460x110

Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB

pos jaga parts

ASTRA MOTOR - Mudik

Bro sekalian, Sebentar lagi Lebaran akan tiba dan mudik menjadi salah satu ‘ritual’ yang ditunggu-tunggu. Pulang ke kampung untuk bertemu dengan sanak saudara. Jika Anda mudik dengan angkutan umum dan meninggalkan sepeda motor kesayangan Anda di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Safety Riding Analyst Astra Motor Michael Gerald Gozal membagikan beberapa tip agar saat kembali ke rumah dan siap beraktivitas seperti biasa, sepeda motor Anda tetap fit untuk digunakan.

440x100-2

MBtech Riders-APR

  1. Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat selama ditinggal mudik.
  2. Isi bensin dalam kondisi penuh (fulltank) atau kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.
  3. Cabut aki motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki soak. Lebih baik, simpan aki motor Anda di tempat yang aman.
  4. Pastikan sepeda motor Anda  disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan. Sebaiknya berada di dalam ruangan.
  5. Berdirikan motor dengan standar ganda. Selain itu, lebih baik jika diberi alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab, ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes.
  6. Tak kalah penting, pastikan sepeda motor Anda sudah dikunci dengan aman. Tutupi motor dengan tudung atau terpal. Lebih baik jika menggunakan tudung yang sudah didesain untuk motor.
  7. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jangan langsung dihidupkan dan digeber-geber. Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki.

Selamat mudik dan semoga Anda selamat sampai tujuan. Mudik aman, Lebaran berkesan.

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

13 COMMENTS

  1. cabut aki, kuras bensin, motor bersikan dan keringkan! masukin ke box kayu di ksh lampu bolam 50 watt tutup rapat! pas mau dipake lagi. ganti oli! dijamin jossss…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here