460x110-maret2

460x110 (2)mxking-24mar

rossi

Bro sekalian, Saat Di Prescon Tiga Italiano pengisi Podium MotoGP Qatar 2015, Valentino Rossi mengatakan bahwa Ia mempelajari Dovizioso, Iannone dan Lorenzo saat berada di depan dirinnya saat awal race dan menemukan di bagian Sektor mana ia bisa lebih cepat dibanding lawan lawannya . . . Disinyalir Valentino mengunakan pengetahuannya ini untuk bisa mengungguli lawan lawannya. Nah Di artikel ini kita akan bisa melihat di mana saja Valentino bisa menjadi konstan bagus dan dibandingkan rider rider pabrikan lain Yang sementara ini tmcblog batasi menjadi yakni : Dovizioso di ducati, Marc Marquez di Honda dan Aleix Espargaro Di Suzuki . . . Cekidot de sob .  .

440X100-hondamotorshow1

MBtech Riders-APR

Sektor  1 Losail Qatar

map-sektor1-losail

Setelah Straight biasannya rider menurunkan transmisi dari top gear sampai ke 2nd gear di R1 .. . Gear 2 di R1 biasanya dipertahankan Ke R2 . . . Kecepatan di kedua tikungan ini biasanya sekitar 90-110 km/jam . . . setelah R2 siap siap menyambut sebuah fast corner di R3 . . . gimana performance Rossi, Dovizioso, Marquez dan Aleix Espargaro disini ?

Analisis-sektor-1qatar

Dari grafik yang tmcblog olah berdasarkan data yang diberikan dorna di atas (silahkan klik untuk memperbesar gambar ) terlihat Marc Marquez di sepanjang awal sampai pertengahan Lomba memiliki pace Laptime yang lumayan Konstan kecil di sektor ini sob. Rossi Yang menggunakan M1 masih sedikit berfuktuasi dibandingkan dengan Marquez di atas RC213V . . . Namun perlu dicatat, Rossi adalah Rider tercepat dibandingkan 3 rider lainnya yang dibahas di artikel analisis sektor 1 ini sob  terutama di last lap . . .

Sektor 2 Losail Qatar

map-sektor2-losail

Sektor dua dimulai dari pasca speed-corner R3 terus naik dari gear 3 ke 4 dan kembali turun menjadi gear 2 menjelang R4. Di R4 dan R5 corner speed bisa lebih tinggi dari R1 dan R2 namun masih menggunakan Gear 2 sob. . . . Gear Dua ini biasannya masih digunakan sampai menjelang di tikungan ke 6 atau R6 seperti saat diperlihatkan Safety Bike BMW HP4.

Di R6 biasanya speed agak turun karena melihat ini adalah tikungan sempit dan pelan . ..  speed saat melibas R6 biasanya lebih kecil dibaanding dengan R1-R2. Setelah R6, gear bisa naik menjadi gear 3 namun biasannya belum sempat naik ke Gear 4, Kita sudah menurunkan Speed memasuki R7. Karakter R7 ini mirip R1 . . . Bagaimana 4 rider dari 4 pabrikan MotoGP di sektor ini ?

Analisis-sektor-2qatar

Yap melihat grafik di atas, akhirnya ketahuanlah Kira Kira sektor Dimana Yamaha M1 berjaya . . . Yap di sektor dua ini . . . Bro bisa lihat Fastest Laptime Yamaha M1 Juga berada di sektor dua ini sob. Valentino Rossi Tahu banget sehingga walaupun setelah Lap 9 terlihat sedikit mengendurkan Pace Motornnya di Sektor ini, Namun menjelang Head to head dengan Dovizioso di last Lap, Senjata Rahasia M1 dimana sangat digjaya di sektor ini di keluarkan oleh Valentino Rossi

Pace Ducati GP15 boleh dibilang so so dengan Pace Honda RC213V di sektor ini. Baik Marquez maupun Dovi boleh dibilang rada equal di sektor ini bro. Suzuki?  Rata rata masih sedikit lebih lambat dari Yamaha, Ducati dan Honda di sektor dua ini.

Sektor 3 Losail Qatar

map-sektor3-losail

Sektor 3 dimulakan dari pasca R8 bro menuju R9 . . . Di R9 ini biasannya gear berada di gear 3 dan dipertahankan sepanjang R9 . . . baru saat masuk tikungan Lambat kiri R10 gear turun sampai 2 . . . Selepas R10 Yang merupakan Slow Corner, Motor bisa digeber flying menuju R11 yang merupakan speed corner gear naik dari 2 sampai 5 menuju ujung awal R12 . . . Di muka R12 gear biasanya turun dari 5 ke 3 . ..  gear 3 di R12 biasannya dilanjutkan sampai R13. Bagaimana Performa Rossi, Dovizioso , Marquez dan Aleix espargaro di sektor ini ?

Analisis-sektor-3qatar

Valentino Rosi boleh dibilang cukup baik di sektor ini, beberapa kali ia menorehkan best sector 3 laptime . Tempat kedua Pace terbaik melihat data diatas adalah Marc Marquez dilanjutkan ke Dovizioso dan Aleix espargaro.

Sektor 4 Losail Qatar

map-sektor4-losail

Sektor 4 atau terakhir boleh dibilang sektor yang sangat memanjakan performance mesin dari Motor sob . . . Mulai dari tikungan 14 dan 15 yang biasanya digeber di Gear 3-4 .. .  riders biasanya bisa menaikkan dari gear 3 ke gear dan mempertahankan speed. Tikungan terakhir Sirkuit Qatar ini adalah tikungan Lambat, so dari transmisi 4 biasannya motor turun menjadi ke gear 2 di tikungan ke 16 ini sob untuk bersiap berjibaku di straight sirkuit Losail Qatar . ..  Gimana data performa Rossi-Dovizioso-Marquez dan aleix espargaro di sektor ini?

Analisis-sektor-4qatar

Hal yang paling mudah di notice dari Grafik diatas bahwa SUZUKI GSX-RR masih punya masalah under Power bila dibandingkan pabrikan Yamaha, Ducati dan Honda . . .  Dan yang terbaik di sektor terakhir ini tidak lain dan tidak bukan adalah Andrea Dovizioso dengan Ducati GP15. Ini fakta datanya sob . . . fakta kejadian bisa mas bro cek di rekaman rekaman MotoGP Qatar 2015 ini sob dimana Ducati dengan sangat mudah bisa Overtake valentino Rossi di straight ini.

duoandrea

Namun Namannya juga rider berpengalaman . . . bro bisa lihat di grafik sektor 2 . . . disana terlihat Valentino Rossi menggunakan sektor 2 ini untuk bisa menjauhkan Dovizioso  . .  . .  Valentino Rossi sepertinya tahu, di straigh Qatar Ahad malam itu yang bisa menghentikan Andrea Dovizioso dan Ducati Desmosedici GP15 mungkin hanya Peluru ! ..  persis komentarnnya kepada Casey Stoner saat Stoner masih berjaya . .. So dibanding  riskan meladeni Dovi di Sektor 4 mending nabung meninggalkan dovi di sektor 2 dan 3 dimana Yamaha M1 sedikit lebih superior pace Laptimenya  . . .  silahkan dikunyah kunyah, dikomentari dan semoga berguna bro

Taufik Of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

 

118 COMMENTS

  1. mantap analisanya wak… pantas aja tuh si dokter bisa ngimbangin yg lain… kayanya musin 2008 akan terulang lagi nih tahun ini….

  2. Insinyur yamaha harus berfikir lebih dalam bagaimana agar M1 bisa lebih cepat di lintasan lurus untuk kompetitif dengan ducati dan honda.

    • gx da yg sempurna bro, setiap setingan pasti Ada konsekuensinya, yamaha jago di tikungan tapi lemah di trek lurus, begitu juga honda dan ducati jago d trek lurus tp lemah di tikungan, gak Ada yg bisa jago di dua sektor itu, karena jika di seting seimbang pasti power pun akan berkurang. dan jg hsilnya jg tdk akan maksimal.

  3. muantapp. . . .wak. .haji. . . .
    artikel yg ditunggu tunggu. . dari kemarin. . . .
    matur thankyou. . . .njeh. . .

  4. apa ducati bagus karena kondisi sirkuitnya malam, suhunya dingin jd nggak terlalu ngabisin ban,cb nanti kita lihat di austin..mudah2an sama jd seru lg nontonnya

    piss

  5. Dalam balapan itu waktu laptime yg paling penting. Bukan top speed. Mau top speed 800km/jam tapi laptime ambrol ya ujung-ujungnya keok.
    Dan duo pembalap Y kmrn sempat mencetak fastest lap pada saat race.
    Ngoahahahaha.

  6. andai stoner yg nyempak ducati gp15
    jangankan ujung knalpot
    bunyi suara knalpotx aja ngak bakalan rossi dengar lagi
    karena sudah melesat jauh menyisakan rider lain dibelakang bagaikan kumpulan pecundang sejati

    • Kasian ente bos..slalu berandai2, padahal kedua pembalap sdh pernah tempur saling mengalahkan. Jaman stooner juara dunia rossi bisa membalasnya dgn juara dunia 2x berturut2…2008 dan 2009…bangun bos jgn kebanyakan mimpi. Andalan lo masih muda sdh lari dari medan tempur.

    • bukannya stoner bro, yg pecundang sejati?? kayanya lo amnesia, stoner pake ducati 2007 jurdun, 2008,2009 rossi jurdun. seabrek data kehebatan stoner percuma, wong dia takut teknologi pilih pensiun dini.

    • Justru stoner the real looser of the world.
      Dulu ane juga ngefans sama die. Tapi makin kesini kok ni orang makin nggak jelas.
      Masih muda, masih seger, masih potensial, malah kabur kayak ayam kampung. Kayak yg paling dibutuhin aje.

      Liat tuh rider senior macem VR46, Hayden, Bautista, Daped. Passion di dunia balapnya tinggi. Terpenting ngegas. Mau menang, kalah, nabokin, ditabokin, itu hal biasa.

      Stonggosner? Jempol kebawah.

  7. masih jadi ciri khas Ducati seperti waktu dipegang Stoner, kenceng di straight tapi lambat di tikungan.

    semoga seri berikutnya lebih joss lagi..

  8. selama ducati udah bisa make ban medium hard en kompetitif performanya akan stabil gak ngempos diakhir kya 2014, dan kyanya akan mulai test untuk pengurangan BBM

  9. analisa yg sangat bagus berdasarkan data2 akurat.. bisa dipakai untuk mengukur kemampuan masing2 motor.. so.. ditunggu lagi analisa spt ini..

  10. fBH: seandainya, umpamanya, kalau saja, jika saja.. “tiiiitt” sensor

    Petugas SPBU: Dimulai dari angka 0 yah

    CiBeRuk 0 unit
    Marberuk 0 pdium hampaa

    Bruakakakaka

  11. fBH sarap kapok isi bensin di SPBU diledekin mlulu sama petugas SPBU: “Dimulai dari angka 0 yah”

    Isi eceran aja sonoh cung

    Bruakakakaka

  12. dan ini membuktikan dari sisi Yamaha , skill mbah rossi lah yg nentuin kemenangannya, kalo dr sisi Ducati, akselerasi mesin motornya trek lurus”nggilani”,makanya mudah banget ngamplengi motornya rossi dan hohe di trek lurus, ketahuan banget teknologi Ducati msh jauh diatas Yamaha dr segi akselerasi, markues sygnya dia kehilangan momentum di awal lap, kalo nggak bs gontok2an sampe akhir 3 rider itu

    • tapi sejarah telah membuktikan, skill dewa (rosi) jg tak berkutik waktu pake ducati.
      So bs disimpulkan, dlm balapan, seluruh aspek bekerja saling mendukung krn satu tim mrpk suatu system yg bekerja maksimal, jk ada salah satu bagian ada yg over/under, maka kemungkinan kecil jd juara.

    • Jgn lupa tambahan bensin 4 liter yg diberikan dorna spy bisa nambah power …. Jadi honda dan yamaha yg lebih canggih ..

    • Wow cerdas kali analisanya, teknologi ducati jauh diatas yamaha dalam hal akselerasi. ente ga tau atau pura2 ga tau ya bray kalo ducati itu surplus 4ltr bbm daripada yamaha..jd ya bisa setting power lebih gede donk.

    • kl gt besok biar gw sms bosnya yamaha biar rossi suruh pake r15 aja…
      dh lebih dari cukup buat ngasepin ReCik-V …

  13. Wak…kalo boleh usul grafik trendline nya dibikin melengkung donk…kalo naik turun sulit baca selisihnya…terbiasa statistik pake grafik melengkung hehehe…

  14. Mantaap mas sharing nya…ini bikin para pembaca biasa kayak sy ini semakin tau betapa konyolnya tipu2 dr fbh soal mtr kencang lemot di mtgp…..trnyt mtr2 itu memang punya kelebihan kekurangan sndiri.

    kalo fbh mengira residivis itu perfect..kalo sy menganggap residivis hahrese ada product cacat jg …buktinya yg dikasi ke rider favorit sy si pedrosa itu…masak kalah melulu ama marquez?

    *sy isi pertadex jg…petugas selalu bilang “mulai dari NOL pak”. Gilee….dikiranya sy sales hnd apa???”

    😀

  15. rossi is rossi… taktiknya bikin geleng2. memacu motor segitu kenceng sambil menganalisa lawan2nya ….
    (andai) lorenzo gak mlorot busa helmnya
    (andai) marquez gak melebar di tikungan pertama
    pasti jalannya race bakal lebih seru sampe final lap…

  16. Artikel josss..yg mampu menghentikan ducati hanya peluru dan kecerdasan valentino 😀 tp btw mantep juga ya di tikungan keuntungan ban kah?suzuki jg lumayan tp di trek lurus masih jauh pdahal punya keuntungan bbm lebih,kenapa ya kang?

  17. Mantap nian analisisnya kang haji
    ……………..
    OOT
    Yang belum sempat atau ketiduran saat GP Losail Qatar klik nick saya aja atau di madmalin.worpress.com aja 😀

  18. Ngomongin motoGP,fbh kambing lgsg “haid berjamaah”

    Maklum,duo sesembahanya dikamplengin M1 5kecamatan

    Ngoahahaahaha

  19. Nunggu next race aja deh. Masa iya marques ngga bisa ngalahain markonah dan markonem lagi.

    ERCIVI == RCV ==CRV == HRV Kok mirip2 yak

  20. gue sih masih yakin ame si markuwesss… biasalah rossi menang karna titik2…. di mulai lapaR! heee… di tunggu duel ame si markuwes…

  21. dari jaman dulu, sewaktu yamaha dicap sbg motor yg lemot, tapi ditangan mbah Rossi bisa aja menjadi cepet dengan memanfaatkan corner2 yg ada..semoga race semacam di Qatar kemarin bisa terulang lagi, bukan hanya start, gas, ngibrit kabur kayak dikejar polis hahahaha

    • bukannya dulu m1 itu tenaga nya liar ya? m1 2004 tenaga gede tapi ga bagus transfer power n balance nya jg kacau

      seinget gue rossi sendiri yg bilang pertama kali gabung yamaha

      CMIIW

  22. SSG Y VS SSG H VS Ducari 15??

    sekarang g ad alesan kalo Y merasa kurang superior soalnya sudah pake full SSG?

    seri pertama udah dibuktikan SSG Y sukses dtggu seri selanjutnya

  23. wak jeli juga ya….
    ane liat VR di 3 lap terakhir udah kelihatan beda…
    menjelang 2 tikungan terakhir rossi menjauh…
    pas straight imbang…
    dua lap terakhir rossi unggul dikit…
    lap terakhir rossi menang… joss

  24. Rossi mmg juozzz,,selama masih mmbujang rossi akan ttp juozzz, tp jk married dipastikan lngsung mlorot, krn jk mnikah akn trpecah konsentrasinya..

  25. menang factor lucky aja pada bangga…
    frettt…

    😀

    marcihuy disabotase gerombolan ojeg yamewek tetep aja bisa nyruduk, gmn klo gak disabotase, domb46arut bisa dikepret lagi kaya yg udah-udah 13 seri ditelen marcihuy sendiri…

    masih bangga?!?
    kelewatan…
    wkwkwkwkwk…

  26. yg masih nganggap rossi pux skill dewa sepertix baru keluar dari hutan
    kemana aja bro
    ente ngak liat rossi waktu di ducati sampai patah2 gitu
    stoner mah seandainya ngak dibujuk sukhei nakamoto ngak bakalan pindah
    gp7 itu lebih binal dibanding gp15
    tapi stoner masih mampu naklukin si desmo buat ngacak2 barisan depan
    lah rossi waktu pake ducati mainx sama open class
    rossi mah mampux kalo dikasi motor balance kalo selain itu jumpalitan
    any question,???

    • Yg msh jagoin stoner hidup dihutan kali yak, ga lihat perubahan besar dunia, percuma jeng belain stoner sampe berbusa” orangnya skrg sdh ga ikut balap. Kabur pensiun dini. Kapok stoner kalo kalah nangis sampe muntah”

  27. Kayanya ente yg perlu move on coy, stoner mmg lebih superior menaklukan ducati 2007..selanjutnya biarpun dipake stoner gk pernah lagi juara dunia. Yg ada muntah2 keram pake motor kaya celeng. Bangun coy..stoner sudah tiada dimoto gp. Kasian ente coy fanatik boleh tapi jgn menutup mata dgn keberhasilan rider lain. Ente mending gk usah nonton moto gp sekarang, jagoan ente sudah tiada lari dari medan pertempuran sebagai seorang pecundang sejati.

  28. stoner pecundang sejati sebenarnya mau balik kemoto gp tau ada markonah jadi takut kalah sebelum bertanding padahal kalau dia mau honda siap motor ke 3

  29. Kalo koment yg cerdas, belum tentu ente nyemplak motor cerdas, bilang in bilang itu kayak kentut sembarangan, ente koment emang ente bisa apa? Kalo baru bisa ngomong, ngomonglah yg santun, biar ngga ketahuan liar sama begonya, atau diem disudut, tawarin brosur, ngga usah ngomong, tawarin aja sambil senyum, kalo ditanya baru jelasin, elu hina menghina, emang elu ngerti apa? Pake bilang pecundang sejati, lantas ente apa? Jual motor aja kagak laku laku, jadi sales belajar cerdaslah, jangan koment cadas, tapi khas kuli, di hutan sono gelantungan ya….. Lain kali mikir pake dengkul ya jangan pake otak…

  30. hahaha
    stoner udah dicatet namax sebagai legenda motogp bro bersama
    Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke,Wayne Gardner, Mike Hailwood,
    Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton
    Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil
    Read, Jim Redman, Kenny Roberts,
    Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry
    Sheene, Freddie Spencer, John
    Surtees, dan Carlo Ubbiali

    ente sendiri gimana bro
    lengenda congorgp iya

  31. rossi aja mengakui kehebatan stoner di ats ducati
    itu bukti bro yg bisa juara dgn ducati itu adl alien kelas dewa
    stoner diatas ducati 4 tahun
    sedang rossi cuma 2 tahun langsung rontok mentalx minta balik ke yamaha
    ngoahahaha

    • Kasian sekali anda…balik gih kehutan. Padahal siapa yg tidak mengakuin kehebatan stoner, ente aja yg tidak legowo orgnya sdh pensiun sebagai pecundang. Klu tentang legend, ane yakin klu rossi bakalan jd legend jg klu pensiun.

    • ane merasa kasian sama orang ini, kelamaan dalam hutan susah move on. rossi aja bisa legowo mengakui kehebatan org lain..kenapa ente ngga? otaknya ditaroh mana toh om, ntar klu rossi pensiun pasti jadi legend motogp juga, julukan legend itu diberikan biasanya berdasarkan prestasi apabila sudah pensiun. padahal ngga ada yg meragukan kehebatan stoner termasuk ane. ane juga ngga meragukan klu stoner itu pecundang sejati, bukan fighter motogp sejati. uwonge wes maburrrr……ngoahahahahah

  32. pokoke rossi…. rossi
    visit : pertamax7.com/2015/04/01/wedyan-hasil-dynotest-power-yamaha-vixion-setara-honda-verza-150-dalam-honda-sport-motorshow-2015-cb150r-tertinggi/

  33. ngoahahaha
    kecerdasan rossi pudar bro jika dikasi motor yg ngak perfect
    beda ama stoner yg mampu menutupi kekurangan dari motorx

    cerdas dikit sob
    jangan kebanyakan makan garpu

  34. banyak amatiran yg mengatakan rossi hebat padahal di support dgn motor yg inferior dari honda dan ducati
    ….
    disana kadang saya merasa prihatin
    coba dipikir bro
    lebih panjang mana jika dikalkulasi
    antara trek lurus dgn tikungan,????
    ….
    yg masih pux otak pasti langsung jawab
    lebih panjang tikungan
    alias waktu tempuh motor lebih lama di tikungan jika dikalkulasi dibanding trek lurus
    ….
    yamaha pux kelebihan di tikungan
    jadi rossi disupport motor yg lebih superiror dibanding lawan2x
    ….
    jadi para penyembah rossi
    mulai sekarang tobatlah kejalan yg benar
    hahaha

    • tinggal seekor penyembah buta stoner, bangun bray pembalapnya yg mana sih orangnya? sumpe deh bray klu tu org yg namanya stoner masih ada dimoto gp ane akan kembali kejalan yg benar. luar biasa itu pembalap ceritanya, katanya sampe keram, muntah2 sampe mewek pake motor celeng. orang goblok juga tau 7 lawan 2 lebih banyak mana, kejar tu jurdun klu masih muda..jangan jadi pecundang.

  35. ngoahahaha
    begitu frustasix rossi di ducati
    tiap hari mewek minta ganti ini ganti itu
    tapi ngak ada hasil
    …..
    begitu frustasix lagi belum pernah saya liat rossi brewokan selain di ducati
    sampe lupa cukuran gara2 stress bukan sy yg bilang loh tapi tante lusi
    taukan tante lusi siapa
    ngoahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here