460x110-maret2

IWB-TMC-Bannerupdate2

tmc-sukamart-april2

Bro sekalian, saat menuliskan artikel ” ada apa dengan Marquez ” TMCBlog belum memberikan data data teknikal . . . semua yang tmcblog tuliskan di artikel tersebut hanya berdasarkan informasi informasi lepasan yang dirangkum menjadi satu . . . nah baru di artikel ini tmcblog akan mencoba membongkar satu persatu data data teknikal  . . . Seperti Kita Ketahui Honda RC213V 2015 hadir dengan mesin dan sasis Yang boleh dikatakan Baru mulai di Losail Qatar 2015 dibandingkan MotoGP 2014, ini sesuai dengan Filosofi inovasi dari Honda yang bahkan sampai sampai memberikan sesuatu yang “paling baru” untuk ridernya , Sedangkan Yamaha menggunakan Prinsip Kando yang mengembangkan Motor step by step, memperbaiki dan menambahkan apa yang kurang, membiarkan apa yang sudah baik. Ducati Tahun ini hadir dengan maha karya Gigi Dall’Igna yakni GP15 yang menurut Dovizioso sudah bisa belok dengan normal, namun seperti kita ketahui, keunggulan performa ducati di trek lurus masih tetap di pertahankan . . .

Nah Di artikel ini kita akan melihat perbandingan Laptime Jorge Lorenzo yang menggunakan Yamaha M1 , Andrea Dovizioso yang mengguankan Ducati Desmosedici GP14-GP15, Marc Marquez yang menggunakan Honda RC213V 2014 dan 2015 plus satu lagi Legenda Hidup Valentino Rossi yang Juga Menggunakan Yamaha M1 2014 -2015  . . . Laptime yang akan kita lihat adalah laptime Race MotoGP Le Mans 2014 dan Laptime Race MotoGP Le Mans 2015, untuk melihat apa saja yang menarik untuk dibahas . . . Cekidot hasil olahan 224 data Raw yang dientry dan diolah secara manual oleh tmcblog   . . .

440x100-loop

MBtech Riders-APR

Jorge Lorenzo , MotoGP Le Mans 2014 VS 2015

Lorenzo-le-mans-14-15

Bro bisa lihat pada grafik di atas, Grafik warna Biru adalah performa laptime Jorge Lorenzo di 2015 ini dan merah adalah laptime di 2014 lalu . . . luar biasa peningkatan rata rata antara 0,7 sampai 1 detik lebih cepat . . . apa yang terjadi antara kombinasi lorenzo dan M1 di le mans? . . . ya lumayan banyak sob . . . Motor yang telah diupdate menggunakan Full Seamless Shift gearbox, mental JL99 yang lagi tinggi tingginya dan persiapan fisik . ..  Musim ini Bobot Lorenzo turun 5 kilo, secara otomatis Power to wight ratio jelas naik  . . .

Valentino Rossi, MotoGP Le Mans 2014 VS 2015

Rossi-le-mans-14-15

Seperti Juga Grafik laptime Jorge Lorenzo, Grafik laptime Valentino Rossi yang baik di le Mans 2014 dan 2015 merengkuh podium 2  juga terlihat ada kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan data 2014 walau tidak sebesar kenaikan laptime yang dilakukan oleh Jorge Lorenzo. Namun jelas terlihat memang progres Yamaha M1 memang sejauh ini positif  . . . laptime bertambah, konsistensi laptime cepat juga bisa dipegang . . .

Andrea Dovizioso MotoGP Le Mans 2014 VS 2015

Dovi-le-mans-14-15

Jika melihat grafik di atas, jelas terlihat di 2/3 lap awal performa Andrea Dovizioso + Ducati Desmosedici GP15 telihat meningkat Tajam bila dibandingkan dengan tahun lalu ketika Dovi naik Ducati GP 14,2 . . .  di lap lap awal Dovi bisa menorehkan laptime sekitar 1 menit 33, 3 detik dan ditengah tengah ia bisa banyak stay di 1 menit 33,7  . . . ini jelas kenaikan luar biasa ( lebih cepat sekitar 1,2-1,3 detik ) dibanding saat menggunakan GP14,2 tahun lalu . . .  di dunia balap, naik 1 detik per lap itu berarti banget . . .

namun menarik juga dianalisadan dicari tahu adlaah kenapa di akhir akhir lap Pace Dovi menurun ? apakah karena bannya sudah habis, atau Dovi pake Mode pelan untuk safe bahan bakar ?

Marc Marquez  MotoGP Le Mans 2014 VS 2015

Marquez-le-mans-14-15

melihat Grafik perbandingan laptime Marc Marquez di MotoGP 2014 – MotoGP Lemans 2015 di atas sangatlah miris . . . saat Yamaha dan Ducati bisa lebih cepat secara signifikan, Di Le Mans 2015Honda Nggak bro . .. setelah melihat grafik di atas, dengan berat hati tmcblog memberanikan diri menganalisa bahwa performa Marc Marquez dengan RC213V di le mans kemarin boleh dibilang lebih buruk dibanding MotoGP Le Mans 2014 . . .

tmcblog-android

Bro bisa lihat, baik dari Angka Laptime, maupun dari segi konsistensi .. .  Marc Marquez yang di Le Mans 2014 merengkuh Podium 1 nggak berhasil mengulang performa itu apalagi memperbaiki di Le Mans 2015 kemarin sob . . . kendalanya banyak sih, motor baru yang liar, dan perubahan temperatur katanya . . . namun yang berlalu biarlah berlalu, masih ada 13 seri ke depan yang dimulai dari hari jumat esok . . .  MotoGP semakin menarik jika memang terus ada saling fight . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

58 COMMENTS

    • tolong wwak analisa arah perkembangan honda. selain kepada peningkatan top speed, dan minim getaran, katanya kan murah tapi performa mirip. ya kalo dipakai stoner sih sah2 aja cepat. maksud mbah-satar waktu itu.

  1. Diliat grafiknya,
    Performa Marquez lebih buruk tapi beda tipis ama 2014.
    Kalau yang lain peningkatan performa signifikan.

  2. wah,, terima kasih mas taufik buat grafik2nya,,
    luar biasa nih menambah pengetahuan,, sip..
    tapi kenapa bisa lorenzo naek nya signifikan ya?
    kenapa rossi ga bisa? berarti kalo diliat dari grafik diatas,,
    jagoan jolor dong? daripada rossi dalam mengendarai m1.. -_-
    ayo dong ros jgn kalo ma lor..

    • wkwkwk. . liat dong peningkatan Rossi juga sekitar 1detik.an perlap dibanding 2014.. ya wajar dong peningkatannya ga sebesar jolor soalnya jolor 2014 finish ke 6.. jadi jarak dari 6-> 1 bandingkan dengan Rossi 2014 finish ke 2 2015 juga ke 2.. ya perubahannya gak sesignifikan jolor lah om.. tapi laptime Rossi vs jolor di lemans 2015 ga beda jauh 😀

  3. Wah permintaan saya dikabulkan untuk perbandingan dengan tahun lalu. Makasih Om. Kalau gini kan seenggaknya masih ada data valid buat membandingkan perubahan performa suatu pabrikan.

  4. Wah berarti motornya mm nggak sesuai filosofi honda sesuai klaim fbh dong?

    #MakinPanasMakinKenceng
    #Katanye

    Ngahahahaha

  5. Trim’s wak hj info nya.
    Tp mungkin mmg ada hubungannya suhu yg meningkat mempengaruhi penggunaan type ban di rcv wak hj terbukti pengguna honda yg lain jg pada ndlosor

    • Makanya ikuti berita motogp itu di tmcblog biar faham krn tmcblog adalah jurnalis/bloger resmi aka pemegang kartu DORNA motogp jgn cuma baca diwarung sebelah warung sepesialis bece_becean

  6. wes ra sabar nunggu race minggu depan semoga terjadi tragedi cucuk cucukan aka dogfigter darike enam heroik (marq,perdo,rosi,hohe,dovi,ionone) gkgkgkgkgkgkk eh tujuh ding carlcutlow masuk itungan ngueeeeeeeenngggg

  7. Wwkwkwk

    Pak topik ɑ̤̥̈̊jª bilang honhon “sangat miris”

    Masa fbh kambing mw koar2 honhon kencang dunia akherat

    Ngoahahahaha

  8. Filosofie fbh kambing = honhon makin panas makin kencang

    Lha ini bukanya kencang kok malah makin lemas

    Dohc honhon emang abal2 bosss

    Dr motogp sampai cebong make dohc abal2

    Ngoahahahhaha

  9. Wkwkwkwkw

    Salah sendiri rcv make dohc_nya cebong

    Yo jelas ambrol bin nyungsep

    Sm sohc 5 speed ban gambot ɑ̤̥̈̊jª ϑ¡ kamplengin

    Ngoahahaahaha

  10. Wak punten, keknya legend grafiknya kepotong, buat marquez yg thn 2015 atau 2014 warna apa?… however, dilihat dari grafik sptnya karakteristik mesin RC213V berubah bgt yah… wew bingitz ini,.. mesti ditunggu hasil gambling team HRC di seri berikut ini.. wah diluar pakem HRC nih thn ini.

    • kepotong yang di akhir2 dan di awal ya . . . gpp yang saya mau erlihatkan adalah grfik di pertengahan lomba saja mas bro

  11. wak, bukannya pas FP marqes pole position ya? tp knp pas race melorot, kasihan kalo temperatur jadi korban, padahal sembalap yg lain juga ngerasain.

  12. berat juga yah si MM buat mempertahankan…kalo tetep make versi 2014 yg lebih smooth, mungkin HRC lagi nerapin technology baru kayanya deh wak,,,,buat persiapan 2016….yg single ecu….gmn tuch kalo dah single ecu…kayanya ducati yang bakalan melenggang bebas!!!…dovi yang sabar di ducati akhirnya membuahkan hasil….coba DP26 pindah ke yamaha…kaya dovi, mungkin bisa kali….

  13. Motor terLIAR dan paling sulit dijinakkan ya honda RC213V makanya rider honda pada sambat (rider yg asalnya tdk pake honda). Sekelas markes aja yg 2 thn geber honda rc213v trus dikasih mesin dan sasis yg benar2 baru untk motogp 2015 ini sampe kwalahan menjinak kannya bahkan markes sampe minta HRC untuk menurunkan power rc213v 2015 karena saking LIARnya dan ditambah dani pedrosa yg absen 3x balapan.
    Semoga markes segera bisa menjinakan motor barunya biar bisa menyuguhkan tontonan yg seru bersama rosi. Amin

  14. Yup paket motor MotoGP tuh gak Cuman kenceng, tp juga harus durable dan user friendly. Ketiga faktor itu memang seperti dua sisi mata uang yg saling berkebalikan. HRC 2015 memang kenceng tp sangat tidak durable dan tidak user friendly, terbukti di kualifikasi Marc sering dpt pole position, tp waktu race malah keok. Paket terbaik th ini milik ducati gp15 memenuhi 3 faktor diatas, terbukti duo pembalapnya terlihat sangat enjoy dan sangat kompetitif. Yamaha sangat durable dan user friendly, tp di trek lurus masih rada keteteran lawan ducati dan honda. Untung yamaha punya duo oportunis vr46 dan jl99.
    Bravo VR46

  15. Pak Kaji Taufik
    webnya kumat lagi,….gak isa diakses pengguna spidol lewat jalur normal……kudu muter2 karo nyokot lawang via server ndik swedia….hiksssss

  16. @dogol

    Wih ada yg sensi sama komen ane ngahahaha.
    ente tau nggak alasan mm kmrn keok di lemans? katanye gara-gara suhu yang makin panas.

    naaahhh….coba dicucokken sama filosofi honda bin fbh yang katanye honda makin panas makin kuenceeeennngggg.

    apa hubungannya sama radiator dul?

    ngahahahaha

  17. mungkin asimo ada input temperature dan ada toleransinya, lha ini gak masuk toleransi jadi problem, makanya HRC bilang karena temperature berubah drastis

  18. itulah bedanya filosofi/pengembangan H dan Y
    klo H motor dibikin sesuai imajenasi engineering-nya pembalapnya yg harus setting buat nyesuain sampai bisa klop (dari yg lebih bagus dibuat ideal), soal MM bedakan 2014 dengan 2015 all new pengembangan baru disinilah sebenarnya skill MM diuji
    klo Y motor dibikin berbarengan dengan pembalapnya, jadi jalan pararel (dari baik menjadi lebih baik) makanya muncul istilah revs

  19. nech spidol dach seminggu mang lagi koplak,….pdhal BW sdah 15Mbps
    btw ane pake software buat ngredirect via server luar by google chrome 2 detik malah langsung jrenggg….

  20. pendapat sy pribadi ni wak tp ngawur, honda taun ini mungkin buat riset habis2n buat mencoba mtor baru,anggaplah kalo taun ni honda menang it cuma bonus, tp honda mungkin bales d taun berikutnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here