460x110-maret2

blog-460x120-soulGT

gps-trip-nmax

Bro sekalian, Di artikel tematis Yamaha NMAX 155 ABS yang pertama ini kita akan lihat bagaimana penunjukan speedometer dan trip meter dari Yamaha NMAX. Dan bagaimana carannya, ya disandingin head to head dengan GPS aja deh kalo gitu . ..  dan akhirnya tmcblog kembali mengeluarkan salah satu GPS handheld yang tmcblog punya, walau pakai ponsel sebenarnya bisa, namun biar afdol pake GPS dedicated ajah . . . GPS garmin 60CSx dengan chipset GPS SiRF Star III itu GPS Garmin di tempel pada braket handmade tmcblog yang dijepit pada lubang mur spion kanan . . . yaaappp begini lah caranya NMAX kalo ditempeli GPS Garmin 60CSx . . . okehhh lanjuuutt . . .

440x100Feb15

banner-mbtech-tmcblog

TMCBlog juga menggunakan action Cam di helm untuk merekam pembacaan yang diseting dalam kualitas HD 1080p  . . . so nggak usah jeprat jepret kamera yang bikin nggak safety tooh ? Gimana pembacan Speedometernnya ? cekidot beberapa freeze gambar dari Video berikut ini :

spedo-gps-27

spedo-gps-6

spedo-gps-2

dari data skrinsoht video di atas terlihat bahwa pembacaan Speedometer lebih besar bila dibandingkan dengan pembacaan GPS Garmin 60CSX .  . dari data data diatas, pembacaan GPS hanya berkisar di kira kira 90%-an dari pembacaan aktual speedometer . Jikalau saja pembacaan Kecepatan GPS Garmin lebih akurat, maka alasan pembacaan speedometer NMAX yang lebih besar menurut tmcblog adalah alasan safety  . . .  dan model seperti ini ( Speedometer lebih besar pembacaannya dari GPS) hampir diaplikasikan ke umumnya spedoemeter kendaraan bermotor lintas jenis dan lintas merk . ..

TOP SPEED

Mengenai Top Speed dari Yamaha NMAX ABS tmcblog nggak melakukan di Jalanan . . . Sory dory strawberry . . . sangat mengundang Bahaya, Namun sabar . ..  sudah di test di sirkuit dan sempat di publish di ringpiston , dapat 119 km/jam on speedo dan saat d test di race logic hasilnya ini :

setelah di kros cek ke data race Logic performance box yang mengukur based on data GPS diketahui Top Speed yang 119 di speedometer terukur sebesar 111,85 km/jam di race logic based on GPS atau memiliki perbedaan 6 % saja.

Bagaimana pembacaan odometer/tripmeter ?

Untuk ini kembali tmcblog menggunakan GPS garmin 60CSx sebagai pembanding display pengukuran jarak yang ditunjukan  Odometer/tripmeter Yamaha NMAX. Sebagai awalan jelas . . . baik tripmeter maupun pembacaan data di GPS di reset secara hampir berbarengan ke angka Nol

trip-500

GPS-500

Lalu dicoba jalan sekali  . . . di trimeter tertulis 0,5 km . . . di GPS garmin tertulis 518 meter

trip-1

gps-1

lalu untuk yang kedua kalinya di tripmeter tertulis 1 km  . . . di GPS garmin tertulis  1,05 km

trip1-8

GPS1-8

lalu untuk yang kedua kalinya di tripmeter tertulis 1,8 km  . . . di GPS garmin tertulis  1,83 km

Dari ketiga percobaan ini disimpulkan bahwa tidak seperti pembacaan Speedometer yang punya deviasi sebesar 10% . . . pembacaan tripmeter di Panel meter Digital Yamah NMAX mendekati sama dengan pembacaan GPS . ..  so kalau pembacaan GPS Garmin akurat, maka Pembacaan Tripmeter di Yamaha NMAX boleh dibilang cukup sama dengan aktual jarak yang ditempuh . . .lho kenapa kalo speedometer deviasi, tripmeter mendekati aktual?

MVAI-Banner-1

Karena biasannya tripmeter berguna untuk mengukur kapan waktu service, atau pengisian bbm . . . dan kalo soal begini gak boleh terllau jauh deviasinya . . . lho  . . .Ngapain tmcblog sampe susah susah ngukur kayak gini sob? pertama, banyak sobat yang iseng nannyain, jadi sebelum ditanyain dah dikasih duluan tuh datanya. Yang kedua nanti tripmeter akan tmcblog gunakan untuk mengukur konsumsi bahan bakar, so jangan ada lagi yang nanyain keabasahan pemakaian tripmeter yah hehehe . . .  . . . okeh . ..  Gimana soal ke akuratan pembacaan MID fuel consumption meter? apakah akurat? kita akan bahas nanti lengkap dan tuntas . . . so stay tune mas bro . . .  silahkan dikunyah kunyah semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

Jangan Lupa Baca Juga nih sob Semua Tematis Khusus tentang Yamaha NMAX hanya di TMCBlog.com :

Ergonomi dan Riding Style Yamaha NMAX

First Ride Impression Yamaha NMAX 155 . . . Minim Getaran, Nyaman, Kencang, Berasa Premiumnya

Kupas Variable Valve Actuation ( VVA ) Yamaha NMAX 155 ABS

Konsumsi Bahan Bakar Yamaha NMAX Via MID

Yamaha NMAX 150 ABS VVA . . . Video Detail Motor, Seting MID dan Suara Mesin

Yamaha NMAX Top Speed 119 km/jam . .. kayak apa Grafiknya?

79 COMMENTS

  1. biasa deviasi kecepatan, makin tinggi kecepatan deviasi makin besar, cba aj tes di atas 100km/h . tetapi trip meter belum tentu, tergantung acuan sensor tripmeter nya.

  2. jam berapa wak mau brkt ke puncak sama mbk ika, jangan lupa lewat bukit pelangi. mantap jalurnya buat test skutik….

    • santai bro . . . ini kan tmcblog bukan otomotif hehehe Lagian FYI aja katanya Otomotif dah dapet unit test bahkan sebelum motor ini resmi dirilis, lha tmcblog baru dua hari yg lalu so . . . beda jauh jaraknya . .. mohon sabar ya,:D

  3. Wak, saya penasaran sama tes akselerasi 0-60km, karena antara tes wak haji di sirkuit dan otomotif beda apa karena kondisi tes yang berbeda? Coba di tes lagi ya..

  4. mayan ya top speednya…
    mayan letoy maksudnya untuk ukuran matic 150cc cuma 111km/jam apalagi disirkuit…

    alamat dibully vario nih disemua track
    vva dipertanyakan…
    ternyata cuma fitur abal-abal alias gak ngaruh

    cwimm…

    • TOP SPEED VARIO??? coba baca blognya si kobayogas.
      vario 150 mentok di 105-107 kpj. itupun susah naik katanya. itu angka di spidometer, gimana di GPS? wakakakakakkaka
      paling cuma 100 kpj. bebek 100cc aja sanggup. huahahahahahah

    • Ayan ya tong? Hahaha waria 150 emang brpa topspeednya? Aksel 0-60 cuma kalah 0, doang dr vario… aksel 60 keatas ketinggalan jauh tuh waria… palagi bicara topspeed… hahahaha… fbh lg menghibur diri neh… yang sabar ya… omongan dosen cakil jangan ditelen mentah2….

    • Bul Bul.. Kalau ente FB mestinya beli tu Vario150. Bisa tau ente performa motor dewa dari AHM itu !!! Kata Kobay, di atas 90 kmpj larinya udah ngeden … Untuk dapet topspeed di atas 110 kmpj (on speedo) perlu jalan tol kayaknya …

  5. yang bikin manteb yang rasa strawberry mas haji,apalagi ditambahin rasa vanilla dan rasa coklat..wuih dijamin tambah maknyusss…he…he…he

  6. Wak hji sampe brulang kali…nyawa…nyawa..bahaya..tu menisyaratkn ngetes di jalanumum tu bahya bnget…

    • Hahaha….betul banget om… ane yg gak ngetes topspeed aja cuma jalan 40-50 gara2 ibu2 nyebrang jadi ndlosor ngoahahaha palg sedang ngetest topspeed….bisa2 langsung dapet gelar alm…hahahaha

  7. “Gimana soal ke akuratan pembacaan MID fuel consumption meter? apakah akurat? kita akan bahas nanti lengkap dan tuntas . . . so stay tune mas bro . . . ”

    nah itu yang saya tunggu tunggu 😀

    didaerah saya Wonogiri yang perbukitan, untuk harian dan pemakaian wajar saya tembus 45km/L

    kalo jalan pelan pelan dan coba irit paling tembus 52km/L

    nah… bener cocok ngak tuh penghitungan digitalnya??

  8. Ckakaka…
    Ternyata spido NGIBUL juga, makanya fby jgn suka koar2 tntang spido ahm.
    Smua spido memang dibuat bgtu dg 7an SAPETI :mrgreen:

    • tak jawab langsung weh..

      saya coba berkendara 11.5km dengan jalan yang rusak + jalan cor2an (jalan beton desa) tidak bisa jalan dengan kecepatan lebih dari 28Km/Jam. sampai ditujuan rasanya badan rontok, tulang remuk… hahahahaha…

  9. Waahhh….ini artikel nggak ngasi ruang buat fbh nanya2 secara iseng. Palingan jg masih ada calon konsumen/fbh yg nanya2 secara konyol krn belum baca baek2.

    Dan…yg paling menohok…bikin ruang BC dr fbh jadi minim…gara2 trit yg makin akurat lengkap isinya.

    😀

  10. Mas Taufik
    Naik NMAX jadi bahagia ga nih
    cuz Vixion aja bisa jadi bahagia

    http : //www .oprekmotore .com/2015/03/06-yamaha-v-ixion-sepeda-motor-paling-membahagiakan.html

  11. manteep……penjelasanne kang Haji
    nitip bacaan kang Haji
    http: //balimotorider.com/2015/03/06/perkembangan-teknologi-wearpack-moto-gp/

  12. Suwun pak kaji akhirnya pertanyaanku kmrin mungkin jg temen2 lain uda diturutin tinggal 1 pertanyaanku ttg MID fuel itu, ditunggu pak kaji maklum aku orangnya kurang percaya sama MID fuel cz skrg uda jd ajang lomba irit berdasarkan MID fuel macam test mobilio hehe

      • ojok lali di kasi note Pak kaji Taufik…..
        “akurasi berlaku hanya dengan lingkar/diameter roda standart”
        biar gak ade yg ngoceh g jelas, padahal sudah modif ukuran velg/ban yg g sama ame yg standart

  13. Saya mau usul nih wak Haji, bagaimana untuk uji konsumsi bbmnya selain menggunakan odo/tripmeter juga menggunakan gps. Thanks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here