jump to navigation

Winglet Bakal DiLarang juga di MotoGP . . . Setuju nggak ? March 24, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

440x100

Yamaha_GIF_440x100_Teaser-Z

banner-promos

Ducati-Desmosedici-2016-025

Bro sekalian, beberapa hari yang lalu Dorna dan FIM telah mengambil keputusan pelarangan Winglets di Moto2 Secepatnya dan Di Moto3 untuk Musim 2017 . . . Namun ternyata Gonjang ganjing winglets juga menggoyang kelas primer MotoGP sob .. .  menurut yang tmcblog baca tulisan Max Oaxley paling tidak ada beberapa pebalap seperti Valentino Rossi, Pedrosa, Bradley Smith dan Cal Crutchlow yang mengkhawatirkan keberadaan winglets di balap MotoGP . . . Mereka bilang ada kekhawatiran Winglets bisa mengenai pebalap Lain ( mengait/ nge-Hook ) dan menyebabkan Crash dan Bukan itu saja Bradley smith bertestimoni saat mereka ngebut dan Hard Brake di belakang ducati memang terasa ada hembusan turbulensi udara yang berasa aneh . . .

460x110mpx

MBtech-Riders-24feb2016

440x110 6

WINGLET SEBAGAI PEMBANTU TRACTION CONTROL

Ducati-Desmosedici-2016-024

Seperti kita ketahui keberadaan winglet disinyalir memang lebih berguna disaat era MotoGP tidak lagi memberlakukan sistem Adaptive Traction Control. Dengan efek Downforce yang dihasilkan , winglet akan membuat ban depan kembali memperoleh Traksi yang cukup tanpa elektronik harus mengaktifkan Traction control secara berlebih yang efek sampingnya akan men-cut power.

GAMBARAN HI-COST NYA RND AERODINAMIKA

Penambahan Winglet sepertinya sih memang terlihat sederhana, namun ternyata jika ditilik dari segi biaya, misannya untuk RnD .. . Winglet itu ternyata Costly sob . .. kembali Via Motorsport, adalah seorang CEO team racing pabrikan yang pernah menukangi team Formula 1 yang sarat akan penggunaan winglets untuk keuntungan aerodinamika berbicara . ..  ialah Shuhei Nakamoto menjelaskan soal Hi-cost nya RnD Winglets . .

pedrosa2

spidi-2

Nakamoto-san mengatakan bahwa Rata Rata biaya yang dibutuhkan untuk membuat Wind Tunnel yang proper adalah sekitar 150 juta Euro! Waktu kerja Wind Tunnel adalah 7 hari dalam 1 pekan, setiap dipakai 7 hari maka Wind Tunnel akan memperoleh setengah hari sampai satu hari untuk perawatan. Untuk pemakaian 24 jam dibutuhkan tiga team dimana masing masing amasing team terdiri dari 10 orang, pendingin udara dan Super computer . .. dan biaya operasional ini jelas diluar biaya pembuatan 150 Juta euro itu sob . . . lumayan costly juga yaa?

Lorenzo2

440x100

Mike trimbly Sekertasi IRTA mengatakan bahwa mereka ( IRTA) akan mengajukan permintaan agar Winglet di larang mulai Musim MotoGP 2017 kecuali ke 6 pabrikan yang ikut bisa memberikan proposal yang menjelaskan bahwa Winglets aman, beralasan dan dapat di justifikasi! Namun Jika di Musim 2016 yang sedang berjalan kedepan ini ada kejadian insiden dikarenakan winglets, besar kemungkinan Update pelarangan winglets bisa di wacanakan jadi Immediately Effective  . . . Menurutmu sendiri Gimana sob?

Taufik of BuitenZorg

sumber : motorsport

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

Comments»

1. Teguh Bom2 - March 24, 2016

stujuuuu.. bikin jelek motor

ninja150ss - March 24, 2016

dilema,,meh njawab opo ya?

cbr250rr dipajang di bangkok motor show 2016 bro!
http://traktordohc.com/2016/03/24/galeri-motor-sport-honda-di-bangkok-motor-show-2016/

2. Sasono - March 24, 2016

Coba aja dulu, nanti yang juara siapa, dicocokin sama yang protes ..

3. bys - March 24, 2016

setubuh eh setuju sebelum jatuh korban

4. Jhon Gendhon - March 24, 2016

Prefer pake turbo sekalian

dhan - March 24, 2016

jozzzz turbocharger

5. SUGIEDANE - March 24, 2016

kenapa gak model fairingnya saja yang dirubah

6. klotok2 - March 24, 2016

besok2 wingletnya buat disamping motor, biar kayak pesawat, jdnya bisa terbang

7. SAYA - March 24, 2016

bahaya klw jatuh dan terkena pembalapnya

8. terjadi galat - March 24, 2016

Balapan kok pake singlet.

dhan - March 24, 2016

bahaya kang! bisa2 masuk angin level hardcore

9. Jhon Gendhon - March 24, 2016

Atau pakai Nos saja sekalian

10. troy - March 24, 2016

Mereka takut tidak jadi jurdun karena ducati makin ok… knp g diusulin mlsi dr taun2 kmren kek

11. Bajahitam - March 24, 2016

Dari pada pasang winglet
Mending pasang Spakbor belakang, Sein & Stoplamp

Awas Rajia 🙂

dhan - March 24, 2016

+ limit top speed di sirkuit 150km/h saja! jossss

12. dhan - March 24, 2016

opo iki? imho, dorna / fim mnrt sy saja sdh terlalu “membatasi” proses developing tiap pabrikan (besar). namanya kompetisi masa ECU diseragamkan? padahal pabrikan (besar) sdh keluar byk dana buat bikin montornya lebih berteknologi (advanced) dr pabrikan lain. soal winglet ini, klo memang faktanya karena mahal (bgt) di cost R&D tiap pabrikan (besar), ya sdh legalin kmbali adaptive TC, kan hrsnya jauh lebih murah. lalu fakta ke2 , membahayakan? mikirrrrr ya …. namanya juga balap motor XO bkn balap sepeda onthel… jadi mnrt sy semuanya harus dikaji ulang, mana yg lbh penting hayo? pengembangan motor itu sendiri / ke kompetitifan race itu sendiri? yg penting itu income buat mba dorna…hhh.

nb. harapan balap motor lebih kompetitif saat pakai ECU seragam ternyata blm menjadi kenyataan…hhh. suwun

ALEX - March 24, 2016

Anda harus paham dulu’ apa itu Turbulensi
Kalo sering ato pernah naik Pesawat Terbang pasti tahu,_’

nb,_ yg buat testimoni tentang bahaya turbulensi yg disebabkan Winglet itu Bradley-Smith pembalap Team ,,,,,,, isi sendiri,,,,

dio - March 24, 2016

Lah di situkan ada juga pembalap pabrikan sesembahanmu LEX?

endik - March 24, 2016

Nb: yang protes masalah winglet ada juga pembalap pabrikan sesembahanmu LEX…

kuclux - March 24, 2016

numpak becak ra go pelg, waton njeplak ra go utek.
Tante alex mungkin lg datang bulan.
Jd matanya ketutup sayap fembalut.
Ngoahoahoa

dhan - March 24, 2016

wkkkk… lucu jokes nya om… sumfehh…

👹 pangeran 👹 - March 24, 2016

Dolan teko kene lex … Pie dodolann e payu akeh ora. … Wkwkkw 😂😂😂

Jal kae sopo wae sek protes Daped, Cal Crathlow, Valentino Rossi, Bradley Smith, iseh akeh …

13. visitor - March 24, 2016

setuju kang, secara estetika jelek pake banget. secara safety smith dan pedro juga dah kasih testimoni soal efek turbulensi itu. belum kalau lagi salip2an jarak dekat bisa nyangkut tuh. di banyak gp series tahun2 terakhir, banyak ‘insiden’ di last lap/last corner yg rider sampai senggolan lho. btw, ada gambar motor ianone setelah jatuh di gp qatar kemarin gak kang? kira2 efek jatuh ke winglet nya gimana nih?

14. alay mande - March 24, 2016

moto gp dah ga menarik wak!

Sbnary thn 2016 dgn ecu seragam itu lbh greget.
Tp dgn adanya singlet . . Moto gp ternodai tidak khas lg.
Saya jamin salip2 ga kan ky tahun 2015. .itu krn pengaruh singlet.
Pembalap akan menyalip dgn lbh hati2 agar ga nyakut di singlet

Sunartosili - March 24, 2016

Bisa jadi

15. Bruud - March 24, 2016

Di kasih Kumis aj biar keliatan Jantan… jangan kayak sebelah.. masak Lele gk ad Kumisnya. pelecehan kan?. disiyalir kuat emang Lele Wadon jadi gk ad kumisnya.. maklum mesin juga masih Bebek Wadon Tulen SOHC Operstruk….

16. Sunartosili - March 24, 2016

Yg punya hak setuju atau tidak cuma pembalapnya wak.

dhan - March 24, 2016

bahasa fby/fbh: yg gak podium kojel2…ngoahha

17. Bunda - March 24, 2016

Wak haji sendiri setuju ngak?

18. zen - March 24, 2016

secara estetika aneh

19. B lmp - March 24, 2016

Setuju..

20. pejalan kaki - March 24, 2016

Tampilane montor dadi uelek pol. Ojo maneh ora septi, mending dilarang wae

21. gambot - March 24, 2016

ciyeee, yang ga terima jagoannya kalah gara2 winglet 😀 😀

ALEX - March 24, 2016

Yg bikin testimoni pembalap tim apa ea Mas-Bero,,.
Sambil baca lagi lanjut berfikir ea,,

eeeekkkkeeeekkkk

nino mx - March 24, 2016

Coba bca atrikel terdahulu deh cpa yg protes n mewek ke dorna hahahaha sembalap remasol kan???

Rims - March 24, 2016

Ada 2 pembalap sayap juga yg protes

22. ALEX - March 24, 2016

Yang bener ajj Wak,,??
150jt Euro hampir 2 triliun Rupiah itu,,
Bisa bikin tim balap F-1 nd dana operasional semusim itu,,
Ato 2 tim balap MotoGP + dana operasional semusim,,

Amazing,,

nino mx - March 24, 2016

Ya bener makanya hrc gk mau keluar duit bnyk wong byr pembalapnya aja dah mpot2an ehhh

Pengamat fby - March 24, 2016

Tu mah yamaha bgt, gak sanggup bayar lorenzo mpe dia keder mo lanjut apa nggak.. mdh2an ja pindah dia ke ducati, mo minta gaji brp jg dikasih, biarkan yamaha ngebanggain si mbah tua yg susah move on itu..

23. Jildhuz - March 24, 2016

Keenam pabrikan wak? Pasti mereka menginginkan winglet untuk menang, karena kalo gak pake winglet downforce kan berkurang, nah di sini akan mengurangi kemampuan motor tertentu (ducati) sebenernya memberikan keuntungan sama pabrikan yg udah mateng (honda dan yamaha), ya tinggal lihat, apakah motor yamaha dan honda tanpa winglet tetep enak buat belok? Kalo iya dan ducati begitu superior, pasti mereka berdua sepakat gak pake winglet untuk musim depan

http://jildhuz.com/2016/03/24/mindset-member-mlm-sukses-bermobil-1/

24. JAKA OO - March 24, 2016

wait and see aja selama musim 2016…
kalw ada yang rider yang crash akibat dari penggunaan wingslet ini entah itu dari segi aerodinamika yang menyebabkan gangguan torbolensi terhadap rider yang berada di depan rider yang menggunakana winglet
berarti bakal ada sanksi yaitu pelaranggan penggunaan winglet,,
Namun jika sebaliknya,, berarti penggunaan winglet pada moto GP sangat savety dan tidak membahayakan bagi rider lain,,
#Go Moto GP

25. orongorong - March 24, 2016
26. jbat - March 24, 2016

Setuju, selain berbahaya motornya jd kaya ikan lele (ada kumisnya) 😀

27. nino mx - March 24, 2016

Gara2 sembalap honda yg mewek neh jadi d larang pke singlet

Wkwkwkwkwk

28. The Biker Stig - March 24, 2016

Kalo Winglet berlanjut nanti motorsport yang dijual juga bakalan pake winglet semua nanti kedepannya..

29. saimo - March 24, 2016

Dilarang di sisa seri 2016 juga gpp wak, F1 juga mencabut sistem kualifikasi barunya…

30. Modar - March 24, 2016

setuju, bikin ga enak diliat, kaya motor punya serokan sampah. hahaha

31. Antman - March 24, 2016

Dibikin batasan aja… itu ducati ampe 4 biji sayapnya… maximal 2 biji sama ketebalan bentuk dan lebar minimal maximal nya brp… aman atau tidak diujicoba tabrakan pake dummy…

32. Engine - March 24, 2016

Bukan hanya bisa terlepas tp sangat berbahaya ketika terjatuh tuh winglet nyamber nusuk s riders lain.

Dorna hanya nunggu Korban jatuh dulu baru ada larangan pemakaian winglet. ← kan tolol namanya nunggu ada korban dulu 😛

Sekarang s Rossi mengkhawatirkan keberadaan winglet 😂.. apa kabar fbr fby yg kemarin bilang Rider s sayap cemen whaha..

33. mesin kemasan - March 24, 2016

gara” si anu ya…wkwkwkwk

34. dave - March 24, 2016

ga masalah c kalo emang ga membahayakan,,
cm ya jgn makin lama makin gede tuh winglet..
terus ky ducati makin banyak winglet nya,,
ky marc lah gt lumayan tuh kecil,,
jd ga terlalu mengganggu..

35. Bolanhok - March 24, 2016

lama2 bisa pakai 2 roda di depan atau di belakang tuh.

36. regal - March 24, 2016

kayaknya harus nunggu kecelakaan dulu deh, baru dilarang.

37. imaginer - March 24, 2016

waduh salah nih,menunggu accident dulu baru ada perbaikan atau pelarangan,menurut saya kalo ada potensi (sekecil apapun) membayakan lbh baik dilarang deh,mosok lbh berharga o,o1 detik dp nyawa org

38. diji - March 24, 2016

motor bukan mobil apalagi pesawat, sebaiknya gak usah pake winglet, desain ulang fairing yg skaligus berfungsi /mengakomodir fungsi winglet. jadi di fairingya gak ada tambahan winglet yg njebabah kaya sekarang.

39. Naruto - March 24, 2016

itukan gara² pembalap Ngondah yang lebay wakk..

di saat semua udah kompetitif baru sekarang demonya..

lha taun lalu kemana?? lagian kan juga ada batas panjang winglet to..

40. zato - March 24, 2016

Bukan pedrosa aja, mbah rossi jga yh mengoment….ckckck…. iya klo mepet bener pas menyelip juga bahaya… yg di selip wingletnya tecantol ke motor di selip bisa gugur bersama tuh….

41. kuclux - March 24, 2016

kl pake singlet, koq motor jd kurang sedap dipandang.
Misalkan tetap dipake, apakah nanti akan diturunkan pd motor produk masal?
Misal mbit matic sport pake winglet.

42. SEN25 - March 24, 2016

Mungkin pengurangan kali yah, kalau kyk Ducati terlalu byk, sampai 4. yg wajar2 saja cm 2 saja

43. lg - March 24, 2016

ini pasti gara2 si nganu tidak podium di qatar kemarin, sementara podium dikuasai pembalap2 bersayap.
jadinya peraturan apapun bisa dibengkokkan supaya si nganu bisa juara.
ini sih kasusnya sama saja kaya kemarin sistem penalty point mendadak dihapus gara2 si nganu kena penalti di musim kemarin.

SEN25 - March 24, 2016

Jgn nyinggung2 pebalap nganu bro, bisa d bully ama ummatx, Si nganu selain pebalap dianggap Nabi juga ama ummatx, Segala statementx / titah / sabdax di pressconference or d media niscaya adalah kebenaran mutlak & abadi. tidak boleh diganggu gugat ^_^

dhan - March 24, 2016

wkkkk…. si nganu ko jadi macam kaya presiden anu yak….wkkkk….

#awaskenabullylohsamaumatsiANU

taufik - March 24, 2016

bener tu mas..si nganu ncen ruwet kakean nggacroh. semua di musuhi.
tuwek2 jadi pendengki

44. Pam - March 24, 2016

Kl bisa bikin bhaya rider..saat side by side,trutam di lintasan yg sempit..yg di larang sja,moto gp safety first diprtimbngkan..bkan speed first

45. ms - March 24, 2016

winglet layak dilarang karena selain rawan nyangkut juga sulit diaplikasikan di motor produksi masal.
dari pada pasang winglet, mending design ulang body depan agar downface bertambah.

46. Win aja - March 24, 2016

Mungkin diatur spt fi f1, panjang, lebar dan jenis dibatasi….untuk keamsnan, bukan dilarang

47. 👹 pangeran 👹 - March 24, 2016

Penguraan panjang winglets mungkin wak …. Apa wingletnya di taruh di belakang biar bisa terbang ngoahahaha 😂😂😂

48. wellmy - March 24, 2016

Kga stju dh ducati knrna pke winglet bsa naik podium dn stbl.. bsa2 akl akan mrk trtntu ne klo ga salh dorna aga tunduk ma hnda bsa jdi di pngaruhi hnda .. krnah dh mulai kddorn ma ducati yg smngkin stbil..

49. andri - March 24, 2016

gambar ducati yg di atas mengingatkanku pada motor2 “futuristik” di film kartun robot jepang tahun 70an.

50. hairul - March 24, 2016

mungkin bisa dgn modifikasi fairing kanan kiri atau fairing depan. fairing bentuk aneh gapapa asal juara GP

51. motor cool - March 24, 2016

dari awal ada tim satelit yg nyindir winglet dgn memakaikan ke motor dgn winglet buatan bahan bahan rombeng .. keselamatan dgn kecepatan seperti itu harap perlu diperhatikan …

52. jbat - March 24, 2016

Tp dengan adanya winglet gede kayak punya ducati itu dijamin rossi ga akan berani main kaki hahahaha…

53. Nmm - March 24, 2016

Klo melarang penggunaan winglet pasti ada pihak yg di rugikan dan juga di untungkan, you know lah..
Dari pada di ilangin bikin aja peraturan penggunaan winglet, yaa.. misalkan ukurannya, jumlahnya, atau apapun itu.

54. mengapa - March 24, 2016

Efek ke khawatiran tim lain terhadap ducati ini sih imho..
Mengenai hi cost jika dibandingkan dengan RnD aerodinamika F1 ya ga apple to apple lah. F1 itu rumit banget aerodinamika nya sedangkan aerodinamika motogp ga ada apa2nya dibanding F1..

55. Ripcord99 - March 24, 2016

Yup setuju dilarang..
1. Belum diketahui aman/tidak.. bisa aja pas senggolan patah.. trus bikin celaka.
2. Biaya lagi.. yg punya winglet cuman tim-tim kaya?
3. Dilihat dari penampilan.. kurang bagus..

56. margondes - March 24, 2016

Pembalap honda paling banyak protes. Dan para fbh tetep saja bodoh

57. M16 - March 24, 2016

Marc Macul yg keder sama speednya Ducati , makanya seperti biasa kuasa HRcrot untuk mempengaruhi Dorna karena berpotensi membahayakan HRcrot, masih inget khan peraturan yg bisa dinegosiasikan antara HRCrot dan Dorna, jenjang pebalap misalnya
(komen ane tadi hilang or dihilangkan)

58. mesin Bakso - March 24, 2016

Wedehhhh itu motor ada winglet-nya, lumayan buat keseimbangan, saat berkendara

59. gcm - March 24, 2016

Emang harus bikin wind tunnel? Ga bisa sewa aja? Bukannya sebelum wind tunnel disimulasikan dulu pake cfd?

60. shoeliz - March 24, 2016

Jadi berasa nonton F1.. ternyata motor jg butuh winglet tho. Nambah ilmu lagi nih w

61. nduk - March 24, 2016

Kalo di bolong2 boleh …

dehardy - March 24, 2016

klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

yg ane pertanyakan apakah hembusan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? 😂😂😂

62. hermansyah - March 24, 2016

kalo karena takut ducati menang saya kira honda sama yamaha gak seciut itu nyalinya. lebih setuju masalah kesalamatan. kalo yamaha sama honda ciut karena takut ducati juara dunia mah. ngapain mereka diemin tug winglet ducati tahun 2015 kemarin ? kenapa gak diprotes langsung ? yah kalo menurut saya sih 2 pabrikan itu melihat jangka panjangnya dan baru tahun ini diungkapkan klo ada beberapa pembalap yang keberatan. emang ngeri sih kalo lagi side by side gtu ada winglet. coba aja liat gp qatar tahun 2015 rossi vs dovi, ngilu men winglet ducati cuma beberapa cm doank jaraknya dari fairing M1. gak kebayang klo nyangkut patah terus kena pembalap lain. makanya tahun ini kan winglet dilarang meruncing kaya tahun lalu.

63. wardiliciouz - March 24, 2016

pikirin ke faktor safetynya..semoga ada regulasi baru penggunaan winglet, biar bentuk yg skr di revisi lagi

64. dehardy - March 24, 2016

klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan atau terjangan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

yg ane pertanyakan apakah hembusan/terjangan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? 😂😂😂

65. dehardy - March 24, 2016

klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

yg ane pertanyakan apakah hembusan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? 😂😂😂

66. dehardy - March 24, 2016

klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan/terjangan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

yg ane pertanyakan apakah hembusan/terjangan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? 😂😂😂

67. longor - March 24, 2016

Pembalap2 ngga podium yg komen…hahaha

68. jimjoker - March 24, 2016

wak apakah motor yg mirip cbr 250 di bangkok motor show 2016 itu versi masal cbr 250?

oiya design velg bakalan kayak prototipe nya ya? gak model palang ranting kaya adik adik nya?

69. wanayasa - March 24, 2016

setuju aja wak… coz winglet ini ay rasa membuat motor seperti ketempelan parasit…jadi mengurangi estetika…

https://wanayasa41.wordpress.com/2016/03/24/yang-perlu-diketahui-dari-layanan-kapal-perintis-km-sabuk-nusantara/

70. novi cute - March 24, 2016

sebenarnya di F1 sendiri pun masalah winglet menjadi isu safety.
akan kelihatan bagaimana banyak winglet muncul klo udah masuk GP Montecarlo. di F1 aja beberapa sudah di larang apalagi di motor yang jelas sangat berbahaya.

Nip - March 25, 2016

Klo di F1 sih lebih ke arah politik team sih.
Klo ada team yg pk teknologi atau perangkat aerodinamika baru yg bikin mereka lbh cepat, biasanya langsung di protes team2 yg gak pakai.
Pdhl secara regulasi gak menyalahin.
Contohnya dulu team Brawn GP (ex Honda F1) pake Diffuser yg bikin mereka kompetitif, eh lsng di protes byk team, trus pertengahan musim dilarang, n Brawn GP di akhir musim sdh berkurang dominasi nya.
Trus lucunya bbrp musim kemudian itu sistem Diffuser malah di legalkan.

71. mariodevan - March 24, 2016

waduh upaya membendung ducati??ducati jadi cepet faktornya gara-gara ini jug akan?

http://mariodevan.com/2016/03/24/mio-z-meluncur-bulan-depanakankah-membawa-perbedaandiskusi/

72. gaplek mania - March 24, 2016

setuju.. selain menjadikan tampangnya nggilani juga bahaya .. bisa nyanthol kaki

73. AS96 - March 24, 2016

Setuju dilarang. Dengan alasan demi keindahan. Masa’ motor balap kaya’ hiu hammer head.

74. Nip - March 25, 2016

Kebayang sih klo melihat insiden tahun lalu waktu Rossi n marquez senggolan. Cb thn lalu si marquez uda pake winglet segede punya Jolor, kaki si rossi bisa kesayat winglet nya.
Cb aja lihat segede apa tuh winglet si Jolor waktu di Qatar kmrn. Uda kyk tanduk banteng.

Setuju deh klo winglet di larang.

75. tomcat - March 25, 2016

taun kmaren liat moncong mobil f1 kek flatypus bikin ilfil..skrang liat fairing motogp pk kumis bikin ilfil juga…motor keliatan jelek bgt..ga hrus nuggu lama seri kdua lngsung dlarang pnggunaannya..ngeri aza dlm kcepatan tinggi klo smpe nyangkut k motor ato badan rider lain fatal bgt akibatnya

76. RUGI TRIATNONO - March 25, 2016

Setuju…!!!

Mending dilarang wae,,,coz bikin jelek tampilan motor koyok tampange fifauzi,,,ngoahahahahah

Time will tell laahh,,,,,,ciiaaooo

77. Arsanto S - March 25, 2016

Setujulah masalahnya Motogp bukanya balap Formula 1 atau balap Tamiya yang perlu winglet segala, pemakaian ECU yang sama juga harus gak perlu karena Pabrikan motor menggunakan motogp sebagai ajang umbar teknologi jadi masing-masing pabrikan boleh adu kalau semuanya ditentukan okeh FIM dan Dorna, motogp sudah tidak murni lagi dijadikab sebagai ajang unjuk gigi team Pabrikan.

78. SuRyA - March 25, 2016
79. Gino - March 25, 2016

Winglet, menu baru dari kfc xD



%d bloggers like this: