM di dalam negeri.

      Blum lagi mafia migas.. blum lagi distribusi antar pulau yg masih mahal..

      Guest
    • kapasitas instalasi lifting minyak yg digunakan sama aja! 1 juta barrel? ibarat pepatah..”ketamakan membuat orang pura pura miskin dan menyembunyikan jumlah kekayaannya yang sebenarnya” yang jelas… ini semua hanya DRAMA, SANDIWARA… dengan perputaran uang milyaran dollar!

      Guest
  11. Ada setujunya ma tdk
    Setuju asal buat pembgnan neg dipake bnr
    Ga setuju krn ini jls pem dgn byk akal licik buat nyari anggaran dana neg dan akhirnya buat uang para pejabat toq

    Klo misal thn 98 (moga ga ya), kli ini serang pejabat nya jga bkn hny presiden biar abis semua

    Guest
  12. Udh kliatan itu solusi termdh buat nyari anggaran, alias perintah males jdi lgsg plh bbm krn semua pd butuh, bicara bbm naik psti udh jls Tpi naik drastis gitu apa ga aneh, 2000 kliatannya ga byk Tpi plhan juta orang dikali 2000 jdi brp tuh?

    Tpi yang mslh itu para pejabatnya (udh kerjane cma molor toq tpi byk duit aja msh mau korup), trs apakah program kerjanya dilaksanakan ga, klo ya gua rela byr 2000 tmbhan, klo ga alias cma sumpah pocong sori yee, siap demo bsr-bsran lgi

    Guest
  13. Yang menjadi pertanyaan kenapa dulu BBM sudah naik diturunkan lagi? Padahal harga segala kebutuhan sudah naik dan ternyata setelah harga BBM diturunkan harga segala kebutuhan tidak ikutan turun? Istilah nya pemerintahan sekarang seperti menjadi tumbal, mau presidennya Jokowi maupun Prabowo BBM tetap akan naik…

    Guest
  14. Waktu kampanye, Jokowi udah kasih “sinyal” kenaikan BBM dengan “Salam 2 JARI” ….. Pas kan jadi “SALAM 2.RIBU”

    Guest
  15. mau ngejar 100triliun ??
    dengan sisa 43hari lagi di tahun ini logikanya dmn ??

    ga ada kalkulasi untuk sampe kesana
    lagian quota udah abis…

    #Mikirrr #ShameOnYouJKW #SalamGigitJARI

    Guest
  16. Hahahahahahaha ketawa ajalah, 1 triliun satu hari klo di vagi ke tiap provinsi trus buat pembangunan desa-desa pasti jalan tdak pada bolong,, dengan catatan dananya utuh tidak bulak belok mampir sana mampir sini.. Pasti rakyat kecil bisa merasakan dari pengalihan subsidi…

    Guest
  17. masalahnya menurut saya karena penjualan mobil yg ngabisa ditekan oleh pemerintah(dibiarin kali yak?)
    liat aja tuh LCGC yang katanya membantu ekonomi(alah) pabrikan jepun nyogoknya dalem ke pemerintahan euy

    Guest
    • sebenernya bukan pasar otomotif yang ditekan tapi regulasi dari pemerintah yang harus tegas, klo mobil wajib pertamax y di SPBU disediain BBM subsidi khusus kendaraan umum sebelahan sama sepeda motor, jangan jadi satu sama mobil pribadi, yg ada nozzle pompa pada dikikir biar bs isi BBM bersubsidi
      BBM subsidi hanya untuk orang tidak mampu, untuk mampu dan tidak mampu adalah relatif jika tidak ada standar yg jelas

      Guest
  18. kalo saya c emang isi bbm motor,,
    selalu pake yg non subsidi,,
    tapi saya selalu ga suka kalo bbm naek,,
    knp? bukan alasan isi bbm jadi mahal,,
    ga ngaruh tuh,, orang pake non subsidi,,
    yg jadi masalah ya yg dijelasin diatas,,
    tiba2 ongkos pada naek,,
    otomatis semuaaaaa barang jadi naek harga,, zzzzzzzzzz..
    —-
    bukan masalah premium atw solar yg disubsidi pemerintah,,
    terus orang kaya bukan isi pertamax malah isi premium,,
    orang yg koar2 ky gt bener2 ga ngerti apa pura2 ga ngerti?
    yg masalah itu di harga2 pangan dsb pada naek!!
    jd subsidi bbm itu imbasnya harga barang jg tersubsidi,,
    —-
    skarang pake kartu sehat atw beasiswa,,
    iya sekolah bisa,, tapi buat makan susah,, harga pangan mahal,,
    ada kartu indonesia sehat,,
    ya kalo sakit bisa ke dokter gratis,,
    tapi tadi nya bisa makan lebih bergizi jd jarang sakit,,
    sekaragn lebih sering sakit makanan bergizi mahal,,
    —-
    ada lagi bbm naek masyarakat yg biasa naek kendaraan pribadi,,
    jadi naek angkot,, biasa ga ngetem jd ngetem,,
    biasanya di mobil sendiri ga ada perokok di angkot byk yg ngerokok,,
    biasa nya aman di mobil pribadi sekarang ga aman di kendaraan umum,,
    kenapa ga perbaiki dulu angkutan masal nya ya?
    kalo uda oke,, aman nyaman tepat waktu,,
    semua transportasi terpadu dsb,,
    ga masalah lah mo erp mo dibatasin kendaraan pribadi dsb,,
    sekaragn contoh transjkt sm commuter line nya aja masalah mulu,,
    gmn coba? malah ngurusin yg naekin harga mulu,,
    duit mulu yg diurusin,, aneh..
    —-
    btw saya bukan pengguna mobil atw motor pribadi,,
    kerja pp naek angkot ma kereta c,,
    tapi saya sebagai bukan pengguna mobil pribadi yg pake premium bbm bersubsidi jg kena imbas kena kenaikan harga,,
    katanya cm orang kaya(pake mobil mahal isi premium) aja yg ga boleh dapet subsisi,, lah terus saya naek angkot ma kereta? ga dapet subsidi jg dong? supir angkot? supir bajaj? metromini? gmn tuh?
    —-
    btw maap mas taufik malah jd ngomel2 dimari,,
    ga ada tempat curhat soalnya,, maap ya..

    Guest
  19. Saya setuju BBM dinaikkan, dan sepertinya ga ngaruh juga ke penjualan motor yg banyak semakin CC gede aja. Moga2 saving subsidi BBM bisa dialihkan ke bidang2 lain yang lebih memerlukan.

    Motor dan mobil makin banyak dan skrg motor 250 cc dah banyak seliweran juga dan laris.

    Guest
    • ga bersyukurnya kenapa bro?
      kalo cm naek harga premium ma solar 2 rb aja,,
      100% ga ngaruh buat saya,,
      saya kalo beli bbm buat kendaraan pake non subsidi,,
      yg saya masalahin harga2 kebutuhan pokok yg naek,,
      kalo bahan pokok naek,,
      harga parkir aja jg naek,, tukang parkir jg perlu makan,,
      kalo misalnya harga bbm naek tapi yg laen ga naek,, saya diem..

      Guest
  20. uang yg buat subsidi dialihkan buat fasum,parbaiki jalan tdk hny di pulau jawa…tolong diutamakan pembangunan daerah perbatasan jgn lg jdikan sbgai halaman belakang tp jdikan garda terdepan bangsa ini,tambah jalur rel kereta api …smoga bs menambah kesejahteraan bangsa indonesia..aminnn…hidup prabowo!

    Guest
  21. padahal pemakai pertamax lagi happy lho…, harga pertamax ikut turun bersamaan harga minyak dunia..
    monggo..yg sudah berpenghasilan cukup, apalagi yg udah mapan, mari beralih ke pertamax non subsidi,
    jangan makan haknya orang2 yg lebih membutuhkan subsidi..

    Guest
  22. bodo amat ama komen-komen diatas.
    selagi ibu ratu masih tersenyum,
    dan kodok bangkong tetap bernyanyi,
    kebijakan akan jalan terus berlanjut.

    Guest
  23. letak subsidi 365 triliun itu itunganya dari mana ya…
    kita lihat harga bbm negeri jiran
    “Malaysia pada 2 Oktober lalu menaikkan harga bensin RON 95 dan solar diesel masing-masing menjadi 2,30 ringgit (sekitar Rp 8.400) dan 2,20 ringgit (Rp 8.100) per liter. Hal tersebut seiring dengan pengurangan subsidi BBM yang dilakukan oleh negeri jiran tersebut.”
    cb lihat di malaysia bbm sekelas pertamax plus aja cm 8600 wlpun sedikit subsidi. yg jadi pertanyaan knp bbm di malaysia bisa murah sekali drpda di indonesia dan knp pemerintah malaysia mensubsidi segitu besar kok tdk keberatan….
    mohon pemerintah dan pertamina yg tranparan kl ngitung harga bbm. jangan bilang subsidi ratusan triliun doang….

    Guest
  24. Tempo hari di tanya “benar ya bbm mau naik pak ?” Di jawab jokowi ” yg mau naikkan siapa ?”
    Dan sekarang dia juga yg naikkan…dasar tukang NGAPUSI…
    #salam gigit 3 jari

    Guest
  25. HIDUP BANG TAUFIK, HIDUP WAK HAJI, HIDUP TMCBLOG ………… HIDUPKAN AJA MOTORNYA PAKE GAS,………………
    AYO KANG, BUAT ULASAN MOTOR PAKE GAS……

    Guest
  26. kenaikan 2000 bisa lebih dirasakan rakyat sebaiknya dibagikan ke desa2 mgkin tiap desa dapat 1 milyar lebih. pembangunan lbih nyata.
    kl dipake pemerintah pusat sepertinya hasilnya ga sbrp klhatan

    Guest
  27. Harusnya ngga usahlah yg namanya subsidi2 buat BBM lha yg namanya orang punya kendaraan bermotor pasti bukan rakyat miskin toh, lha wong rakyat miskin makan aja susah. Biar ngga ada lagi alasan pemerintah menaikkan BBM bersubsidi, karna patokan harga sekarang pada minyak dunia, dan justru anehnya Indonesia yg punya banyak tambang minyak kok seperti negara yg miskin minyak (minyaknya pada di eksport sdgkan buat rakyatnya…. ?

    Guest
  28. @skorpiola,

    ente genius, di antara kesusahan hidup selalu ada solusi, BBM gas 3 KG
    sudah diproduksi Universitas Surya Serpong Tangerang, silahkan Google,

    mohon wak Haji, blow up seksama, kalo perlu kerja sama, nanti dengan sendiri nya menekan ongkos transportasi, dan bebas POLUSI

    ^_^

    Guest
  29. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (Q.S. Al Insyirah).

    Kalau Tuhan berkehendak “bersama kesulitan itu ada kemudahan”, apalagi bilangnya sampai dua kali di surat yang sama, maka pada kenyataannya pastilah bersama kesulitan itu ada kemudahan. Karena kehendaknya tidak pernah gagal.

    Tinggal kitanya yang harus mensikapi dengan positif apa kesulitan yang kita hadapi. Kalau pendapatan kita tidak lagi cukup untuk beli bensin, itu tandanya kita harus mengupayakan agar pendapatan kita naik. Jangan hanya berdiam diri.

    Guest
  30. Udah percaya ajah sama jokowi
    di jaman sby naikin bbm, di cacimaki tuh di media, semua media kasih negatif
    sekarang jokowi naikin bbm, media pada bilang good
    padahal programnya sama, hanya bungkus nya yg berbeda

    jokowi selalu benar…
    #salam2ribu

    semoga tahun depan, tidak ada lagi bbm subsidi…
    jgn ada yg demo yaaa…

    mo demo ??
    media bilang langkah jokowis udah benar koq

    ingat !!!!
    jokowi selalu benaarrr….
    #salam2ribu

    Guest
  31. @Otong,

    gw lempar nasi bungkus ama teri jengkol nih………eeaaaaaaa

    ditunggu besok di Istana ama Sniper Densus…. 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.