460x110-sep

Indonesia-road-racing-championship

iridium

kampung-safety-riding-0011

Sobat sekalian, pasti masih pada inget sama Kampung safety Riding ? . . . Yap sebuah kampung yang dipimpin oleh Lurah Pandean Lamper, Ibu Sri Endrayati Yang mencoba memperluas ide awal dari salah satu Ketua RW nya Pak Lukman yang ingin membuat RW nya bernuansa Safety riding atau keamanan berkendara sepeda motor dan menjadikannya salah satu Program Kelurahan di 2011 . . . nah akhirnya program ini pun disambut positif oleh salah satu Main dealer Honda yani Astra Motor dan setelah kedua belah fihak memperluas kerjasamanya . . . maka akhirnya Juli 2015 Kampung Pandean lamper sudah memiliki 45 titik Rukun Tetangga sebagai Pilot Project Kampung Safety riding dan  . . . Bonus dari kerja keras mereka ini adalah pengakuan Museum Rekor Indonesia (MURI) bahwa Kelurahan Pandean Lamper yang terletak di Kecamatan Gayamsari, kota Semarang, Jawa Tengah, meraih rekor sebagai Kampung yang Membudayakan Keamanan dan Keselamatan dalam Berkendara (Kampung Safety Riding) Pertama di Indonesia . . . Berikut ini berita resminya sob . . .

banner-440x100-v110

MBtech Riders-APR

Kampung Safety Honda - 1

Kampung Safety Honda ini merupakan salah satu program Astra Motor, selaku Main Dealer sepeda motor Honda di 10 wilayah Indonesia, dalam mendukung kampanye Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang sudah dicanangkan PT Astra International Tbk bersama Kepolisian Republik Indonesia pada awal tahun 2014. Kampung Safety Honda ini terwujud dari peran serta aktif masyarakat Kelurahan Pandean Lamper yang didukung penuh oleh Astra Motor serta Ditlantas Polda Jawa Tengah.

kampung-safety-riding-0012

Komitmen 45 RT di Pandean Lamper akan pentingnya keselamatan berkendara terlihat jelas dari rambu dan papan etika keselamatan berkendara yang terpasang di setiap sudut jalan. Selain itu, sejak awal tahun ini, berbagai aktivitas juga dilakukan oleh dan untuk warga, demi menciptakan budaya keselamatan berkendara. Mulai dari edukasi teori dan praktik warga mengenai keselamatan berkendara, merangkul tokoh masyarakat sebagai brand ambassador, cerdas cermat dan adu skill safety riding antar rukun tetangga, hingga aksi warga yang turun langsung mensosialisasikan pentingnya keselamatan berkendara kepada masyarakat umum di jalan raya maupun melalui media sosial.

kampung-safety-riding-0010

Hasilnya, jumlah pelanggaran lalu lintas di Kelurahan Pandean Lamper mengalami penurunan yang cukup besar. Contohnya pelanggaran mengenai penggunaan helm berkurang hingga 87%. Kelurahan Pandean Lamper juga berhasil menjadi Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2015 bersama 32 desa lain di tiap provinsi di Indonesia.

Chief Operating Officer (COO) Astra Motor Octavianus Dwi mengatakan sering kali kebiasaan melanggar lalu lintas bermula dari lingkungan terkecil. Karena hanya di daerah permukiman, masyarakat menyepelekan aturan berkendara yang baik dan benar. “Kami ingin menghapus pemikiran seperti itu. Justru aturan berkendara yang baik dan benar harus dimulai dari lingkungan terkecil,” tuturnya.

kampung-safety-riding-0001 (2)

Octavianus berharap Kampung Safety Honda ini dapat menjadi kampung percontohan bagi kampung-kampung lain di tanah air sehingga masyarakat semakin sadar pentingnya keselamatan berkendara. Salah satu warga Pandean Lamper menambahkan, “Dengan adanya serangkaian kegiatan safety riding di Pandean Lamper, kami menjadi lebih sadar akan pentingnya keselamatan berkendara. Dulu kalau ke warung depan saja pasti anggap sepele, malas menggunakan helm. Tapi sekarang, kami bahkan menjadi pengingat warga lain akan pentingnya keselamatan berkendara.

Karena itulah, mulai Januari 2015, Astra Motor dan Ditlantas Polda Jawa Tengah mendukung 45 RT di Kelurahan Pandean Lamper untuk menjadi kampung safety riding. Kini, Kelurahan Pandean Lamper resmi menjadi kampung safety riding pertama di Indonesia.

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

12 COMMENTS

  1. Pantesan kemarin banyak orang yg tanya kelurahan Pandean lamper,.ternyata ada acara rekor MURI to,.ketinggalan berita saya,padahal saya tinggal di Semarang,hampir setiap hari saya jualan disekitar situ,tepatnya di Jln Gajah Raya.

  2. Kampungnya safety …tapi jl.gajah raya banyak yg gak pake helm. Prapatan medoho banyak yg ngeblong lampu merah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here