440x100

IWB-TMC-Banner-Animated

banner-promos

Mobil OTO-G1 dari TIM DUBALANG - UNIVERSITAS ANDALAS (foto-1)

Bro sekalian, konsiten banget Shell mengadakan Lomba irit iritan pemakaian bahan bakar  . ..  Begitu pula untuk tahun 2016 ini , menurut inforesmi dari Shell indonesia Sebanyak 20 tim mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi yang berasal dari 10 kota akan menjadi Tim Shell Eco-Marathon Indonesia (SEM) 2016  dan mewakili Indonesia pada Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila Filipina pada 3-6 Maret mendatang.

460x110mpx

MBtech-Riders-24feb2016

440x110 6

Dengan Jumlah 20 Tim ini, Indonesia akan menjadi negara yang mengirimkan tim mahasiwa terbanyak kedua pada event ini setelah tuan rumah Filipina yang mengirimkan 28 tim mahasiswanya. Mereka akan menjadi bagian dari lebih 100 mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika yang hadir pada ajang bergengsi ini. Shell Eco-marathon Asia Manila 2016 akan menjadi ajang Shell Eco-marathon Asia ketiga yang berlangsung di sirkuit jalanan yang didesain secara khusus di kota Manila, Filipina.

TIM DUBALANG - UNIVERSITAS ANDALAS (foto-2)

Shell Eco-marathon Asia adalah wujud komitmen Shell untuk membantu dunia memenuhi kebutuhan energinya yang terus meningkat melalui kerjasama yang erat dengan para pelajar, mitra dan pihak terkait lainnya. Pada ajang ini,  tim mahasiswa dari 17 negara akan ditantang untuk meningkatkan efisiensi energi di lingkungan  perkotaan yang ada di dunia saat ini. Pemenanganya adalah bukan berdasarkan kecepatan mobil, melainkan tim yang bisa mencapai jarak terjauh dengan hanya menggunakan satu liter bahan bakar, wehhh udah kayak gaya pengukuran bahan bakar ala tmcblog nih ya hehehe 😀 .

TIM CAKRAWALA -  ITB (foto)

Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia mengatakan,”Sebagai perusahaan yang menyediakan energi dalam bentuk bahan bakar dan pelumas, komitmen Shell adalah memenuhi kebutuhan pelanggan kami di berbagai sektor termasuk sektor transportasi secara berkesinambungan. Namun dengan meningkatnya jumlah kebutuhan energi transportasi global pada tahun 2050 mendatang, maka dunia membutuhkan mobilitas yang lebih hemat energi, ramah lingkungan dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan. Keikutsertaan mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia  ini menjadi sangat penting  karena mereka membantu mengatasi permasalahan dunia dengan menciptakan kendaraaan hemat energi, ramah lingkungan serta memperhatikan aspek keselamatan.

Para tim mahasiswa akan berpartisipasi pada kategori Prototype dan UrbanConcept. Kategori Prototype akan melombakan mobil futuristik yang bertujuan memaksimalkan efisiensi sumber energi (bahan bakar) dengan elemen desain yang inovatif. Sedangkan kategori UrbanConcept adalah desain kendaraan konvensional roda empat hemat bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mengemudi saat ini atau yang “layak jalan”.

TIM ITS TEAM 2  - ITS (Foto)

Demi memenuhi kebutuhan nyata para pengendara, berbagai kendaraan tersebut memiliki tampilan menyerupai mobil yang ada di pasaran. Tahun 2016 ini, ada lebih dari 100 unit kendaraan dari kedua model ini yaitu Prototype dan UrbanConcept yang akan berkompetisi di Shell Eco-marathon 2016 Manila, Filipina.  Kendaraan ini akan tampil dengan beragam jenis bahan bakar (energi) yaitu gasoline (bensin), solar, bensin alternatif (etanol 100), solar alternatif (bahan bakar gas atau Metil Ester Asam Lemak produk Shell), baterai elektrik atau sel bahan bakar hidrogen.

Hasil pengukuran untuk kendaraan berbahan bakar listrik menggunakan satuan km per kilowatt hour (Km/kWh). Sementara untuk kendaaraan berbahan bakar lainnya menggunaakan satuan km per liter (km/l). Para mahasiswa bebas berkreasi pada aspek teknis maupun desain, dengan syarat kendaraan tersebut memenuhi aturan keselamatan yang spesifik.

Pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini, 20 tim mahasiswa Indonesia akan berlaga di pertandingan on track pada kategori kendaraan Prototype dan UrbanConcept serta dalam sub kategori berbagai sumber energi.  Tim mahasiswa Indonesia juga akan berlaga di pertandingan off-track yang terdiri dari Communications Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Innovation Award, Safety Award serta Perseverance & Spirit of the Event Award. Ada 24 On-Track Award yang dikompetisikan pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini dengan hadiah uang senilai US$2,000 untuk pemenang baik di kategori Prototype dan UrbanConcept. Semoga Berguna

Tufik of BuitenZorg Based on Shell Press Release

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

15 COMMENTS

  1. Alhamdulillah dulu pernah ikutserta meramaikan Shell Eco Marathon 2013 kategori prototype lewat Tim Antasena ITS, walau pulang tanpa medali,
    Smoga di tahun ini Indonesia bisa meraih bnyak medali, amin..

  2. buat bendera merah putih berkibar
    generasi yang terus berinofasi
    yamaha xabre 2016 review
    https: //youtu.be/HqtyS4W0otg
    manusia terbang dan sulap
    https: //youtu.be/Bk14D8uI2WI
    kawasaki ninja z14r
    https: //youtu.be/DsHo2gAVxfI
    yamaha matic aerox 125 2016
    https: //youtu.be/nRAIAQFAOao
    lamborghini huracan lp610 4
    https: //youtu.be/ZINhEg5ADC8
    all new fortuner 2016
    https: //youtu.be/_wk3tz6ne8M
    honda cb150r facelift special edition
    https: //youtu.be/tziphDAEa4o
    Harley Davidson Ultra Limited
    https: //youtu.be/e4Uo_7oLPwg
    kawasaki z1000 abs 2016
    https: //youtu.be/pMXrG-PkncM
    melangkahyuk@gmail.com
    http: //modifikasiengine.blogspot.co.id/

  3. Ke-13 PTN yang mewakili Indonesia adalah Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, Institut Teknologi Bandung, serta Universitas Andalas.

    Lainnya adalah Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Negeri Pontianak, dan Universitas Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here