Bro sekalian, kelang race finale MotoGP 2015 dan berkenaan dengan situasi moral yang tidak kondusif akibat clash pada Race seri yang mungkin menjadi Race dengan catatan terburuk GrandPrix membuat Presiden FIM turun tangan, memberikan sambutan dan pesannya via sebuah surat terbuka kepada komunitas motogp di motogp.com .. berikut isinya sob : Peristiwa yang hadir baru-baru ini sehubungan dengan persaingan untuk gelar juara dunia FIM MotoGP ™ 2015 memiliki efek merusak pada pementasan kompetisi kita dan meracuni suasana di sekitar olahraga. (Dengan peristiwa tersebut) Kita (seperti) bergerak menjauh dari tradisi kebanggaan yakni sportivitas yang merupakan bagian dari warisan sepeda motor.

Setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan ide-ide sendiri. Tapi kata-kata dan tindakan selalu memiliki konsekuensi. Setiap individu harus mengambil tanggung jawab untuk konsekuensi mereka.

Pengendara, pertama-tama, harus menyadari hal ini. Masing-masing dari mereka memiliki ribuan penggemar yang mengikuti eksploitasi mereka di trek dan mendengarkan apa yang mereka katakan diluar nalap. Untuk itu, kita melihat kepada mereka, tidak hanya di kejuaraan ini tetapi dalam semua disiplin ilmu kami, untuk mengatur (diri sebagai ) contoh terbaik dari apa yang diharuskan dan di cita citakan olahraga kita ini

Tanggung jawab ini juga dimiliki oleh orang-orang yang membentuk rombongan mereka, dimulai dengan tim dan sponsor mereka. Apapun benar atau tidaknya masalah ini, jika beberapa dari orang-orang tersebut berpolemik tentang sesuatu yang tidak penting tentang kejadian atau keputusan dengan cara yang arah, mereka melakukan tindakan merugikan besar untuk olahraga, sehingga merugikan seluruh masyarakat dan semua hal baik

Riders, tim, produsen dan sponsor tidak hanya harus menghormati aturan tetapi mereka harus menerima keputusan dari pejabat, apa pun mereka berada. Jika tidak, mereka berkontribusi terhadap anarki dan merusak perkembangan masa depan olahraga kami.

Atas nama FIM dan semua orang yang melakukan yang terbaik untuk membawa kesimpulan terbaik untuk Championship ini, saya mengungkapkan harapan bahwa pada putaran berikutnya dan terakhir di Valencia pengendara akan berjuangdi trek dan dengan penuh tasa saling menghormati afan menjunjung tinggi fair play

Vito Ippolito

The recent events arising in connection with the competition for the 2015 FIM MotoGP™ world title have had a damaging effect on the staging of our competitions and poisoned the atmosphere around the sport. We are moving away from the tradition of pride in sportsmanship that is part of the heritage of motorcycling. 

Everyone has the right to express his or her own ideas. But words and actions always have consequences. Every individual has to take responsibility for those consequences.

The riders, first of all, must be aware of this. Each one of them has thousands of fans who follow their exploits on the track and listen to what they say off the track. For that reason, we look to them, not just in this Championship but in all our disciplines, to set the best example of what our sport should and aspires to be. 

This responsibility is also shared by the people who form their entourage, beginning with their teams and sponsors. Whatever the rights and wrongs of the matter, if some of those people unnecessarily fuel polemics about events or decisions in a wrongheaded way, they are doing a great disservice to the sport, to the detriment of our entire community and all the good things it offers to everyone.

Riders, teams, manufacturers and sponsors should not only respect the rules but they should accept the decisions of the officials, whatever they may be. Otherwise, they are contributing to anarchy and undermining the future development of our sport. 

On behalf of the FIM and all those who are doing their best to bring about a happy conclusion to this Championship, I express the hope that at the next and final round in Valencia the riders will fight it out on the track and in a way that fully respects the spirit of fair play.

Vito Ippolito

FIM President

96 COMMENTS

  1. motogp dikotori oleh aksi yang tidak sportif.. mungkin benar ungkapan lidah lebih tajam daripada pedang.. jangan main api kalo tidak ingin terbakar.. jaga sportifitas.. seri terahir menentukan apakah musim depan motogp masih bisa kita lihat sebagai kejuaraan dunia yang menjunjung tinggi sportifitas…

  2. bahasanya politis banget, emang pantas buat FIM yang cuma bisa ngomong saja
    dan udah terlambat, seharusnya dari kemarin sebelum balapan, ini malah bikin para fans tmbh marah, liat aja komen-komen twitter motogp

    seperti bilang jangan makan “racun” tetapi sudah “keracunan” dulu

  3. Dan kita juga tidak atau belum tau apakah kejadian sepang adalah murni kistuh antar pembalap atau dagelan yang di seting dorna…
    Mohon pencerahannya wak….

  4. kpd semua fans nya…. jujurlah pada diri masing2 seandainya setelah race Phillip Islands pembalap idola kalian tidak mengeluarkan statement yg menuduh 93 membantu 99 , saya yakin kejadian2 setelahnya gak akan terjadi. tudingan yg (mungkin) awalnya sbg psy war agar dpt membantu dlm memperoleh gelar juara dunia berbalik jd bumerang pada diri sendiri karena tudingan tsb dialamatkan kpd jurdun taun sblmnya yg sudah pasti sakit hati dituduh tdk sportif.dan perlu diingat seandainya diawal2 musim 93 gk mengalami masalah ditunggangannya.belum tentu 46 berada diposisi spt diakhir2 musim.

  5. Emang keparat si marc. Sengaja memperlambat pace buat nolongin jolor. Tipikal manusia hina. Isinya cuma iri hati & dengki. Semoga aja dia mati divalencia. Hwehwehwe.

    • Emang ada aturan ga boleh memperlambat race?

      Yg ga boleh itu menendang pembalap lain..

      Ini balapan motor bro, aksi salib menyalib itu halal, yg haram itu Klo menendang pembalap lain.

      Dikira pencak Silat???

  6. Fakta fair play:
    1. Mengatur agar salah satu pembalap menjadi pemenang itu strategi yang sah atau tidak dalam pertandingan? Kalo iya apakah sah bila dilakukan di luar order timnya? Ataukah tidak sah sehingga harusnya tidak ada tim order atau nation order, dll? Faktanya dalam MotoGP yang bermain tidak hanya individu, melainkan pula timnya. Apakah MM melakukan nation order? Apakah nation ordernya sejalan dengan tim order? Kalo sejalan tidak mengapa, tapi kalo tidak sejalan? Faktanya DP selaku rekan satu tim melenggang sendiri menjadi pemenang.
    2. Pada saat pemain lain curang apakah kita membalas dengan kecurangan pula? Ataukah kita menerima kecurangan tersebut dan melaporkannya kepada regulator pertandingan untuk meminta keadilan? Apakah VR sudah melaporkan tuduhannya atas MM kepada regulator MotoGP? Andai sudah apakah tidak ditanggapi dengan baik sehingga VR harus mencari keadilan dengan bernyanyi di luar lingkup MotoGP? Meskipun tuduhannya disertai dengan bukti2 yang menurut VR benar apakah sudah cukup untuk menjustifikasi tuduhannya atas konspirasi MM? Tidakkah aksinya hanya akan memancing masalah baru?
    3. Keputusan sudah diambil oleh regulator MotoGP selaku pihak yang berwenang, maka sepatutnya kedua pihak menerimanya dengan sportif pula.

    • Jelas yamaha memilih rossi sebagai juara dunia.. secara base camp yamaha ada di Italy. Sampai2 jorge terancam dipecat yamaha krn statementnya yg memusuhi rossi… dan buat yamaha rossi lebih menjual dibanding jorge.

  7. siapapun juara-nya semoga atraksi seru philip island berulang kembali.
    ane FBK garis keras…..(ngaku-nya) 😀

    salam roda tiga 😀

  8. Buktiin dong Yamamah tidak ada team order atau nation order…

    Siapapun juaranya Yamamah harus fair gak cuma diliat dr segi komersil dan bisnis…

    Klo Rossikin menuduh Marqonah nation order artinya Rossikin jg meragukan team Yamamah sendiri…

  9. kalo harus fair,, FIM sendiri ga fair,,
    itu rossi dibilang membahayakan rider laen,,
    dikenakan penalty point 3,,
    apa kabar nya sama marq yg membahayakan rider laen jg..
    kenapa ga dikasih point penalty jg 3?
    apa rossi harus jatoh jg biar marq kena penalty point?
    apa rossi harus kehilangan 16 point dulu baru FIM buka mata?
    apa rossi harus kalah dulu dalam perebutan jurdun,,
    baru tuh keliatan kalo marq jg bawa motor nya membahayakn rossi

    • lah kok masih ada jg fbr pekokcurut

      nangis kojel kojel.. gk trima kyataan ..

      ngoahahahahahaha..

      woyy bangun woyyy

      akakakakakak

    • Idolamu Jelas bikin orng lain jatuh
      TindakannyaBertolak blakang dgn buku induk panduan race, alias code of cinduct tertulis
      Si junior, klw referensinya rule yg sama ga melanggar apa2,
      Kcuali lu terapin standard ganda, aturan dimana senior ga akan salah,
      Syukur si snior ga di blackflag

  10. Semua memang gara2 si markesettt begundal berhalanya fans karbitan

    Margono dateng,motogp langsung runyammmm

    Ngoaahahahahha

  11. Celenggg celenggg emang pantes ditendang pak

    Dimanapun mereka berada

    Mungkin gara2 kebanyakan naik embit,jd balapnya amburadulll kek markeset

    Ngoahahahaha

  12. Wkwkwkw

    Jd inget sama blogger2 karbitan bin ternakannn honhon

    Waktu margono suka sruduk sana sini,bilangnya motogp gk seru kalo gk ada srudukan

    Giliran ad tendangan tanpa bayangan pada protes

    Ngoahahhahahaha

  13. Wkkwwkw

    Margono dr awal musin udah gk beres sama kek fbh kambing

    Suka sruduk sana sini

    Giliran ditendang ndlozorrr mewekkkk sok merasa teraniaya

    Rossi dilawan?????mental semua deh

    Ngoahahahahaha

  14. Disini, di Indonesia, kl ada biang rusuh shg timbul kerusuhan atau chaos! yg paling dicari n diamankan oleh pihak berwajib atau aparat negara pastinya yg disebut PROVOKATOR! di motogp PROVOKATOR tdk ditemukan pelanggaran! padahal ada data2 pd saat race berlangsung baik di Philip Island n Sepang! tp di ABAIKAN! silahkan bandingkan waktu Rossi vs Pedrosa di Arragon n Rossi vs Marceleng di Sepang! sama ya cara membalapnya???

  15. Haha…jagoan ketua fim lorencon takut di jegal… udah basi kata kata fair play itu… duo italiano akan sikat itu lorencong…

  16. Tiada asap kalau kagak ada api..

    VR menuduh MM melakukan konspirasi sewaktu di Philips Island ,, di sini jelas2 VR yang memulai masalah dengan menebar fitnah….

    ane fans VR dan MM , namun ane kecewa sama VR yang terlalu dini memainkan ‘mind game’ nya…dimana menjadi boomerang bagi dirinya sendiri..

    ane yakin , jika tidak ada tuduhan VR kepada MM perihal race philips island , tragedi sepang tidak akan terjadi…

  17. marq anak emas dorna n honhon harusnya dr awal msk team satelit dl…biar ngerasain perjuangan dr bawah,jd ga kaya skrg jd songong n arogan,ngerasa paling spesial…ga ada jiwa bikers brotherhood,respect

  18. Rossi koq skg mewekan? Gak kayak tahun2 sebelumx yg tiap insiden selalu bilang its race…, skg nuduh inilah itulah, mungkin penyakit tua kyk max biaggi waktu mau pensiun

  19. Harus itu

    Jgn sampai jurus2 Tak terpuji spt tendangan tanpa bayangan dibenarkan.
    Akan rusak masa depan motogp

    Balapan itu adu SKIL, bukan adu SIKIL (KAKI-Red)

  20. assalamuallaikum, om taufiq artikel di blog om bagus² dan mendidik, cuma satu minusnya om, kok yg komen byk yg bahasanya kotor ya, saling hina, mencela, sayang bgt om, tulisan om yg bagus itu rusak sm komentar yg isinya cuma makian, celaan, hinaan, tolong di pantau om kolom komentarnya, supaya yg baca bisa nyaman bacanya. terima kasih.

    • Wa’alaikumsalam…
      Oke, om..terima kasih atas masukan nya..
      Saya kadang tidak sempat monitor karena banyaknya kesibukan. Harap maklum.
      Terima kasih atensinya.

  21. rossi punya penggemar paling banyak jadi hendaknya omongan dan tindakannya harus lebih profesional bukan hanya menuduh tanpa bukti yang kuat.bukti laptime bukan jaminan bisa menuduh marc main curang

  22. Saya kutib saja statemen pentolan Yamaha disalah satu media online terkemuka: “Tugas kami adalah melindungi pebalap. Meski kami tidak menampik gerakan Rossi adalah sesuatu yang tidak ingin kita lihat di MotoGP, secara bersamaan hukuman Rossi terlalu berlebihan, terutama Rossi bukan pebalap yang bikin banyak masalah,” ujar Jarvis seperti dilansir Crash.net.
    Jelas terbaca Lin Jarvis tdk mempermasalahkan kejadiannya tp memprotes hukumannya yg dinilai terlalu berat. Saya kira ini clear.
    Well kita tahu, semua baik2 saja hingga pasca race Philip Island. Rossi menuding MM membalap hanya untuk menghambat dirinya. Inilah percikan api pertama. Setelah itu terjadilah balas pantun pihak Rossi vs pihak MM dan apipun mulai menyala.
    Benarkah MM hanya menghambat Rossi di Philip Island? Tdk ada seorangpun yg berfikir seperti itu hingga Rossi melontarkan tuduhannya. Bahkan banyak pihak yg mengklaim Philip Island 2015 adalah race terbaik dekade ini (termasuk tmcblog kalo saya nggak salah). Konon katanya Rossi dpt info bahwa MM sendiri yg mengaku berpihak pd JL. Ini harus di cari konfirmasinya karna ini baru tuduhan sepihak. Bahkan ini bagian dari percikan api itu sendiri.
    Saya bisa memahami jika semua penggemar Rossi (sejatinya termasuk saya) sangat kecewa dgn makin menipisnya kans Rosi untuk juara dunia.
    Kembali ke statemen orang nomer satu di team Yamaha, Lin Jarvis, pengurangan hukumannyalah yg harus di upayakan, bukan mencari pembenaran atas sikap yg tdk sportif yg bahkan seorang Lin Jarvis sendiri bilang: SESUATU YG TDK INGIN KITA LIHAT DI MOTO GP. Salam gaspol.

  23. anda sbg fans rosi kecewa sama rosi.
    Apalg rosi idolanya MM. .Rosi akn lbh kecewa lg kalo fansy malah menjegal dan pembohong kalo dia (markues) ternyata ga ngefans sama dia (rosi).
    Kalo dia benar ngefans rosi, mestiy mm lbh tau dong kalo rosi emang gtu suka psy war. .jadi mestiy mm sadar.
    Dimana2 yg namay fans itu rela dmi idola.
    Ekh. Ini malah mencela.
    Kalo mm dulu bil bkn idola rosi. .cerita lain lg.

  24. Mungkin imho scenario awal rossi saat psywar akan akibatkan marq di sepang jd emosional dan super agresif (dgn niat pancingan2 ‘mengganggu’ akan bikin marq jd keliatan ‘lebih membahaykan’ dan akan di-ilegalkan manuvernya) ujung2nya rossi bakal complain keras ke RD dan akibatkan marq didiskualifikasi sehingga saat last race di valencia rossi ‘aman’ dari marq,,, 😀

  25. Setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan ide-ide sendiri. Tapi kata-kata dan tindakan selalu memiliki konsekuensi. Setiap individu harus mengambil tanggung jawab untuk konsekuensi mereka.
    __________________________

    Saya sangat setuju dengan ungkapan ini bahwa kata-kata dan tindakan selalu memiliki konsekuensi
    Apa yang diucapkan Rossi setelah race terbaik dalam 1 dekade yaitu Phillips Island itu adalah Fitnah dan tanpa bukti sehingga memprovokasi timbulnya permusuhan
    sebagai seorang icon dan legenda harusnya bisa mengendalikan diri , tenang dan melihat kedepan dan berfikir positif

    Maju terus Marc , jadilah pribadimu sendiri tanpa membawa bayang-bayang nama lain

    Bravo Marc bravo Honda…

  26. yaaa Stoner d banggain huakakaka uda kalah ngaku nya sakit smpe gak maen brp seri waktu d duc*ti huakakakakakaa surem …….

    Marquez musti banyak” belajar belokan” yang lbh masi kurang parah itu =))

    Rossi semngat terus 36 tahun gileeee bsa top 3 klasmen sementara , jangann patah semngat

    Mengunggu Drama” selanjutnya di Valencia ******* , sapa tau lorenzo sama marquez mao bkin drama korea baru huakakakakakkakakaa

  27. pinteran yg balap daripada yg comen,coz dia merasakan langsung di lapangan. waktu di philip island klw ga ada ianone pun sama. mm93 menjaga jarak dgn lorenzo dan menunggu rosikin. mendingan nonton ulang race argentina karena itulah awal kebencian kang markowes terhadap rosikin hihihi

  28. Rossi belain yamaha krn dibayar, dan dia professional dlm bidangnya. Marquez juga sama, masing2 dibayar untuk menjadi professional. Nah, ente2 jadi fbh ato fby, dibayar kagak? Malah ente yg bayar, dgn harga diri dan dengan merendahkan kecerdasan sampe ke level jongkok dgn cara menghina satu sama lain

  29. masih aja ada yg bilang nendang, udah jelas2 di cam heli tidak ada tendangan itu, malah marq yg nyrundul duluan baru kaki vale yg gerak.
    tu orang yg bilang nendang buta ato goblok ato memang me”nuhankan” idola mereka, klo idola mereka itu gk pernah salah. oalah min sarimin punya otak kok gak dipake.

    wes lah semoga motogp tetap bagus kedepannya, klopun rossi pindah WSBK, moga2 aja trans7 gak berhenti putus kontrak hak siar.
    Semoga…

  30. Fakta fair play : waktu rossi menang dengan motong gravel apa dia banyak bacot ? Rossi segera minggat ke wsbk sana aja klo ga mau direcokin marquez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here