460x110-sep

New iwb-tmc

ACC-Mx-440

Satria-FU-FI-19

Bro sekalian, Suzuki Satria F150 Injeksi Perilisannya mungkin tinggal menghitung pekan. Penampakan dan segala umbaran Potensi Performanya sudah sangat jelas dilempar ke publik dan effeknya pun terlihat sangat Lumayan, Publik dalam hal ini minimal yang demen baca di Internet akan tahu bahwa Potensi SUzuki Satria F150 Injeksi tidak main main. Update yang signifikan, Bukan hanya ganti Baju . .. semua Berubah dan dipikirkan masak masak guna berhadapan dengan atmosfer persaingan yang makin berdarah darah di segmen Sport Underbone 150 cc  . . . Potensi Performa di atas kertas sudah top markotop . . . namun Harusnya Action Suzuki Indonesia Bisa lebih All-Out berbekal Suzuki Satria F150 Injeksi ini  . ..  maksudnya ?

440x100-dec14

MBtech-Riders-nop30

440x110 5

FU-MX-SOnic

Kita Ketahui sendiri sekarang Suzuki nggak sendirian di Segmen Sport Underbone 150 cc . . . ada Honda dengan Sonic 150R dan satu lagi Yamaha dengan Jupiter MX-King ( walau jelas MX-king lebih beraura underbone ) . . . MX-King bolehlah dilihat sebagian marketnya merupakan ‘pendewasaan’ market awal Jupiter MX  135 . .. Namun SOnic 150R? jelas adalah ciptaan produk baru yang diciptakan khusus Honda untuk mencoba ngerecokin Market Terkuat Suzuki di roda dua

Produk bertambah, apakah pangsa pasar akan bertambah linear juga mengikuti penambahan suply P roduk Honda dan Suzuki ? TMCBlog meragukan itu, perkiraan tmcblog walaupun berkembang, nggak sampai dua kali lipat terlebih pangsa bebek yang makin menyusut. So artinya . . . Niche Market Sport Underbone 150 cc jelas makin panas . .  kalau sudah begini jelas Red Ocean dan butuh tingkat kekompetitifan tinggi dari Segitiga Value : Produk, Harga dan juga layanan aftersales.

After sales Service ada banyak faktornya . . . Kesiapan Pabrikan menyiapkan sparepart, harga dari Sparepart, kesiapan dan meratanya jaringan bengkel , kesiapan part dari Pihak ketiga dan lain lain . . . Lalu bagaimana soal Value? . . . Value Produk secara sederhana mungkin bisa diartikan sebenarap bagus dan berkualitasnya produk tersebut dibandingkan dengan per satu rupiah yang dikeluarkan Konsumen untuk membayarnya.

Satria-FU-FI-31

Nah Suzuki, bila dibandingkan dengan Honda . . . sorry to say Faktanya, memang jaringan Dealer Honda sangat berkuasa dan lebih menggurita . ..  baik dari segi kualitas dan kualitas jaringan H2-H3 Honda bisa jadi  di atas Suzuki. Suzuki butuh waktu Panjang untuk bisa kompetitif dengan Honda di area sini  . . . Namun  Potensi Performa Produknya ?  Di atas kertas Suzuki Satria F150 Injeksi jelas di atas Honda SOnic 150R . . . Pertanyaan Lanjutan  . . . kenapa Suzuki Nggak All Out saja sekalian?

BrosursatriaF150FI-7

Bro bisa Cek di artikel terdahulu mengenai Preview Spesifikasi lengkap Suzuki Satria F150 Injeksi . . .

  • Daya Maksimum : 13,6 kW ( 18,49 hp ) @ 10.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 13.8 Nm @8500 rpm
  • Power to weight ratio dari All New Suzuki Satria F150 FI adalah  0,1696 hp/kg . .. 

Secara PWR All new Satria F150 FI diklaim lebih tinggi bila dibandingkan dengan Yamaha Jupiter MX 150 ( 0,1324 hp/kg) dan Honda Sonic 150R ( 0,1407 hp/kg ). Harga OTR Honda Sonic 150R ( Power 11,8 kw @9000 rpm torsi 13,5 Nm @ 6500 rpm) adalah 21,2 Juta rupiah  tipe standar  dan Rp 21,8 Juta rupiah untuk Tipe Repsol . .. ini artinya konsumen Honda seperti membayar 1,8 Juta rupiah untuk Tiap kW power di Sonic

Satria-FU-FI-22

Nah Bagaimana Suzuki Satria F150 Injeksi ? . .. Kalau pendapat tmcblog kenapa Suzuki Nggak pasang badan benteng bentengan aja sekalian misalnya dengan pasang Harga yang lebih rendah sedikit, atau minimal sama dengan Honda Sonic 150R. So Misalnya Suzuki Satria dibandrol 21,2 Juta rupiah untuk versi standar maka konsumen seakan hanya membayar 1,56 Juta rupiah untuk setiap kW power di Satria F150 FI nanti . . . Jelas lebih value kan ? . . .

mudahnya, dengan Harga yang sama dapet produk yang lebih kencang  .  . nahhh  . . .kalau misalnya Suzuki Satria F150 FI dijual katakanlah 23 Juta rupiah, maka Konsumen seakan membayar 1,7 Juta rupiah untuk setiap kW power di Satria F150 FI nanti, masih sedikit lebih value dari Segi PWR, namun suzuki bisa kehilangan kesempatan menciptakan perang psikologis bertajuk  ‘ harga sama , performa lebih unggul ‘

Mudah mudahan Suzuki Indonesia bisa maksimal memanfaatkan keunggulan Performa Di atas kertas bila dibandingkan dengan Honda sonic 150R nanti dan memikirkan kembali masak momentum ini . .. terutama soal Pricing strategy 🙂

Taufik of BuitenZorg

82 COMMENTS

      • susah kang

        status fu beda dgn sonic

        buat AHM, tanpa sonic AHM tetep jadi raja, sedangkan buat SIS fu itu harapan terakhirnya.

        dgn status spt ini bisa dibilang sangat berat.

        klo seumpana SIS ngajakin perang harga, itu sama aja bunuh diri. klo sampai AHM ngeladenin bisa kiamat buat SIS.

        FU akan susah dijual dgn margin tipis, karena fu satu2nya mesin uang suzuki…, apalagi klo sampai dijual rugi.., mau makan apa suzuki?

        sedangkan buat AHM, sonic mau dijual rugipun ga akan pengaruh buat AHM. Justru yg akan terpukul SIS

      • Kalo harganya sama dgn spek di atas Sonic, kemungkinannya ada dua wak :
        – Kualitas abal2
        – Suzuki kerja sosial alias gak ambil untung

        Saya pribadi melihat udah ga ada lagi harapan suzuki buat bangkit.. Brand, 3S, udah rusak semua meskipun kualitas produk patut diacungi jempol

  1. Ready stock miniatur moge
    – Ducati Streetfighter S
    – Ducati Diavel Carbon
    – Ducati 1199 Panigale
    – Ducati Desmosedici RR
    – KTM 690 Duke
    – KTM 1290 Super Duke R
    – Kawasaki Ninja ZX 10R hijau putih
    – Kawasaki ZX 14R putih
    – Yamaha YZF R1 biru
    – BMW S 1000 RR
    – Ducati Monster 696 merah
    – MV Agusta F3 serie Oro 2012
    – Suzuki GSX-R600 kuning
    – Honda CBR600RR hitam merah
    – Honda CBR1000RR hitam
    Merk Maisto skala 1:12,harga 155rb blm ongkir
    Miniatur motogp merk maisto skala 1:18c turun harga dr 145rb jadi 135rb dan skala 1:10 dr harga 280rb jadi 270rb
    WA 08128975956
    pin bb 7DC513B2
    line @elg8729k
    twitter & instagram @miniatur_motogp
    FP Facebook http://www.facebook.com/miniaturmotogpdanmotorsport

  2. Suzuki harusnya bisa lebih percaya diri, ada banyak masyarakat yang masih loyal dengan pabrikan ini. Kalau ingin naik kembali, buat produk yang tidak dapat ditolak oleh pasar, puaskan kebutuhan & keinginan pasar, dan jangan lupa jaga hubungan baik dengan pelanggan. Customer is not King, Customer is Friend ! Remember it !

  3. Saya setuju sama paragraf terakhir di artikel ini…Performa lebih tetapi di jual dengan harga sama.

    Mungkin memang harus merugi dulu untuk promosi awal, agar di minati oleh calon Buyer.

    Secara jika menggunakan strategi Subsidi silang tidak mungkin untuk divisi 2 wheel Suzuki, terkecuali divisi 4 wheel Suzuki mau membantu subsidi untuk divisi 2 wheel Suzuki. Dan itu pun jika bisa.

    #saya doa’kan semoga sukses SIS,

  4. kabarnya min 23 wak. Mungkin karena dealernya sangat sedikit, udah ada hitungan lakunya berapa. kalo menurut saya emang sulit wak menandingi Honda. di kotaku dealer Suzuki cuman ada satu, itupun sangat kecil, dan servicenya malah jadi service semua merek.

  5. Dilema suzuki…
    Tp heran juga klo sampe SIS bingung soal pricing strategy..lucu..masa hal ini gak difikirkan ketika masih dalam tahap development minimal dengan analisa sederhana. Piye iki SDMnya..we talk about red ocean here, no time to play beauty..just play hard as well as yu can SIS..

  6. Harusnya suzuki bisa move on,,,
    Tergantung pihak indomobil gimana ini membangun jaringan,,,,
    Jaringan R4 nya aja luas,,, Mosok R2 nya memble,,,

    Ehhh,,, Suzuki motor masih dibawah naungan Indomobil ya Wak,,,?? 😀

      • Yang Bener elu’ Roy’__

        Si kembar Xenia nd avanza sekarang dipepet sama mobilio Roy’__
        Sejak akhir tahun 2015 lalu,
        ,_*cek ajj data AISI,

        Ertiga masih dibawah Mobilio Roy,
        Salip dulu yg diatas nya ertiga,
        Baru dech kejar Si Avanza,,

        ini fakta lho Roy’__

        Eeekkkeeekkkeeekkkk

  7. harga tinggi 23 jt pihak dialer bnyk keberatan wak .. wong dialer suzuki bs diitung dgn itungan jari .. mw 21 phk suzuki yg tekor .. kata wak haji biar tekor asal tersohor … ngoahaha ..

  8. honda pesan part lbh byk(partai besar)..dpt discount.. –>>> lbh laris (brand honda lbh menjual)

    suzuki pesan part sedikit..g dpt discount —>>> g begitu laris (brand g begitu menjual–3s byk yg tutup)

    otomatis suzuki hrs pintar2 ksh harga..klo kemahalan klh brand sm honda..sulit laku!!! laku tp jualan dikit, ya sm aja g menguntungkan!!
    klo harga murah untung dikit..!!
    dilema……!!!
    tobat..tobat!!!

    klo dl satria laris coz g da lawan sepadan… skrg ada sonic n mxking(walaupun beda–tetep mpengaruhi krn scr cc sama dn feature bs dkatakan mirip2)

  9. mungkin suzuki berpikir segmen ayago selama ini ada di para remaja, dan namanya remaja kemungkinan besar belum berpenghasilan sendiri alias masih minta ortu…jadi was2 mau dipatok dg harga diatas sonic.

  10. Menurut saya di awal launching nanti dibandrol setara dengan harga produk kompetitor. Selanjutnya baru dinaikkan secara bertahap.

  11. Bikin aja 20,9 jt versi std (stok swdikit).. Versi special edition 22,9 jt (stok di banyakin) .. Secara psikologis udah bisa bersaing dgn sonic.. Keuntungan juga lumayan krn versi SE nya lebih banyak.

  12. Saya kok malah berseberangan dg Bung Taufik.
    Menurut saya,suzuki akan sangat susah jika diajak banting2an harga dg honda. Katakanlah honda berani rugi 1 jt per unit sonic yg terjual,tapi ruginya bisa di subsidi dr keuntungan beat dan vario. Lha suzuki?
    Maka dari itu,ga perlulah suzuki menantang honda dlm adu harga.
    Lebih baik suzuki pasang harga diatas sonic. Dengan demikian bisa di dapat dua hal,keuntungan dan gengsi suzuki/satria juga tetap terjaga.
    Sehingga saat satria bertemu sonic,satria dg berbusung dada berkata: motor gue lebih mahal dan lebih bagus dari motor lu. Imho

  13. Ayo SIS, jangan bimbang… Hrga g penting bagi para loyalis SUZUKI yg penting kualitas menjanjikan… Banyak para bikers mnunggu produk ini termasuk ane… 🙂

  14. Produk udah di buat dengan semua keunggulan dan kwalitas yg ada, mau apa lagi ?? jgn bimbang lah suzuki klo memang satria benar berkwalitas konsumenpun akan percaya, saran ane sih pasang di range 22 s/d 29.. dlu klo nanti sukses dan laris manis mau di naikin jd 23jta jg konsumen akan percaya

  15. klo mau hrgnya ditekan, mndingan ganti aj rem brembo dn tokico mnjdi rem standar sperti satria fu karburator, psti hrg jualnya gk smpe 23 jta, ini suzuki salah sendiri sih udah power dn torsi nya tinggi, lampu led, spedometer full digital, trus rem nya jg brembo dj tokico yaudah malah makin mahal biaya pembutannya, pdhl pake rem standar jg udah cukup bagus kya satria karburator

  16. Mikirnya 4 thn lagi……ntar keluar edisi pahe, velg jari rem blkg tromol,lampu bohlam…… 4 thn lagi ahm ngeluarin sonice #2…. ntar lagi brojol K56F….. toppppmasioranyambung 🙂

  17. Sprti yg ane komen dblogx mas iwan sblumx.lbh baik cri untung sckupx “hrga promo” utk produk bru yg pnting tnmkan dl dimindset konsumen klo “satria motor dahsyat” sprti rumorx.stlah konsumen bner2 real taw klbhanx bru dnaikkan dkit hrgax smbri perbaiki 3Sx.Jka klbhanx trbkti uang bkn mslah utma.utk strategi pnjualan buat aj kreditan dg dp ringan mngingat trget psarx remja+brikan undian2 mtor yg didiscontinue suzuki.toh kluarin 1 produk utk undian g rugi bxk jg,dr skian bxk pmbli cm 1 dksh utk undian.
    Smngat SIS dtnggu produkx.yg prlu diingat konsumen Indonesia itu terlampau manja “ingin serba instan,cepat,g ribet” jd pda intix 3S adl kunci market psar indonesia bs dlrik dr 3S tetngga yg lbh leading n bndngkan kualitas produkx dg yg lain

  18. Kenapa bingung suzuki? Apakah saat membuat satria fu f1 tidak dipikirkan nanti harganya berapa.. honda dan yamaha yakin bisa membuat spek motor 150 cc dengan power dan torsi yang tinggi dari produk yang ada dipasaran .. tpi merk honda dan yamaha membatasi sesuai dengan harga motor tersebut .. jadi sebelum motor dibuat harus ada estimasi harganya.. klo masih bingung berarti perencanaan kurang dong . ..

    • Didunia bisnis smua psti sdah dpkir trprinci bro.nmax jg strategy marketing.suzuki kan mndadak bngung cos sonic jual rugi.marketing honda sya acungi memang jempol strategy.klo sya jd marketing hondapun psti mkir “suzuki cm px satria.klo qt g bs srang dri sgi speckx,ya srang dr sgi pricex.toh konsumen akn mkir2 dg hrga tnggi tp kmudhan 3Sx g trjmin”.tjuan honda sdah bkan lgi brsaing,tp menyuntik mti pelan2 produk kompetitor.
      Smoga suzuki bs lbh kompetitif,blajarlah dr brand “samsung” yg dlux tdk dmnati,mnim 3S dll.Roda slalu berputar

  19. masih percayalah sama kualitas suzuki, tp kalo masyarakat sekarang gak butuh sama kualitas toh 2-3 tahun juga udah jual lagi, jd percuma dikasih produk berkualitas hehehe….

  20. Kalo harga finalnya diatas 23jt, disana kan ada segmen sport, pasti bnyk yg pilih NVA ato NCB.. soalnya kalo udh ngomongin pricing, biasanya pada sensitif, “harga mahal mending sport ae lah tukune” 😀

  21. motor Ayago ini kan segmentnya anak Muda broo.. jadi Sujuki bikin aj iklan dengan moto “”Hare Gene Anak muda Naek motor SOHC Operstruk gig Ganjil… Gk Jaman Broo”” Ostosmastis Suzuki dapet menyerap anak muda calon Buyer motor SOHC Operstruk..
    Nah lumayan to….

  22. 21,5 jt – 22 jt untuk versi stdr buat narik konsumen baru/ diluar suzi lovers, aka promosi sambil benahi 3Snya.klo dh laku rame baru deh naikin harga +facelip stiping. dulu katanya tu bos baru suzi R2 mau benahi manajemnya, ya skalian 3Sny R2..

  23. Di blog kang iwan bilang harga modalnya aja 2-3 jt lebih mahal daripada satria skrg kang taufik.. Klo jual 20jt katanya ga untung. Nah klo itu benar, blum ketambahan biaya lain2.. Mungkin agak susah untuk tetap di 21 jt. Menurut saya, range 22 jt masih oke lah. Klo laris, nanti tiap semester dikerek naik pelan2.

  24. serious nanya

    sebenernya sonic tuh jual rugi ato Karena mesinnya yg common part (buat banyak bisa lebih murah) dengan cb n CBR makanya harga jadi kompetitif sie?

    kalo pendapatku kok lebih setuju Karena mesinnya yg common part jadi harga bisa lebih kompetitif ya

    sementara sijuki cuma bikin untuk satria doank dengan jumlah dikit (jadi lebih mahal)

  25. suzuki tetap tidak akan bisa menyaingi honda.. lawan honda itu cuma yamaha..masalah utama tetap pada 3snya… orang mau beli fu fi psti nnti mikir gmna servisnya soalnya diler sdkit bnget… apa lagi daerah luar jawa..
    beda dg honda dan yamaha.. 3s nya bnyak..
    pdhl hrs di akui dlu produk suzuki bgus2 jamanya shogun 110 demen bgt ane ama itu motor ..tpi mkin kesini suzuki seolah masa bodo trhadap produknya..3snya parah bnget… spare part susah

    • G jg koq gan.satria 2001 msh bs inden
      Bndingin sm brand tetangga inden jg cm dksh janji2.klo g pcy slhkan bktikan.ane px mtor brand tetngga pistonx blong tengah,kta teknisi stinganx klep,PJ sm MJ g pas tp srg dgber jd ngimpact dipiston pas pmbkran.alhasil inden piston 2bln g dteng2.ane ptus asa,akhirx diakalin teknisi dlas sndri tp g bleh dpke ckup dpnasi aj cos g brthn lma n dsruh jual aj.
      Mtor ane kluaran thn 2003,rusakx dthun 2007.

  26. honda mang hebat marketingnya,,
    bisa buat bingung suzuki,,wkwkwwkw

    padahal mah satria fu fi speck diatas sonic ,,hahahahA

    dah bangga”n produknya di media , apalagi langsung di komparasi sama kompetitor secara blak”n ,,
    skrg bingung nentuin harga ,,, hahahHa

    sonic juga bisa speck nya sprti lu ,, tpi dia tuh mikir , ayago peminatnya cuma sedikit , ngapain bikin yg lebih superior ,yg ada rugi ,, bingung kan lo sis skrng ,,hahaha

    SIS terlalu pede ma satria nya , loyalitas suzuki paling bisa keitung

  27. SIS jdi serba salah skrg,, klw dikasih harga head to head sama sonic,yg ada rugi
    di kasih harga 23jtan , konsumen lebih milih motor batangan 24/25 dah dapet

  28. tapi yang pasti menurut aku ya wak,,
    honda tahun depan pasti sonic 150 bakal update model/fitur di atas satria!!!..di jamin!!!..liat satria 150fi udah kasih pakem..gini lho..haruse ayagoo..dan di mulailah cerita lama..perang strategi seperti cb dan vixion yg lalu..

  29. Analisa saya kalo fufi dijual diatas sonic, banyak yang mikir mending beli sonic modalin 2-3 juta udah sanggup ngeladenin power fufi ditambah 3S AHM yang udah bagus, sekedar analisa…

    Suzuki….. Nasibmu kini

    • Motor bore up spek harian emg bs itu dealer2 resmi servicenya?kbnyakan dealer2 resmi servicenya sesuai SOP saja… #cmiiw

  30. Kalo menurut saya sebaiknya menggunakan 2 versi semacam versi reguler dan versi sport production, jadi untuk versi standar bandrol saja 21 jt sedangkan versi sport production 23 jt, kalo melihat mental pemotor di indonesia itu suka membeli gengsi jadi dari pada beli motor std mending nambah 2 jt dapat motor ayago paling bagus, mungkin bisa dibedakan striping, cat rangka dan cat mesinnya sukur-sukur kalo mapping injeksi beda untuk sport production lebih boros tapi akselerasi dan top speed lebih tinggi..

  31. nah, kalo keluar, mungkin ane angkut itu suzuki… aje gile MX tenaga gede… apa lagi FU tuh… yg jelas dr segi kualitas part, suzuki paling oke, ceknya shogun sp ane dr 2007 aja masih oke… sayang emg suzuki, salah strategi… inget ga itu satria 2 tak.. di mana2 nemu jam 2000 an…. tp yg ane aneh, kok ktnya si sonic laku.. ane selama ini ga pernah liat di jalanan daerah jaksel ya… itu motor lakunya di mana ?

  32. di tempat ane dealer suzuki yang besar dah tutup…dan buka dealer kecil yang bentuknya kek toko sepeda…karena dealer suzuki di tempat ane banyak jual sepedanya daripada motornya dan kalau mau servis tempat servisnya kek bengkel pinggir dan terima semua merk motor

  33. Suzuki harus berani promosi besar2an. Percuma punya produk hebat tp banyak orang ga tau. Harus berani rugi ditahun-tahun awal untuk mempromosikan kembali image suzuki di indonesia yg sudah terlanjur rusak. Kesalahan terbesar suzuki adalah Smash generasi awal yg kualitasnya kurang dan menyetop Shogun 110 yg imagenya sdh menancap. Ditambah lagi dulu yamaha yg dulu dibawah suzuki mengeluarkan produk hebat seperti Jupiter Z burhan yg melegenda, Vega R110, MX, Vixion. Hancurlah Suzuki setelah itu yg minim inovasi

  34. ane jg gak lihat sonice berkeliaran cuma sekali lihat anak sma naikin.mungkin sonice laku buat koleksi kali gan,cuma didiemin dirumah…

  35. SEPERTINYA NEW SATRIA F150FI HANYA UNTUK UMPAN SAJA,BISA JADI YG SPORT 150 NAKED/FAIRINGNYA YANG BIKIN KEJUTAN,SECARA ENGINENYA KAN JADI COMMON PARTS #mungkin

  36. Suzuki hanya kalah pencitraan semata, tp kalo mo produk ayago berkualitas y satria fi jawabnya, bukan produk sebelah yg bahkan g boleh disebut overstroke engine n d amini jg oleh blogger2 papan atas maupun yg near papan atas bahwa engine nya bukan overstroke melainkan near square, hehe what a joke….

  37. sayang juga si mesin power gede gitu dibikin ayago, mending buat sport fairing biar bisa ganggu tetangga. kalo sport fairing mau dijual 30jt juga masih laku, kayak kompetitor dulu ngejual sport fairing 30-40jt masih laku (cmiiw). mumpung pasar sport fairing 150 lagi rame. buat satria tenaganya dipangkas aja, biar bisa saingan harga sama kompetitor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here