460x110

IWB-TMC-NAKEDVOLUTION

iridium

Sonic-150r-tmcblog2

Bro sekalian, Test Konsumsi Bahan Bakar untuk Honda Sonic 150R yang akan kita bahas di artikel ini tmcblog lakukan sebelum melakukan test akselerasi  ..  .  namun untuk baiknya kita bicarakan dulu soal koridor pengukuran sob .. . metode pengukuran menggunakan metode ” how Far Can You go with 1 L of Petrol ”  Rider adalah tmcblog sendiri 161 cm, 57 kg plus aki kering dan Race Logic berat sekitar 1-2 kg. Alat Ukur jarak menggunakan Odometer OEM Sonic 150R. Jalur yang dipakai adalah Jalan Soleh iskandar dan Jalan Raya Bogor Parung. Jadi pada malam Hari sebelum dilakukan Test bbm dalam tangki Sonic 150R dikosongkan sampai mesin mati dan gak bisa nyala . . . Baru deh pagi pagi abis subuh, tangki bahan bakar di isi dengan 4 kali memasukkan bahan bakar Pertamax @250 ml yang diukur menggunakan Gelas ukur kimia . . .

banner-440x100-v110

MBtech Riders-APR

Waktu pengukuran dan pengetesan bbm ni adalah di Pagi hari start jam 5:30 pagi selama sekitar 5000 detik . . .Koq tau 5000 detik ? silahkan cek data di bawah Sob . .

fluktuasi-speed

Yap Jadi selama pengetesan Bahan bakar, Race Logic tmcblog nyalakan dengan catu daya dari aki kering tujuannnya adalah untuk menjawab pertanyaan mengenai seperti apa Riding behaviour yang tmcblog ggunakan saat test Bahan bakar Honda Sonic ini  . . . Bro bisa lihat Grafik diatas asliii itulah grafik yang menunjukan bagaimana fluktuasi kecepatannya, gak ada yang namanya panteng Gas, terutama karena waktu yang tmcblog pilih adalah rush Hour di pagi hari dimana banyak orang memenuhi jalan untuk berbagai aktifitas. lebih ke Stop And Go

Odometer-awal

Sesaat setelah  dimasukkan tepat 1 liter Pertamax, tmcblog langsung foto kondisi Odometer diperoleh angka 312,3 km . . . Setelah itu motor dibawa menyusuri jalan soleh iskandar yang nyambung dengan jalan raya Parung  . . . terus sampai daerah depan perumahan telaga Kahuripan , lalu balik lagi ke Bogor.

Odometer-akhir

Nah setelah dua kali lebih bolak balik Bogor-talaga kahuripan . ..  Motor Honda Sonic 150R mulai batuk batuk dan Lost Power . . . dan asli Motor langsung berhenti tanpa perduli berhenti di mana dan tmcblog pun menjepret langsung odometer tepat saat motor berhenti  . . . diperoleh angka 379,3 km

Ini artinya untuk 1 liter Pertamax , Honda sonic 150R bisa digeber sampai  67 Kilometer ( on odometer -OEM ) sampai setelah itu dia akan mogok sendiri . . . So Konsumsi bbm Honda Sonic 150R yang di test TMCBlog tembus 67 km/liter Pertamax .. . irit atau Nggak menurutmu sob?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

104 COMMENTS

  1. Saya test 175 km/lt om.Irit banget. Satu tahun hanya perlu isi full tank 2x.Layak masuk GUINNESS BOOK OF RECORD ala tmcblog.

  2. Selain irit juga kencang….. Trus klo betdiri dekat motor sonic, bisa membuat orang lebih muda 17 tahun….???? xixixiiiii kabuuurrrr aaahhhh

  3. tunggu versi helm in nya aja deh,
    biar bisa bawa jas ujan & sandal cadangan,
    maklum lagi ambil pasca, jadi perlunya sm yg mengedepankan fungsionalitas.

  4. iritnya mantap banget … nget nget
    supra 125 aja wak haji cuma dapet 51,25 kpl..
    mantep neh sohc kalah jauh..
    moga aja unit yg dijual didealer sama kayak unit test yg dipinjamin…
    mantep neh dohc irit

  5. Menurut saya itu sudah irit banget, saya pakai BeAT 2011 Karburator isi full tembus sekitar 90 km, apalagi kalau macet jadi harus stop and go, ini 1 liter saja bisa sekitar 67 km, ckckckckck. Tapi menurut saya tetap kembali terhadap cara rider menggunakan motor tersebut, beban yang dibawa, juga kondisi dan situasi jalan yang dilewati.

  6. tadi bekrangkat kerja lewat prapatan ragunan, liat nihc jago satu buji,

    emang stoplamnya kurang harmonis, wagu, walu runcing,

    kalu strippignya yg warna putih sih bagus, liat di pompbensin depan nestle

  7. wuih….
    matik ku aja kalah…..loh..
    padahal sudah di-iklan-in terbukti irit sepanjang masa loh..
    malu irit wokeh , malu boros apalagi….

    ini 150cc motor kencang tapi irit………….
    keren loh..
    tuker tambah boleh kan yah,AHM ?…

    2 motor tuker satu,…metik guwe yang malu irit wokeh, sama motor yang loe start duluan,gue finish blakangan!!milik tetangga…

  8. yah kalo TMC mang jago memanjakan motor…..tapi gak beda jauh amakeseharian…karena kita makenya gas betot rem betooot lagi….jadi bisa lebih boros 5km/perjam…dlu NVL bsa 55-60 TMC di gw cmn 50an..imho

  9. 16. Klowor – September 9, 2015

    Uirit tenan yo…. embitku kalah…..
    Asli kuwi kang??
    Tukar tambah ahhhh….

    ==========

    matic mang lebih boros bro…vartech 110 ane aja sedeng kok….

  10. mesin 150 cc kencang dan irit
    .mio aja 125cc boyoz dan lemot banget (stara ninja 2tak boyoznya) apalagi odong2 150cc ala yangmaho ngoahaha

  11. 32. handoyo – September 9, 2015
    saat lihat foto pertama di artikel ini, terus tengok iklan sebelah kanan…

    jhia ha ha
    bner jg sy abis praktekin
    pas jejeran bgitu om opik dan bro Ghazali

  12. Saran ya wak. Mending pinjaman dari pabrikan ga usah di terima. Mending cari unit pinjaman alternatif dari konsumen. Supaya independensi tetep di jaga.

  13. WAK ARTIKEL TEST RIDE BENELLI TNT 250 WAKTU GIAS NYA KEMAREEN DOOOOOOONGGGG AYOOLAAH

    PEUGEOT, SYM,BURGMAN UDAH… BENELLI DONG CUMA LIAT DI PRJ TAPI NGGAK DI JALANIN

  14. Wak haji…. request lain kali klo tes bbm ngukur jaraknya pake gps. Jangan pake speedometer … tau sendiri kan spedonya sonic lebay…… saat motor lain menempuh jarak 100Km motor yg penyimpangan spedometer gede bisa jadi 125km…..

  15. weleh…. irit tenane wak… bujug busraxxx… ntar yg sebelah alesan ban kaya pembalapnya … wkwkwkwk…..

  16. Saran Saya untk tmcblog, cb lakukan pengetesan sonic 150R ini dgn menukar Oli nya dgn Oli diluar AHM oil, biar ada perbandingan apakah hasil konsumsi BBM Dan akselerasinya akan Sama.
    AHM oil lbh encer, yg berbeda dgn Oli pd umum nya, apakah berpengaruh dgn hasil test?

    • oli umumnya? mesran super gitu? ntar malah rusak mesin motorx krn oli tdk bersirkulasi dg baik.
      kalo mega pro apa tiger sih gpp klo pke mesran super.

  17. wak haji maaf sebelumnya…. ane rasa perjuga odometer maupun speedometer di test akurasinya… bisa jadi…. klu spedometer kurat akurat bahkan lebay… bisa disengaja untuk alasan keamanan rider…. klu odometer bisa aja wak dibikin tidak akurat bahkan lebay…. dengan alasan motor biar keliatan minim biaya perawatan… spare part terutama oli… apalagi banyak beredar oli yg bisa di ganti sampai 4000 km keatas….

    saran aja biar tidak ada keraguan dan kecemburun test aja odometernya akurat atau tidak…

    makasih…

  18. Coba tesnya pake premium lebih logis, kan kebanyakan konsumennyakan rata2 pake premium, apa mungkin mesin 150cc DOHC dengan rasio kompresi sebesar 11,3:1 bisa seirit itu, klo ngetestx pake pertamax itu gak objektif. Emang konsumen make motor sehari-hari pake pertamax????
    Mungkin Honda takut mesinnya ngelitik kali klo testnya pake premium (hanya opini pribadi saya saja)

    Salam Konsumen Cerdas

  19. 70. Vanjie berneo – September 9, 2015
    Coba tesnya pake premium lebih logis, kan kebanyakan konsumennyakan rata2 pake premium, apa mungkin mesin 150cc DOHC dengan rasio kompresi sebesar 11,3:1 bisa seirit itu, klo ngetestx pake pertamax itu gak objektif. Emang konsumen make motor sehari-hari pake pertamax????
    Mungkin Honda takut mesinnya ngelitik kali klo testnya pake premium (hanya opini pribadi saya saja)

    Salam Konsumen Cerdas

    ===========================

    kalo yang ane baca sih, wak haji mencoba membuat standar untuk pengetesan versi Tmcblog. dimulai dari rider yang itu-itu aja, satu liter pertamax, tekanan ban standar, jalur pengetesan dsb.
    maksudnya supaya hasil pengetesan bisa adil karena parameternya sama. tidak ada lagi outputnya ” mungkin” ” kalau saja”

    kalo masi kurang percaya juga saya yakin wak haji ga mempermasalahkan. dipersilahkan buktikan sendiri dengan cara sendiri

    • hehehe iyah, nanti kalo saya test pake premium . . . dipermasalahkan
      katanya bakalan gini nih

      Nggak head to head, nggak bisa jadi standar

      hehehe kira kira kitu deh, saya apal bangets secara 7 tahun ngeblog sob 😀

  20. Lapor wak, ane punya motor honda beat FI 2013, minggu lalu ane itung pemakaian bbm nya, sama persis seperti cara wak haji ntu, pake pertalite dapat 63 km/ltr, laporan selesai …

  21. kenapa di testnya pertamax? karena tes yang lainya juga pake pertamax…

    kenapa mau terima motor tes dari pabrikan? karena yang lainnya juga unit pinjaman dari pabrikan…

    ngonoooooooooo

  22. buat honda sepertinya sih biasa saja
    bahkan cenderung boros

    kalau buat yg lain,pastinya sangat membanggakan
    mungkin udah jingkrak jingkrak saking bangganya

  23. pertanyaan macam apa ini??
    udah jelas bodi beda, bobot beda, ban apa lagi, masa masih dipertanyakan kenapa lebih irit dari NCB
    kalo lebih boros, baru dipertanyakan

  24. orang yang paling sombong adalah orang yg tidak pernah mengakui kebenaran walaupun telah nyata baginya kebenaran itu…(ngutip dari hadits)

  25. Kl Kompresi PigSon dkasih lebih tinggi Ostosmastis Jaminan Mesin Ngebul.. maklum Mesin SOHC Operstruk bro. mau di gas RPM 8000 aja Pabrikan yaMaho secara resmi bilang emang mesin SOHC pasti ngebul Broo… pantesan banyak kasus Oli PigSon banyak y cepet abis disinyalir kuat SERING NGOYO di betot gas ngotot… Beda sama mesin DOHC.. putaran Mesin RPM atas ngeGirisi Broo.. maknyus napas Panjang Joss ghandoss…

  26. Disinyalir kuat Mesin yaMaho PigSon ketuker dengan mesin metik Group MIO Bhuantet aka Bhuegel y terkenal Ngeden n Bouorosnya gk ketulungan khas yaMaho… Nah ko Bisa Ketuker gmna….??? maklum Mesin yaMaho mulai Metik, bebek, komuter, sampe y ngaku ngaku Sport Pul Pairing macem Rhoembeng Series RRRRRRijekan India… tk laen Semua tipe mesinnya Sama aka SOHC operstruk Jiplakan honda GL MAX tahun 80an…. wkwkwkwkwkw Ini Pakta Lo Mbing Maho…

  27. kenapa mau terima motor tes dari pabrikan?

    karena yg menanyakannya aja ga mampu beli motor CASH, NGONO! Fanboy do pekok kabeh

    knp sonic sama cebong hasilnya beda?

    lah bobotnya aja beda, belum lagi besar friksi dgn aspal, rasio perseneling dll, pekok

  28. Jirr kompresi diatas 11;1 disuruh pake premium. GOBLOK lah. Woi pake pertamax woi, kek orang melarat aja lw pada.

    kalo iklan honda bilang bisa pake premium jangan diikutin, itu sisi “bangsatnya” mahondah

  29. Semua merek H Y Z T K motor ga ada yang irit tanya mengapa ga dinyalain aja nguap tuh bbm berkurang juga jadi. di nikmatin aja ga pake ini itu kesimpulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here