460x110-sep

460x110 IWB

Y P 440

2016_YAM_FJR1300A_EU_DNMN_ACT_001

Bro sekalian, semalem nyampe Hotel udah tepar, abis ngetik artikel tengah malam, langsung istirahat  . . . namun Yamaha Eropa Kasih Press release bahwa mereka baru saja meresmikan satu lagi Sport Tourer Hyperbike Yamaha FJR1300. Bicara Yamaha FJR1300, selain Honda GoldWing  . ..  Motor ini dipakai oleh Pak Polisi di Indonesia sebagai salah satu Motor Kawal patroli yang keren . . . Lho Versi 2016 udah keluar, kayak apa barunya ?

Web banner beatskoolfest

MBtech-Riders-nop30

440x110 5

2016_YAM_FJR1300AS_EU_MS1_DET_022

Untuk Versi terbaru ini Yamaha membuat Yamaha FJR1300 naik satu level dengan penambahan karakter sporty yang menambah nyaman berkendara semisal transmisi baru 6 percepatan yang akan menambah akselerasi dan menurunkan teriakan RPM mesin saat high speed top gear cruising. Plus Tentunya Assist And Slipper Clutch yang akan memberikan penambahan stabilitas sasis saat melakukan Downshift ketika berdeselerasi memasuki Tikungan

2016_YAM_FJR1300AE_EU_MS1_DET_027

2016_YAM_FJR1300AE_EU_MS1_DET_025

A & S Clutch juga dibekali tambahan YCC-S (Yamaha Chip Controlled Shift) clutchless gear shifting system  . ..  tambah nyaman deh ganti gear . . . Dari segi penampakan Lampu depan dan belakang semua sekarang sudah LED plus ada penambahan satu lagi lampu yakni Cornering Light  . . . wew apaan tuh ? lampu khusus buat nikung ? Lalu ada re-design dari Panel Instrumen juga diaplikasikan ke Motor dengan mesin 1298 cc ini . . .

2016_YAM_FJR1300AE_EU_MS1_ACT_001

TMCBlog kepo bin penasaran sama Cornering light  . . . The 2016 FJR1300AE/AS adalah Motor pertama Yang mangadopsi Adaptive Cornering Light yang akan meng-iluminasi badan jalan ketika motor melibas tikungan dengan kemiringan tertentu . . Letak Adaptive Cornering Light ini berada di kompartement bawah dari kedua Twin-eye-LED Headlight. dan bekerja dengan data dari Inertial measurement Unit ( IMU) yang juga diasang di Yamaha R1 kalo nggak salah, Jadi dimensi IMU ini jeuh lebih canggih dari sekedar Lean Angle sensor ( 2 dimensi)  . . . Jadi saat nikung, IMU mendeteksi adanya perubahan kemiringan dari keseluruhan motor  . . . dan akan memerintahkan ECU untuk menyalakan Adaptive Cornering Light  . .  nikung tambah nyaman nih . . . Buat Para Opreker Indonesia yang demen turing, sebenarnya ini  mungkin bisa diakalin pakai Bank angle Sensor/ Lean angle sensor  . . .

2016_YAM_FJR1300AE_EU_MS1_DET_006

Yamaha FJR1300 model Year 2016 ini juga di lengkapi instalasi elektronik yang siap jika di koneksi dengan Dainese D-Air® Street system  . . . Ya Dainese mendedikasi kan satu sistem tersendiri Untuk Yamaha FJR1300 seperti sensor, konektor, display dan Braket braketnya son . . . sehingga Motor ini bisa dikombinasikan dengan D-Air Jacket (J-kit) . .  weh ada hubungan nya kah karena Yamaha dan Dainese punya Satu Brand ambasador yang sama ( VR46 ) ?

So akankah Kepolisian republik Indonesia tambah Ganteng dengan penambahan Unit New Yamaha FJR 1300 nanti? . . . kita lihat saja mas bro , Motor ini baru akan siapmhadir di pasaran di triwulan pertama 2016. . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

kesimpulan hal hal baru pada FJR1300

  • New 6 speed transmission
  • Assist and slipper (A&S) clutch
  • 4-light LED headlight assembly
  • 6-light LED cornering lights (AE/AS versions only)
  • LED position lights
  • LED turn signals
  • Redesigned 3-dial instrument panel
  • Newly designed tail end with LED combination light
  • Redesigned rear fender
  • Prepared for D-Air System

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

25 COMMENTS

  1. Kalo menurut Fifauzi sih nih motor kurang canggih….nggak bisa nikung sendiri, nggak bisa jalan sendiri kaya Honda Win Fifauzi, plus Honda win fifauzi nggak isi bensin tapi pakai solar cell 100 sell yg tahan isi ulang…

  2. Kok keren? jauh berbeda dengan yang dipakai polisi di jalanan?. yang desain fairing nya di polri siapa sih? jelek banget..

    Wak, per unit nya ini berapa duit? kalau goldwing?. biar bisa kita awasi anggaran saat pengadaan nanti. wkwkwk

  3. BMW K1600GTL pakenya full adaptive headlight tapi bukan model matrix, jadi motor miring lampu tetep rata, kaya kamera gyronya motogp. klo Mobil Audi prototype nya di laser headlight, klo BMW mobil prototypenya matrix led. Nah Yamaha ini mirip kaya KTM Super adventure yang kalo miring lampunya nyala, cuma super adventure ada di bawah, jadi kaya auxiliary light, klo FJR ini lebih rapi soalnya nyatu sama headlight

  4. Ada di atas headlight, kaya DRL alis masing2 3 biji tapi ga akan nyala semua. klo miring kiri, yang nyala kiri, arah sorotnya juga ke sudut dalam tikungan, bukan lurus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here