440x100

IWB-TMC-Banner-Animated

banner-promos

ninja250-next-2015

Bro sekalian, setelah menghimpun informasi dari beberapa diler Kawasaki mengenai Rumor Kawasaki 250 cc 4 silinder . . . tmcblog pun nggak berhenti sampai di sana, adalah Deputy Head Sales and Promotion Department KMI Pak Michael Chandra Tanadhi yang tmcblog coba tanyakan langsung mengenai hal ini  . . . apa kata beliau kepada tmcblog ?

460x110mpx

MBtech-Riders-24feb2016

440x110 6

Pada dasarnya Pak Michael tidak mengiyakan atau menampik rumor ini  . .. satu kata yang tmcblog peroleh, singkat padat, jelas dari beliau yakni ” NO Comment !” nahhh . . . jawaban seperti ini malah terkesan ‘ngganjel dan menyisakan ke-kepoan yang dalam, seakan malah memperpanjang status quo terhadap rumor ini hehhe . ..

Opini tmcblog sendiri (IMHO) adalah logis dan ada kemungkinan KMI menghadirkan Sosok Ninja 250 dengan spek 4 silinder ini  . ..  waaupun mungkin nggak dalam waktu dekat. Jikapun dalam waktu dekat, Pasti akan hadir duluan di TPT dan kalau sudah nangkring di TPT sudah pasti blogger blogger Kepo TPT akan langsung menginformasikan ke mas bro sekalian . . .

spidi-2

kenapa Logis ? ya karena KMI agak beda dengan pabrikan pabrikan Jepang lainnya . ..  ia sangat konsern dengan motor sport, bahkan sepertinya pemilihan motor sport apa yang mau dimasukkan ke market indonesia, nggak terlalu dalam sampai ke pemikiran pemikiran seperti . . .” segitu kenceng,  mau ngebut dimana ?” atau ” harus ada balance antara performa dan efesiensi bahan bakar” atau  hal hal lainnya,  . . . sepertinya kalau memang ada marketnya? so why don’t we sell it ?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

119 COMMENTS

    • ini sih nunggu cbr 250rr terbit..KMI tau kalo cbr muncul pasti ckup mempengaruhi..so, melihat market si cbr dulu..baru beraksi..entah facelit ato 4 clndr..

      karna cbr muncul dgn rumor tampilan and teknologi terdepan..y paling facelit lebih logis..

      • Sependapat sama ente om, nunggu penjualan si new cbr250rr dulu, kalau mengganggu baru 4 cyl keluar, kalau enggak ganggung penjualan ninja 250 2 cyl, ya nyaman saja KMI dengan ninja 2 cyl nya

        Kayak dulu saja R25 mau keluar, rumor ninja250 4 cyl juga keluar, sekarang penjualan R25 tenggelam seiring itu juga rumor tersebut ikut tenggelam ekekeke

  1. lama-lama blognya wak haji bahas isu2 yg ga jelas aj, mulai dari r15 sampai ninja 250 4 tak, dulu padhl ga pernah gini. klo ada isu yg blom pasti, pasti jarang publish artikelnya, skrng malah ikutan kyk bloger bajakan yg laen….IMHO

    • Keunggulannya, suara yg pasti lebih gahar kayak suara mobil, terus power lebih gede jauh dari 2 cylinders, napas lebih panjang karna motor jadul 250cc yg 4 cylinders bisa sampe 20.000 RPM.

    • gak salah? mobil apa contohnya?
      mobil mesin 4 cyl kalah sma yg 3 cyl dgn cc sma? klo 4 cyl n/a lawan 3 cyl turbo dgn cc sma y jelas kalah dong si 4 cyl. wkwkwkwk

    • Sapa bilang 4 clylinder kalah sm 3 cylinder tenaganya! Kalo torsi emang kalah …kalau tenaga yo mesti menang 4 cylinder ..contoh honda brio

  2. Harus diakui, leadership untuk motor2 premium, saat ini masih dikuasai Kawasaki. Kawasaki jeli menelurkan produk2 anti mainstream yg terbukti ada marketnya.
    Dimulai dari n250r yang sukses menjadi market baru, disusul er6n, er6f, lalu masuk segmen niche zx maupun z. Tidak hanya itu, Kawi juga jeli membidik market cruiser melalui Vulcan s 650.
    Bagaimana dengan 250 4 silinder? Menurut saya, Kawi akan masuk bila hitungan harganya bisa masuk dalam rentang antara n250r dengan er6n, bahkan mepet harga er6n.
    Dengan harga di rentang tsb kemungkinan akan mendapatkan market baru karena diferensiasinya sangat jelas: performance dan tentu ‘suara’ yg lebih merdu.

    Bagaimana pendapat anda?

    • Saya belum tau harga nya berapa saya masih penasaran dengan harga motor ini
      Kalu boh kasik tau dong harga nya berapa

  3. Kalo dulu komentnya “ngga tertarik” bla3x (artinya masih lama) lha sekarang “no comment” (artinya sudah dekat).

    Keknya kawasaki hobbynya diem2 aja tapi mikir, lalu tiba2 munculin produk baru mgk biar sulit kebaca juga sama kompetitor.

  4. mas Swan, menanyakan langsung ke anra sumber salah satu bentuk cek n ricek loch.
    btw hanya kawak saja yg tau isi jeroan merkea, dan pinter2nya blogger untuk mengolah isu2 seperti ini…
    kalo menurut ane sih semua brand jepun bisa lah bikin 250 cc , 4 silinder, tapi yg jelas ke arah mana kelanjutannya, toh sekarang kudu mikirin demand secara global juga, toh ujug-nya kembali ke masalah cost-efficiency.

    • pasti bisa,
      tahun 80-an dan 90-an, pabrikan jepang sudah pernah bikin motor 250cc 4 cyl. (misalnya Honda CBR 250 RR, Yamaha FZR 250, Suzuki GSX-R 250, Kawasaki ZX-R 250, dan sejenisnya).
      kalau sekarang sudah tidak lagi,
      mungkin karena mesin 1 cyl. atau 2 cyl. jauh lebih efisien.

  5. gak kayak NGONDAH ya wak,,

    kalo ada market biar yang lain aja yg masuk duluan, kita mah ngekor aja
    bruakakakakak

  6. Btu kmrn waktu service mtr, sales kswasaki bil kalo ninja 250 4 cylinder bakal keluar, tp blm tahu kpn tepatnya, jd menurutku memang bakal ke luar wak haji, di tgg saja bagi penyuka ninja

  7. Burapa Stunt Battle 2016 >> Wawan tembong jawara di thailan, aksinya menyeramkan, orang bule aja binun, bang haji gak ada artikelnya nih,,,,

  8. Kalau cuma mikir untung banyak, mikir laris, tahta penjualan bulanan tahunan, sudah pasti 250cc 4silinder ya cuma khayalan doang.
    Tapi kalau buat dongkrak image why not?

  9. Wak Haji rek… Nohok bgetttt ?
    Tp emg aq stuju, klw mw niat jualan y jualn ja… Sbaik mgkn.

    Nyiapin duit 95jt ah… Duit cap godong ?

  10. Mantabh nih 4 silinder,bentar lg ymh jg kluarin r25 crossplane suaranya bakalan identik dgn 3 silinder torsi tambah beringas,2 silinder inline konvensional jadul ah…..

  11. Ada beberapa pernyataan Wak Haji..Emangngnya Kawasaki ngak PD dengan produk 2 silindernya sampe segitunya lari dari persaingan????

    Kenapa ngak sematkan Supercharged di 2 silindernya untuk menggapai power lebih bikin nama Ninja250 SE RR lebih rasional dan budget RnD dan promosi bisa ditekan dari pada bikin 4 silinder.

    Kemaren saya lihat langsung brosur KMI, busyet dah Ninja250 paling murah non ABS OTRnya udah 58,5 JT (Katanya Wak haji diartikel sebelumnya udah mulai dilokalkan kok malah tambah Overprice). Padahal dulu pas keluar R25 yang harga OTR 53jt sedang Ninja250 standar harga 54 Jtan.. Saat ini OTR R25 tetap dikisaran 53jt Jabodetabek eh Malah NInja250 yang melambung jauuh..

    kalau yang Ninja250 harga termurahnya Non ABS saja sudah OTR 58,5Jt berapa kira2 mau dijual berapa Ninja250 4 silinder karena saya yakin KMI juga ngak akan mendiskontinue 2 silindernya jadi akan berjalan beriringan tapi harus ada gap harga agar tidak saling makan.

    KMi juga jual Ninja300 CBU thai OTR kisaran 90jt, ini juga bisa jadi bahan pertimbangan menentukan harga 4 silinder.

    Seyoganya untuk Harga bisa bersaing Ninja 4 silinder harus diproduksi di Indonesia. Tapi Apakah vendor vendor di Indonesia rekanan KMI sudah siap bikin part2 mesin 4 silinder yang kita tahu lebih kompleks dan bisa2 biaya produksi membengkak kalau ada beberapa bahan2 baku yang tetap perlu diimpor dan kalau dibuat tetap di Kawasaki Thailand dan KMI hanya import harga pasti akan mahal sekali karena masih berpatokan pada nilai kurs rupiah yang masih melemah mungkin bisa2 mendekati harga OTR honda CBR500 dan ER6N yg termasuk moge.

    Walau seandainya Ninja250 jadi 4 silinder harga mendekati Moge nantinya ya tetap saja akan parkir di parkiran 250cc kalau di Mall bukan bareng moge diparkiran 400cc ke atas. Prestigenya berkurang walau ketolong suara khas 4 silinder.

    Saat ini memang Ninja250 karena first mover sejak 2008 nama besar belum bisa dikalahkan kompetitor apalagi komunitas ninja yang menyebar di seluruh negeri ditambah model Moge Look sangat mempengaruhi penjualannya. Tapi jangan salah tetap bahaya kedepannya mengancam apalagi positioning harga Otr Ninja 250 non abs 58,5jt sedang R25 Otr masih tetap 53jt jabodetabek. Konsumen roda 2 udah pintar-pintar dan buat masyarakat yang ingin naik kelas dengan harga yang kompetitif R25 bisa2 jadi pilihan, kita tahu on stock R25 lebih kencang, handling lebih baik dan senjata utamanya Sparepart dan aftersales jauh lebih murah karena produk lokal. Contoh full bodi satu set R25 kisaran 1,8jt coba bandingkan dengan Ninja250. Karena kemungkinan jatuh itu pasti menghantui dkelas 250cc apalagi sering main di Sirkuit. Nah R25 sebagai bahaya laten untuk tahun-tahun kedepannya apalagi CBR250RR juga mau brojol dan kemungkinan diproduksi lokal oleh AHM.

    KMI memang harus berinovasi untuk memenangi persaingan karena Cash Cownya di kelas 250cc sedang yang 150cc 2tak bakal diskontinue pada akhirnya. Dikelas moge persaingan sudah makin banyak Moge2 dari Y, H dan S juga mulai nyata.

    Wel time will tell. ciaaoo

    • heh kon iku komen opo nggawe artikel….
      kon gk ngerti po’o fbh n fby males moco dowo dowo, dadi nek takok seperlune wae ojo koyok nulis cerpen , nek pgn nulis seng dowo gaweo blog dewe nulis arep 1000 halamoan jg gpp, paketan para fb fb cm harian 5mb lha nek nggo mbuka komen dowo dowo yo cepet entek,
      dadi nek komen kui satu baris / max 3 baris wes cukup ,
      deloken komenku singkat padat berisi n berkualitas jd kabeh iso njukuk manfaate baik kui ilmu maupun etika dalam dunmay, yo wes ngono wae rasah dowo dowo.
      aku sekedar ngelekne ben hemat kuota n liane kebagian jatahe dewe dewe..

      haiyaa cilaka luwa welas waaa

    • Ikut nimbrung.
      Klo 250cc pake supercharged bawaan pabrik ya…
      Pasti sangat sulit developnya. Tentu bisa aja bikin 250cc supercharged sekelas kawasaki tapi, perlu dipertimbangkan kalo supercharged berarti material mesin harus kuat dari mesin n/a soalnya motor streetlegal=harus durable buat harian juga dong?
      Nah supercharged 250cc juga mubazir. Kenaikan gk terlalu signifikan dibanding harganya.
      Untuk opini anda saya sangat setuju. Lebih baik optimalkan mesin ninja yg dah berumur, dari pada jualan 4 silinder gk laku gara gara kemahalan.

    • sidewa klonengan komentar panjang2 tapi ndak bisa pake nama sendiri.dewa asli seperti diIndobikermag adalah FBH yg cinta Kawasaki.mosok memuja R25 kwalitas rombengan.dewa mabok lo.

  12. Kawasaki belum akan bermain segment ini, sekarang masih jualan Ninja 250 LTD (made by KMI), Minor change dari versi import.

  13. Kalau ini lahir bahaya buat new CBR250 RR..bisa layu sebelum berkembang apa lagi nanti R25 berubah juga modelnya pake usd+banana+mesin crossplane………susah untuk mengalahkan ninja kalau R25 sih adem ayem aja meskipun lokal menurun tp expornya meroket ……kasian cbr 250 siap dipukul balik…

    • honda bukan type penantang, tp jangan coba” ngajak perang, lu bikin model apa semua bisa gua buat dan jauh lebih yahut…

      😀

      honda selalu down to earth dan gak songong kaya si tukang ngaku ngaku canggih…

      lirik gerombolan meong sama lele rawabelong 15&25

  14. Sekarang gini aja dah.
    Tuh mongtor 250cc 4 silinder peminatnya banyak kgk? Harganya mahalkan?
    Neh di belahan dunia laen sono kelas 250cc/300cc cuman kelas beginner atau pemula didunia motor sport.
    Jadi 250 cc ituh yg make kebanyakan mahasiswa yg masih mikirin fuel economy.
    Nah 250cc juga cuman jadi batu pijakan. Setelah bisa menguasai motor itu dia bakal naek kelas.
    Nah balik ke topik. 250cc 4 silinder kontranya dimensi motor jadi lebih lebar, berat, boros, perawatan lebih rumit, spare part lebih mahal, dll. Pronya lebih kenceng dari 2 silinder doang.
    Kawak gk mikirin indo doang kali

    • “Jadi 250 cc ituh yg make kebanyakan mahasiswa yg masih mikirin fuel economy.Nah 250cc juga cuman jadi batu pijakan. Setelah bisa menguasai motor itu dia bakal naek kelas.” gini ni kalau orang gk tau kopdar.. coba deh sex2 ikut kopdarnya kaoskaki.

      • “Neh di belahan dunia laen sono kelas 250cc/300cc cuman kelas beginner atau pemula didunia motor sport.”
        Baca argumen gua diatas. Nih gua perjelas
        Maksud gua di luar negeri motor 250cc/300cc untuk motor pemula yg akan beranjak ke > 250/300cc. Atau karena motor dengan cc 250/300cc menjadi pilihan karena gk seboros 4 silinder 600cc plus bisa digunakan di jalan tol.
        Jadi jangan kaget kalo 250cc/300cc di luar negeri konsumennya sama kayak konsumen 150cc di indonesia. Butuh kecepatan namun hemat bahan bakar.
        Kalo di indo ya jelas jadi barang mahal.
        Mau diakuin atau enggak emang kelas 250cc/300cc buat kelas pemula. Emang user friendly banget kan? Bahkan untuk yg baru belajar motor

  15. . wak haji php… mesake to wak… ngomongke 4 silinder koyok yak yak’o rep tuku.. reti pistone kawasaki 250 4 silinder engko getun…. kok luwih cilik soko astrea 700… hahaha

  16. Lah terus kalau Kawak bikin 4 silinder terus sukses terus 2 tahun kemudian yamaha Honda dan Suzuki juga bikin 3 atau 4 silinder buat ngelawan balik lah terus kawasaki lari lagi ngak berani hadapin terus kawak bikin250cc 6 silinder teruss dan teruss??

  17. mau dijual brpa nanti klo emg jd..?
    itu aj sih yg jd pertanyaan..
    masalah yg bli sih tetep ada aj.. walaupun kg laris2 bgt..

  18. ” harus ada balance antara performa dan efesiensi bahan bakar” ini pasti racikan khas Honda.. nah kalo….

    “mau ngebut dimana ?” wkwkwkwkwkkww ini adalah ungkapan ke tidak pedean motor buatannya sendiri.. biasanya motor kayak gini mentok ngaku ngaku sport aj. tp mesin ya itu dy mau ngebut dmna itu menandakan ketidak mampuan mesinnya buat bertanding.. butuh ganti mesin Ratusan juta buat masuk sirkuit.. bisa di tebak kan Racikan pabrikanmana mesin SPORT SOHC Operstruk ini…??? WKwkwkwkwkwkw yaMaho aj Broo…

  19. Nguiiinnnggg….Nguuiiinnnggg….Nguuiiinnnnggg
    Mroommm….Mroommm terlihat jadul apalagi yg dug-dug-dug-dug masuk golongan motor purba

  20. Wak coba analisa lebih dalam.. Ane curiga KMI bakal tetep bikin allnew ninja 250 dengan 2silinder..dan yg bikin ane curiga lebih dalam. Pasti KMI siapkan 4silinder 1 kelas diatas ninja 250 2cyl.. Untuk penguasaan pasar motor sport yg berefek naiknya standar dari 250cc ke 1 tingkat diatasnya… Jadi 250cc menjadi standar pasar gemuk (mid end).. Dan 1 pangsa pasar baru yg lebih ekslusif sepertinya 300/400cc(high end) .. Boleh di catat ..karena kalau 4 pabrikan besar sudah punya standar yg sama. Pasti disitu ada kejenuhan pasar.. Last new blue ocean..

      • Kalo diliat dari gelagatnya kmi.kemungkinan besar arahnya kesitu wak.. Case cbr 250. Di hadang langsung ninja rrmono.. Lalu kenapa tidak pake ninfi saja?. Answer : penguasaan total kelas 250cc..

        Di kelas 600cc kenapa zx636r tidak 600cc? ..banyak faktor.. Salahsatunya kompetitor untuk kelas 600cc 4 pabrikan besar begitu digdaya. Last zx636 merupakan diferensiasi yg kawasaki lakukan untuk motor jalan raya. Tapi tetap memperthankan 600cc pada zx6r untuk race. Karna zx636 wak haji tau sendiri tidak masuk regulasi balap 600cc..

        Back to 250cc class.. Apakah yakin wak haji .melihat kawasaki diem saja saat melihat 4 pabrikan besar allout dikelas 250 ? Kalo dilihat dari strategi kawasaki ane yakin kawasaki bakal buat juga diferensiasi pada kelas 250 dengan merubah peta strategi pengkelasan motor…

  21. nah semua yg disebutin tuh masih motor produksi masal, “motor premium” tuh yg limited bwat koleksi doang, misal desmosedici rr, rc213v-s, atw lotus c01 daniel simon.

  22. Kalau beneran ninja 250 i4 keluar , pasti user motor 500-650cc i2 dibuat galau dan minder..

    Power , torque dan kapasitas mesin memang menang moge 500-650 i2 , namun yang namanya mesin i4 , suaranya aduhai sekali :mrgreen:

  23. Yang pasti, kmi akan mengeluarkn ninja 4 silinder dan akan di jual berbarengan dgn ninja 2 silinder, utk penamaan jg beda
    Harga 4 silinder jauh diatas 2 silinder, krna sudah menggunakan fitur2 lebih canggih dri 2 silinder, suspensi upside down dan swingarm keren
    yg pasti modelny ala moge abis gan.. Di tunggu aja kehadiranny

  24. Betul itu, yang penting laris dagangannya. Yang lain masih single cylinder gludug-gluduk, kawasaki udh twin duluan dan sukses menggebrak, akhirnya laris manis bak kacang goreng. Dan kini akan terulang kembali, di saat orang udh bosen suara mesin twin krn semua pabrikan ikut-ikutan, lah ternyata Kawasaki udh siap2 cabut duluan dengan 4 cyl.
    Lah, Honda kok baru mau mulai ya, tobat tenan.. ampuun pakdee..

  25. tahun 2002 suzuki gsf bandit 250v 4silinder dibandrol RP 60jt an via ATPM ….. klo 2016 kira2 jd berapa wak…. biar banding2an dngn next kawasaki zx250r 😀

  26. Artikel ini sekaligus mementahkan prediksi yg dengan yakin nya kawasaki tidak akan membuat ninja 250 4 silinder

  27. Di bilang gx percaya.kan udah pernah saya bilang.kalo di semarang uda ada yg punya ninin 4 cyl.dia import lngsung dr japan.model nya ya kayak gitu.cuma gx boleh di foto

    • luar biasa sekali tu anak bisa punya motor yang notabene belom produksi,,
      😆 😆

      om sehat ??
      ekekek

        • aduuuh, itu fotokan dapetny udah lama saat pertama kali R25 launching, yang kmi ngundang komunitas ninja soalny kmi msih agak takut kalo r25 bakal ngeruk habis penjualan ninin,,

          pasti udah di foto sama orang dalam, dan berhubung itu udah lama bangeet daaaan penjualan ninja gak tergoyahkan yaa gak jdi lah kmi produksi tu ninin itu dalam waktu yg cepat, buat apa coba jualan masih laku keras, kenapa baru diumbar lagi sekarang ya normalny taun ini taun depan bru launching tu ninin,,

          ktanya tauu banget soal otomotif, kan malu sama yang lebih paham disini,,

          akakaka

        • Bhahahaaha

          Brarti uda ada to
          Trus uda adq yg punya salah brarti?
          Walaupun ntah itu ilegal ato apalah

        • Klo ninja 250 i4 udh produksi dan di jual di Jepang,knp young machine yg notabene majalah otomotif Jepang masih ngira2 bntuk atau desain ninja 250 i4 ya?(ane gagal faham bro)hahaha…

  28. Trus skrg gw tanya..tuh wak taufik dpt foto dr mana? Sampe brani nempelin watermark sgla.brarti emang udah ada kan…

  29. WaW Keren Gua demen banget sm lampu depannya yang keliatan ngumpet tapi kalo nyalah tetap kelihatan mantab, anyway kayak mobil aja 4 silinder hahahahahaha, Ok dah yang penting Top

  30. “segitu kenceng, mau ngebut dimana?”
    wakwak ngena banget nih
    60 kilo bolakbalik tiap hari
    cuma bisa 3 detik dapet 162 km/h wakwakwak

  31. Andaikata lho ini mas 4 cylinder yg muncul pertama adalah Z250rr….uhuk…uhuk hihihi…..#cbr250twin #test #flanking #observe #pricingstrategy #featurecomparison #decoy

  32. kalo bnar pasti bkal ngalahin pasar 2silinder.. karena suaranya itu lohh…harga pasti juga ga kalah mahalnya 😀 kisaran 100jtaan menurut ane.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here