460x110-sep

IWB-TMC-Banner-Animated

ACC-Mx-440

test-apache-11

Bro sekalian, setelah review singkat mengenai ergonomi atau riding style dari TVS Apache RTR 200 4V ( next akan disebut Apache 200 ) maka sekarang saat nya kita bicarakan soal gimana impresi riding test dengan Motor ini sob . . . Oke TMCBlog pakai Riding Gegar lengkap : Racing Suit, Glove, boot, Helm Nolan N62 yang ditempeli Gopro 3 plus 1 gembolan tas yang berisi aku kering dan race Logic Performance Box . . . Bobot TMCBlog naik dikit 60 kg, ditambah werpak 5 kg dan alat ukur 1 kg . .  jadi yaaas ekitar total 66 kg-an lah . . . Treknya sendiri adalah Sirkuit international Sentul . . . Secara total tmcblog memperoleh kesempatan 5 lap . . . yang terbagi dua yakni 2 lap menggunakan Apache 200 berwarna putih dan 3 lap terkahir menggunakan Apache 200 Merah dop . . .

440x100

MBtech-Riders-nop30

440x110 5

test-apache-2

Oke Gear Netral, Tekan Kopling, start engine . . . suaranya dari TVS Apache 200  sih nggak bisa dikatakan Halus bro rada keras dan ngebas bisa dibandingkan dengan knalpot knalpot standar OEM . . .. . . Tapi satu yang bisa diacungi jempol . . . getarannya Minimmm bangettt  .. jauh beda dengan TVS apache RTR 180 . . . Improvement besar besaran dari Apache RTR series ini mah . . . silahkan buktikan sendiri mas bro hasil impresi getaran dari tmcblog ini  . .

tvs-apache-RTR200-4V-036

tvs-apache-RTR200-4V-035

TMCBlog lupa bertanya mengenai detail improvement apa yang membuat Apache RTR 200 begitu minim getaran, namun sinyalemen tmcblog mengarah ke desain balancer mesin yang baru dan mounting engine yang menempel pada sasis desain baru yang dipatentkan atas nama Double Cradle Split Syncro stiff Frame yang menggunakan High Tensile steel

tvs-apache-RTR200-4V-025

Lihat Ke arah tangki BBM dan Speedometer . .  kalau menurut tmcblog bisa bikin bangga pengendarannya karena ada kesan feel Big-Bike secara tampilan fisik di dua point ini . . . .

Keluar dari PitLane . .  tengok ke arah kiri apakah ada rekan test rider lain yang sedang ngebut di straight, ternyata tidak . . . oke mlipir sedikit ke kiri untuk ancang ancang di R1 sentul .. . rebah dikit ke kanan dengan speed 80 km/jam , lumayan nih Ban Pirelli sport demon bikin PeDe . .. Ngegrip banget dan akhirnya R2 speed corner rebah ke arah kiri . . . itu ban manteng ngegrip di asphal  . . . tepat banget pemilihan Pirelli Sport Demon nih . . .

test-apache-8

Ngebut di antara R2 dan R3  . . . shift light lumayan ngebantu untuk memberitahukan bahwa kita harus melakukan perpindahan gear . . . di semi straight ini kita bisa mengembangkan speed sampai 120 km/jam sebelum R3-R4 dengan Apache 200 ini sob . . . R3-R4 nggak ada drama karena tmcblog lakukan pelan pelan di Lap pertama ini . .. setelah R4  . . . tmcblog lakukan uji drag akselerasi dan di ulang beberapa kali seperti setelah R5, dan setelah R7 . ..  hasil dari akselerasi Race Logic tentu akan kita bahas di artikel artikel khusus ya sob . ..

test-apache-6

Oke Di R6-R7 ( S Kecil ) stricky banget . . . dan tmcblog selalu lupa trik ngelibas Tikungan ini sehingga nggak terlalu maksimal .. harus sering altihan nih . .. Tapi Kalo S besar sih jangan tanya . . . lumayan hafal RacingLine nya  . ..  dan di R9 tikungan ke kiri bisa dilakukan kencang dan rebah masksimal ( walaupun lagi lagi knee slide masih belum gegasrot asphal 😛 ) . . .

biawak

Oke deh Fun Banget abis R9 bisa kenceng dan rebah . . . sekitar 200 meter setelah R9 lagi legi ketemu rekan penghuni Sirkuit sentul ini sedang melintas . . . yap  . . . Biawak sepanjang 1,5 meter bro hehehehe, kageeeett  . .  kebayang 2017 kalo jadi Marquez atau rossi lagi melintas, nih biawak juga ikutan melintas . . lanjuuutt

topspeed1

Oke 3 tikungan terakhir  . . . R10-R11, R12 . . Pokoke dalam hati di R12 harus panteng speed 100 km/jam di gear 3  . . . di kesempatan petama dapet 95 km/jam di R12 . . . dan akhirnnya ngebut di straight dengan pemindahan gear di RPM sekitar 10000-an . . dan di kesempatan Straight ini tmcblog bisa tembus 134 km/jam di sekitar 200 Meter sebelum tikungan R1 . . .

test-apache-1

Oke Lap kedua boleh dibilang hampir sama seperti lap pertama  . . . beberapa kali ambil data akselerasi mumpung langit masih cerah jadi GPS bisa nyantol terus . . . selesai Lap 2 langsung masuk PitLane lagi . . . pas di Pitlane . . Nyalain dashboard, tenyata itu dashboard merekam top speed terakhir 134 km/jam . . .

topspeed2

Ceritanya rekan rekan tvs pada penasaran, tmcblog diminta mencoba Apache RTR 200 yang merah dop . . . Wah menarik nih, tmcblog jadi bisa mengetest ke konsistenan produksi diantara masing masing produk . . . Oke ngebut straight setelah lap pertama bisa tembus 134 km/jam dan juga test akselerasi via Race logic juga tentunya . . .

topspeed3

Akhir Lap ke dua harusnya masuk ke Pitlane . . . namun rasa penasaran membuat tmcblog sedikit bandel . . . alih alih masuk pitlane . . . di Straight geber langsung hehehehe Tembus 135 km/jam on speedometer pada 150 meter sebelum tikungan  . . . weleeehhh kenceng . . . dan setelah 135 km/jam  . . . rem depan 100% plus engine brake saja yang diandalkan oleh tmcblog, alhamdulillah selamat . . . bisalah ini rem diandalkan

test-apache-7

Lap terakhir  tmcblog nggak ambil data lagi, semua tikngan libas kencang dan  . . . memang nyaman dan Fun banget ini TVS Apache RTR 200 4V perpaduan antara reabilitas mesin, sasis yang pas, pengereman mumpuni, dan juga ban yang memiliki daya cengkram ke asphal yang baik . . . Buat sobat yang tidak merek Jepang minded sih, sangat boleh jadi pertimbangan . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

85 COMMENTS

  1. Anteng kayak nya ya wak haji
    Spedo nya gak lebay itu wak
    Gak kaya sebelah sampe 176 kpj
    dan katanya 20 dk daya kambing

    HAHAHAHAHAHAHAH

  2. Nitip pesen ke petinggi TVS ya wak kaji… Bilangin kalau mau makin laris, bikin motor mbok ya jangan tinggi tinggi…

  3. alhamdulillah kalo ga getar… apache motor kenceng tapi geter yang lama…
    build quality tvs juga lebih jos dari bajaj…
    itu beneran dobel cradel Pak Kaji…?? la ga sampe nyambung ke bawah gitu…
    enek kadal berkaki ingon ingonane Jombliz…

    Apa yang menarik dari TVS Apache 200 4V: http://wp.me/p1eQhG-1vH

  4. Sy sih gak japan minded, kalo brand Italy kayak aprilia, vespa, ducati, mv Augusta, gillera, ato brand Eropa lain kayak KTM masih mau.. Brand India.. Duh sorry to say.. Ora doyan masio sing sing ngiklanin iwan fals

  5. Hebat bih TVS bisa bikin mesin SOHC Operstruk se lembut honda Verza 150 minim Getaran.. nah Mesin SOHC Operstruk yaMaho.. di samping ngebul gk ad solusinya Getarannya Maut Brooo…

  6. 1 pertanyaan amat penting !
    Itu knalpot dikasih tembolok buat apa.
    Apa biar ky tvs tormax ya, suara knalpoty bisa disetel2

  7. ngoahahahaha
    sales honda masih aja bertebaran

    nih cung realita honda AHM:
    – bikin SOHC ADVANCE kagak bisa
    – lari ke dohc overbore langsung KLOTOK2
    – bikin lagi dohc OPERCURUT langsung MELEDUK

    NGOAHAHAHAHAHA

  8. josssss

    SOHC level atas 4 klep sama kayak vixion
    sebelah bikin sohc aja ga becus
    bikin dohc malah MELEDUK
    sebelah DOHC gen ISIS DNA MELEDUK

    NGOAHAHAHAHAHA

  9. bagus wak ini motor kayaknya. buat alternatif bila ingin beda, soalnya Vixion dan new CB kan sudah mulai banyak. plus performa juga gak mengecewakan.

  10. Lovely and splendid nih artikelnya pak haji,
    Lalu 3 S ?
    Semangat terus dah buat pabrikan luar tapi berani bikin plant bahkan r&d di RI, really appreciate that.
    Itu namanya strategi jangka panjang.
    Ibarat Honda punya r&d di thailand, mreka bisa lebih leluasa &tntunya punya pengaruh. Mana jadi barometer style modif juga.
    Tvs di RI mungkin klw brkenan bisa kaya gitu jg. Katakanlah jualannya ga smoncer jap’s brand lainnya khusus di RI, tapi konsisten jualan di angka trtntu yg punya dampak signifikan, dgn pasar sluruh anggota asean. Skrng mungkin masih mndobrak, Tinggal tunggu jadi naga aja tuh, lama2 bikin OMR buat ngumumin ke khalayak bahwa tvs does exist.
    Ada rencana bikin 220 – 235 cc twin (either v or inline) juga kah tvs?
    Kalau iya, keren dah.
    Bodinya yg mungil ajah, lepas di 40 jt buat jalan2 sore.

  11. kebayang 2017 kalo jadi Marquez atau rossi lagi melintas, nih biawak juga ikutan melintas … mbah rosi bakalan keluarken sikilan maut wak aji buat nendang biawake seperti kejadian spang tempo lalu.

  12. Wak, upload video nya dunk,, pnasaran sama suara nya,, kan katanya TVS suara nya khas, beda dengan yg lain, screamer gituh,,hehe

  13. biawak dan ular memang banyak di sentul ,, katanya sih,,, mungkin jadi ikon
    guguk
    burung
    kali ini ular dan biawak
    #garuk2
    yang motret siapa saja nih suhu
    /pertamax7.com/2016/01/21/keluhan-speedometer-yamaha-jupiter-mx-king-150-ngembun-dan-error-langsung-di-ganti-baru/

  14. dan klo bisa bikin artikel yg mbandingkan dengan motor2 jepun Y dan H kelas 150cc wak, yang katanya pada DNA motor balap itu,,hahaha

  15. pernah lagi enak2 ngebut tiba2 ada biawak besar nyebrang jalan kelindas dah dan sreeekkk.. untung gak jatuh ternyata pegas standar samping copot gasruk aspal coz kebelit nancap ditubuh biawak dan akhirnya tuh biawak melarikan diri kesungai tak pikir bakal kojel2 ternyata dia ngeledek gue sambil men julur2kan lidahnya mungkin dia pengen bilang “weeek… aq ra popo!”

  16. ini motor masih kalah sama roket wak,
    dipastikan dilahap bebek king

    ini motor bisa panjat gedung gak wak??
    kalah sama mt selawe.

  17. Disaat TVS Apache 200 udah bikin ngilerr…
    YIMM masih sibuk miara lele yang kemarin di Thailand baru disebar ke sawah..

    hehe..

  18. Pasti mesinnya gk gampang mleduk kayak motor yaMaho nih.. butuh sparepart khusus buat motor yaMaho biar awet dikit.. mengecewakan emang motor yaMaho pada BuoSOHC semua..

  19. YIMM masih ngecek piaraan Lele y kmren di lepas ke empang di Thailand.. sapa tau Kumisnya udah bertumbuh lagi.. masak kumisnya ganjil trus… wkwkwkwkwk

  20. Wehh kengerian itu telah datang muehehehe, ayo wess ndang ditumbas trus mugi” pas malming ketemu 1 ajah di Jl Raya Malang – Pandaan hohoho

  21. Masalah design TVS masih di bawah Bajaj tapi kalo masalah finishing TVS di atas Bajaj.
    Nah… TVS sudah berani menyuguhkan mesin injeksi dan TVS harus benar2 menyebar secepat nya bengkel resmi kalo mau bersaing dengan produk Jepang, gak usah banyak2 setiap kota ada 1 bengkel resmi sudah cukup letak yang strategis dan pastikan 100% spare part ready stock itung2 membangun nama TVS di hati konsumen.

    kadang di situ saya merasa sedih, mau beli kendaraan yang berbeda tapi… service nya harus ke luar kota dulu mekanik kadang tidak tahu apa yang harus dia lakukan akhir nya motor malah jadi amburadul di tambah lagi spare part kadang harus menunggu dulu tanpa ada kepastian (kisah se seorang pengguna motor produk negeri acha.. acha.. acha..)

    mudah2an TVS bisa merubah semua itu.

  22. Kedepan mungkin bisa di adu dengan Honda CB150R om, ane mau beli Honda CB150r , tapi dengan ada nya TVS ini jadi galau..? kl menurut om tmcblog beli yg mana ?

  23. Bung SCEM….klo nggak mau motor India ya sdh ngggak usah banyak komen, lbh baik diem nikmatin saja kesukaan ente yang masih saja berfikir spt pola pikir nenek moyang dulu…..yang mengatakan kalo naik motor ya naik Hon…..mbok ya sebagai generasi muda yg progresif…kalo kebanyakan genmud berfikir seperti sampean ya negeri ini makin ketinggalan dengan tetangga tetangga negara asean….

  24. 56. ediser – January 21, 2016
    Bung SCEM….klo nggak mau motor India ya sdh ngggak usah banyak komen, lbh baik diem nikmatin saja kesukaan ente yang masih saja berfikir spt pola pikir nenek moyang dulu.mbok ya sebagai generasi muda yg progresif…kalo kebanyakan genmud berfikir seperti sampean ya negeri ini makin ketinggalan dengan tetangga tetangga negara asean

    ketinggalan dari negara sesama asean? sama yg mana?
    macam lah RI nomer 10 dari 10-11 anggota asean itu
    :p

    klw dari segi otomotif paling cuman ktinggalan dari thailand
    ekonomi iptek paling cuman sama s’pore
    pertanian /perkebunan kalah dari thailand dan viet
    olahraga ya thailand lagi, atau tetangga yg rese IYKWIM.
    kampus, yah kalah dari spore, thailand lagi.
    justru orang macam SCEM itu perlu, dya memanfaatkan hak kebebasan berpendapat
    LOL
    gimana anda ini

  25. 58. ekoandriyan – January 21, 2016
    ketinggalan dari negara sesama asean? sama yg mana?
    macam lah RI nomer 10 dari 10-11 anggota asean itu
    :p

    klw dari segi otomotif paling cuman ktinggalan dari thailand
    ekonomi iptek paling cuman sama s’pore
    pertanian /perkebunan kalah dari thailand dan viet
    olahraga ya thailand lagi, atau tetangga yg rese IYKWIM.
    kampus, yah kalah dari spore, thailand lagi.
    justru orang macam SCEM itu perlu, dya memanfaatkan hak kebebasan berpendapat
    LOL
    gimana anda ini
    ==============
    justru anda yg gimana…? dari jawaban anda sendiri malah menunjukkan kalo RI ktinggalan di semua bidang tho??
    dan jawaban terakhirmu itu, gag nyambung beroooo.. sekolah gih,,wkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here