440x100

Yamaha_GIF_440x100_Teaser-Z

banner-promos

Ducati-Desmosedici-2016-025

Bro sekalian, beberapa hari yang lalu Dorna dan FIM telah mengambil keputusan pelarangan Winglets di Moto2 Secepatnya dan Di Moto3 untuk Musim 2017 . . . Namun ternyata Gonjang ganjing winglets juga menggoyang kelas primer MotoGP sob .. .  menurut yang tmcblog baca tulisan Max Oaxley paling tidak ada beberapa pebalap seperti Valentino Rossi, Pedrosa, Bradley Smith dan Cal Crutchlow yang mengkhawatirkan keberadaan winglets di balap MotoGP . . . Mereka bilang ada kekhawatiran Winglets bisa mengenai pebalap Lain ( mengait/ nge-Hook ) dan menyebabkan Crash dan Bukan itu saja Bradley smith bertestimoni saat mereka ngebut dan Hard Brake di belakang ducati memang terasa ada hembusan turbulensi udara yang berasa aneh . . .

460x110mpx

MBtech-Riders-24feb2016

440x110 6

WINGLET SEBAGAI PEMBANTU TRACTION CONTROL

Ducati-Desmosedici-2016-024

Seperti kita ketahui keberadaan winglet disinyalir memang lebih berguna disaat era MotoGP tidak lagi memberlakukan sistem Adaptive Traction Control. Dengan efek Downforce yang dihasilkan , winglet akan membuat ban depan kembali memperoleh Traksi yang cukup tanpa elektronik harus mengaktifkan Traction control secara berlebih yang efek sampingnya akan men-cut power.

GAMBARAN HI-COST NYA RND AERODINAMIKA

Penambahan Winglet sepertinya sih memang terlihat sederhana, namun ternyata jika ditilik dari segi biaya, misannya untuk RnD .. . Winglet itu ternyata Costly sob . .. kembali Via Motorsport, adalah seorang CEO team racing pabrikan yang pernah menukangi team Formula 1 yang sarat akan penggunaan winglets untuk keuntungan aerodinamika berbicara . ..  ialah Shuhei Nakamoto menjelaskan soal Hi-cost nya RnD Winglets . .

pedrosa2

spidi-2

Nakamoto-san mengatakan bahwa Rata Rata biaya yang dibutuhkan untuk membuat Wind Tunnel yang proper adalah sekitar 150 juta Euro! Waktu kerja Wind Tunnel adalah 7 hari dalam 1 pekan, setiap dipakai 7 hari maka Wind Tunnel akan memperoleh setengah hari sampai satu hari untuk perawatan. Untuk pemakaian 24 jam dibutuhkan tiga team dimana masing masing amasing team terdiri dari 10 orang, pendingin udara dan Super computer . .. dan biaya operasional ini jelas diluar biaya pembuatan 150 Juta euro itu sob . . . lumayan costly juga yaa?

Lorenzo2

440x100

Mike trimbly Sekertasi IRTA mengatakan bahwa mereka ( IRTA) akan mengajukan permintaan agar Winglet di larang mulai Musim MotoGP 2017 kecuali ke 6 pabrikan yang ikut bisa memberikan proposal yang menjelaskan bahwa Winglets aman, beralasan dan dapat di justifikasi! Namun Jika di Musim 2016 yang sedang berjalan kedepan ini ada kejadian insiden dikarenakan winglets, besar kemungkinan Update pelarangan winglets bisa di wacanakan jadi Immediately Effective  . . . Menurutmu sendiri Gimana sob?

Taufik of BuitenZorg

sumber : motorsport

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

100 COMMENTS

  1. opo iki? imho, dorna / fim mnrt sy saja sdh terlalu “membatasi” proses developing tiap pabrikan (besar). namanya kompetisi masa ECU diseragamkan? padahal pabrikan (besar) sdh keluar byk dana buat bikin montornya lebih berteknologi (advanced) dr pabrikan lain. soal winglet ini, klo memang faktanya karena mahal (bgt) di cost R&D tiap pabrikan (besar), ya sdh legalin kmbali adaptive TC, kan hrsnya jauh lebih murah. lalu fakta ke2 , membahayakan? mikirrrrr ya …. namanya juga balap motor XO bkn balap sepeda onthel… jadi mnrt sy semuanya harus dikaji ulang, mana yg lbh penting hayo? pengembangan motor itu sendiri / ke kompetitifan race itu sendiri? yg penting itu income buat mba dorna…hhh.

    nb. harapan balap motor lebih kompetitif saat pakai ECU seragam ternyata blm menjadi kenyataan…hhh. suwun

    • Anda harus paham dulu’ apa itu Turbulensi
      Kalo sering ato pernah naik Pesawat Terbang pasti tahu,_’

      nb,_ yg buat testimoni tentang bahaya turbulensi yg disebabkan Winglet itu Bradley-Smith pembalap Team ,,,,,,, isi sendiri,,,,

  2. setuju kang, secara estetika jelek pake banget. secara safety smith dan pedro juga dah kasih testimoni soal efek turbulensi itu. belum kalau lagi salip2an jarak dekat bisa nyangkut tuh. di banyak gp series tahun2 terakhir, banyak ‘insiden’ di last lap/last corner yg rider sampai senggolan lho. btw, ada gambar motor ianone setelah jatuh di gp qatar kemarin gak kang? kira2 efek jatuh ke winglet nya gimana nih?

  3. moto gp dah ga menarik wak!

    Sbnary thn 2016 dgn ecu seragam itu lbh greget.
    Tp dgn adanya singlet . . Moto gp ternodai tidak khas lg.
    Saya jamin salip2 ga kan ky tahun 2015. .itu krn pengaruh singlet.
    Pembalap akan menyalip dgn lbh hati2 agar ga nyakut di singlet

  4. Di kasih Kumis aj biar keliatan Jantan… jangan kayak sebelah.. masak Lele gk ad Kumisnya. pelecehan kan?. disiyalir kuat emang Lele Wadon jadi gk ad kumisnya.. maklum mesin juga masih Bebek Wadon Tulen SOHC Operstruk….

  5. Yang bener ajj Wak,,??
    150jt Euro hampir 2 triliun Rupiah itu,,
    Bisa bikin tim balap F-1 nd dana operasional semusim itu,,
    Ato 2 tim balap MotoGP + dana operasional semusim,,

    Amazing,,

      • Tu mah yamaha bgt, gak sanggup bayar lorenzo mpe dia keder mo lanjut apa nggak.. mdh2an ja pindah dia ke ducati, mo minta gaji brp jg dikasih, biarkan yamaha ngebanggain si mbah tua yg susah move on itu..

  6. Keenam pabrikan wak? Pasti mereka menginginkan winglet untuk menang, karena kalo gak pake winglet downforce kan berkurang, nah di sini akan mengurangi kemampuan motor tertentu (ducati) sebenernya memberikan keuntungan sama pabrikan yg udah mateng (honda dan yamaha), ya tinggal lihat, apakah motor yamaha dan honda tanpa winglet tetep enak buat belok? Kalo iya dan ducati begitu superior, pasti mereka berdua sepakat gak pake winglet untuk musim depan

    http://jildhuz.com/2016/03/24/mindset-member-mlm-sukses-bermobil-1/

  7. wait and see aja selama musim 2016…
    kalw ada yang rider yang crash akibat dari penggunaan wingslet ini entah itu dari segi aerodinamika yang menyebabkan gangguan torbolensi terhadap rider yang berada di depan rider yang menggunakana winglet
    berarti bakal ada sanksi yaitu pelaranggan penggunaan winglet,,
    Namun jika sebaliknya,, berarti penggunaan winglet pada moto GP sangat savety dan tidak membahayakan bagi rider lain,,
    #Go Moto GP

  8. Dibikin batasan aja… itu ducati ampe 4 biji sayapnya… maximal 2 biji sama ketebalan bentuk dan lebar minimal maximal nya brp… aman atau tidak diujicoba tabrakan pake dummy…

  9. Bukan hanya bisa terlepas tp sangat berbahaya ketika terjatuh tuh winglet nyamber nusuk s riders lain.

    Dorna hanya nunggu Korban jatuh dulu baru ada larangan pemakaian winglet. ← kan tolol namanya nunggu ada korban dulu ?

    Sekarang s Rossi mengkhawatirkan keberadaan winglet ?.. apa kabar fbr fby yg kemarin bilang Rider s sayap cemen whaha..

  10. ga masalah c kalo emang ga membahayakan,,
    cm ya jgn makin lama makin gede tuh winglet..
    terus ky ducati makin banyak winglet nya,,
    ky marc lah gt lumayan tuh kecil,,
    jd ga terlalu mengganggu..

  11. waduh salah nih,menunggu accident dulu baru ada perbaikan atau pelarangan,menurut saya kalo ada potensi (sekecil apapun) membayakan lbh baik dilarang deh,mosok lbh berharga o,o1 detik dp nyawa org

  12. motor bukan mobil apalagi pesawat, sebaiknya gak usah pake winglet, desain ulang fairing yg skaligus berfungsi /mengakomodir fungsi winglet. jadi di fairingya gak ada tambahan winglet yg njebabah kaya sekarang.

  13. itukan gara² pembalap Ngondah yang lebay wakk..

    di saat semua udah kompetitif baru sekarang demonya..

    lha taun lalu kemana?? lagian kan juga ada batas panjang winglet to..

  14. Bukan pedrosa aja, mbah rossi jga yh mengoment….ckckck…. iya klo mepet bener pas menyelip juga bahaya… yg di selip wingletnya tecantol ke motor di selip bisa gugur bersama tuh….

  15. kl pake singlet, koq motor jd kurang sedap dipandang.
    Misalkan tetap dipake, apakah nanti akan diturunkan pd motor produk masal?
    Misal mbit matic sport pake winglet.

  16. ini pasti gara2 si nganu tidak podium di qatar kemarin, sementara podium dikuasai pembalap2 bersayap.
    jadinya peraturan apapun bisa dibengkokkan supaya si nganu bisa juara.
    ini sih kasusnya sama saja kaya kemarin sistem penalty point mendadak dihapus gara2 si nganu kena penalti di musim kemarin.

    • Jgn nyinggung2 pebalap nganu bro, bisa d bully ama ummatx, Si nganu selain pebalap dianggap Nabi juga ama ummatx, Segala statementx / titah / sabdax di pressconference or d media niscaya adalah kebenaran mutlak & abadi. tidak boleh diganggu gugat ^_^

  17. Kl bisa bikin bhaya rider..saat side by side,trutam di lintasan yg sempit..yg di larang sja,moto gp safety first diprtimbngkan..bkan speed first

  18. winglet layak dilarang karena selain rawan nyangkut juga sulit diaplikasikan di motor produksi masal.
    dari pada pasang winglet, mending design ulang body depan agar downface bertambah.

  19. Penguraan panjang winglets mungkin wak …. Apa wingletnya di taruh di belakang biar bisa terbang ngoahahaha ???

  20. Kga stju dh ducati knrna pke winglet bsa naik podium dn stbl.. bsa2 akl akan mrk trtntu ne klo ga salh dorna aga tunduk ma hnda bsa jdi di pngaruhi hnda .. krnah dh mulai kddorn ma ducati yg smngkin stbil..

  21. dari awal ada tim satelit yg nyindir winglet dgn memakaikan ke motor dgn winglet buatan bahan bahan rombeng .. keselamatan dgn kecepatan seperti itu harap perlu diperhatikan …

  22. Klo melarang penggunaan winglet pasti ada pihak yg di rugikan dan juga di untungkan, you know lah..
    Dari pada di ilangin bikin aja peraturan penggunaan winglet, yaa.. misalkan ukurannya, jumlahnya, atau apapun itu.

  23. Efek ke khawatiran tim lain terhadap ducati ini sih imho..
    Mengenai hi cost jika dibandingkan dengan RnD aerodinamika F1 ya ga apple to apple lah. F1 itu rumit banget aerodinamika nya sedangkan aerodinamika motogp ga ada apa2nya dibanding F1..

  24. Yup setuju dilarang..
    1. Belum diketahui aman/tidak.. bisa aja pas senggolan patah.. trus bikin celaka.
    2. Biaya lagi.. yg punya winglet cuman tim-tim kaya?
    3. Dilihat dari penampilan.. kurang bagus..

  25. Marc Macul yg keder sama speednya Ducati , makanya seperti biasa kuasa HRcrot untuk mempengaruhi Dorna karena berpotensi membahayakan HRcrot, masih inget khan peraturan yg bisa dinegosiasikan antara HRCrot dan Dorna, jenjang pebalap misalnya
    (komen ane tadi hilang or dihilangkan)

    • klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

      yg ane pertanyakan apakah hembusan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? ???

  26. kalo karena takut ducati menang saya kira honda sama yamaha gak seciut itu nyalinya. lebih setuju masalah kesalamatan. kalo yamaha sama honda ciut karena takut ducati juara dunia mah. ngapain mereka diemin tug winglet ducati tahun 2015 kemarin ? kenapa gak diprotes langsung ? yah kalo menurut saya sih 2 pabrikan itu melihat jangka panjangnya dan baru tahun ini diungkapkan klo ada beberapa pembalap yang keberatan. emang ngeri sih kalo lagi side by side gtu ada winglet. coba aja liat gp qatar tahun 2015 rossi vs dovi, ngilu men winglet ducati cuma beberapa cm doank jaraknya dari fairing M1. gak kebayang klo nyangkut patah terus kena pembalap lain. makanya tahun ini kan winglet dilarang meruncing kaya tahun lalu.

  27. klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan atau terjangan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

    yg ane pertanyakan apakah hembusan/terjangan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? ???

  28. klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

    yg ane pertanyakan apakah hembusan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? ???

  29. klo bicara turbulensi, hembusan angin yg berhembus mengenai rider di belakangnya jd terasa hempasan/terjangan angin yg menghambat lajunya motor CMIIW.

    yg ane pertanyakan apakah hembusan/terjangan knalpot yg di pakai model V engine yg berada persis di pant*t rider seperti RCv dan Desmo itu apakah berpengaruh utk rider di belakangnya? ???

  30. wak apakah motor yg mirip cbr 250 di bangkok motor show 2016 itu versi masal cbr 250?

    oiya design velg bakalan kayak prototipe nya ya? gak model palang ranting kaya adik adik nya?

  31. sebenarnya di F1 sendiri pun masalah winglet menjadi isu safety.
    akan kelihatan bagaimana banyak winglet muncul klo udah masuk GP Montecarlo. di F1 aja beberapa sudah di larang apalagi di motor yang jelas sangat berbahaya.

    • Klo di F1 sih lebih ke arah politik team sih.
      Klo ada team yg pk teknologi atau perangkat aerodinamika baru yg bikin mereka lbh cepat, biasanya langsung di protes team2 yg gak pakai.
      Pdhl secara regulasi gak menyalahin.
      Contohnya dulu team Brawn GP (ex Honda F1) pake Diffuser yg bikin mereka kompetitif, eh lsng di protes byk team, trus pertengahan musim dilarang, n Brawn GP di akhir musim sdh berkurang dominasi nya.
      Trus lucunya bbrp musim kemudian itu sistem Diffuser malah di legalkan.

  32. Kebayang sih klo melihat insiden tahun lalu waktu Rossi n marquez senggolan. Cb thn lalu si marquez uda pake winglet segede punya Jolor, kaki si rossi bisa kesayat winglet nya.
    Cb aja lihat segede apa tuh winglet si Jolor waktu di Qatar kmrn. Uda kyk tanduk banteng.

    Setuju deh klo winglet di larang.

  33. taun kmaren liat moncong mobil f1 kek flatypus bikin ilfil..skrang liat fairing motogp pk kumis bikin ilfil juga…motor keliatan jelek bgt..ga hrus nuggu lama seri kdua lngsung dlarang pnggunaannya..ngeri aza dlm kcepatan tinggi klo smpe nyangkut k motor ato badan rider lain fatal bgt akibatnya

  34. Setuju…!!!

    Mending dilarang wae,,,coz bikin jelek tampilan motor koyok tampange fifauzi,,,ngoahahahahah

    Time will tell laahh,,,,,,ciiaaooo

  35. Setujulah masalahnya Motogp bukanya balap Formula 1 atau balap Tamiya yang perlu winglet segala, pemakaian ECU yang sama juga harus gak perlu karena Pabrikan motor menggunakan motogp sebagai ajang umbar teknologi jadi masing-masing pabrikan boleh adu kalau semuanya ditentukan okeh FIM dan Dorna, motogp sudah tidak murni lagi dijadikab sebagai ajang unjuk gigi team Pabrikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here