460x110-sep

New iwb-tmc

ACC-Mx-440

condro-kirono

Bro sekalian, udah ngobrol ngalor ngidul kemana mana soal pengelompokan SIM C, ternyata menurut Kepala Korps Lalulintas POLRI, Irjen Condro Kirono Pengelompokkan SIM C belum berlaku tahun 2016 . . . begini kata Pak Irjen : ” Ā Ā Ā  Saya tegaskan rencana pembagian kelompok SIM C masih dalam tahap pembahasan. Kalau ada yang menyebut berlaku Februari, berlaku Mei, sesungguhnya wacana itu baru sebatas diskusi internal kami

440x100-dec14

MBtech-Riders-nop30

440x110 5

wacana-sim-c

Namun menurt Pak Condro Kirono adalah benar Wacanannya adalah seperti Yang tmcblog posting kemarin, Pak Condro Kirono membenarkan bahwa kedepannya akan diberlakukan pengelompokan SIM C, yakni :

  • SIM C untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin hingga 250 CC;
  • SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas mesin diatas 250 CC hingga 500 CC dan
  • SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin diatas 500 CC.

So Tolong dicatat . . . Sim C itu Sampai / Hingga 250 ccĀ  . . . Bukannya di bawah 250 cc seperti yang diberitakan banyak media. Menurut Pak Condro Via Antara pemberlakuan aturan pengelompokan SIM C masih membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya rencana tersebut memerlukan banyak tahapan yang tidak singkat. “Perlu masukan internal, masukan ekternal yakni dari asosiasi otomotif. Kemudian revisi Perkap yang tidak tahu (makan waktu) berapa lama, kemudian pengadaan sarana prasarana juga berapa lama. Ya paling cepat mungkin tahun 2017. ” Semoga info ini bisa memberikan pencerahan kepada mas bro semua . . .

taufik of BuitenZorg

sumber : http://www.antaranews.com/berita/539327/pengelompokkan-sim-c-belum-berlaku-tahun-2016

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

42 COMMENTS

  1. kl motor Pul pairing Ngaku ngaku SPORT nungging nunggging boyok mlntir tapi mesin Bapak bapak SOHC Operstruk gigi Gnjil itu masuk kategori SPORT ap kang…??? Makasih..
    Lirik yaMaho Rhoembeng15 RRRRRijekan India… mengingat di India motor yaMaho ini masuk kategori motor sedot air Sawah…

  2. ane jg smpt mikir wa…ko cepet amat ya..pdhl kan itu perlu dana yang lmayan gede..misalnya untuk pengadaan unit moge untuk ujian prakteknya..untuk seluruh polres se indonesia harus berapa unit…ya terkecuali ujian prakteknya pake moge si pemohon sim..belum lagi fasilias yang lainnya…

  3. Hare gene Pembalap motogp suruh pake DASTER SPORT buat naek metik yaMaho gheal gheol Bhantet bin Bhueghel… wkwkwkkwkwkwk

  4. Kl naek MOGE lokal buatan Indonesia SIMnya gmna Kang.. disini MOGE mksdnya MOtor GErobak roda 3 macem Viar, minerpah, Sanex, Garuda, Tossa… kan secara dimensi lebih besar dari Moge moge Bodong Harley Anggota IMBI itu kang…????? Makasih

  5. Yang ane paling males terlalu banyak SIM. Berlaku keatas, jadi punya sim C1 sudah termasuk sim C biasa. C2 sudah masuk C1 dan C biasa. Masak bisa naik harley, tapi gak bisa naik matic? Stupid police logic. LOL.

  6. nanggung motor doang… mobil juga lah… hahaha… yg fundamental malah ga diperhatiin… kayak sikap berperilaku di jalan raya… itu yg lebih penting drpd cm skedar pengelompokan sim…

  7. Undang-undangnya dulu di revisi di DPR
    baru aturan itu bisa di jalankan.
    klo ga di ubah UU-nya berarti tidak sesuai dengan UU.
    bisa di mentahin di MK secara gampang

  8. Beresin dulu tuh caloĀ² polisi* pak.

    ini mah santapan empuk para oknum euy..

    Kan lucu nanti mau dpt SIM C2 tp gak test uji ngendarai moge.. / jgnĀ² Gak ada lg test karena sdh punya moge/tidak ada mogenya d tempat.

    Terus dananya dr mana tiap polres harus nyediain moge yg harga pertamax itu hh..

    sebaiknya SIM C itu 1 gak usah di usikĀ² lagi Pak.

    Seperti Lampu nyala di siang bolong itu Tidak Berguna, itu yg perlu di revisi, ini bukan negara luar yg bebas macet Pak.
    Lg teriknya matahari + macet lampu nyala ya waladah makin stress… Pemanasan Global euy inget..

    Sekali lg SIM Berjenjang ini ladang empuk para Oknum.

  9. Sim C Belajar, Pelajar 10-16 tahun,
    Sim C Pemula, 17-20 tahun,
    Sim C Pemula Kategori 1, 20-30 tahun,
    Sim C Pemula Kategori 2, 30-40 tahun,
    Sim C Pengalaman, 40-50 tahun,
    Sim C Pengalaman Kategori 1, 50-60 tahun,
    Sim C Pengalaman kategori 2, 60-70 tahun,
    Sim C Profesional, 70-80 tahun,
    SIm C Berlaku Selamanya, 80 ā€“ Selesai

  10. sudah dibilang ngga bisa sak dek dak nyet. masih wacana internal. ntar kalo udah dibahas para dhewan yg terhormit baru dah ata titik terangnya.

  11. Kok rasa2nya percuma kalo kaya gitu, akal2an buat lahan basah jasa pengurusan sim moge, orang2 yg mampu beli moge seberapa banyak sih yg bakal ngurus sendiri. Mending sim c aja yg diturunkan ccnya sesuai umur, sim c1 umur 17-20 untuk motor maksimal 100cc. Emosi masi labil. Usia 21 keatas sim c2 terserah mau brp cc. Atau kalau mau ditambah boleh aja motor 250cc keatas pake sim c3 salah satu syaratnya ada bpkb mogenya.. Yah minim ada satu mogenya yg ga bodonglahhh.. He3

  12. dikelompokan berdasarkan usia mungkin lebih baik wak, contohnya sekolah saya jauh dr jalan raya (otomatis gaada angkutan umum selain ojek) mau diantar tapi ortu sibuk kerja.. bawa motor sendiri suka digetok pakpol dgn alasan blm punya sim yg kadang bikin telat masuk dan akhirnya disuruh pulang oleh pihak sekolah. dilema jadi pelajar sma wak ?

  13. seharusnya ditulis

    C: sampai dengan 250cc
    C1: 251 s/d 500cc
    C2: diatas 500cc

    biar reporter media nggak salah nangkep

  14. Yamaha x max mumpung blm rilis kalo mau laris di boredown aza jd 225cc…kalo 250 tkut kna tilang bikin sim c1 prosedurnya ribet..jd ladang bisnis buat oknum2 wereng coklat nilang seenak perutnya..

  15. gimana kalo om TMC dan teman teman bloger bikin kampanye pembuatan sim dengan jalur yang benar. Dan teman-teman disini juga bisa mulai menularkan ke yang lain bagaimana cara mendapatkan sim dengan jalur resmi yang benar.
    karna pihak kepolisian toh ga bisa apa2 kalo memang kita minta tes resmi.

    saya rasa bobroknya keadaan pengendara di indonesia mulainya dari sini.mudahnya jalan pintas. segala pingin instan. dan parahnya ini akan menurun ke generasi setelahnya. ini yang membuat anak2 dibawah umur dengan gampangnya lalu lalang dengan sepeda motor.

    repotnya lagi hal ini sulit muncul ke permukaan, karna hampir semua kalangan mendapatkan sim dengan cara ā€œnembakā€. ga terkecuali jurnalis di media2 dan pejabat. makanya ga ada yang usik. (kaya buka aib sendiri).
    ya mungkin bisa di mulai dari orang2 yang concers dengan safety ini bisa jalan.

    pengalaman saya memang mendapatkan sim motor dengan benar memang tidak selalu gampang. tapi sangat bisa di pelajari dan dilatih. (ini saya ulang sampai 2x di tes praktek)
    beda lagi dengan sim mobil. palingga tes 3 kali baru bisa lulus tes praktik. (karna karakter mobil yang kita gunakan sehari2, dengan mobil tes bisa sangat berbeda)

    trima kasih kang.

  16. Barusan gw kena razia , gag nemuim kesalahan gw, polisinya malah negur gw harus bikin sim c 1 (motor gw R25), dan gw ngotot harusnya masih belum berlaku
    Gw coba sms 9119, dan dijawab memang masih dalam wacana

    oknum polantas kok ada yg gag tau aturan di tempat dia bekerja????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here