460x110

IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

yamalube super matic

test-soib-400-racer-12

Bro sekalian, Motor Ketiga Yang TMCblog Coba Kejar Impresi Icip Icipnya adalah Motor Alternatif dengan Brand Yang tidak Mainstream Yakni SOIB, nama SOib sendiri terkesan aneh, padahal usut punya usut SOIB itu kepanjangan nama dari Ownernya sob, yakni Sofyan Ibrahim, cmiiw . .. Nalik lagi ke Motor, Varian Yang tmcblog cobain adalah Soib Racer 400, sebuah Motor Streetbike Classic dengan mesin BigSingle 400 cc ( pasnya 397 cc )  . . . Motor ini dulu sering terlihat di Hobby Motor dan dijual dengan harga kalo nggak salah 65 Juta rupiah  . ..

FIX 440X100

MBtech Riders-APR

test-soib-400-racer-0

Dibuat Di Cina, acap kali membuat Motor ini disebut Moge Mocin, Namun pada dasarnya Motor serupa pun sudah lama sebenarnya melalang buana ke eropa dengan nama Mash Motorcle . . . sekedar impresi singkat, mesin Soib Racer 400 satu silinder berpendingin udara 397,2 cc, 1 silinder, 4-valve, SOHC dengan lubang exhaust berjumlah 2 mirip seperti mesin Suzuki Thunder 250 sob . Meski Soib Racer 400 masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, namun motor ini diklaim Soib sudah memenuhi standar emisi EURO 3 . . . mesinnya gede dan memiliki desain yang dari luar serasa mesin CB400 SS . . . Sekilas terlihat emang Soib Racer 400 udah kayak mandangin CB Gelatik milik tmcblog yang sekarang masih mejeng di ruang tamu karena nggak kepegang . . . lha gimana  kalo di cobain aja ?

Ergonomi

test-soib-400-racer-1

Kalau tmcblog naik CB 100 Gelatik, kali jelas menapak sempurna  . . Nah Kalo Soib Racer 400 ? hehehe lumayan tinggi sob tuh kliatan jinjit. Namun jok Soib Racer 400 cukup empuk dan ramping jadi nggak masalah juga sih

test-soib-400-racer-2

Bicara Soal Segitiga Ergonomi, Soib Racer 400 memang mirip seperti naik CB100, Posisi duduk tegak dengan kaki yang tidak terlalu menekuk ke belakang. Pokoknya ergonomi motor sport jaman jaman dahulu deh . . . nggak jauh juga bila dibandingkan dengan ergonomi Kawasaki Estrella

Torsi Nge-jambak

test-soib-400-racer-8

TMCblog jelas nggak bisa memberikan data kuantitatif terhadap performa dari Soib Racer 400 ini sob, namun performa torsinya sudah terasa Nge-jambak mulai dari geberan pertama mu di Throtel  . ..  . . . geber dikit itu putaran handle gas di kanan, Motor udah nyentak nyentak dan badan asli ketarik kebelakang karena Gaya Inersia, perkiraan tmcblog buat yang nyalinya gede, ini motor guampang buuanget dibuat wheelie karena torsi maksimum Soib Racer 400 sekitar 32 Nm diperoleh di putaran mesin yang hanya 5000-an RPM saja

Reliability

test-soib-400-racer-10

Namun Jangan Kaget jika saat Soib Racer 400 digeber di atas 5000 rpm, mulai terasa banget getaran yang bisa bikin handle bar kurang nyaman . . . Yap getaran mesin Big single memang terkenal sadis dan harus di antisipasi oleh balancer. TMCBlog sementara ini  belum mengetahui seperti apa Soib menangkal potensi getaran mesin ini . . . cuma ya itu asli di rpm 4000-an pun sudah sedikit terasa getaran mesinnya.

test-soib-400-racer-4

Soib Racer 400 termasuk bermesin besar . . . 400 an cc bro . . . namun bobotnya hanya 150 kg saja atau hanya 50-an kg lebih berat dari pada CB100 gelatik milik tmcblog di rumah . . . asli light weight bila di bandingkan dengan kubikasi mesin yang di gendongnya. Ini berdampak pada handling Soib Racer 400 yang lincah . . . roda depan yang menggunakan profil tidak terlalu lebar pun sepertinya menunjang kelincahan handling Soib Racer 400 ini . . .

test-soib-400-racer-3

Suspensi depan Soib Racer 400 secara subjektif tergolong rata rata . ..  suspensi belakang dual nya agak keras ..  . dan pengereman ? entah mungkin karena sebelum ini nyobain TNT 250 dulu ya, jadi terasa Pengereman Soib Racer 400 kalah pakem hahahaha . . . hehehe ya iyalah 2 piston lawan 8 piston . . . okeh, harus Fair . . . Pengerem Soib Racer 400 masih standar dan tidak terlalu berlebihan . . . Nggak banyak yang bisa digali dalam dua lap di Area 400 meter persegi Conblock Test ride IIMS ini sob . . . namun mudah mudahan meet your expectation . . . buat yang penasaran, monggo sambangin aja iims . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Fotografer : Irwan P

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

48 COMMENTS

    • 400 cc single bore getar ya wajar, yang ajaib honda supra 125 cc motor gua, sampe trondol bodynya gara gara pecah retak/ di ganti pecah lagi diganti pecah lagi diganti pecah lagi diganti pecah lagi, akhirnya pasrah ga pakai body sekalian

  1. Getarannya ga buat baut” pada rontok
    Ga kayak honpreettt..
    Getarannya kaya vibrator
    Baut body rontok,gas ngacenk..ga balik lg
    Mesum tuh motor
    Akakakakaka

    • Rada aneh minggu-minggu ini klo lihat foto wak haji, itu olie diatas bibir koq gak hilang-hilang, bikin senyum wak haji jadi hilang..!

  2. hehehehe…torsinya yang edian tenan itu emang cukup mengagetkan. Ane sama tmn ane yang ikutan test ride juga sependapat demikian. Buka gas sedikit, jambakannya udah bikin tangan gemeter kalo belum terbiasa.

    Lumayan enak sih dikendarai tapi getaran “cinta” nya itu bikin gimana gitu. Udah gitu jangkauan tuas koplingnya terlalu jauh.

  3. Wuih, ternyata wak haji masih dalam rangkaian pengetesan dengan kumis yang sama nih. Jangan2 masih ada lagi yg lain?

    #gagal fokus

  4. Re-branding dari MASH Motorcycle (Perancis).
    MASH sendiri adalah Re-branding dari Shineray (Cina).
    Shineray nyiptain mesinnya pake basis Honda lawas tipe XR400.
    Cmiiw.

    • Motor 400cc model klasik, bukan buat alay, khusus buat yang hobby, mopang 400cc model klasik juga ga ada bengkelnya. Lu pikir bengkel resmi honda yamaha mau nyetok sparepart motor yang cuma laku ratusan unit? , harus order dulu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here