jump to navigation

Analisis Persektor Kualifikasi MotoGP Qatar 2016 secara sederhana ala TMCBlog March 20, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

440x100

Yamaha_GIF_440x100_rev

banner-promos

PoleQ2

Bro sekalian, Tibalah saat nya kita melihat data data Pasca Kualifikasi MotoGP Qatar 2016 . . . Karena waktu pelaksanaannya cuma 15 menit dan Jumlah Lapnya tidak terlalu banyak maka tmcblog hanya akan melihat data persektor yang ditorehkan 9 pebalap tercepat Lorenzo, Marquez, Vinales, Iannone, Rossi, Dovizioso, Pedrosa, Barbera dan Pol Espargaro di saat mereka melakukan laptime tercepatnya . . . Cekidot sob

460x110mpx

MBtech-Riders-24feb2016

440x110 6

SEKTOR 1 LOSAIL QATAR

map-sektor1-losail

Setelah Straight biasannya rider menurunkan transmisi dari top gear sampai ke 2nd gear di R1 .. . Gear 2 di R1 biasanya dipertahankan Ke R2 . . . Kecepatan di kedua tikungan ini ( R1 dan R2) biasanya sekitar 90-110 km/jam . . . setelah R2 siap siap menyambut sebuah fast corner di R3 . . . Gimana latptime ke 9 pebalap terdepan Kualifikasi MotoGP qatar kemarin ? Cekidot

Sektor1

Oh ya sebelum dimulai tmcblog umumkan bahwa tmcblog nyeting grafik bagian Y nggak dari Nol untuk memperlihatkan signifikansi perbedaan . . walaupun begitu, jarak unit satuan axis Y tetap linear

Dapat terlihat disini sebenarnya laptime Lorenzo bukanlah yang paling cepat di sektor ini  . . . Marquez paling cepat di sektor ini. Patut dicatat, Biasanya nanti saat race laptime pebalap di Sektor ni berkisar di angka 25,1-an detik. Pedrosa dan Pol espargaro nggak terlalu kuat disini . . . Koq bisa beda antara Marquez-Pedrosa dan Lorenzo-Rossi . . . sepertinya ini sudah masuk ke perbedaan karakter riding kedua rider dalam satu team ini . .

SEKTOR 2 LOSAIL QATAR

map-sektor2-losail

Sektor dua dimulai dari pasca speed-corner R3 terus naik dari gear 3 ke 4 dan kembali turun menjadi gear 2 menjelang R4. Di R4 dan R5 corner speed bisa lebih tinggi dari R1 dan R2 namun masih menggunakan Gear 2 sob. . . . Gear Dua ini biasannya masih digunakan sampai menjelang di tikungan ke 6 atau R6 seperti saat diperlihatkan Safety Bike BMW HP4.

Di R6 biasanya speed agak turun karena melihat ini adalah tikungan sempit dan pelan . ..  speed saat melibas R6 biasanya lebih kecil dibaanding dengan R1-R2. Setelah R6, gear bisa naik menjadi gear 3 namun biasannya belum sempat naik ke Gear 4, Kita sudah menurunkan Speed memasuki R7. Karakter R7 ini mirip R1 . . . Bagaimana 9 rider tercepat Kualifikasi MotoGP Qatar 2016 di sektor ini ?

Sektor2

Marquez boleh dibilang tercepat Sektor 2 ini  diikuti tipis ( di bawah 0,1 detik) oleh Rossi dan Lorenzo . . . Ducati Desmo 16 GP cukup memperlihatkan bahwa revolusi perubahan sasis benar benar menguntungkan bila dibandingkan dengan GP14.2 ( data Barbera) yang masih memiiki PR Understeer.

spidi-2

SEKTOR 3 LOSAIL QATAR

map-sektor3-losail

Sektor 3 dimulakan dari pasca R8 bro menuju R9 . . . Di R9 ini biasannya gear berada di gear 3 dan dipertahankan sepanjang R9 . . . baru saat masuk tikungan Lambat kiri R10 gear turun sampai 2 . . . Selepas R10 Yang merupakan Slow Corner, Motor bisa digeber flying menuju R11 yang merupakan speed corner gear naik dari 2 sampai 5 menuju ujung awal R12 . . . Di muka R12 gear biasanya turun dari 5 ke 3 . ..  gear 3 di R12 biasannya dilanjutkan sampai R13. Bagaimana Performa 9 pebalap tercepat Q2 MotoGP Qatar 2016 di sektor ini ?

Sektor3

Jorge Lorenzo bisa lebih cepat pacenya  . . . dan take a look Pacenya Maveric Vinales yang cuma 0,01 detik lebih lambat dari Lorenzo . . . kenapa coba ?   . yes jika masbro mengikuti Test Pramusim di Phillip Island akan bisa tahu bahwa Maveric Vinales ini demen banget yang namanya Speed COrner  . .  dan Sektor 3 ada banyak speed Corner.

SEKTOR 4 LOSAIL QATAR

map-sektor4-losail

Sektor 4 atau terakhir boleh dibilang sektor yang sangat memanjakan performance mesin dari Motor sob . . . Mulai dari tikungan 14 dan 15 yang biasanya digeber di Gear 3-4 .. .  riders biasanya bisa menaikkan dari gear 3 ke gear dan mempertahankan speed. Tikungan terakhir Sirkuit Qatar ini adalah tikungan Lambat, so dari transmisi 4 biasannya motor turun menjadi ke gear 2 di tikungan ke 16 ini sob untuk bersiap berjibaku di straight sirkuit Losail Qatar dimana top speed berbicara . ..  Gimana data performa 9 Pebalap tercepat Q2 di sektor ini?

Sektor4

2 tikungan cepat ( speed corner) , dua straight medium plus satu tikungan technical membuat Maveric Vinales jadi yang tercepat di sektor ini  . . . ia bisa o,12 detik lebih cepat dari Lorenzo dan bahkan 0,32 detik lebih cepat dari Marquez  .atau Rossi . .  Terlihat Ducati membaik secara rata rata di sektor ini sob . .

440x100

THE VERDICT

Kalau hanya melihat laptime di hotlap Q2 MotoGP Qatar 2016 boleh dibilang hanya nama Lorenzo, Marquez dan Vinales lah yang muncul sebagai penguasa masing amsing sektor . . . Marquez sedikit unggul di sektor 1-2 . .  ini aneh juga karena sepanjang Race weekend baik Marquez maupun Pedrosa selalu bilang Losail cukup sulit buat Honda, Lorenzo menguasai sektor 3 dan Vinales menguasai sektor 4.

Namun jelas race 22  lap nggak sama dengan 1 hot lap Kualifikasi dan pebalap pebalap lain seperti Duo Ducati Iannone-Dovizioso punya otensi kuat . ..  belum lagi Pebalap berusia 37 tahun penuh asam garam pengalaman GrandPrix Valentino Rossi yang biasannya menemukan motivasi tambahan saat Race sebenarnya . . . kita simak saja nanti sob . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

Comments»

1. Darmo guanteng - March 20, 2016

Rossi memble

Brandalz - March 20, 2016

Wes tuo..

Chihuahua™ - March 20, 2016

daped mandul

haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

2. Chihuahua™ - March 20, 2016

ati² 2 terdepan itu mesra

Rossi dagh hapal klo di qatar langganan juara

haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

Sanghyangasmara - March 20, 2016

Rossikin ckup d lawan dg jagoanq si Kucluk ae… 😄

3. Bogel - March 20, 2016

YellowVale46 jagoan ku,yg penting race nya

4. Ngowoh - March 20, 2016

Ketat dan panas..

5. Win aja - March 20, 2016

Akan seru sepertinya, tdk ada yng dominan di semua sektor

6. Cakud - March 20, 2016

JL99 wak

7. sambaladohc - March 20, 2016

trasi mulu wak..komentar aja nggak?

http: //otomotifnet.com/Sport/Motogp/Tensi-Tinggi-Kembali-Terjadi-Antara-Valentino-Rossi-Dan-Jorge-Lorenzo

Taufik - March 20, 2016

kalo bawa link pasti kena nyicip terasi udang sob 😀

Sanghyangasmara - March 20, 2016

😄

8. Dajo - March 20, 2016

hmm.

9. ubeast - March 20, 2016

semoga ada pertarungan yg sengit,,,seri2 awal biasanya belum ada pengawalan dari paspampres ky seri terakhir,,,

10. sambaladohc - March 20, 2016

kenapa???
Your comment is awaiting moderation.
salah saya apa?
aneh

Ayu think think - March 20, 2016

Salahmu rupomu wueelek bro

Sanghyangasmara - March 20, 2016

😂

11. dave - March 20, 2016

Rossi pasti yg p1

12. bark - March 20, 2016

Semoga race seri pembuka qatar ntar mlm berjalan seruu! 😊

13. ultraman - March 20, 2016

Mantaaaappp……. Khas tmcblog.

14. Irwandi Surya Putra - March 20, 2016

semoga race nya lancar dan yg terbaik bisa menjadi juara

15. jildhuz - March 20, 2016

kalo baca artikel persektor entah kenapa ane senyum senyum sendiri, keungulan rider dan motornya beneran terlhiat di sini,

http://jildhuz.com/2016/03/20/kutu-loncat-mlm/

16. rinc - March 20, 2016

Waduh DP26 kenapa lagi toh?.. apes terus. lagi menguasai klasmen, kena insiden lampu start. Honda lagi unggul dia cidera tangan, sudah sembuh, DP sudah ketemu ritme motor, ganti electronic.

17. whitejezzy - March 20, 2016

ducati pasti memimpin sampai 5 Lap saja

18. bang herman - March 20, 2016

suzuki unggul di top speed ya.
kita lihat saja performa vinales

19. Stevanie - March 20, 2016

Vinales

20. bebekgirang - March 20, 2016

prediksinya dong wak?

Arief Sujatmiko - March 20, 2016

Terlihat mas markuez dah tambah usia tambah dewasa ga zrudak-zruduk lagi moga pertanda baik..

21. zato - March 20, 2016

Go marc

22. Darsono pangling - March 20, 2016

Sing penting wani goyang wae mesti juara…

23. kawekaweans - March 20, 2016

akakakaka onda mleduk metualerginya kw10 ngak pake radiator kkkkkkk

24. jon - March 20, 2016

aye pegang vinales aje

25. ♥♡ ™ RCV213v ™ ♡♥ - March 20, 2016

go marq

Viper - March 20, 2016

AGM-65 Maverick
yakin mampu bersaing

26. ass - March 20, 2016

aq jagoin ianone & vinales

ass - March 20, 2016

model trasi… silent neh wak…



%d bloggers like this: