460x110-sep

460x110 IWB

Y P 440

Sonic150r-yogi

Bro seklaian, adalaah Bro Yogi yang mengirim kan Ride Reportnya ke tmcblog dan menjadi artikel pertama di November 2015 ini . Bro Yogi ini adalah seorang konsumen yang awalnya bertanya tentang artikel review bebek 150 cc. Setelah ia memilih Honda Sonic 150R . . langsung dibawa Turing Luar kota Brebes-Solo. Dalam Turingnya Mas bro Yogi menceritakan pula seperti apa rasannya turing dengan sonic 150R dan berapa Konsumsi bbm pertamaxnya . . . Cekidot dehΒ  . . .

Web banner beatskoolfest

MBtech Riders-APR

Assalamualaikum wa haji.gimana kabarnya? semoga selalu sehat nggih. Perkenalkan saya yogi, pembaca setia tmcblog. Dulu saya pernah minta pertimbangan ke wa haji buat review Bebek super akhirnya saya pilih honda sonic.
Saya mau sedikit share nih tentang pengalaman riding dengan sonic. Hari ini saya touring dari brebes menuju solo. kondisi motor baru 3 minggu turun dari dealer dan stnk sementara sudah jadi. Rider saya sendiri dengan bobot badan 54 kg tinggi 160 cm. langsung saja nggih.

Awalnya nyaman bgt naik ini motor. Tarikan enteng, responsif. Buat nikung gak limbung, kena poldur atau lubang tetap stabil. Buat selap selip mobil,truk, atau bis enak deh. Tapi keluhan mulai terasa saat motor sudah jalan jauh jauh dan mesin kepanasan. Pindah gear terasa agak kasar,buat pindah dari gear 1 ke N susah, harus dari 2 langsung ke N. Selain masalah gear, segi ergonomi pun terasa. Mungkin karena saya biasa pake bebek supra yang tegak jadi pake sonic kerasa pegel banget. Selain itu oke semua.

Odoawal-brebes

πŸ™„ Odometer awal-brebes

Konsumsi bbm saya pake metode wa haji. Berangkat full, jepret odometer awalnya 115,6 km. Sampe solo 391,3 km. Saya isi pertamax 2 kali. Pertama Di kendal saat fuel meter udah kedip. Kedua di solo saat hilang 2 baris.

Odo-akhir-kendal

πŸ™„ odometer akhir kendal

struk pembelian bbm

πŸ™„ struk pembelian bahan bakar

Total pertamax 5,004 liter. Jadi pemakaian bbmnya = (391,3-115,6) km / 5,004 L =55,096 km/ liter.Β  Maaf wa,odo yg 283,7 itu waktu di kendal. Yg di solo blm di foto. jadi rumusannya untuk pemakaian Brebes -kendal ((283,7-115,6)/3,104)= 54,16 km/ liter. Sekian sedikit pengalaman saya ttg riding honda sonic. Mohon maaf bila mengganggu wa. Assalamualaikum.?

Nah Report di atas hanya mengalami sedikit edit oleh tmcblog pada bagian editorial bahasa saja, mengenai Kontent dan angka tidak ada perubahan, semua asli sesuai yang di report oleh Bro Yogi . . . Nah apakah Masbro sekalian Yang memiliki Sonic sesuai dengan apa yang di laporkan oleh bro Yogi ? . . . silahkan dikomentari dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

82 COMMENTS

    • Irit banget nih sonic…
      Pasti fby pada ngeyel gak percaya.
      Ditest pabrikan fby gak percaya .
      Ditest. Blogger fby gak percaya.
      Ditest konsumen fby msh gak percaya.
      Kalo ada logo garpu karat baru mereka percaya.
      Doktrin fby , gak mau mengakui kalo ada keunggulan dr Honda.
      Gak mau mengakui prestasi honda.
      Gak mau mengakui testimoni kelebihan produk honda,tp klo ada kekurangan langsung jd bahan becean .
      Bagi fby selain yamaha semua jelek. Sampe sampe mereka mengarang klo mesin lexus itu yamaha,dan toyota bagi fby itu dibaca yamaha .

      Guest
  1. beritanya bisa barengan yach
    Keiritan Sonice di mari
    Menang drag NCB di IWowBe
    jangan lupa kalo adu irit pinjem punya konsumen ya
    adu irit punya pabrikan/diler vs punya konsumen
    tren baru komparasi di dunia maya
    pabrikan/diler vs unit konsumen….

    Guest
  2. Wah fbh sejati tuh hahaha
    Soal finising yg alakadarnya ga di review kah
    Pasti geter kan tuh body motor
    Eh top speed 178kpj kah?

    Guest
  3. wow….ada yg pernah tes pake GPS nggak nih…
    btw ini dari konsumen ybs loh statement=nya

    ‘ Tapi keluhan mulai terasa saat motor sudah jalan jauh jauh dan mesin kepanasan. Pindah gear terasa agak kasar,buat pindah dari gear 1 ke N susah, harus dari 2 langsung ke N. Selain masalah gear, segi ergonomi pun terasa. “”
    ———————————————————-
    silahkan digoreng

    Guest
  4. saya pengguna newcb di singkawang kalbar. hari ini ambil.besok langsung diajak jalan jauh.dan tentunya masih pake oli bawaan. klo mesin enak halus.dan gejala susah ke N memang timbul saat km udah 500-1000 an.gear 1 ke N susah tidak dirasakan lagi setelah ganti oli sintetis.karena saat reyen pake oli mineral bawaan pabrik.
    jadi berdasarkan pengalaman saya memang gir 1 ke N susah waktu awal awal reyen pake oli mineral.selanjutnya udah gak lagi setelah masa inreyennya selesa. oia motor saya udah 20 hari km spedo udah 2926 km.heheh maklum dipake kerja tiap hari. rantai udah saya setel sendiri 2 x.sampai saat ini puas dengan kinerja mesin.

    Guest
  5. nah kan di situ perlunya bagasi , barang bawaan sebagian bisa masuk.
    Masih belum ada pabrikan bikin bebek super yg bisa buat turing .

    Guest
  6. “Tapi keluhan mulai terasa saat motor sudah jalan jauh jauh dan mesin kepanasan”

    =================

    Harusnya tambah josss tuh wkwkwkw kan katanya mesin honhon makin panas makin joss ? lhaaa ini malah bosokkk..

    buat produk honhon yang pake Radiator mending dicopot saza dibuang, karna motor honhon makin panas makin joss..

    salam orang pekok,, ngoahahhahah

    Guest
  7. Honda makin panas makin josss wkwkwkwkwkw mindset orang kampung pekok,,

    terus ngapain dipasang radiator ? kan biar cepet panas boss biar joss..

    Guest
  8. Makasih wak haji udh dibikinin artikel πŸ™‚
    Tambahan,kondisi motor masih inreyen, jadi kecepatan sekitar 60-90 km/jam. Jarang sampe limiter.paling main d 7000an rpmnya.catnya agak tipis,jd bisa diakalin pke modif skotlet.

    Guest
  9. Berat 54 kg dan tinggi 160cm, hmm… benar2 bisa mewakili parameter pengetesan wak Taufik nih. πŸ˜€ (peace wak haji).

    Kalimat ini: “Tapi keluhan mulai terasa saat motor sudah jalan jauh jauh dan mesin kepanasan. Pindah gear terasa agak kasar,buat pindah dari gear 1 ke N susah, harus dari 2 langsung ke N. ” sesuatu banget.

    Ternyata mesin honhon tidak tahan panas, tidak tahan jalan jauh, padahal ketiup angin kencang dan gak kena macet2an.

    Guest
  10. saya kadang suka bingung sendiri kalo ada yg komen nyinyir mempermasalahkan komparasi motor baru pinjeman diler vs motor konsumen terlepas apapun merk nya…
    Saat test drag dan topspeed motor pinjeman Diler selalu aja bilang itu sudah di setting lah atau udah gak standar lah…
    Oke saya pengin tanya satu saja : Bagaimana caranya menyetting ulang biar menang kenceng tapi di sisi lain tetap menang irit?
    Di contoh kasaus test yg dilakukan Oleh wa taufik Beat vs Mio M3,IWB (NCB vs NVA) dan test sonic vs satria f

    Guest
  11. Wak, perlu dihitung lagi mengenai deviasi speedometer. Klo gak salah wak pernah bahas itu kan. 270km itu versi speedo ato GPS, wak?

    Guest
  12. speedo meter sama odo meter beda om…coba sebelum nyuruh wak haji taufik ..mbok buka2 dulu artikel sebelum2nya…

    Guest
  13. Iya.setelah baca sana sini kebanyakan solusinya ganti oli atau setel ulang kopling. Rencana minggu ini mau servisan pertama.odo udah sampe 500 km.btw, oli gratis dr ahass apa ya? Bisa tukar tambah sm yg lebih cocok buat sonic?

    Guest
  14. ganti aja broh olinya ahm yg warna merah putih g bagus, kalo mau pake oli ahm yg warna gold… atau yg bagusan… kebiasan oli bwaan semua pabrikan emang kurang nyaman…

    Guest
  15. Mo touring pake bebek nyaman, anteb, empuk, irit, bagasi luas, tenaga besar tapi penyaluran ke roda lembut, ya hanya kawasaki zx130.. sayang purna jualnya kurang baik, mesin di rpm tertentu cukup terasa bergetar, boros oli mesin (sepertinya ikut kebakar/ menguap) sedikit2.. Selalu ada positif & negatif di setiap motor..

    Guest
  16. Boros jg yah dengan bobot body segitu ^_^ Beda tipis kyk cbr150 dong, klo touring rata2 50-52km/l (avg 60-80km/jam). Sedikit saran buat bro yogi kalau mau menetralkan, kopling jgn dikasih rapat, biasax pabrik setting kopling jauh

    Guest
  17. rpm berapa tuh dapet konsumsi bbm segitu? klo rpm di bawah 5000 sih lumrah tp klo 6000 keatas baru amazing πŸ™‚

    Guest
  18. Motor kualitas triplek. Persis fbh yg otaknya downgrade semua. Idolanya aja markes si anak kemaren sore yg pecundang.

    Guest
  19. ASLI NGIBUL, SUPRA X 100 CC SAJA KAGAK SAMPAI SEGITU, BEAT SAJA 40 KM / L SULITNYA BUKAN MAIN…… ASLI NGIBUL SALESNYA…………..

    Guest
  20. pancen irit Wa..

    cuma kalo saya gak dapat sampe 50an km, tapi sekitar 45an km.. kalo astrea grand saya dulu waktu baru bisa 1:50 hehehe…#ketahuanorangjadul

    Guest
  21. pantes saja irit kecepatannya segitu hahaha…irit matic saya dong itungannya..betot gas trus kecepatan 70-100 mentok 105kpj jarak 160km isi 3liter pertamax..kalau kecepatan 60-90 ya 2,5liter bs kurang…

    Guest
  22. gue heran sm org yg mampu beli motor 20 jutaan tp kgk mampu ngempanin bensin sesuai kompresi mesin… kompresi 11 lebih masih dikasih pertamax, hellow???

    Guest
  23. NVL q yo irit wak.haji… touring
    Premium 42km/L
    Pertalite 48km/L
    Pertamax 52km/L

    Jalur cilacap – semarang via wonosobo. Naik turun yg notabene banyak gasnya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here