jump to navigation

Analisa Per-Sektor Pasca Race MotoGP Qatar 2016 . . . Lorenzo Pantas Juara! March 25, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

440x100

Yamaha_GIF_440x100_rev

banner-promos

podium1

Bro sekalian, Sekarang saatnya kita membicarakan sedikit analisa performa yang tela dilakukan oleh pebalap MotoGP di gelaran perdana MotoGP Musim 2016 di Losail Curcuit Qatar. Untuk Artikel ini tmcblog batasi data dari 5 pebalap termasuk Top 3 ( Lorenzo, Dovizioso, Marquez, Rossi, dan Vinales) dengan 5 pebalap ini saja paling tidak perlu memasukkan secara manual 550 data terpisah utuk dijadikan paling tidak 10 Buah Grafik yang mudah mudahan dapat secara empiris memperlihatkan kepada masbro sekalian Siapa yang punya performa bagus di Sektor tertentu dan mencoba menganalisa alasannya . ..  nahh cekidot deh

460x110mpx

MBtech-Riders-24feb2016

440x110 6

TOP SPEED

top-speeds

beberapa Kali kita lihat dari layar televisi bahwa Ducati Desmosedici 16 GP dapat dengan Mudah melewati beberapa rider didepannya dan ternyata memang Top Speed Ducati yang digeber Doviziosi selama 22 lap rata rata menorehkan Angka Top SPeed yang tinggi.

Namun yang patut juga diperhatikan adalah Top Speed Valentino Rossi. Pebelap 37 Tahun yang finish di posisi ke 4 ini sebenarnya menorehkan Top Speed yang tinggi sob, bahkan boleh dibilang umumnya top speed Rossi diujung Straight Losail lebih tinggi dari Top Speed Marc Marquez. hmmm kira kira kenapa hayooo . . . tebakan tmcblog adalah Rossi berani lebih Late Braking dibanding Lorenzo dan Marquez.

top-speeds-rate

Di atas adalah diagram batang raa rata top speed yang dicetak para pebalap dengan mengabaikan top speed pada Lap 1 ( setelah start) . Terlihat Dovi paling tinggi, disusul Valentino Rossi, Maveric Vinales, Marc Marquez dan terakhir Lorenzo. Jorge Lorenzo umumnya menorehkan Top SPeed yang paling rendah diantara 4 pebalap yang kita bahas di artikel ini .  . yap top Speed bukanlah segalanya. Pebalap dengan top Speed paling rendah malah jadi Juara.

SEKTOR 1 RACE MOTOGP QATAR 2016

map-sektor1-losail

Setelah Straight biasannya rider menurunkan transmisi dari top gear sampai ke 2nd gear di R1 .. . Gear 2 di R1 biasanya dipertahankan Ke R2 . . . Kecepatan di kedua tikungan ini ( R1 dan R2) biasanya sekitar 90-110 km/jam . . . setelah R2 siap siap menyambut sebuah fast corner di R3 . . . Gimana latptime ke 5 pebalap dari 4 Pabrikan berbeda ini  . ..  nih sob

laptime-Sec1

Terlepas dari turunnya laptime Dovizioso di Lap 6 . . . Sebenarnya beberapa kali Dovi menorehkan laptime paling cepat di Sektor satu ini, namun Dovi tidak konsisten. Jorge Lorenzo sebenarnya laptime di Sektor 1 ini bukanlah yang paling cepat, namun ia lebih konsisten dari Dovi sehingga ( cek gambar berikut ini )

laptime-Sec1-rate

Dapat kita ketahui bahwa rerata Laptime Lorenzo adalah Yang paling cepat di sektor 1 ini sob. Dan terlihat  memang peringkat cepatnya laptime di Sektor satu inline banget dengan posisi finish podiumnya . ..  Lorenzo paling cepat, juara 1, Rossi no 4 – finish juga no 4.

SEKTOR 2 LOSAIL QATAR

map-sektor2-losail

Sektor dua dimulai dari pasca speed-corner R3 terus naik dari gear 3 ke 4 dan kembali turun menjadi gear 2 menjelang R4. Di R4 dan R5 corner speed bisa lebih tinggi dari R1 dan R2 namun masih menggunakan Gear 2 sob. . . . Gear Dua ini biasanya masih digunakan sampai menjelang di tikungan ke 6 atau R6 seperti saat diperlihatkan Safety Bike BMW HP4.

Di R6 biasanya speed agak turun karena melihat ini adalah tikungan sempit dan pelan . ..  speed saat melibas R6 biasanya lebih kecil dibanding dengan R1-R2. Setelah R6, gear bisa naik menjadi gear 3 namun biasannya belum sempat naik ke Gear 4, Kita sudah menurunkan Speed memasuki R7. Karakter R7 ini mirip R1 . . .

laptime-Sec2

Di sektor dua ini diantara 5 pebalap yang kita bahas, Lorenzo Punya Laptime Paling kencang dan dari grafik di atas bahkan terlihat kencangnya Lorenzo malah terjadi di Lap lap akhir dimana kita kira ban akan habis. Marquez dan Rossi terlihat juga cepat di sektor ini . . . dan memiliki karakter progress yang hampir mirip mirip dimana pace cepat malah terlihat setelah setengah race kebelakang Laptime Vinales boleh dibilang paling inferior disini sob, data di atas jelas banget memperlihatkan hal tersebut

laptime-Sec2-rate

Dari grafik batang di atas rerata Laptime 5 pebalap, terlihat tetap Jorge Lorenzo yang tercepat di Sektor dua ini sob, disusul Marquez dan Rossi. Bro bisa lihat betapa jauhnya gap Laptime Vinales dibandingkan Lorenzo-Dovi- marquez dan rossi di Sektor ini.

SEKTOR 3 LOSAIL QATAR

map-sektor3-losail

Sektor 3 dimulakan dari pasca R8 bro menuju R9 . . . Di R9 ini biasannya gear berada di gear 3 dan dipertahankan sepanjang R9 . . . baru saat masuk tikungan Lambat kiri R10 gear turun sampai 2 . . . Selepas R10 Yang merupakan Slow Corner, Motor bisa digeber flying menuju R11 yang merupakan speed corner gear naik dari 2 sampai 5 menuju ujung awal R12 . . . Di muka R12 gear biasanya turun dari 5 ke 3 . ..  gear 3 di R12 biasannya dilanjutkan sampai R13.

laptime-Sec3

Dari grafik diatas terlhat jelas bahwa sektor 3 adalah sektornya Marc Marquez. Terlepas dari Jeleknya laptime Marquez di Lap 6 terlihat Sering banget MM93 menorehkan laptime cepat di sektor 3 ini . . . terlihat juga dari Grafik, Valentino Rossi cukup punya Pace bagus di sektor yang banyak speed corner ini.

laptime-Sec3-rate

Grafik data diskrit memang nggak Bohong sob . .. Saat direratakan punterlihat bahwa di Sektor ini Marc Marquez dan valentino Rossi adalah dua pebalap tercepat di Sektor ini . . . menarik melihat Maveric Vinales bisa lebih cepat dari Dovi secara rata rata Laptime di sektor 3 ini sob.

spidi-2

SEKTOR 4 LOSAIL QATAR

map-sektor4-losail

Sektor 4 atau terakhir boleh dibilang sektor yang sangat memanjakan performance mesin dari Motor sob . . . Mulai dari tikungan 14 dan 15 yang biasanya digeber di Gear 3-4 .. .  riders biasanya bisa menaikkan dari gear 3 ke gear dan mempertahankan speed. Tikungan terakhir Sirkuit Qatar ini adalah tikungan Lambat, so dari transmisi 4 biasannya motor turun menjadi ke gear 2 di tikungan ke 16 ini sob untuk bersiap berjibaku di straight sirkuit Losail Qatar dimana top speed berbicara

laptime-Sec4

Dapat sobat lihat Grafik Laptime lap per lap Dovizioso d sektor terakhir ini, terlihat cepat bisa jadi karena unsur Akslerasi dan Speed dari Ducati yang memang kencang. LOrenzo terlihat sedikit di belakang Dovi di sektor terakhir ini lalu hadir Rossi, Marquez dan terakir Vinales. Menarik melihat Vinales yang di Kualifikasi sebenarnya bisa menorehkan 31,3 detik, hanya bisa geber dengan laptime setengah detik lebih lambat saat race.

laptime-Sec4-rate

Jelas banget secara rerata, Dovizioso punya Pace paling bagus di sektor terakhir ini diikuti Lorenzo, Rossi, Marquez dan terakhir Vinales .  .

440x100

Coba Kita bandingkan dengan data Kualifikasi

Dengan Data Race

Beda yah? Yoi  . . . One Hot Lap VS 22 lap memang beda tujuan, semangat dan mentalnya sob . . . Namun melihat data data diatas, memang dengan strategy gamling berupa penggantian Ban di menirt menrit terakhir sebelum Race . . . Lorenzo memang pantas Juara di Race pembuka MotoGP 2016 ini. silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

Comments»

1. Yayak - March 25, 2016

Analisanya telat wak…
Udah lama ber.hari2 aku tunggu baru muncul sekarang

Chihuahua™ - March 25, 2016

kuncinya sapa yg cepat ditikungan itulah juaranya….
kyknya ini jd PR Rossi, sprt kita tau Rossi kyknya kurang pede saat melakukan cornering itu terlihat dg ciri khanya ; leg wave-nya….

haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

Pangcal Wicaksono Hamengkubuwanipiro - March 25, 2016

Artikel paling dibenci FBY sama FBR,,

ekekeke

Mahoo Mahoo Yamahoo

miko - March 25, 2016

Leg wave bikin buang2 waktu…
Seri depan leg wave mulu..ya alamat ditinggal ama si Black Mamba…
(Duel Qatar kmtn cuma rossi yg leg wave . 3 rider didepannya kaga, makanya kenceng2)

2. torsi - March 25, 2016

jos

3. SEN25 - March 25, 2016

Cm bs baca n coba memahami

4. wong deso - March 25, 2016

ooo… berarti lorenzo lebih konstan speednya ditikungan ya wak?
krn late braking malah bikin speed turun drastis saat masuk tikungan… pantas julukannya robot.

5. opik - March 25, 2016

so data qualifikasi dan FP tidak menjadi tolak ukur saat Race ya wak pak aji

6. pugman - March 25, 2016

Grafik garis dan batang di data ke 4 atau sektor 4 tidak konsisten jadi saya sempet bingung meski sudah di remark warna apa untuk siapa. Sebaiknya jika didata awal katakanlah lorenzo di gambarkan dengan grafik Warna biru sebaiknya konsisten hingga akhir artikel.

7. Chihuahua™ - March 25, 2016

intinya lorenzo beruntung z dg ban soft,
dg kata laen jolor juara bedjo,
ingat keberuntungan come once
di argentina sy yakin jolor pst kedodoran dg ban soft sbb suhu lbh panas

haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

8. Fauzan - March 25, 2016

Mantep pa analisanya,lorenjo ternyata nguasain dua sektor makanya dia menang

9. dachshund® - March 25, 2016

motor cepat racikan tepat

10. windy Sweety - March 25, 2016

Josss Lorenzo… Calon juara Dunia 2016 lagi nih kayaknya…
Selebrasi kemenangan unik Tutup Mulut #99 ekekekekek nyinggung siapa tuh??

11. windy Sweety - March 25, 2016

Chihuahua™ on March 25, 2016 at 8:53 am
intinya lorenzo beruntung z dg ban soft,
dg kata laen jolor juara bedjo,
ingat keberuntungan come once
di argentina sy yakin jolor pst kedodoran
dg ban soft sbb suhu lbh panas
haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

——————————

Omongan ente ane pegang vroh… Clo sampe lorenzo menang di argentina… Memang Mongtor lain Letoy lemot dan motor Lorenzo memang dahsyat!!!!. Ekekekekek go #For Fuera Bikin selebrasi unik lagi aksi tutup mulut…

Chihuahua™ - March 25, 2016

oke z800 taruhanya

haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

SEN25 - March 25, 2016

Lunasi dulu cicilan panci ente wkwkwkwk

12. windy Sweety - March 25, 2016

#99 Bungkam para mulut yg suka bacot kritik ini itu…
Aksi selebrasi hussss jangan ribut ekekekekek para haters mlongo planga plongo manggut manggut ngoahahahhhh

13. enaknya apa? - March 25, 2016

#TUTUPMULUT seddaaaapppppppp……

14. SJDOSO - March 25, 2016

Rosi Wegah Naik podium Bareng Jolor dan marques
Karena Doi tau
Marqes Bisa overtacking Dovi Dengan Mudah
jadi Kalau Doi Maksa Buat naik Podium yang terjadi adalah
JL 1
93mbel 2
dan VR 46 Di podium 3

yah Apapun selamat Buat Dovi yang di kasih Hibah
podium 2 sama Marq dan VR 46

Salam konsumen Netral

ekekekekek

zato - March 25, 2016

Muka loe 93mbel

jbat - March 25, 2016

Tolol

miko - March 25, 2016

Hibah kok di trek lurus ngedennya minta ampun to mbing…sudahlah akui saja RCVmu lemoot…
Hahaha..

15. Jildhuz - March 25, 2016

Dari datanya emang si hohe paling kenceng di katar wak,

Liat besok, bisakah mempertahankan? Atau ada yg salib saliban, awal musim hohe harus lah juara terus, biar tawaran makin meningkat

http://jildhuz.com/2016/03/25/apa-itu-edifikasi-bahasa-alien-planet-mlm-1/

16. bebekgirang - March 25, 2016

sangat mencerahkan 😀

17. ultraman - March 25, 2016

Mantaaaappp ulasan nya khas tmcblog…..
Sekalian analisa per sektor SAATC wak….. Gimana superior nya Andy Gilang dan Gery Salim…..

18. Azzura Racing - March 25, 2016

Hanya analisa ala WakAji Topik…kita lihat saja ReaLnya. Ane berharap Maverick dari Suzuki Ecstar bisa podium 1 2 ato 3.

miko - March 25, 2016

Buat free practise OK lah Maverick kentjeng…
Buat balap kayaknya masih jauh dr harapan..
Ini simulasi balapnya minta ditambah neh.

19. windy Sweety - March 25, 2016

Juara Motogp Qatar
Untuk Team Factory
1.Yamaha YZR_M1 #99
2.Honda Rc213 #93
3.Ducati Desmo16 #04

Untuk Team Satelite
4.Yamaha Yzr_M1 Montster Tech3
Recor Yg sebelumnya Msh dipegang Casey Stoner 1,55,xxx di pecahkan oleh Jorge Lorenzo 1,54,xxx (new Record losail)

20. komodo_lari - March 25, 2016

kalo kata fbr, kemenangan lorenzo itu konspirasi spanyol. sengaja marc ga mau nyusul duluan buat halangin rossi 😀

21. SuRyA - March 25, 2016
22. windy Sweety - March 25, 2016

Hahahahahahah wong Markriyip aja Ampe Geal geol gitu ngejar Jolor… Masa konspirasi lg sih?? Nah loh trus Dovisizo? Gmna tuh

23. komodo_lari - March 25, 2016

yaitu dia…. marc ga mau nyusul dovi n bertahan di posisi 3 buat halangin rossi agar tetep diposisi 4. fbr mah otaknya penuh konspirasi…

24. miko - March 25, 2016

Graphis on board motogp ada angka jarak dalam meter…motogp makin enak diliat.
Silahkan cek ulang on board camera belakang jorge waktu dikejar RCV markeset…semakin menjauh dalam satuan meter.
Tenaga RCV tahun ini kendooorrr…kayaknya paling lemah deh.

25. margondes - March 26, 2016

Rcv motor paling pelan

26. udin - March 26, 2016
27. dave - March 27, 2016

Saran aja c mas, kl bs bikin grafiknya misal lorenzo warna biru dr awal, smua grafik jg warna biru gt jgn awal biru terakhir merah jd agak bingung bacanya walopun ada index yg nulis merah sapa biru sapa gt.. imo cmiiw



%d bloggers like this: